Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018

14/03/2018

Share this post:

Toyota Rush 2018

Editor rate:

Lihat promo

Setelah melanglang buana dari tahun 2006, Toyota Rush tampil menggebrak pasar otomotif Indonesia dan memperkenalkan generasi keduanya pada November 2017. Mengusung konsep Tough and Dynamic, All New Toyota Rush 2018 ini melepas kondenya alias ban cadangan di bagian belakangnya. Berdimensi lebih panjang, ruang kabin yang lapang dan tentunya dikemas dengan mesin bertenaga di kelasnya. Apakah konsep ini masih relevan dengan tren abad ke-21? Berikut review Toyota Rush TRD Sportivo 2018.

Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018
0 Gambar

Pengantar Toyota Rush 2018

Mari kita simak spesifikasi Toyota Rush 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin 2NR-VE baru lebih efisien

Transmisi otomatis masih 4-speed

Mampu mengakomodasi tujuh orang secara utuh

Kekurangan

Penggerak belakang memberikan unsur ketangguhan saat bertemu jalan jelek

Tidak selincah dan sestabil rival SUV berbasis hatchback

Posisi duduk ditinggikan membuat ruang kepala berkurang

Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018 - Sebagaimana pendahulunya, SUV ini hasil atas kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu. Secara konsep, model generasi II sedikit meloncat dibandingkan pendahulunya. Berpenampilan lebih modern, bahkan memiliki sedikit unsur MPV. Meski begitu, konfigurasi penggerak roda belakang tetap dipertahankan. Sementara, mesin diganti unit baru dual VVT-i.

Adapun alasan Toyota mempertahankan konsep SUV tangguh berpenggerak belakang adalah demi mengakomodasi kebutuhan konsumen Rush yang tidak melulu berdomisili di kota besar.

“All New Rush hadir melalui riset dan survei mendalam. Saya membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk tinggal di Indonesia, demi mencari tahu mobil apa dibutuhkan dan diinginkan konsumen Indonesia,” kata Eiji Fujibayashi, chief engineer Rush saat peluncurannya 23 November silam.

Eksterior Toyota Rush 2018

Sebagai pembuka tulisan review Toyota Rush TRD Sportivo 2018, kita melihat bagian eksteriornya dulu ya. Secara desain, penampilan Toyota Rush TRD Sportivo 2018 berubah total dari pendahulunya. Aplikasi identitas desain terbaru, berupa lampu sipit dan gril besar serupa Toyota Kijang Innova 2013 malah membuatnya terlihat seperti paduan Honda CR-V dan BR-V.

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Eksterior Depan

Pesona kokoh dapat terlihat dari desain Front Grille-nya yang mengusung tema Dashing Dark dengan menghadirkan 5 tingkat aksen hitam. Selain mampu memberi ketegasan pada fascia depannya, fitur ini mampu memberikan sirkulasi udara yang baik bagi kabin mesinnya. Pada tipe TRD Sportivo, ada aksen tambahan pada sisi depannya yakni Tough Front TRD Underguard. Sehingga, tampilan depannya bukan hanya semakin kokoh namun juga lebih stylish dan sporty.

Menyisir pada fungsi pencahayaannya, semua tipenya menggunakan teknologi pencahayaan terkini seperti Advanced Tech LED Head Lamp dan lampu kabut. Kedua fitur ini mampu memberikan fungsi pencahayaan yang lebih optimal dan hemat daya.

Fascia depan Toyota Rush 2018 menggunakan Dashing Dark Chrome Grille sehingga tampilannya menjadi sangat maskulin

Fascia depan Toyota Rush TRD Sportivo 2018 tampil menggoda dengan Dashing Dark Chrome Grille

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Eksterior Samping

Ukuran panjangnya bertambah 230 mm ketimbang versi terdahulunya. Pembaruan pada sisi ini, memang terlihat sengaja dikonsep oleh pihak Toyota sehingga tampilan bodi sampingnya mampu mengisyaratkan ruang kabin yang lebih lega dan lapang. Toyota Rush TRD Sportivo 2018 memiliki ban berukuran 215/60 R17 daripada tipe G yang berada di ukuran 215/65 R16. Tidak hanya itu saja, pada tipe tertingginya, Toyota Rush akan tampil dengan garnish Striking Side Moulding dan logo stiker bertuliskan TRD Sportivo sebagai identitasnya yang unggul. Juga terdapat teknologi Smart Entry sehingga penumpang dapat memasuki ruang kabin dengan nuansa yang futuristis dan praktis.

Eksterior samping Toyota Rush 2018 terlihat sporty dengan menggunakan ban berukuran 215/60 R17

Bodi samping Toyota Rush TRD Sportivo 2018 menggunakan dimensi bodi yang lebih panjang daripada generasi sebelumnya

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya terlihat cukup gahar dan maskulin dengan ukuran tinggi 1.705 mm dan beberapa tonjolan maskulin khas Toyota. Nuansa sporty, juga tidak lupa dihadirkan pada sisi belakangnya dengan kehadiran Rear Spoiler. Selain fungsinya yang mempermanis bodi belakangnya, Rear Spoiler juga dikemas dengan lampu stop yang berguna untuk memberikan notifikasi kepada pengendara lain khususnya ketika Anda melakukan proses pengereman. Terdapat Sturdy Rear TRD Underguard sehingga peson maskulin nan sporty semakin terpancar dari bodi belakangnya.

Eksterior belakang Toyota Rush 2018 menghadirkan Sturdy Rear TRD Underguard sehingga aura maskulin terasa kental pada bodi belakangnya

Sisi belakang Toyota Rush TRD Sportivo 2018 tampil menggoda dengan Rear Spoiler yang terintegrasi dengan lampu stop-nya

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Rush 2018

Pesona utama ketika memasuki ruang interior Toyota Rush TRD Sportivo 2018 adalah perasaan elegan dan modern. Hal ini dapat terlihat pada panel dashboard yang didominasi warna hitam tegas sehingga tampilannya makin berkarakter.

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Dashboard

Dengan diameter yang lebar, dashboardnya tampil multifungsi sehingga anda dapat menaruh barang ataupun hiasan pada panel tersebut. Sedangkan jika melirik pada kedua sisi sampingnya, akan terdapat Blower berbentuk lingkaran yang dipercaya mampu memberikan kesejukan bagi Anda dan penumpang di bangku depan. Versi ini telah dibekali sistem AC dengan climate control yang ditampilkan secara digital dan modern. Nuansa abad ke-21 pun diperkental kehadiran panel instrumen multi color LCD lengkap dengan MID (multi information display).

Ruang interior Toyota Rush 2018 dibekali dengan fitur-fitur mumpuni seperti AC Climate Control, MID Multi Color dan sebagainya

Ruang interior Toyota Rush menyuguhkan panel Head Unit berkelas dan multifungsi

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Kursi

Sebagai mobil 7-penumpang, penting bagi Rush untuk menghadirkan kenyamanan bagi setiap lapisan penghuni kabinnya. Tidak boleh ada baris jok dianaktirikan.  Pada baris pertama, terasa bahwa posisi duduknya cukup tinggi, atau dalam istilah kerennnya “commanding position”. Posisi seperti ini memberikan daya pandang sangat luas ke jalan dan menghadirkan rasa percaya diri. Jok pengemudi pun bisa dinaik-turunkan disesuaikan tinggi badan kita.

Untuk mengoptimalkan ruang kabin, ukuran jok diperkecil dengan penempatannya diatur ulang. Alhasil ruang kaki baris kedua bertambah 45 mm. Dengan jok bisa digeser maju-mundur jika ada penumpang baris ketiga.

Dengan jarak bangku baris ke dua dengan bangku baris ketiga sebesar 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya.

Kursi Toyota Rush 2018 diberikan perubahan terutama pada aspek ukuran sehingga ruang kabinnya menjadi lebih lapang

Kursi Toyota Rush tampil lebih lapang daripada versi sebelumnya

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Ruang penyimpanan

Hilangnya “konde”, selain berimbas pada optimalisasi kabin, juga memberikan ruang bagasi ekstra. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan sebelumnya.

Dalam kondisi seluruh jok terpasang, Anda masih bisa mengangkut empat galon air mineral dalam bagasi Rush. Artinya, tak perlu bingung ketika ingin mengajak saudara diluar keluarga inti untuk berjalan-jalan.

Ruang penyimpanan Toyota Rush 2018 memiliki dimensi panjang 450 mm

Hilangnya konde memberikan ruang ekstra penyimpanan barang

>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Rush 2018

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Fitur Keselamatan

Desain eksterior dan interiornya yang stylish dan maskulin, tentu harus senada dengan fitur pendukungnya. Pembaruan fitur Toyota Rush TRD Sportivo 2018, lebih diprioritaskan kepada aspek keselamatan seluruh penumpangnya. Tidak tanggung-tanggung, Toyota Rush 2018 dibekali dengan 6 buah Protective SRS Airbags sehingga keselamatan seluruh penumpangnya lebih terjamin daripada kompetitor lain di kelasnya.

Aspek keselamatan lainnya juga dapat terlihat pada hadirnya 7 buah sabuk pengaman yang disematkan pada tiap-tiap kursinya. 7 Seat Belt Indicators juga memperkokoh fungsinya sehingga notifikasi audio akan terdengar ketika ada salah satu dari penumpang belum menggunakan sabuk pengamannya.

Selain masalah aspek keselamatan yang unggul, Toyota Rush juga dikemas dengan sistem pengereman handal, Anti-lock Braking System (ABS). Kelincahannya dalam mengarungi medan-medan berat, juga didukung dengan teknologi sekelas Solid Vehicle Stability Control (VSC) sehingga Anda dapat berkendara dengan lebih stabil meskipun lewati area licin.

Tidak lupa juga, pihak Toyota memberikan teknologi Hill Start Assist (HSA) sebagai teknologi penunjang performanya di area-area tanjakan. Secara keseluruhan, fitur yang dihadirkan pada mobil Medium SUV ini, terlihat berimbang dengan harga Toyota Rush 2018 yang tergolong terjangkau.

Hadirnya 7 buah sabuk pengaman dan indikatornya menjadi salah satu fitur keselamatan Toyota Rush 2018

Fitur Toyota Rush lebih memprioritaskan aspek keselamatan seluruh penumpang lewat hadirnya 6 buah SRS Airbags dan 7 Seat Belts Indicators

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Fitur Hiburan

Khusus pada tipe Sportivo, akan terdapat panel LCD yang tampil lebih unggul daripada tipe G, mengingat fungsinya yang bukan hanya mampu mengoperasikan audio dan video namun juga Internet serta Web Link dalam berbagai format modern. Tidak hanya itu, fitur tambahan pada tipe Sportivo, juga menyuguhkan Auto AC berteknologi Digital Display. Dengan formasi tersebut, nampaknya fitur-fitur pada tipe Sportivo, patut untuk diacungi jempol. Sehingga tidak mengherankan, jika pemesanan varian TRD Sportivo berada di komposisi 88,6% dan tipe G di angka 11,4%.

Gambar panel dashboard di mobil Toyota Rush 2018

Panel audio yang mampu mengoperasikan Internet menjadi salah satu fitur hiburan Toyota Rush 2018

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang harga mobil Toyota Rush dalam kondisi bekas, silahkan klik sini

Operasi Toyota Rush 2018

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Operasi Mesin

Toyota Rush TRD Sportivo 2018 hadir dengan mesin baru berkode 2NR-VE dual VVT-i dengan kapasitas 1.500cc berdaya 104 dk dan bertorsi 136 Nm. Dibandingkan mesin Rush lama, operasi mesin Toyota Rush TRD Sportivo 2018 seperti berkesan spec-down. Rush lama menggunakan mesin 3SZ-FE berdaya 109 dk dan torsi 141 Nm.

Apakah lantas membuat performanya menurun? Dari apa cintamobil.com rasakan saat test drive, nyaris tak terasa perbedaan signifikan dengan Rush lama. Saat diuji menghadapi tanjakan, tenaganya terasa lebih dari cukup meski cintamobil.com memberikan catatan pada karakter transmisi 4-speed otomatis yang seperti kurang pintar membaca kemauan masyarakat. Pengemudi juga harus pintar memainkan kickdown mengingat mesin baru “menyalak” pada putaran di atas 2.000-an rpm.

Toyota menyebut kehadiran mesin baru mampu menghadirkan konsumsi bbm lebih irit sekitar 20 persen.

Mesin Toyota Rush 2018 menggunakan kode 3SZ-FE berdaya 109 PS sehingga mampu melaju dengan performa yang bertenaga

Mesin Toyota Rush tampil bertenaga dengan paduan teknologi Dual VVT-i

  • Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Ride & Handling

Berkat sasis diperkuat, ubahan pada sudut suspensi dan kehadiran stabilizer bar di gelakang, Toyota Rush TRD Sportivo 2018 memiliki karakteristik pengendaraan jauh berbeda dibandingkan model sebelumnya. Mobil terasa jauh lebih lincah dan mantap. Meski belum menyamai, setidaknya semakin mendekati karakter pengendaraan SUV rival-rivalnya.

Gejala limbung saat ditekuk terdapat pada Rush lama, nyaris tak terasa disini. Respons kemudi pun baik untuk standar SUV. Tentu, ada sedikit trade-off dari sisi ayunan suspensi. Terasa lebih kaku, meski masih dalam taraf wajar.

Paling penting, tak terbersit sedikit pun keraguan saat bertemu permukaan jalan tidak rata. Sebuah kenyamanan hati yang takkan Anda temukan ketika mengemudikan rival-rival Rush berpenggerak roda depan dan bersasis sedan.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Spesifikasi Toyota Rush 2018

Untuk lanjutkan tulisan review Toyota Rush TRD Sportivo 2018, mari lihat spesifikasi ia di tabel bawah ini.

SPESIFIKASI TOYOTA RUSH TRD SPORTIVO 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm

Wheelbase

2.685 mm

Ground Clearance

220 mm

Radius Putar Minimum

5,3 m

MESIN

Tipe Mesin

2NR-VE 4 Cylinder In-Line 16 Valves DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

104 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

13.9 Nm / 4.200 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Kecepatan Manual / 4 Tingkat Kecepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Struts dengan Pegas Koil dan Stabilizer

Suspensi Belakang

5 Link dengan Pegas Koil, Lateral Rod dan Stabilizer

Rem Depan

16” Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering

Ukuran Ban

215/65 R16 (Tipe G) / 215/60 R17 (Tipe Sportivo)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

46 Liter

Daftar Harga Toyota Rush 2018

Berapa anggaran dibutuhkan untuk membawa pulang Toyota Rush TRD Sportivo 2018?

Tipe Mobil

Harga Toyota Rush TRD Sportivo 2018

Toyota Rush TRD Sportivo M/T

Rp 251.300.000

Toyota Rush TRD Sportivo A/T

Rp 261.300.000

Kesimpulan Toyota Rush 2018

Ditengah-tengah tren SUV berpenggerak roda depan, keputusan Toyota untuk tetap mempertahankan konsep SUV tradisional pada Rush bisa disebut sebagai tepat. Apalagi, Toyota mengincar pembeli tradisional Rush generasi sebelumnya yang banyak berdomisili di daerah.

Meski menggunakan sasis lama sebagai basis, sejumlah upaya perbaikan bisa dibilang berhasil membawa Rush ke dalam tingkatan sama dalam hal kenyamanan dan pengendalian dibandingkan rival-rivalnya. Plus kehadiran mesin baru dual VVT-i yang lebih efisien.

Semua ini membuat Rush akan menjadi distraksi luar biasa bagi calon konsumen mencari mobil berkonsep SUV 7 penumpang dan tidak mau menunggu inden lama.

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top