Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Cukup Lengkap Walau Jadi yang Termurah

25/07/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar varian termurah? Sebagian besar mungkin memikirkan mobil dengan fitur yang tidak terlalu banyak dan teknologi yang tak seberapa. Tapi berbeda dengan Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019, Anda sudah mendapatkan berbagai fitur keselamatan aktif terbaru dan fitur voice command berbahasa Indonesia pertama di dunia

PENGANTAR Wuling Almaz 2019

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 - Awal tahun lalu, Wuling memperkenalkan model terbarunya, SUV Wuling Almaz dengan pengaturan lima kursi. Dan bertepatan dengan ulang tahun kedua Wuling Motors di Indonesia, varian tujuh tempat duduk Wuling Almaz diperkenalkan. Lengkap dengan fitur Wuling Indonesia Command (WIND) yang bisa Anda aktifkan menggunakan perintah suara “Halo Wuling”.

Wuling Almaz 7-Seater berwarna abu-abu 
Wuling Almaz 7-seater diperkenalkan di Ancol

Setelah edisi 7 kursi, Wuling Motors akhirnya mengungkapkan versi transmisi manual untuk konsumennya di Indonesia. Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 yang diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 sekaligus menjadi varian termurah dari Almaz di Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan pada namanya, varian termurah Almaz 7 kursi ini akan mendapatkan pengaturan transmisi manual 6 percepatan. Bandingkan dengan tiga varian lainnya yang sudah memiliki pengaturan transmisi CVT 8 percepatan manual simulation.

 Wuling Almaz 7-Seater manual berwarna putih di GIIAS 2019
Perkenalan Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 di GIIAS 2019

Tentu saja, sebagai varian termurah, ada beberapa fitur yang hilang dibandingkan varian Almaz Exclusive yang lebih mahal. Tapi jangan takut, ada banyak teknologi menawan lainnya yang diberikan pada mobil ini. Karena itu, mari kita simak review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Wuling Almaz 2019

Memang, sebagian besar perbedaan dibandingkan versi Smart Enjoy dan Exclusive terdapat pada fitur yang diberikan. Tapi dari segi eksterior, ada beberapa perubahan yang dihilangkan, meskipun tidak mengubah tampilan menawan eksterior Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 dibandingkan saudaranya.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Eksterior Depan

Tampilan depan yang sangar masih tersedia dalam varian ini. Semua varian sudah mendapatkan gril depan yang agresif, cukup lebar untuk masuknya udara yang cukup besar dan membuat tampilan depan menjadi lebih tampan.

eksterior depan Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna putih 
Eksterior depan Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Tentu saja, tidak semua fitur akan digunakan untuk versi terendah ini. Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, eksterior depan Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 tidak akan mendapatkan lampu kabut, lampu depan dengan proyektor LED, serta fitur Future Eyes LED. Semua fitur tersebut hanya terdapat pada varian Exclusive.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Eksterior Samping

eksterior samping Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna putih 
Eksterior samping Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Pada eksterior samping Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019, spion samping masih bersifat adjustable. Dimana versi yang lebih tinggi sudah mendapatkan pengaturan foldable untuk spion samping. Pembeda yang paling terlihat adalah tidak adanya panoramic sunroof untuk varian ini. Cukup sayang, bukan? Selain itu, Anda hanya akan mendapatkan pelek 17 inci alloy, berbeda dengan varian eksklusif yang sudah menikmati pelek 17 inci alloy dengan dua nada.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna putih 
Eksterior belakang Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Jika diperhatikan, tidak ada perbedaan yang signifikan pada eksterior belakang Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019. Lampu belakang yang tidak terlalu besar memberikan garis pahatan pada pintu belakang. Anda juga akan mendapatkan logo Almaz Turbo, menunjukkan mesin turbo yang dipakai pada mesin ini.

>>> Berita teranyar Wuling hanya di sini

INTERIOR Wuling Almaz 2019

Secara garis besar, tidak ada banyak perubahan pada desain interior Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019. Sebagian perbedaan terletak pada pelapis kulit pada kemudi dan kursi, serta berbagai fitur yang hanya bisa Anda dapatkan pada varian yang lebih tinggi.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Dasbor

dasbor Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna hitam 
Dasbor Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Masuk ke dalam kabin, Anda langsung menatap layar head unit 10.4 inci yang menjadi pusat dari semua sistem infotainment pada mobil ini. Tapi Anda juga belum bisa mendapatkan Multi Information Display berukuran 7 inci yang secara khusus diberikan pada varian Exclusive. Tapi secara keseluruhan, dasbor Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 masih mendapatkan desain menawan nan futuristik.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Kemudi

kemudi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna hitam 
Kemudi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Untuk memberikan kemudahan bagi Anda mengatur berbagai fitur dan teknologi pada mobil, kemudi multifungsi akan menemani Anda selama perjalanan. Namun sayangnya, kemudi berlapiskan kulit hanya bisa didapatkan pada varian Exclusive. Selain itu, tidak ada perbedaan lain dari kemudi Wuling Almaz Smzt Enjoy Manual 2019 dengan varian Almaz lainnya.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Kursi

Untuk bagian belakang, masih sama seperti yang diberikan pada varian Almaz lainnya. Namun hanya konsumen Exclusive yang sudah mendapatkan kursi semi leather. Penambahan bangku memang memberikan kesempatan untuk penumpang yang lebih banyak. 

kursi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna hitam 
Kursi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Sayangnya, dimensi yang masih sama membuat ruang belakang sedikit sempit. Bisa disimpulkan bahwa kursi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 di baris ketiga tidak begitu nyaman untuk orang dewasa. Tapi bagi Anda yang memiliki anak-anak, bangku belakang sangatlah nyaman.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Bagasi

 bagasi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna hitam
Bagasi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Sama pada varian lainnya, kapasitas bagasi tentu saja berkurang dengan penambahan kursi baris ketiga. Pihak Wuling sendiri juga belum mengungkapkan berapa liter kapasitas bagasi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019. Tapi bagi Anda yang memang membutuhkan ruang penyimpanan yang luas di belakang bisa melipat kursi baris ketiga.

>>> Baca juga:

FITUR Wuling Almaz 2019

Selain eksterior, teknologi yang ditampilkan pada edisi Smart Enjoy menjadi pembeda dibandingkan varian teratas Almaz lainnya. Walaupun masih menggunakan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) yang akan membantu Anda dalam mengoperasikan beberapa fitur dalam mobil, seperti radio, jendela, hingga panggilan telepon, ada pengurangan fitur Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 yang terasa.

Fitur keyless entry dan tombol engine start-stop merupakan salah satu fitur yang hilang dari varian ini. Selain itu, Anda masih belum mendapatkan fitur Cruise Control untuk membantu Anda selama di jalan. Ketiga fitur tersebut hanya tersedia pada varian Exclusive yang memang memiliki harga yang lebih mahal.

 transmisi manual Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna hitam
Transmisi manual pada Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Tapi jangan takut, masih banyak fitur menarik yang diberikan Wuling pada versi manual ini. Selain rear independent suspension, power window dan remote open window, Anda juga mendapatkan seatbelt height adjuster. Semua varian Almaz juga sudah mendapatkan fitur follow-me-home headlamp yang akan tetap menyala ketika Anda mematikan mobil di malam hari.

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Secara umum, tidak ada banyak perbedaan antar varian dalam hal keselamatan di jalan. Semua varian Almaz sudah mendapatkan fitur pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control+Traction Control, Anti-theft system, Emergency Stop Signal, dan teknologi Hill Hold Control dan Automatic Vehicle Hold.

Tentu saja varian termurah ini memiliki kelemahannya sendiri. Beberapa teknologi yang hilang dalam fitur keselamatan aktif Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 adalah airbag samping, sensor parkir pada bagian depan, serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Tapi secara keseluruhan,  Wuling masih memberikan berbagai fitur menawan untuk menjaga Anda selama di jalan.

>>> Produksi di Indonesia, Berapa Harga Mobil Wuling Confero S Bekas Termurah?

OPERASI Wuling Almaz 2019

Tenaga yang dihasilkan masih sama dengan semua varian Wuling Almaz saat ini. Menggunakan mesin 1.451 cc DOHC DVVT dengan turbocharger, mobil ini mampu menghasilkan hingga 140 daya kuda pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.800 hingga 3.600 rpm. Bisa dibilang, sistem operasi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 cukup tangguh untuk dibawa berkendara sehari-hari.

mesin Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 berwarna hitam
Mesin Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Namun berbeda dengan tiga varian lain yang sudah mendapatkan teknologi transmisi CVT 8 percepatan Manual Simulation adalah versi manual memiliki transmisi 6 percepatan. Untuk berkendara di kota besar yang penuh dengan kemacetan, menggunakan transmisi manual memang membutuhkan lebih banyak tenaga. Tapi, semua tergantung Anda. Ingin memilih yang mana?

>>> Merawat Mobil Mesin Turbo, Sederhana Tapi Harus Serius

spesifikasi Wuling Almaz 2019

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perbedaan yang paling signifikan dari spesifikasi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 dengan varian lainnya yaitu transmisi yang diberikan. Berikut spesifikasi lengkap versi manual di Indonesia.

Dimensi Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4/655 mm x 1.835 mm x 1.760 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Kapasitas Tangki

52 L

Mesin Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Tipe Mesin

1.5 L DOHC DVVT dengan turbocharger

Kapasitas Silinder

1.451 cc

Tenaga Maksimal

140 dk @ 5.200 rpm

Torsi Maksimal

250 Nm @ 1.800 – 3.600 rpm

Transmisi

Manual 8 percepatan

Kaki-Kaki Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019

Rem Depan/ Belakang

Disc Brake

Pelek

Alloy

Tipe Ban

215/60 R17

kelebihan & kekurangan Wuling Almaz 2019

Dibandingkan dengan varian lainnya, Smart Enjoy Manual memang yang paling murah. Tapi jangan salah, versi ini tak kalah menariknya dengan varian lainnya. Berikut kelebihan dan kekurangan Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Harga yang paling murah dibandingkan varian Almaz lainnya

Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan varian Almaz lainnya

Mesin yang masih bertenaga untuk pengendaraan sehari-hari

Di jalanan yang penuh dengan kemacetan, menggunakan transmisi manual membutuhkan lebih banyak tenaga

Fitur WIND masih ditanamkan pada varian ini

 

daftar harga Wuling Almaz 2019

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, varian manual merupakan versi paling murah dari semua saudara Almaz di Indonesia. Untuk harga Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 di Jakarta, Anda perlu mempersiapkan dana mulai dari Rp263.800.000. Bahkan lebih murah Rp12 juta dibandingkan edisi Smart Enjoy CVT 7-Seater di atasnya. Cukup murah dengan fitur berlimpah.

Video Wuling Almaz 2019

Wuling memang belum memberikan pembeda dalam mempromosikan semua varian Almaz. Tapi untuk video Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019, Anda bisa membandingkannya dengan varian tertinggi Almaz 7-Seater.

KESIMPULAN Wuling Almaz 2019

Dibandingkan dengan semua varian Almaz yang dijual di Indonesia, Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 memang menjadi yang paling murah dan memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan edisi Exclusive. Tapi hal tersebut tidak mempengaruhi pengendaraan ketika Anda membawa mobil ini di jalanan.

 Wuling Almaz Smart Enjoy di GIIAS 2019 berwarna putih
Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019 dengan tampilan menawan

Memiliki fitur yang relatif sama dengan versi Smart Enjoy CVT, beberapa fitur yang dihilangkan seperti panoramic sunroof, fitur keyless entry, cruise control, serta pengaturan kursi listrik. Tapi jangan takut, Anda masih mendapatkan fitur WIND yang baru serta berbagai fitur keselamatan dan hiburan lainnya. Secara keseluruhan, edisi termurah memang tidak lengkap, tapi bisa Anda pertimbangkan untuk pengendaraan sehari-hari.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil