Confero S Dibalap Livina, Wuling Masih Tetap Unggul Dari Nissan

28/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Confero S Dibalap Livina, Wuling Masih Tetap Unggul Dari Nissan
Andalan merek China di segmen low MPV, Wuling Confero S sukses disalip Nissan Livina dengan jarak yang cukup jauh. Meski demikian hasil akhir menunjukkan Wuling tetap lebih unggul dibanding Nissan. Siapa backing baru Wuling?

Dibanding Nissan nama Wuling masih jauh dari kata populer di Indonesia. Merek China ini baru berusia dua tahun sejak kedatangannya tahun 2017, sementara Nissan sudah lebih dari setengah abad mengaspal di Indonesia. Tapi dalam urusan performa, Wuling sepertinya tak mau kalah. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesis (GAIKINDO) mencatat tahun 2018 Wuling sudah berhasil mengungguli Nissan dengan menempati posisi ke 9 merek terlaris di Indonesia, sedangkan Nissan berada di peringkat 11. Model low MPV Confero S memberikan kontribusi paling besar di banding model Wuling yang lain seperti Cortez 1.8, Cortez 1.5 dan Formo.

Foto menunjukkan Wuling Confero S saat diluncurkan di GIIAS 2017

Penjualan Wuling Confero S berhasil disalip Nissan Livina

>>> Ingin beli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Tahun 2019 Nissan membuat gebrakan dengan meluncurkan All New Livina. Mobil yang dibuat dari basisnya Mitsubishi Xpander ini diproyeksi mendongkrak penjualan Nissan Motor Indonesia. Hasilnya, data terbaru yang dirilis GAIKINDO menunjukkan penjualan Nissan Livina pada bulan Mei 2109 mencapai 1.056 unit dan menjadi kontributor paling besar terhadap penjualan Nissan. Livina juga sukses menyalip Wuling Confero S dimana pada bulan yang sama hanya terjual sebanyak 534 unit.

Nissan tentu berharap dengan penjualan Livina yang jauh lebih tinggi dari Confero S bisa mengembalikan posisinya ke peringkat yang lebih tinggi dari Wuling, sayang itu belum terjadi. Meski penjualan Confero S berhasil disalip Livina, Nissan belum mampu menyalip penjualan Wuling secara keseluruhan. GAIKINDO mencatat Wuling sukses menjual sebanyak 2.056 unit mobil di bulan Mei 2019, sementara Nissan hanya mampu menjual sebanyak 1.204 unit mobil. Kontribusi besar penjualan Wuling disumbangkan oleh SUV Almaz yang sukses terjual sebanyak 1.130 unit.

>>> Review All New Nissan Livina VL 2019 lebih detail bisa Anda baca di sini!

Foto Wuling Almaz dari arah samping depan tampak keren

Desain keren Wuling Almaz membuatnya jadi pilihan baru para konsumen

Sedikit bisa disimpulkan kalau strategi Wuling memperbanyak model dan varian untuk mengisi beragam segmen cukup berhasil. Konsumen punya banyak pilihan membuat posisi Wuling tetap terjaga. Hingga saat ini Wuling telah memiliki empat model berbeda yaitu Confero S, Cortez, Formo dan Almaz. Namun dari keempatnya lahir banyak tipe dan varian yang jumlahnya lebih banyak, yaitu Confero S, Confero S ACT, Cortez 1.8, Cortez 1.5, Cortez 1.5 Turbo, Formo minibus, Formo blind van, dan Almaz. Jika pada bulan-bulan sebelumnya Confero S jadi kontributor paling besar, kini gantian Almaz yang naik tajam.

Sedangkan Nissan meski memiliki banyak model yaitu March, Livina, Juke, Xtrail, Terra, Navara, Serena, dan Elgrand, hanya Livina saja yang menunjukkan kecemerlangan. Bahkan SUV Terra yang diluncurkan di GIIAS 2018 tak begitu 'terlihat'. Di bulan Mei 2019 hanya ada 34 unit Nissan Terra yang dikirim ke diler, kalah dari Serena yang terjual sebanyak 60 unit.

>>> Bos Nissan Ungkap Alasan Jebloknya Penjualan Nissan Terra di Indonesia

Seperti apa performa Nissan Livina, Anda bisa lihat pada video berikut!

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top