Mau Jadi Pesaing Kijang Innova, Ini Hasil Penjualan Wuling Cortez

10/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Sejak kemunculannya awal 2018 banyak kalangan yang memproyeksi Wuling Cortez bakal jadi pesaing serius Toyota Kijang Innova di segmen medium MPV. Lebih dari satu tahun berlalu bagaimana hasil penjualan Wuling Cortez sekarang?

Saat ini Wuling mendekati usia dua tahun mengaspal di Indonesia sejak kehadirannya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Wuling juga telah memiliki sejumlah model dari berbagai segmen, yaitu Confero S, Formo, Almaz dan Cortez. Untuk nama terakhir, mobil yang masuk di segmen medium MPV ini mulai diperkenalkan pada 18 Desember 2017 di sirkuit balap Sentul Bogor Jawa Barat.

>>> Mengintip Penjualan Nissan Juke di Indonesia, Crossover Yang Terlalu Segmented

Foto menunjukkan Wuling Cortez 1.8L dipajang di sebuah pameran otomotif

Cortez menjadi line up kedua Wuling Motors setelah Confero S

Banyak yang memprediksi mobil ini bakal jadi pesaing terkuat Toyota Kijang Innova mengingat dari sisi produk Wuling Cortez punya lebih banyak keunggulan baik desain, fitur maupun harga. Wuling Cortez satu-satunya model MPV di bawah Rp 300 juta yang dilengkapi sunroof. Lantas bagaimana hasil penjualan Wuling Cortez saat ini?

Merujuk data penjualan mobil nasional yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan Wuling Cortez all series (wholesales) bulan Mei mencapai 385 unit terdiri dari Cortez 1.8L 245 unit, Cortez 1.5L 10 unit dan Cortez CT Turbo 130 unit. Di bulan yang sama penjualan Toyota Kijang Innova all series mencapai 3.916 unit. Artinya secara kalkulasi penjualan Wuling Cortez tidak ada 10 persennya penjualan Kijang Innova. Dan itu berarti Wuling Cortez masih jauh untuk jadi pesaing kuat MPV Toyota tersebut.

>>> Baca Review Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018 di sini!

Untuk diketahui, Toyota Kijang Innova diluncurkan pertama di Indonesia sejak 2004 silam sebagai pengganti sekaligus meneruskan perjalanan sukses Toyota Kijang Kapsul yang diluncurkan tahun 1997. Selama 15 tahun Innova menemani mobil ini begitu melekat di hati sanubari keluarga Indonesia bersama dengan Toyota Avanza. Toyota Kijang Innova juga berhasil meredam sepak terjang kompetitor yang terus berdatangan seperti Toyota Sienta, Honda Freed, Isuzu Panther, Chevrolet Orlando, dan Mazda 5.

Foto menunjukkan tampilan Toyota Kijang Innova 2004, menarik

Toyota Kijang Innova 2004 hadir menggantikan Kijang Kapsul

Dibanding dengan model-model tersebut penjualan Wuling Cortez memang paling banyak dan paling dekat dengan Toyota Kijang Innova. Namun dengan selisih yang sangat jauh dipastikan posisi Kijang Innova sebagai penguasa  segmen medium MPV bakal bertahan lama.

Apa yang akan dilakukan Wuling Motors untuk mendongkrak penjualan Wuling Cortez layak untuk dinanti. Pabrikan asal China tersebut pasti bakal melakukan upaya lebih keras, selain agar produknya makin dikenal juga untuk mendongkrak penjualan.

>>> Tertarik membeli Toyota Kijang Innova, Cek harganya di sini!

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top