Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Acuan SUV 4WD Era 1990-an

11/03/2021

Share this post:

Toyota Land Cruiser 1995

Editor rate:

Rp 300 juta - Rp 500 juta

Tertarik Dengan Toyota Land Cruiser? Lihat promo

Toyota Land Cruiser Seri 80 menjadi salah satu acuan SUV 4WD pada dekade 1990-an melalui tawaran kemewahan dan kemampuan jelajah lintas alam yang istimewa

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Acuan SUV 4WD Era 1990-an
Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Acuan SUV 4WD Era 1990-an
0 Gambar

Pengantar Toyota Land Cruiser 1995

Mari kita simak spesifikasi Toyota Land Cruiser 1995 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin diesel tangguh 

Performa off road

Fitur mewah

Kekurangan

Dimensi besar

Cost of ownership tinggi 

Posisi ban cadangan  

Walau sudah berusia lanjut, big SUV ini tetap memiliki kharisma tersendiri dan menunjukkan kasta sosial pemiliknya. Bahkan, kini harga bekasnya tetap bertahan tinggi jauh melebihi harga barunya. Apa yang membuat  Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 tetap mempunyai pesona tersendiri yang tidak lekang oleh waktu? 

gambar Toyota Land Cruiser Seri 80 1995

Toyota Land Cruiser Seri 80 1995, paduan ketangguhan dan kemewahan 

Boleh disebut Toyota Land Cruiser J80 1995 adalah SUV incaran para kolektor dan pecinta SUV sejak tahun 1995 hingga sekarang. Selain menawarkan ketangguhan, Toyota Land Cruiser J80 1995 juga terkenal berkelas. Kemewahan kabin Toyota Land Cruiser penerus Seri 60 ini setara dengan sedan mewah pada masa itu  semisal Toyota Crown dan  tidak kalah  dibanding mobil-mobil kekinian. Penasaran dengan  daya tarik  Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 ? Baca terus review ini hingga selesai. 

>>> Sejarah Toyota Land Cruiser, Berawal Dari Mobil Militer Hingga Menjadi Mobil Legendaris

Eksterior Toyota Land Cruiser 1995

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Tampilan Depan

Fascia depan Toyota Land Cruiser Seri 80 1005 untuk trim level VX mengutamakan tampilan mewah era 1990-an melalui sentuhan chrome pada grille depan dan desain rumah lampu yang menyatu antara lampu depan dekat,  lampu depan jauh dan lampu kecil. Sedangkan posisi lampu sein berukuran besar berada di bawah lampu depan sehingga mudah terlihat dari arah depan.

gambar toyota land cruiser seri 80 tampak depan

Toyota Land Cruiser Seri 80, hadir dengan fascia  depan yang mewah 

Bemper depan yang terbuat dari logam dilengkapi kisi ventilasi untuk memaksimalkan pendinginan mesin dan perangkat pendingin lainnya seperti  intercooler. Kap mesin mempunyai desain rata dari depan hingga belakang sehingga mengoptimalkan pandangan pengemudi ke arah depan kendaraan dan berguna saat melalui medan off road. O iya logo tiga elips menjadi tanda model tahun 1995 menggantikan emblem TOYOTA.

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Tampilan Samping

Dari arah samping terlihat proporsi Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 mengikuti proporsi Toyota Land Cruiser Seri 60 yang digantikannya. Hal itu tercermin melalui pembagian ruang yang terdiri atas  ruang mesin (depan), ruang kabin penumpang (tengah) dan ruang bagasi (belakang). Desain kaca serba besar untuk memaksimalkan visibilitas ke segala arah juga mengikuti gaya desain Toyota Land Cruiser Seri 60.

gamrbar toyota land cruiser tampak samping

Toyota Land Cruiser Seri 80, tampilan samping berevolusi dari Seri 60

Satu hal unik dari Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 adalah pengaturan jarak sumbu roda yang dioptimalkan untuk mendapatkan ruang kabin yang nyaman bagi  para penumpang, Selanjutnya,  overhang depan belakang dibuat pendek agar  memaksimalkan kemampuan manuver di lintasan off road. Tidak lupa sentuhan chrome untuk tuas pintu yang menegaskan kesan mewah dan pijakan kaki untuk memudahkan akses masuk keluar para penumpang.

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Tampilan Belakang

Saat diluncurkan oleh PT Toyota-Astra Motor pada tahun 1995, Toyota Land Cruiser Seri 80 tersedia dalam varian VX dan STD. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada tipe pintu split tailgate (VX) dan tipe pintu ambulance (STD). Sesuai namanya, pintu belakang Toyota Land Cruiser Seri 80 varian VX model split tailgate bisa dibuka terpisah antara bagian atas dan bagian bawah sehingga memudahkan akses untuk bongkar muat barang bawaan.

gambar toyota land cruiser seri 80 tampak belakang

Toyota Land Cruiser Seri 80, dilengkapi pintu belakang model split tailgate dan model ambulance

Semisal hanya butuh meletakkan barang bawaan maka cukup pintu bagian atas yang dibuka. Atau jika ingin mengeluarkan semua barang bawaan maka pintu atas bawah bisa dibuka. Sedangkan pintu untuk varian STD menganut model pintu ambulance yang bisa dibuka terpisah antara bagian kiri dan kanan sehingga membantu akses masuk keluar penumpang.

>>> Baca juga review Toyota Land Cruiser lainnya di sini:


Interior Toyota Land Cruiser 1995

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Desain Dashboard

Berbeda dengan Toyota Land Cruiser generasi sebelumnya, desain dashboard Toyota Land Cruiser Seri 80 tampil dengan sentuhan kemewahan dan mengadopsi desain serba  mengalir tidak lagi kaku kotak-kotak. Hasil akhirnya boleh disebut setara dengan sedan mewah seperti Toyota Crown. Saat dirilis era 1990-an, desain dashboard Toyota Land Cruiser Seri 80 sudah memanfaatkan teknologi elektronik secara optimal sehingga boleh disebut "state of the art" pada masanya.

gambar dashboard toyota land cruiser seri 80

Dashboard Toyota Land Cruiser Seri 80, tampil mewah seperti sedan papan atas

Semisal sistem hiburan (head unit + speaker) dan pengaturan berbagai macam hal lainnya cukup  dilakukan dengan menekan tombol. Untuk beberapa varian Toyota Land Cruiser Seri 80, kemudinya mengadaptasi model 3 spoke (belum airbag). Sedangkan varian dengan airbag ditandai kemudi model 4 spoke. Bahkan hingga hari ini, interior Land Cruiser Seri 80 ini tetap terlihat mewah dan berkelas.

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Kursi

Desain kursi menjadi salah satu nilai jual unggulan Toyota Land Cruiser Seri 80 dibanding generasi sebelumnya. Bukan hanya tampil lebih berkelas dengan balutan fabric, juga tersedia pilihan kulit yang memberikan aura mewah setara sedan papan atas. Selain itu, bantalan kursinya juga empuk dan nyaman disertai posisi duduk yang dirancang dengan tingkat ergonomika yang lebih baik agar para penumpang tidak merasa pegal saat melakukan  perjalanan jarak jauh.

gambar kursi toyota land cruiser seri 80

Kursi mampu menyangga tubuh dengan baik

Pada kursi terdapat tambahan support untuk  tubuh bagian atas serta paha yang mengadaptasi desain  semi bucket seat. Masih terkait kabin, tersedia fitur AC double blower tersedia pada trim VX sehingga penumpang belakang merasakan kenyamanan maksimal sepanjang perjalanan. Kenyamanan kabin mobil ini superior untuk perjalanan jauh, tak heran World Traveler semisal om Hartawan Hauwke Setjodiningrat mengandalkan Land Cruiser Seri 80 untuk keliling dunia.

>>> Cek juga berita seputar Toyota Land Cruiser di sini:

Fitur Toyota Land Cruiser 1995

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 : Suspensi 

Pada Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 terdapat inovasi signifikan berupa penerapan suspensi model solid live axle dengan per keong (coil spring) untuk semua roda. Secara teknis, Toyota Land Cruiser Seri 80 bukan yang pertama menerapkan suspensi model tersebut, karena pesaingnya seperti Nissan Patrol sudah lebih dahulu menggunakannya.

gambar suspensi toyota land cruiser seri 80

Suspensi Toyota Land Cruiser Seri 80, nyaman dan tangguh  

Namun, Toyota Land Cruiser Seri 80 menjadi pemakai pertama untuk kategori station wagon berorientasi kenyamanan dalam keluarga besar Toyota Land Cruiser karena generasi sebelumnya memakai suspensi model per daun. Penggunaan suspensi per keong memberikan peningkatan optimal dalam hal kenyamanan berkendara (lebih empuk) dan kemampuan jelajah off road (wheel travel & axle articulation).

Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Sistem 4WD

gambar sistem 4x4 toyota land cruiser seri 80

Sistem 4x4 membuatnya kapabel diajak kemanapun

Secara umum, Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 tersedia dengan dua jenis sistem 4WD; part-time dan full time. Untuk Toyota Land Cruiser Seri 80 (varian VX dan STD) yang dipasarkan di Indonesia pada tahun 1995 dilengkapi sistem 4WD jenis part-time. Sedangkan Toyota Land Cruiser Seri 80 yang dijual di pasar global menganut sistem 4WD jenis full time dan dilengkapi dengan center diff-lock. Varian entry level dan standar tetap memakai sistem 4WD part-time. Aktivasi sistem gerak 4WD menggunakan tuas kecil untuk mengoperasikan transfer case dengan pilihan High gear dan Low gear.   

Operasi Toyota Land Cruiser 1995

Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 yang dirilis di Indonesia tersedia dengan 2 pilihan mesin diesel; 1HD-T (turbo diesel) untuk varian VX dan 1HZ (naturally aspirated) untuk varian STD. Keduanya menganut konfigurasi 6 silinder segaris, direct injection, SOHC 12 katup serta berkapasitas 4.164 cc (4,2 liter). Mesin yang berakar dari seri H ini terkenal bandel dan tangguh, juga bersuara halus dan minim getaran sehingga mirip dengan mesin diesel untuk sedan mewah. Teknologinya relatif sederhana sehingga tidak masalah jika menggunakan bahan bakar solar biasa. 

gambar mesin toyota land cruiser seri 80

Mesin seri HD-T yang tangguh menjadi andalan Toyota Land Cruiser Seri 80

Berbekal perangkat turbo, mesin 1HD-T menghasilkan 163 HP dan 360 NM serta didukung transmisi manual 5-speed (VX) atau otomatis 4-speed (VX-R). Sedangkan mesin 1HZ pada varian STD memproduksi 130 HP dan 280 NM. Dari segi kinerja, mesin 1HD-T lebih cocok untuk kondisi pemakaian yang membutuhkan performa tinggi. Sebaliknya, mesin 1HZ lebih pas untuk kondisi pemakaian yang memerlukan ketahanan dalam jangka panjang. Mengingat karakternya yang kuat dan mudah dirawat, tidak heran kalau mesin 1HD-T menjadi mesin favorit untuk engine swap pada Toyota Land Cruiser versi  lama seperti Seri 40, Seri 60. Perhatikan untuk selalu mengganti timing belt setiap 100.000 km.       

>>> Merawat Mesin Turbo? Ini Yang Wajib Diperhatikan

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 1995

Mesin Toyota Land Cruiser Seri 80 1995

Seri mesin

1HD-T, 6 silinder segaris, turbo diesel

Sistem katup

SOHC, 12 katup

Rasio kompresi

18,6:1

Pasokan bahan bakar

Diesel direct injection

Tenaga

163 hp/3600 rpm

Torsi

360 Nm/2.100 rpm

Kapasitas silinder

4.164 cc

Sasis Toyota Land Cruiser Seri 80 1995

Transmisi

Manual 5-speed/otomatis 4-speed

Sistem gerak

4WD, part-time

Kapasitas tangki bahan bakar

145 liter (90 liter + 50 liter)

Suspensi depan

Solid axle, per keong

Suspensi belakang

Solid axle, per keong

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Tromol

Kemudi

Recirculating ball, power steering

Velg dan ban

27570 R16, 7 x 16

Daftar Harga Toyota Land Cruiser 1995

Pada tahun 1995, PT Toyota Astra Motor  meluncurkan  dua varian Toyota Land Cruiser J80 yang terdiri atas varian  Standar dengan harga Rp 134,6 juta dan varian VX dengan harga Rp 174,9 juta. Sebagai SUV mewah, penjualannya saat itu laris manis. Sayangnya, pemasaran Toyota Land Cruiser Seri 80 di Indonesia hanya sampai tahun 1998 karena sudah berganti model dengan Toyota Land Cruiser Seri 100 secara global.

gambar toyota land cruiser seri 80

Toyota Land Cruiser Seri 80, salah satu SUV legendaris di Indonesia 

Menyandang predikat SUV berkelas dan langka, tidak heran kalau harga bekas Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 saat ini terus meroket dan bertahan. Pada beberapa gerai mobil bekas, Toyota Land Cruiser Seri 80 1995 ditawarkan dengan harga Rp 300 juta - Rp 500 juta tergantung kondisi mobil.

Kesimpulan Toyota Land Cruiser 1995

gambar toyota land cruiser seri 80

Toyota Land Cruiser J80, sarat dengan  kemewahan, kenyamanan dan teknologi 4WD terdepan 

SUV berukuran full size ini menjadi salah satu SUV legendaris di Indonesia dan meneruskan legenda Toyota Land Cruiser generasi sebelumnya seperti Seri 40, Seri 55 dan Seri 60 disertai  lompatan teknologi yang sangat drastis. Secara umum, Toyota Land Cruiser J80 menawarkan  kemewahan, kenyamanan dan modis. Menyandang nama besar Toyota Land Cruiser, tentu saja Toyota Land Cruiser J80 memiliki  kemampuan jelajah off road yang istimewa ditambah dengan teknologi 4WD terdepan pada masanya sehingga menjadi acuan SUV 4WD era 1990-an.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil

Heradiranto
Share this post:
Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top