Sejarah Toyota Land Cruiser, Berawal Dari Mobil Militer Hingga Menjadi Mobil Legendaris

15/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Sejarah Toyota Land Cruiser, Berawal Dari Mobil Militer Hingga Menjadi Mobil Legendaris
Di zaman modern ini, apakah Anda masih mengenal Toyota Land Cruiser? Memang tak dipungkiri, mobil satu ini sangat jarang dilihat berkeliaran di lalu lintas kota, mengingat harganya yang cukup mahal. Namun tahukah Anda, sejarah Toyota Land Cruiser terbilang paling menarik di antara model Toyota lainnya.

Sejarah Awal Toyota Land Cruiser

Cerita berawal dari tahun 1950 yang terjadi perang antara Korea Utara menyerang Korea Selatan. Posisi Jepang kala itu masih dikontrol langsung oleh Amerika serta PBB dalam upaya mendukung Korea Selatan. Bertepatan dengan fenomena tersebut, perusahaan otomotif yakni Toyota dipilih sebagai pihak yang harus menyediakan truk militer 4-Wheel Drive (4WD) untuk kebutuhan Amerika Serikat.

Tak berselang lama setelah itu, Amerika juga memberikan izin bagi untuk menciptakan kendaraan militer dengan spesifikasi mirip Willys Jeep. Kendaraan tersebut juga harus dibuat menggunakan material lokal dari negeri Jepang.

Merasa sukses dengan izin tersebut, Toyota akhirnya mulai mencoba mengembangkannya dan berhasil menciptakan mobil prototipe. Tepat pada tahun 1951, Toyota akhirnya menampilkan prototipe tersebut ke National Police Reserve (NPR) supaya dapat dijadikan sebagai kendaraan militer nasional. Namun sayangnya, pihak NPR lebih tertarik dengan kendaraan yang diciptakan oleh Mitsubishi.

Toyota AK10 Prototipe adalah produk pertama Toyota yang diusulkan kepada NPR supaya menjadi kendaraan aparat nasional Jepang

Sosok prototipe Toyota AK10 menjadi cikal bakal dari Land Cruiser

Lahirnya Sang Legenda

Seakan sangat percaya dengan prototipe-nya, Toyota tak ingin berhenti pada satu kegagalan tersebut. Toyota terus mengembangkannya dan dinamai 'Toyota Jeep BJ’. Untuk memberi bukti bahwa prototipe-nya adalah produk berkualitas tinggi, Toyota berhasil membawanya mendaki ke tingkat ke 6 dari Gunung Fuji. Sensasi tersebut akhirnya didengar oleh NPR dan menyetujui Toyota sebagai penyuplai kendaraan militer nasional, menggantikan Mitsubishi.

Butuh setidaknya 2 tahun bagi Toyota untuk memproduksinya ke dalam beberapa varian seperti halnya mobil pemadam kebakaran, Pick-Up hingga kendaraan Tour. Akhirnya produk tersebut juga dipesan oleh beberapa perusahaan ternama dan instansi pemerintah lainnya.

Tepat pada tahun 1954, Toyota Jeep BJ' merubah namanya menjadi Toyota Land Cruiser. Menariknya, produk satu ini diekspor ke negara Pakistan dan Saudi Arabia di tahun 1955.

Toyota Jeep BJ berhasil memenangkan hati NPR sehingga dipilih menjadi kendaraan aparat nasional

Toyota Jeep BJ merubah namanya menjadi Land Cruiser

>>> Jika Anda tertarik, Toyota Land Cruiser keluaran tahun 2011 kini dijual seharga Rp. 500 jutaan saja

Dari Kendaraan Resmi Menjadi Kendaraan Masyarakat

Pada bulan Agustus 1955, generasi kedua Toyota Land Cruiser (20 Series) diluncurkan. Setelah empat tahun berselang, generasi terbarunya berubah menjadi kendaraan layak pakai untuk masyarakat. Dalam hal ini, Toyota memberikan berbagai pembaruan sesuai kebutuhan masyarakat setempat seperti merancang kabin interior lebih lapang serta rangka bodi lebih bulat dari versi sebelumnya.

Toyota Land Cruiser 20 Series merupakan peralihan dari mobil militer menjadi mobil yang siap pakai untuk masyarakat

Peralihan dari kendaraan militer menjadi kendaraan masyarakat terjawab dari Toyota Land Cruiser 20 Series

>>> Review Toyota Land Cruiser 79 GXL 2016: Tetap Minimalis dan Klasik

Polesan Modern Pada Generasi Ketiga

Segala lekuk dan bentuk bodinya berubah secara signifikan pada tahun 1960, sekaligus menjadi generasi ketiga Land Cruiser. Tampilannya kini lebih maskulin dan terlihat kokoh di semua sisinya.  Adapun wajah depan dibekali Grille bertuliskan 'TOYOTA’ dipadu lampu depan berbentuk bulat.

Toyota Land Cruiser 40 Series menawarkan tiga pilihan mode berkendara meliputi FULL, ECONOMY dan MODERATE

Toyota Land Cruiser 40 Series dikenal karena hadirnya teknologi canggih yang menawarkan mode berkendara

Ada hal spesial yang dapat menarik minat masyarakat kala itu yakni tombol mode berkendara. Tersedia tiga pilihan berkendara meliputi FULL, ECONOMY dan MODERATE, yang mana setiap mode berbeda dalam hal Final Drive Ratio pada transmisi. Alhasil, ketiga mode tersebut memberi dampak signifikan sesuai medan yang dilewati.

>>> Jika Anda ingin tampilan lebih gagah dan garang, Toyota Land Cruiser Prado juga siap dipinang, simak harganya

Perubahan Minat Masyarakat

Mobil 4WD seperti Land Cruiser tak lagi dianggap sebagai satu-satunya mobil tangguh di zamannya. Terdapat banyak pilihan lain yang nyatanya menuntut Toyota untuk menciptakan mobil-mobil baru dengan menjunjung aspek desain. Lantas bagaimana dengan nasib Land Cruiser?

Toyota mulai memahami apa yang dibutuhkan masyarakat terhadap mobil 4WD seperti Land Cruiser. Toyota menangkap bahwa masyarakat lebih memilih mobil 4WD untuk kegiatan rekreasi alias tamasya ke area pegunungan. Adapun karena hal tersebut dikategorikan sebagai kebutuhan maka ruang kabin pun harus luas dan nyaman.

Menjawab hal tersebut, para desainer ahli Toyota mulai memikirkan sebuah desain mobil yang bisa memenuhi kebutuhan tamasya tersebut tanpa menghilang performa Off-Road. Hasilnya terjawab dari Toyota Land Cruiser Station Wagon 55 Series pada tahun 1967. Akhirnya terdapat dua varian yakni Land Cruiser dan Land Cruiser Station Wagon.

Toyota Land Cruiser Wagon 55 Series dirilis pada tahun 1967 dengan menghadirkan hal-hal baru yang menyamankan seluruh penumpang

Toyota Land Cruiser Station Wagon 55 Series merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat akan rekreasi keluarga

Langkah Toyota satu ini pun terbilang sukses yang mana varian Station  Wagon mampu meraup penjualan sebesar 11% dari seluruh produk Land Cruiser yang sudah terjual hingga tahun 1980.

>>> Jika Anda tertarik dengan mobil besutan Toyota, Anda bisa mengetahui model terbarunya di sini

Krisis Minyak Dunia

Ketika dunia sedang mengalami krisis minyak di tahun 1980, perkembangan otomotif pun harus berkembang ke arah efisiensi dengan alih-alih supaya terus eksis. Menjawab hal ini, Toyota merilis Land Cruiser 60 Series pada tahun 1980.

Toyota Land Cruiser 60 Series menghadirkan performa mesin yang irit bahan bakar

Toyota Land Cruiser 60 Series memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik

Beberapa lini juga berubah supaya menciptakan efisiensi yang lebih baik seperti halnya suspensi hingga transmisi. Di sisi lain, mobil ini sudah sepenuhnya tertutup oleh kaca dan menyediakan kabin luas. Bahkan, kapasitas bagasi pun juga mengalami ubahan dengan total ruang 2.760 Liter. Tentu hal ini diupayakan supaya Land Cruiser menjadi kendaraan yang cocok untuk kebutuhan keluarga serta menjawab isu krisis minyak dunia.

Peralihan Desain 1970an Ke Unsur Mewah

Memahami bahwa model Land Cruiser tak lagi layak untuk medio 1990an, Toyota akhirnya meracik Land Cruiser 80 Series. Sebuah kendaraan yang memadukan unsur mewah dan performa Off-Road mumpuni. Tersedia juga dua pilihan yakni versi 5 kursi dan 10 kursi. Menariknya lagi, model satu ini menggunakan balutan kulit pada setirnya. Sejarah pertama bagi Land Cruiser.

Toyota Land Cruiser 80 Series menawarkan dua pilihan kursi yakni 5 orang dan 10 orang

Toyota Land Cruiser 80 Series menyuguhkan unsur mewah di berbagai sisinya

Produksinya dihentikan di Jepang pada tahun 1997 yang sudah berhasil menjual sebanyak 550.000 unit dari total produksi sebanyak 3,4 juta di seluruh dunia.

>>> Punya dana terbatas dan ingin harga terjangkau? Coba simak harga mobil Toyota yang dijual di situs Cintamobil.com

Peningkatan Dalam Segi Berkendara

Land Cruiser memang dikenal akan ketangguhannya dalam medan terjal. Namun, Toyota ingin lebih dari itu khususnya kenyamanan di jalanan perkotaan. Menjawab hal tersebut, Toyota merilis Land Cruiser 100 Series Station Wagon.

Kemajuan teknologi abad 21 juga dapat diamati pada penggunaan suspensi Independent serta teknologi menarik lainnya seperti Multi-Stage Absorber Settings, Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Traction Control (TRAC) dan Stability Control.

Toyota Land Cruiser 100 Series menghadirkan berbagai macam teknologi mutakhir di abad 21

Toyota Land Cruiser 100 Series tampil makin tangguh bukan saja di medan Off-Road namun juga On-Road

Sama seperti model 80 Series, Land Cruiser 100 Series terbilang sukses dari segi penjualan. Bahkan, karena kesuksesan tersebut, Toyota dinobatkan sebagai perusahaan otomotif terbesar di tahun 2007.

Kepercayaan Menjadi Prioritas Utama

Setelah 5 tahun pengembangan untuk model terbarunya, akhirnya Toyota merilis Land Cruiser 200 Series Station Wagon. Ubahan juga didapati pada segi suspensi dan performa mesin yang lebih tangguh.

Toyota Land Cruiser 200 Series meningkatkan performa mesin serta kapabilitasnya sebagai mobil Off-Road

Toyota Land Cruiser 200 Series Station Wagon menawarkan performa mesin lebih tangguh dari generasi sebelumnya

Dalam hal ini, spesifikasi mesin yang digunakan adalah 4.5 Liter Twin-Turbo V8 diesel. Racikan mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum 286 BHP. Alhasil, performanya di medan berat nan terjal bisa dilahap dengan mudah oleh Land Cruiser 200 Series. Bisa dibilang, model satu ini adalah model terbaik sepanjang sejarah Land Cruiser.

>>> Simak artikel otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Bisakah Suzuki Jimny Mengikuti Ketangguhan Toyota Land Cruiser di Jalanan Off-Road?

21/11/2018

Pengemudian

Setelah hampir 20 tahun, Suzuki akhirnya menggantikan generasi pertama Suzuki Jimny dengan model serba baru. Namun, apakah pembaruan model ini membuat Jimny bisa mengikuti Toyota Land Cruiser ketika diajak berkendara off-road?

Lihat juga

Review Toyota Land Cruiser 79 GXL 2016: Tetap Minimalis Dan Klasik

06/06/2018

Editor rate:

Perjalanan panjang Toyota Land Cruiser tak pernah berakhir dari tahun 1985 hingga kini memasuki era digital. Hal ini tidak dapat dipungkiri, alasan utamanya adalah banyak peminat yang sangat mempercayai dan mengakui ketangguhan dari model Sport Utility Vehicle (SUV) legendaris besutan Toyota ini. Akan terdapat fitur terbaru di model teranyarnya ini, kira-kira bagaimana strategi Toyota mengemas Land Cruiser 79 GXL untuk tetap eksis sebagai mobil legendaris?

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 200 2016, Off-roader Mewah dan Tangguh

04/05/2018

Editor rate:

Siapa sangka jika mobil SUV Toyota Land Cruiser adalah mobil legendaris, bahkan bisa diurut sejarahnya sejak 1951. Dan terus eksis hingga saat ini, bahkan bertransformasi dari “kuda beban” menjadi SUV termewah buatan Jepang. Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Land Cruiser 200 2016.

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Land Cruiser Prado 2017

26/03/2018

Editor rate:

Membicarakan Land Cruiser Prado memang tak ada habisnya. SUV bongsor ini memang merupakan katalog andalan Toyota di ranah SUV. Di tahun 2017 kemarin, Prado kembali hadir dengan menyematkan berbagai pembaharuan guna membuat tampilannya menjadi lebih fresh. Tak hanya desain, mesin pun mendapat sentuhan anyar guna menjadi lebih garang di berbagai lintasan. Kehadiran varian anyar ini sudah barang tentu akan kembali memperketat segmen SUV premium di pasar otomotif dunia.

Lihat juga

Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

20/06/2018

Editor rate:

Embusan kabar mengenai kehadiran Suzuki Jimny 2019 terus terkuak akhir-akhir ini, mulai dari foto Spyshot, brosur hingga sekelumit informasi dari website resminya. Nah, belum lama ini, Suzuki Global menghadirkan spesifikasi dan fitur lengkapnya. Berikut ini adalah review Suzuki Jimny 2019.

Lihat juga