Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: King-Off-The-Road

08/12/2019

Share this post:

Toyota Land Cruiser 2002

Editor rate:

Lihat promo

Mobil ini dapat menjadi sebuah pilihan alternatif yang lebih mewah bagi Anda yang punya uang untuk membeli Toyota Fortuner baru maupun Mitsubishi Pajero Sport Exceed anyar. Inilah ulasan kami mengenai Toyota Land Cruiser VX100 2002

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: King-Off-The-Road
Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: King-Off-The-Road
0 Gambar

Pengantar Toyota Land Cruiser 2002

Mari kita simak spesifikasi Toyota Land Cruiser 2002 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin dan kaki-kaki bandel khas Toyota

Nama Land Cruiser Series yang melegenda

Harga mobil bekasnya dapat bertahan tinggi

Kabinnya mewah

Kekurangan

Lampu depan belum kristal multireflektor

Engsel pintu bagasi rawan korosi

Suspensi limbung

Pelek masih 17 inch

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002 - Toyota Land Cruiser adalah legenda. Anda belum pantas disebut pecinta SUV sejati kalau belum mengenal Toyota Land Cruiser. Dan demi memenuhi permintaan fanatik SUV inilah PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan inkarnasi dari Toyota Land Cruiser di tahun 2002 yakni Land Cruiser 100 Series. Secara bentuk Land Cruiser VX100 ini lebih modern dari pendahulunya 80 Series. 

Gambar menunjukkan Emblem Toyota Land Cruiser VX100 2002

Toyota Land Cruiser adalah legenda

PT TAM sengaja tidak menghadirkan versi bensin di Toyota Land Cruiser ini. Mengingat karakter konsumen Land Cruiser yang telah mengenal dengan sangat baik ketangguhan dan reputasi unit diesel milik Land Cruiser sejak 80-Series. Dan berbeda dengan Land Cruiser diesel dagangan IU yang diambil dari Australia, PT TAM sengaja mengimpor unit ini langsung dari Jepang. O ya unit ini lazim juga disebut Land Cruiser VX100.

Eksterior Toyota Land Cruiser 2002

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Land Cruiser VX100 2002

Tampilan macho seakan kental tersirat dari raut wajahnya

Secara fisik, Land Cruiser VX100 sebenarnya memiliki kemiripan fisik dengan Toyota Land Cruiser VX80 yang penjualannya laris manis di tangan Toyota Astra Motor. Bahkan, lekukan bodi pun sebelas-duabelas. Bedanya, Land Cruiser VX100 lebih gambot dan juga lebih berat. Meski mobil ini punya aura maskulin yang kuat, namun tetap ada kesan elegan, dengan penggunaan grill depan dengan tiga bilah garis horizontal.

Gambar menunjukkan Headlamp Toyota Land Cruiser VX100 2002

Lampu depan masih berbahan kaca membuatnya tidak akan menguning seperti bahan plastik

Menilik tampilan depannya, siapa sangka bahwa mobil satu ini hampir berusia 17 tahun? Eksterior depan Toyota Land Cruiser VX100 ini masih tetap keren, macho, gagah dan tidak memalukan berjejer dengan SUV terbaru sekalipun. Headlamp terbuat dari bahan kaca dengan reflektor terletak di batok lampunya, berbeda dengan mobil kekinian yang pakai bahan plastik dan menggunakan desain diamond cut.

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Land Cruiser VX100 2002

Jika Anda menganggap Toyota Fortuner adalah SUV jangkung, maka ini lebih jangkung dari mobil itu

Jelas saja mobil ini tampak jangkung, karena Toyota Land Cruiser VX100 2002 ini punya dimensi tinggi 1.894 mm, atau lebih tinggi 59 mm dari SUV Modern Toyota macam New Toyota Fortuner TRD Sportivo 2019. Sayangnya, velg 17 inci yang digunakan terlihat agak kecil dan kurang proporsional dengan besarnya bodi.

Gambar menunjukkan footstep Toyota Land Cruiser VX100 2002

Diameter pelek lebih kecil 1 inchi bila dibandingkan tipe full option

Oleh karena unit mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 yang kami review ini adalah tipe standar bukan full option. Maka Anda tidak akan menemukan beberapa aksesoris tambahan seperti overfender, body moulding two tone, talang air, gagang pintu berlapis krom, dan juga velg 18 inci. Pada bagian samping mobil ini Anda hanya akan menemukan footstep guna memudahkan proses keluar dan masuk mobil.

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Land Cruiser VX100 2002

Karena ini tipe standar, maka tak ada emblem 'VX Limited' di pojok kiri belakang pintu

Karena merupakan varian standar di keluarga Toyota Land Cruiser 100, maka Anda tidak akan menemukan logo VX Limited pada mobil ini. Dan juga mobil tes kami ini tidak dilengkapi dengan spoiler belakang yang menambah aura sporty. Meski demikian, kami menyukai mode bukaan pintu bagasi VX100 ini yang dapat terbuka dua arah dan memudahkan proses keluar dan masuk barang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Land Cruiser 2002

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Toyota Land Cruiser VX100 2002

Layout interior memang biasa saja, namun dibalut material kulit berkualitas

Di zamannya, layout interior seperti ini terlihat sangat mewah, dan jauh dari kesan spartan. Desain yang dianut boleh konvensional, namun berkat dibalut material kulit yang berkualitas membuat kabin Toyota Land Cruiser VX100 lebih mirip sedan mewah, ketimbang sebuah off-roader yang rajin keluar dan masuk hutan belantara. Anda tidak akan komplain terhadap kualitas material di mobil ini.

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Kursi

Gambar menunjukkan Kursi depan Toyota Land Cruiser VX100 2002

Kedua jok depan sudah bisa diatur secara elektrik

Anda ingin off-road sambil membawa keluarga? Semua dapat dilakukan dengan Toyota Land Cruiser VX100 2002 ini. Karena tujuh penumpang dapat duduk di kabin mobil ini. Untuk kursi penumpang depan dan kursi pengemudi Anda akan dibuai dengan keempukan jok di mobil ini baik untuk dasar jok maupun sandaran punggungnya, serta terdapat pengaturan elektrik delapan arah khusus di kursi depan.

Gambar menunjukkan Kursi belakang Toyota Land Cruiser VX100 2002

Kursi paling nyaman di Land Cruiser ini ada di jok depan dan kursi baris kedua

Sayangnya, hanya penumpang depan dan baris kedua saja yang dapat duduk dengan nyaman pada perjalanan jauh. Sebab, meski headroomnya cukup lega untuk orang dewasa, namun pada kursi baris ketiga ini legroomnya sempit dan Anda akan terasa kurang nyaman duduk di jok paling belakang ini. Kami sarankan sebaiknya Anda lipat saja kursi paling belakang ini dan gunakan untuk mengoptimalkan kapasitas bagasi membawa barang.

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Toyota Land Cruiser VX100 2002

Bukaan pintu bagasi ini bisa dua arah yang memudahkan akses barang

Salah satu kelebihan Toyota Land Cruiser VX100 2002 ini adalah akses ke bagasinya, sebab pintu bagasi di mobil ini dapat dibuka secara terpisah menjadi dua bagian. Ini jelas akan memudahkan Anda dalam memasukkan maupun mengeluarkan barang. Untuk memasukkan barang dengan ukuran kecil, Anda dapat membuka bagian atasnya saja, namun untuk memasukkan barang besar, Anda dapat membuka juga bagian bawahnya.

Gambar menunjukkan lipatan kursi belakang Toyota Land Cruiser VX100 2002

Akan bisa lebih luas lagi jika pelipatan bangkunya seperti Kijang Innova...

Asyiknya, dengan bukaan pintu bagasi model seperti ini, dapat Anda manfaatkan untuk kemping. Dari mulai sekadar duduk, meletakkan kompor, kasur dan sebagainya. Karena beban hingga 100 kilogram mampu ditopangnya. Namun, sepengalaman kami Anda perlu memperhatikan engsel pintu di mobil ini, jika Anda sering off-road di daerah berlumpur, harus lebih sering diberi cairan penetran semacam WD40.

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Setir

Gambar menunjukkan Setir Toyota Land Cruiser VX100 2002

Setirnya enak digenggam dan terasa pas besaran diameternya

Meski tidak tersedia tombol pengatur apapun di setir empat palangnya, namun kami suka terhadap desain setir Toyota Land Cruiser VX100 2002 ini. Selain diameternya besar sehingga memudahkan pengendalian, tebal setir di mobil ini juga terasa pas dan mantap untuk digenggam. Apalagi ia juga sudah dibalut bahan kulit yang nyaman untuk digenggam oleh tangan.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Land Cruiser 2002

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Cruise Control

Gambar menunjukkan cruise control Toyota Land Cruiser VX100 2002

Melaju di jalan bebas hambatan lebih mudah dan menyenangkan berkat fitur ini

Melaju pada jalan bebas hambatan lebih nyaman dengan adanya fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur cruise control di Land Cruiser VX100 2002  ini, ECU alias Electronic Control Unit akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukaan pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan yang sudah ditentukan. Hal ini dapat turut menunjang penghematan bahan bakar saat meluncur di jalan tol.

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Suspension Adjuster / Lifter

Gambar menunjukkan Suspension Adjuster / Lifer Toyota Land Cruiser VX100 2002

Meski bukan suspensi udara, namun tetap bisa naik turun dong...

Meskipun tidak dilengkapi dengan suspensi udara, namun ia dilengkapi dengan suspension adjuster yang berfungsi untuk menyesuaikan tinggi suspensi dari mobil Land Cruiser VX100 2002 ini. Anda tinggal menekan saja tombol di samping kanan tuas transmisi untuk meninggikan atau merendahkan suspensi mobil ini. Nama suspensi mobil ini adalah AHC (Active Height Control) dan TEMS (Toyota Electronically Modulated Suspension).

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: Jet Washer

Gambar menunjukkan Jet washer Toyota Land Cruiser VX100 2002

Jet washer memang masih model konvensional tapi malah meningkatkan kesan macho

Beraksi di medan off-road berlumpur akan semakin menyenangkan dengan adanya fitur ini. Jet washer akan menyemprotkan air bersih dengan tekanan tinggi ke headlamp. Sehingga sorot lampu depan tidak terhalang oleh kotoran yang menyebabkan visibilitas berkurang. Meskipun jet washer ini belum model automatic tilt seperti di SUV kekinian, namun bentuknya cukup membuat tampilan eksterior menjadi menarik.

>>> Bisakah Suzuki Jimny Mengikuti Ketangguhan Toyota Land Cruiser di Jalanan Off-Road?

Operasi Toyota Land Cruiser 2002

Gambar menunjukkan mesin 1HD-FTE Toyota Land Cruiser VX100 2002

Mesin bandel namun agak 'minum' solar

Toyota Land Cruiser VX100 2002 ini dipersenjatai dengan mesin diesel 6-silinder segaris 4.164 cc. Dengan bantuan turbocharger, tenaganya dapat mencapai 163,5 HP atau sekitar 165 PS pada putaran mesin 3.600 rpm serta torsi 352 Nm mulai 1.400 rpm. Tenaga dan torsi yang tersalur keempat rodanya melalui transmisi otomatis 4-percepatan ini bisa lumayan besar berkat bantuan sistem direct injection.

Gambar menunjukkan tuas transmisi Toyota Land Cruiser VX100 2002

Dikawal dengan transmisi otomatis 4 percepatan

Sistem direct injection ini mengandalkan injektor di atas kepala piston dan 'menembak' langsung bahan bakar ke atas kepala piston. Kelebihan dari sistem direct injection adalah emisi bisa ditekan agar lebih rendah emisi, dan tenaga yang keluar bisa lebih besar. Selain itu, hal ini juga mempermudah mekanik melakukan settingan terhadap mobil ataupun di tuning agar naik tenaganya.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Toyota Land Cruiser VX100 2002

Tenaga tersalur keempat roda membuatnya punya traksi baik dan kapabel off-road

Sayangnya sistem direct injection ini juga memiliki kelemahan. Diantaranya adalah biaya maintenance alias perawatan yang mahal. Karena membutuhkan pompa injektor yang memiliki tekanan tinggi. Belum lagi sistem direct injection ini mudah menimbulkan kerak atau deposit di atas kepala piston dan juga sistem direct injection membuat temperature di ruang bakar lebih tinggi, jadi suhu mesin lebih panas dan butuh cooling system mumpuni.

Gambar menunjukkan suspensi depan Toyota Land Cruiser VX100 2002

Suspensi depan sudah menganut dual wishbone

Saat baru, kami pernah mencoba mobil ini dan kami cukup terkesan dengan keheningan kabin serta lembutnya bantingan suspensi XV ini. Meski lincah di medan off-road, Anda harus hati-hati saat melewati cekungan maupun cerukan yang agak dalam, sebab bobot mobil yang berat  plus dimensi bongsor khas Land Cruiser VX series masih terasa di mobil ini, dan dapat menyebabkan mobil sulit keluar dari handicap bahkan terguling apabila tidak hati-hati.

>>> Sejarah Toyota Land Cruiser, Berawal Dari Mobil Militer Hingga Menjadi Mobil Legendaris

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 2002

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Land Cruiser VX100 2002.

 Mesin Toyota Land Cruiser VX100 2002 
 Seri mesin  1HD-FTE,6 Silinder Segaris, Diesel, Direct Injection, Turbocharger
 Jumlah Katup  24 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)
 Rasio Kompresi  18,8 : 1
 Pasokan Bahan Bakar  Direct Injection
 Tenaga Maksimum  163,5 Hp (165 PS) @ 3.600 rpm
 Torsi Maksimum  352 Nm @ 1.400 rpm
 Kapasitas Silinder  4,164 cc
 Bore X Stroke  94,0 mm X 100,0 mm
 Tipe Transmisi  Otomatis 4 Percepatan, Penggerak 4 Roda via Transfercase
  Rangka Toyota Land Cruiser VX100 2002
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.890 mm X 1.941 mm X 1.849 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah  210 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.850 mm
 Jumlah Pintu  5 Pintu
 Kapasitas Penumpang  7 Penumpang
 Kapasitas Tangki  80 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Land Cruiser VX100 2002
 Suspensi Depan & Belakang  Dual Wishbone & Leaf Spring, Toyota Electronically Modulated Suspension, Active Height Control
 Sistem Kemudi  Rack And Pinion, Power Steering
Rem Depan & Belakang Disc & Drum Teknologi Sistem
Pengereman ABS, EBD
Teknologi Safety Sasis N/A
Struktur Sasis Ladder Frame (Body On Frame)
Jenis Ban Radial, 275/70 R17

Daftar Harga Toyota Land Cruiser 2002

Harga yang harus Anda bayarkan jika berminat dengan mobil Toyota Land Cruiser VX100 dengan tahun produksi 2002 ini adalah sekitar Rp 400 juta hingga Rp 435 juta jika kondisinya istimewa harganya dapat bertengger di angka Rp 450 jutaan. Namun, itu semua tergantung dari kondisi aktual mobil secara keseluruhan. Namun mengingat masa peredarannya yang panjang. Maka saran kami jika dana mencukupi pilihlah tahun yang lebih muda, toh spesifikasi maupun bentuknya sama saja.

Gambar menunjukkan Harga Toyota Land Cruiser VX100 2002

Land Cruiser VX100 merupakan salah satu pilihan menarik, tapi siapkan dana ekstra untuk perawatan

Tapi perlu Anda ingat, banyaknya pilihan, membuat Anda juga harus jeli dalam memilih mobil tersebut, mengingat usianya sudah berjalan 18 tahun hingga tahun 2019 ini. Pastikan Anda membeli mobil idaman Anda baik bekas maupun baru di Cintamobil.com, selain banyak pilihan, customer service yang ramah, dan bersahabat akan membantu Anda menemukan mobil yang Anda cari.

>>> Ingin membeli mobil Toyota Land Cruiser, jangan tinggal promo yang menarik ini

Kesimpulan Toyota Land Cruiser 2002

Gambar menunjukkan Kesimpulan review Toyota Land Cruiser VX100 2002

Anda keluarga petualang? Pilihlah mobil ini, sebab...

Dari sekian banyak SUV berkemampuan off-roader murni, mengapa Anda tidak coba lirik Toyota Land Cruiser VX100 2002 ini? Menilik tampangnya, siapa sangka bahwa mobil satu ini hampir berusia 18 tahun? Tampangnya juga masih tetap keren, macho, gagah dan tidak memalukan berjejer dengan SUV kekinian semacam All New Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner TRD Sportivo. Apalagi kini harganya sudah mulai dapat dijangkau. Sayangnya, Anda harus rela bayar pajak lebih dari Rp 10 jutaan dan perawatan mobil ini di bengkel resmi yang tidak bisa dibilang murah.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Land Rover Defender 2019: Teknologi Baru Rasa Lama

11/09/2019

Editor rate:

Salah satu kendaraan bersejarah besutan Land Rover adalah Defender. Sayangnya, model ini sudah dihentikan pada tanggal 29 Januari 2016. Kabar paling menggembirakan adalah model bersejarah ini akan diciptakan kembali dalam bodi yang lebih modern. Bagaimana informasi selengkapnya? Mari kita simak review Land Rover Defender 2019.

Lihat juga

Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

20/06/2018

Editor rate:

Embusan kabar mengenai kehadiran Suzuki Jimny 2019 terus terkuak akhir-akhir ini, mulai dari foto Spyshot, brosur hingga sekelumit informasi dari website resminya. Nah, belum lama ini, Suzuki Global menghadirkan spesifikasi dan fitur lengkapnya. Berikut ini adalah review Suzuki Jimny 2019.

Lihat juga

Review Toyota Highlander 2020: SUV 7-Seater ‘Showoff’ Di Panggung New York

20/08/2019

Editor rate:

Di acara New York Motor Show 2019, Toyota Global meluncurkan generasi keempat dari Highlander. Sontak para penggemar Sport Utility Vehicle (SUV) 7-Seater, sangat mengapresiasi kehadirannya. Apalagi tipe mesin Hybrid-nya punya performa lebih mumpuni dan lebih baik soal keiritan bahan bakar. Mari kita simak informasinya dalam review Toyota Highlander 2020.

Lihat juga

Review Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited 2019: Varian Menengah Yang Tetap Menggoda

03/08/2019

Editor rate:

PT Hascar International Motor akhirnya memperkenalkan Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited yang merupakan varian menengah dari jajaran Jeep Wrangler JL. Meski popularitasnya tak ‘segagah’ varian Rubicon, namun varian Sahara tetap menggoda dengan sosok yang lebih kalem dan elegan layaknya sebuah kendaraan 4x4 perkotaan.

Lihat juga

Review Toyota Land Cruiser 1960: Si Legendaris Hardtop FJ40, Rajanya 4x4

16/08/2019

Editor rate:

Dari seluruh jajaran Sport Utility Vehicle (SUV) yang dijual di Indonesia, Toyota Hardtop adalah sosok paling fenomenal. Performanya yang tangguh sudah diakui paten oleh banyak penggiat hobi Off-Road. Apakah Anda tertarik ingin memilikinya? Mari kita simak bersama kelebihannya dalam review Toyota Land Cruiser 1960.

Lihat juga
back to top