Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Tangguh dengan Harga yang Stabil

23/06/2020

Share this post:

Toyota Land Cruiser Prado 2010

Editor rate:

Rp 460.000.000

Harga Toyota Land Cruiser Terbaru Lihat promo

Bukan hanya mobil keluarga biasa, Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 adalah SUV tangguh yang siap menantang semua medan berbekal teknologi canggih pada masanya.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Tangguh dengan Harga yang Stabil
Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Tangguh dengan Harga yang Stabil
0 Gambar

Pengantar Toyota Land Cruiser Prado 2010

Mari kita simak spesifikasi Toyota Land Cruiser Prado 2010 di bawah ini.

Kelebihan

Eksterior yang long lasting
Tegap di jalan kasar serta ground clearance tinggi
Mesin yang bertenaga
 

Kekurangan

Harga mobil bekas yang masih tinggi
Head unit terintegrasi berbahasa Jepang
Boros bahan bakar
 

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 - Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 merupakan salah satu SUV yang diimpor langsung dari Jepang. Meskipun tak dijual secara resmi di Indonesia, namun banyak penggemar SUV bongsor ini karena mesinnya yang bertenaga serta fiturnya yang canggih pada masanya. Bahkan setelah berumur 10 tahun, fiturnya tak kalah dibandingkan SUV yang dipasarkan saat ini.

Toyota Land Cruiser sendiri merupakan kendaraan berpenggerak semua roda. Land Cruiser merupakan SUV dengan seri model terlama kedua setelah Chevrolet Suburban. Mencapai penjualan 10 juta unit pada 2019, Land Cruiser sendiri diproduksi sejak 1951 sebagai versi Jeep dari Toyota. Mobil ini diproduksi dengan berbagai gaya tubuh, mulai dari convertible, hardtop, hingga wagon.

mobil lawas Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Tampilan menawan Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Prado J150 merupakan generasi terakhir yang dipasarkan sejak 2009 lalu. Dikenal memiliki mesin yang tangguh serta tahan lama, masih banyak model lama Land Cruiser dijual dengan harga yang cukup tinggi di pasar mobil bekas Tanah Air. Fitur dan rasa berkendara, termasuk pengendaraan di medan offroad masih mengesankan.

Dengan harga barunya sekarang mencapai Rp 2 miliar, tentunya harga bekasnya sudah berkurang drastis. Meskipun masih terasa mahal dibandingkan SUV lainnya. Karena itu, sebelum membeli mobil ini, perhatikan terlebih dahulu review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 dari Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Toyota Land Cruiser Prado 2010

Walaupun Land Cruiser generasi keempat ini dipasarkan mulai tahun 2009, tapi tampilannya yang menawan masih tetap menghadirkan kesan maskulin. Tentu saja karena sudut-sudut tegas pada eksteriornya serta tampilannya yang bongsor. Tak perlu banyak aksen berlebih, tampilan luarnya masih tetap mempesona hingga saat ini.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Eksterior Depan

Bagian depannya terasa maskulin dengan grille besar beraksen chrome serta lampu depan yang sudah berteknologi proyektor untuk lampu low beam dan halogen untuk lampu high beam. Melengkapi tampilan depannya terdapat spion tanduk yang berguna untuk membantu Anda memperhatikan sekeliling ketika berkendara di jalanan sempit.

tampilan depan Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Tampilan depan Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Bumper bawahnya tak begitu banyak aksen, kecuali foglamp pada bagian sisi samping sebagai teman perjalanan di kala cuaca buruk. Bodi mobil yang tinggi dilengkapi dengan skid plate sewarna badan guna mempermudah pengemudian di medan kasar.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Eksterior Samping

tampilan samping Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Tampilan samping Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Bagian sampingnya tanpa banyak aksen. Tapi kesan tangguh terasa dari dimensinya yang bongsor serta ground clearance tinggi, mencapai 220 mm. Pada bagian atap juga tersedia roof rail untuk yang memberikan kesan SUV nan sporty bagi Land Cruiser. Bahkan untuk mobil dengan umur 10 tahun, Land Cruiser sudah mendapatkan lampu sein pada spion samping. Jendela belakang mendapatkan lekukan diagonal yang menjadi ciri khas Prado dari masa ke masa.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Eksterior Belakang

Beralih ke bagian belakang, tampilannya tak begitu banyak ubahan dan terkesan biasa. Lampu mundur dan lampu rem masih menggunakan bohlam, sedangkan lampu rem sedikit lebih baik, yaitu berteknologi LED. Pada bagian tengah pintu belakang terdapat aksen chrome beserta emblem Land Cruiser Prado.

tampilan belakang Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Tampilan belakang Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Kepraktisan mengambil barang dari bagasi sangat terbantu mengingat jendela belakang bisa dibuka. Sehingga ketika Anda mengambil tas atau barang berukuran kecil pada ruang bagasi. tak perlu repot-repot membuka pintu bagasi yang belum dilengkapi dengan pengaturan otomatis. Layaknya mobil-mobil yang diimpor langsung dari pasar domestik Jepang, ada stiker khas yang bisa Anda temukan pada jendela belakang.

>>>  Jika Anda sedang berencana untuk membeli mobil Toyota Land Cruiser 1960. Klik sini untuk simak review terlengkap tentang Si Legendaris Hardtop FJ40, Rajanya 4x4


Interior Toyota Land Cruiser Prado 2010

Desain interior masih menawan, bahkan jika dibandingkan dengan SUV terbaru yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Ada banyak kompartemen penyimpanan serta fitur berkendara dan pengaturan AC yang sudah digital.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Dashboard

Sebagai tandingan kemewahan di dalam mobil, dashboard mendapatkan banyak panel soft touch. Material berbahan keras yang digunakan cukup sedikit. Bagi pemilik Land Cruiser yang langsung didatangkan dari Jepang, tentu saja memiliki head unit terintegrasi dengan pengaturan bahasa Jepang. Maka tak sedikit pemilik yang menggunakan head unit aftermarket.

dashboard Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Dashboard Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Teknologi yang ditanamkan di dalam mobil cukup banyak. Bahkan pengaturan AC sudah digital. Di bagian bawah, terdapat kompartemen yang berukuran cukup besar untuk menyimpan dompet. Konsol tengah dilengkapi dengan cup holder serta armrest yang bisa dibuka sebagai tambahan kompartemen penyimpanan di baris pertama serta soket 12-volt.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Setir

setir Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Setir Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Dibandingkan setir multi fungsi yang digunakan pada model Toyota terbaru, desain setir Land Cruiser Prado terasa polos. Hanya ada aksen silver pada setir empat palang yang digunakan. Pada bagian depan, terdapat kluster infotainment yang menunjukkan konsumsi bahan bakar real time dan konsumsi rata-rata, tachometer, hingga speedometer.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Kursi

Di kursi baris kedua, ruang kaki yang ruang kepala yang ditawarkan memang tak begitu lapang. Bahkan ruang kepala tak begitu maksimal mengingat ada pengaturan sunroof yang membuat bagian atap mobil terasa lebih ‘gendut’. Tapi kenyamanannya masih terasa. Ditambah dengan armrest dengan cup holder yang tertanam pada bagian tengah baris kedua.

kursi Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna beige
Kursi Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Dengan one touch tumble, kursi baris kedua akan melipat memberikan akses untuk masuk ke baris ketiga. Penumpang dewasa bisa dibilang tak terlalu nyaman duduk di baris ketiga. Apalagi ketika kursi baris kedua dibuat semundur mungkin. Bagian belakang cukup nyaman apabila digunakan hanya untuk anak-anak berumur di bawah 10 tahun.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Bagasi

bagasi Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna beige
Bagasi Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Dengan dimensi yang besar dan kabin yang lapang, bagasi Land Cruiser Prado tak begitu besar. Hanya cukup untuk tas berukuran kecil. Namun Anda bisa menambah ruang bagasi dengan kursi baris ketiga direbahkan secara elektris. Layaknya SUV zaman dulu yang memiliki badan yang bongsor, bukaan pintu bagasi menyamping, bukan ke atas. Pada sisi dalam pintu bagasi terdapat ruang untuk menyimpan toolkit yang bisa Anda buka dengan mudah.

>>> Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser: 10 Juta Unit di 150 Negara

Fitur Toyota Land Cruiser Prado 2010

Land Cruiser Prado varian menengah memiliki beberapa fitur yang dikurangi. Contohnya saja kamera depan yang hanya ditemukan pada varian tertinggi Land Cruiser Prado. Tapi untuk menambah kenyamanan dan memberikan kesan kabin yang lega sepanjang perjalanan, ada sunroof yang bisa dibuka.

fitur Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Fitur Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Seperti yang disebutkan sebelumnya, head unit terintegrasi bisa dipakai untuk memutar musik dan radio AM/FM. Fitur lainnya seperti AC Dual Zone serta soket 12-volt bagi penumpang di baris kedua. Pengaturan pelipatan baris ketiga juga sudah elektrik. Jadi Anda hanya perlu menekan tombol dan kursi akan melipat dengan sendirinya.

>>> Selama 68 Tahun, Toyota Land Cruiser Telah Terjual 10 Juta Unit!

Operasi Toyota Land Cruiser Prado 2010

Berasal dari pabrikan yang sama, Land Cruiser Prado menggendong mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Toyota Fortuner generasi pertama. Berbekal mesin 2.7L 2TR-FE 4-silinder segaris, tenaga yang dikeluarkan mencapai 161 daya kuda pada putaran 5.500 rpm dan torsi puncak 350 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Tenaga disalurkan ke semua roda melalui transmisi 4-percepatan otomatis. Layaknya Land Cruiser lainnya, mesin Land Cruiser Prado menghasilkan tenaga dan performa yang luar biasa. Sayangnya berdampak buruk pada konsumsi bahan bakar yang terbilang boros. Ketika dibawa dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam di dalam kota, konsumsinya tercatat 8-9 km/l.

mesin Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 berwarna hitam
Mesin Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Menggunakan penggerak empat roda, atau all-wheel drive, Land Cruiser memiliki DNA off-road yang mengesankan. Sistem penggerak bisa dipilih melalui transfer case mekanik yang terletak bagian bagian bawah dashboard. Dengan begitu, Anda bisa memilih sistem penggerak yang sesuai dengan kebutuhan dan medan berkendara.

>>> Mendukung Aktivitas Off-road, Inilah Fitur Canggih Multi-terrain Monitor

Spesifikasi Toyota Land Cruiser Prado 2010

Dimensi Land Cruiser Prado J150 2010

Panjang x Lebar x Tinggi

4.760 x 1.885 x 1.845 mm

Jarak Poros Roda

2.790 mm

Ground Clearance

220 mm

Mesin Land Cruiser Prado J150 2010

Tipe Mesin

2.7L 2TR-FE 4-silinder segaris

Kapasitas Silinder

2.693 cc

Tenaga Maksimal

163 PS @ 5.200 rpm

Torsi Maksimal

350 Nm @ 3.800 rpm

Transmisi

Otomatis 4-percepatan

Sistem Penggerak

All-wheel drive

Kaki-Kaki Land Cruiser Prado J150 2010

Suspensi Depan

Rigid with Coil Spring 

Suspensi Belakang 

Rigid Axle with Coil Spring

Ukuran Ban

265/65 R17

Daftar Harga Toyota Land Cruiser Prado 2010

Land Cruiser sejak dulu dikenal sebagai bagian dari SUV premium milik Toyota. Dengan harga barunya mencapai Rp 2,1 miliar, harga bekasnya bisa dibilang masih stabil hingga saat ini. Harga Land Cruiser Prado J150 2010 bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 460 jutaan - Rp 470 jutaan. Untuk mobil berusia 10 tahun, harga tersebut menunjukkan keunggulan dari daya tahan serta popularitasnya di bawah nama Toyota.

Kesimpulan Toyota Land Cruiser Prado 2010

Untuk mobil dengan harga hampir mencapai Rp 500 jutaan, ada banyak pilihan yang bisa Anda dapatkan. Tapi Land Cruiser Prado J150 2010 memiliki pesonanya tersendiri. Dengan mesin yang bertenaga serta interior yang nyaman membuatnya pantas diperhitungkan. Terlebih bagi Anda yang sering berkendara di jalanan bergelombang, namun ingin tetap terlihat mewah dan elegan. SUV asli Jepang ini bisa menjadi teman perjalanan yang menyenangkan dan dapat diandalkan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

 

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Toyota Rav4 2017: SUV Kokoh yang Sangat Safety

Rp 500.000.000

03/10/2017

Editor rate:

Segmen mobil SUV dalam beberapa waktu belakangan memang tegah moncer. Hal ini ditandai dengan banyaknya pabrikan yang memproduksi mobil sejenis di pasaran. Selain memiliki segmen pasar yang jelas, SUV juga merupakan dambaan setiap pecinta otomotif karena memiliki performa mesin yang mumpuni serta ruang kabin yang cukup luas. Berangkat dari fakta tersebut, salah satu pabrikan legendaris asal Jepang, Toyota coba menghangatkan persaingan dengan merilis Toyota Rav4 2017.

Lihat juga

Review Toyota Hilux Revo 2020: Sentuhan Serius dari Negeri Gajah Putih

Rp554.000.000

10/06/2020

Editor rate:

Sebagai negeri 1000 dual cabin, Thailand secara serius menggarap ubahan dari Toyota Hilux 2020, mari simak hingga tuntas review Toyota Hilux Revo 2020 ini.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah

Rp 826.200.000

11/06/2020

Editor rate:

Ada alasan khusus Toyota Motor Thailand melansir varian spesial dari Toyota Fortuner ini, untuk mengetahuinya simak review Toyota Fortuner Legender 2020 kami.

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Lebih Irit Dari Transmisi Manual

Rp. 378.650.000

28/03/2020

Editor rate:

Varian dari Toyota Kijang Innova Reborn ini wajib jadi perhatian Anda, karena ternyata ia punya beragam kejutan, salah satunya lebih irit dari transmisi manual

Lihat juga

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Awal Popularitas SUV Toyota

Rp 140.000.000

30/05/2020

Editor rate:

Sejak pertama kali diperkenalkan, Toyota Fortuner langsung menjelma menjadi SUV populer di Indonesia. Kali ini, kita kupas apa saja yang ditawarkan oleh Toyota Fortuner 2005.

Lihat juga