Mendukung Aktivitas Off-road, Inilah Fitur Canggih Multi-terrain Monitor

02/10/2018

Pengemudian
Share this post:
Mendukung Aktivitas Off-road, Inilah Fitur Canggih Multi-terrain Monitor
Salah satu fitur modern di Toyota Land Cruiser adalah New Multi-terrain Monitor. Apa fungsi dari fitur untuk kegiatan off-road ini?

Mempertahankan traksi agar mobil tetap bisa melaju pada medan off-road adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi para pengemudi. Mengingat jalan yang dilalui tidak selalu mulus seperti terhalang batu atau lubang yang dalam, maka mobil bisa dalam posisi terjebak atau lebih parah adalah mobil terguling. Namun seiring perkembangan teknologi, saat ini telah hadir banyak fitur yang membuat petualangan off-road semakin mengasyikkan. Salah satunya adalah fitur Multi-terrain Monitor yang disematkan pada Toyota Land Cruiser terbaru. Cara kerja fitur ini tergolong sederhana yakni menampilkan kondisi sekitar mobil saat dalam kecepatan rendah. Ketika fitur ini aktif, maka pengemudi bisa memastikan bahwa jalan disekitarnya bisa dilalui.

Mendukung aktivitas off-road menjadi lebih aman

Sudut kemiringan mobil bisa dilihat melalui layar head unit yang sudah memiliki fitur Multi-terrain Monitor

Bila pengemudi ingin mengaktifkan fitur ini, cukup menekan tombol "VIEW" yang berada di balik setir, layar monitor pada head-unit akan menampilkan kondisi jalan sekitar. Adapun kondisi jalan yang ditampilkan pada layar head-unit tidak hanya depan dan belakang. Pengemudi bisa melihat bagian samping mobil sehingga seperti sebuah kamera 360 derajat namun dengan sudut yang lebih lebar.

>>> Perbedaan Rem Non ABS Dan ABS Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Ketika tampilan jalan sudah terlihat pada layar monitor, maka pengemudi akan bisa memastikan apakah jalan disekitarnya aman untuk dilalui. Fitur ini berguna untuk meminimalisir mobil tersangkut atau terguling sehingga aman untuk dilalui dalam medan off-road.

Mengandalkan kamera yang tersebar pada sekitar bodi

Kamera tersebar untuk memantau lintasan off-road sehingga pengemudi tidak kehilangan traksi

>>> Dapatkan berbagai informasi teknologi mobil baru lainnya ada di sini

Kehadiran fitur Multi-terrain Monitor ini sebenarnya bukanlah 100% fitur baru. Toyota sejak tahun 2010 telah memakai fitur yang serupa pada produk SUV mereka, Toyota Prado. Fitur yang mengandalkan 6 kamera di seluruh bodi mobil tersebut bisa digunakan untuk off-road maupun parkir. Namun fitur Multi-terrain Monitor yang terdapat pada Land Cruiser telah ditingkatkan kemampuannya. Tidak hanya sekitar bodi, tapi pengemudi juga bisa melihat kondisi di kolong mobil. Salah satu peningkatan fitur ini adalah posisi roda yang bisa terlihat pada monitor head unit yang membuat pengemudi akan lebih tepat dan meminimalisir saat mengambil keputusan.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top