Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Pickup Jago Off-Road Untuk Borjuis

28/02/2021

Share this post:

Jeep Gladiator 2021

Editor rate:

1.980.000.000

Jual beli mobil Jeep Gladiator bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Setelah melakukan review Jeep Wrangler, kini kami bahas juga saudaranya yakni Jeep Gladiator JT 2021 yang merupakan pick up jago off-road untuk kaum borjuis

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Pickup Jago Off-Road Untuk Borjuis
Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Pickup Jago Off-Road Untuk Borjuis
0 Gambar

Pengantar Jeep Gladiator 2021

Mari kita simak spesifikasi Jeep Gladiator 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Jago off-road

Merek bergengsi

Interior anti air

Kekurangan

Mesin Pentastar tidak sebaik Hurricane turbo

Hanya tersedia satu tipe saja yakni Rubicon

Jaringan servis belum luas

Foto stiker RUBICON di Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Gladiator yang masuk ke Indonesia hanya trim Rubicon

Jeep Gladiator merupakan salah satu produk Jeep yang dimasukkan oleh PT DAS Indonesia Motor ke Indonesia. Gladiator yang dimasukkan ke Indonesia adalah tipe Rubicon, bukan tipe Sport maupun Sport S, Willys, maupun Overland. Sehingga Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 menjadi trim paling mewah. Produk ini mendampingi model lainnya yang ada di Indonesia seperti Wrangler, Cherooke, maupun Compass. Menurut sang agen pemegang merek, animo konsumen terhadap mobil ini cukup baik, bahkan mobil tes kami ini sudah laku dibeli orang.

Foto Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Layakkah kaum berduit melirik mobil ini?

Jika menilik sejarahnya, Gladiator (generasi pertama) menyandang predikat revolusioner pada masanya. Gladiator sendiri diperkenalkan pada tahun 1962 sebagai model untuk tahun 1963, Jeep Gladiator generasi pertama ini menawarkan performa pick-up dengan sistem gerak 4WD plus mesin enam silinder SOHC dan suspensi depan independen yang inovatif saat itu. Lantas seberapa menarik Jeep Gladiator berkode bodi JT ini? Mari simak review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 yang jadi pickup jago off-road dan cocok untuk borjuis.

Eksterior Jeep Gladiator 2021

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Terdapat kamera di grille depan untuk memantau kondisi luar, serta pengunci kap mesin masih mempertahankan ciri khasnya

Tampilan depan bisa dibilang mirip dengan Jeep model Wrangler tipe Rubicon, pada Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini menggunakan desain grill legendaris dari Jeep yang dikenal dengan nama ‘seven slot grill’. Grill ini berpadu dengan sepasang headlight bulat dengan bohlam LED (Light Emitting Diode) berukuran 7 inci yang timeless. Begitu pula dengan lampu DRL (Daytime Running Light) tipis yang terpasang di bagian fender depan.

Foto headlamp Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Headlamp sudah usung bohlam jenis LED yang pancaran sinarnya cukup terang

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Dari samping baru terlihat perbedaannya dengan Wrangler

Lanjut ke bagian samping, baru perbedaan antara model Wrangler dengan model Gladiator terkuak. Di pick-up truck bikinan Amerika ini, dimensinya lebih panjang 753 mm oleh karena adanya bak angkut belakang yang membutuhkan sasis lebih panjang. Perawakannya juga lebih tinggi 64 mm bila dibandingkan dengan Wrangler. Penggunaan overfender pada sepatbor depan dan belakang juga mempertegas aura macho dari mobil.

Foto ban dan velg Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Di mobil tes kami kali ini pakai ban lansiran BF Goodrich

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Tampilan belakang rapi tanpa meninggalkan kesan macho

Bagian buritan inilah yang jadi pembeda utama Wrangler dengan Gladiator. Terlahir sebagai pick-up truck alias double cabin, Gladiator punya pintu bak yang bisa dibuka dengan mudah. Ban cadangan yang biasanya diletakkan di belakang, kini dipindahkan ke bagian bawah bak, selayaknya mobil d-cab pada umumnya. Meski dimensi panjangnya agak ekstra, Anda tak perlu khawatir saat parkir mundur, sebab sudah tersedia kamera belakang untuk parkir.

Foto kamera di bawah logo JEEP pada Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Kamera belakang memudahkan pengemudi bermanuver

>>> Lihat review mobil merek Jeep lainnya di sini:


Interior Jeep Gladiator 2021

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Dashboard modern

Masuk ke dalam kabin Anda akan disambut dengan panel dasbor yang berwarna abu-abu dengan penambahan aksen warna silver anodized. Secara umum layout dashboard pada Gladiator tipe Rubicon ini banyak mengambil elemen desain Jeep CJ (Civilian Jeep) klasik, khususnya pada area centre stack (panel bagian tengah). Memang tata letak tombolnya tak terlalu egronomis, tetapi tetap terkesan canggih dan modern.

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Kursi

Foto kursi belakang Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Kursi sudah dilapis kulit

Posisi duduk di Jeep Gladiator tipe Rubicon berkode bodi JT lansiran 2021 ini memang bukan yang terbaik di kelasnya. Posisi duduknya tergolong tinggi dan terasa agak kaku, tetapi itu hanya butuh adaptasi yang agak lama saja. Namun setidaknya Anda akan mendapatkan headrest yang proper di semua kursi, demikian juga dengan seatbelt 3 titik yang siap melindungi Anda secara preventif sebelum terjadi kecelakaan.

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Jendela Belakang

Foto jendela geser kaca belakang Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Jendela ini jadi detail yang unik

Ada satu detail unik yang terdapat pada Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini, yakni adanya jendela belakang yang dapat dibuka dengan cara digeser. Meskipun ukurannya kecil, tetapi jendela ini cukup berguna ketika hendak meletakkan sesuatu ke bak angkut atapun sebaliknya. Suatu detail unik yang tak akan anda temui di mobil double cabin manapun yang dijual di Indonesia. 

>>> Berita terupdate soal merek Jeep ada di sini

Fitur Jeep Gladiator 2021

Review Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Off-Road Terrain System

Kenyamanan berkendara pada kendaraan double cab ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Seperti fitur Selec-speed control yang bisa membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road. Berbekal teknologi ini pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem, mereka hanya perlu mengontrol mobil agar tetap berada di jalurnya.

Gambar fitur Off-Road di Jeep Wrangler dan Gladiator Rubicon JT 2021

Fitur off-road canggih

Lalu ada lagi fitur Command Trac 4X4 yang merupakan sistem untuk kemampuan off-road di segala cuaca. Dengan dukungan sistem shifton-the-fly part time ini dapat membagi torsi 50:50 antara as roda depan dan belakang agar lebih mudah bergerak di trek off-road. Transfer case pada Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini dapat bekerja dengan mulus untuk peralihan dari mode 2WD ke mode 4WD hingga kecepatan 45 mph atau sekitar 72,5 km/jam.

Foto kaki-kaki depan Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Sway bar bisa dinonaktifkan membuat kaki-kaki bisa lebih 'lentur'

Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini juga menghadirkan fitur OFF-ROAD+, di mana sistem lanjutan ini mampu menyesuaikan secara otomatis mengenai parameter kinerja untuk medan ketika Anda sedang berkendara baik di medan 4-HI (Pasir / Lumpur) atau 4-LO (Rock Crawling). Apalagi ia juga menggunakan suspensi Fox Shock dengan bodi aluminium berdiamter 2 inch yang sangat kental dengan aura balap off road tapi mampu memberikan kenyamanan saat digunakan di jalan raya.

Gambar Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 Off-Road

Traksi ban mumpuni di medan off-road

Pengendalian mobil juga kian baik berkat ditopang dengan penggunaan ban berteknologi tinggi yang sudah sesuai dengan karakter Jeep Gladiator. Empat buah ban BF Goodrich Mud Terrain T/A dengan ukuran 225/75 R17 di masing-masing sisinya yang mampu memberikan performa terbaiknya saat berada di jalan raya atau off road dan tentunya di segala cuaca.

Foto kaki-kaki Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Gardan Dana 44 jadi jaminan tangguh

Dalam meningkatkan jumlah torsi yang ada saat melakukan off road, Jeep Gladiator juga sudah dibekali dengan Rock-Track 4X4 yang memungkinkan mobil ini dapat berjalan pelan untuk lebih mengontrol dan meningkatkan torsi yang tersedia dari ruang mesin untuk menapaki medan off road. Fitur ini bekerja sama dengan Tru-lok Differential yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan penguncian secara elektronik pada bagian depan dan belakang untuk meningkatkan torsi yang maksimum. Bahkan, fitur ini juga mampu memaintain terbaik saat fitur 4WD digunakan pada kondisi tertentu.

Operasi Jeep Gladiator 2021

Foto mesin PENTASTAR V6 Jeep

Mesin cukup bertenaga

Dapur pacu pada Jeep Gladiator sebenarnya masih menggunakan unit yang sama dengan yang digunakan pada Jeep Wrangler berkode bodi JK, yaitu mesin berkode PENTASTAR dengan konvigurasi V6 3.600 cc yang mampu menghasilkan tenaga 289 PS pada putaran mesin 6.450 rpm serta semburan torsi mencapai 353 NM pada putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lantas disalurkan ke semua roda menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan.

Foto tuas transmisi Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Transmisi terasa cukup halus saat pindah gigi

Memang, harus diakui, akselerasinya tak sebaik mesin berkode HURRICANE yang tersemat di balik kap mesin Wrangler JL yang juga sudah kami coba. Sebab mesin HURRICANE dibantu sistem pemampat udara paksa alias turbo yang berkolaborasi dengan sistem eTorque yang mampu mengkail torsi lebih besar di putaran mesin yang lebih rendah. Defisit 47 NM cukup terasa, mesin membutuhkan usaha ekstra untuk memboyong bodi Gladiator JT yang lebih besar dan panjang dibandingkan dengan Wrangler JL.

Spesifikasi Jeep Gladiator 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Jeep® Gladiator Rubicon JT 2021:

Mesin Jeep® Gladiator R,ubicon JT 2021
 Seri mesin

 Pentastar, 3.6L V6, DOHC

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 24 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 285 PS @ 6.400 rpm

 Torsi Maksimum

 353 NM @ 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 3,604 cc

 Bore X Stroke

 96,0 mm X 83,0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis, 8 Percepatan, Penggerak 4 Roda (4WD)

 Jenis Gardan (Depan & Belakang)

 Depan: Dana 44

 Belakang: Dana 44

  Rangka Jeep® Gladiator Rubicon JT 2021
 Panjang X Lebar X Tinggi

 5.538 mm X 1.875 mm X 1.933 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3.485 mm

 Ground Clearance

 274,32 mm
 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 83,2 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Jeep® Gladiator Rubicon JT 2021
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Solid Axle, Coil Springs, Stabilizer Bar with FOX Shock

 Belakang: Solid Axle, Coil Springs, Stabilizer Bar with FOX Shock

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Traction Management System

Teknologi Safety Sasis

 Safety Design By Jeep®

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Double Cab (Pick Up) Segment

Velg

 Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

 BF Goodrich Mud Terrain T/A or Falken Wildpeak, 285/70R17

Daftar Harga Jeep Gladiator 2021

Foto Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Akte kelahiran dari Amerika Serikat membuat harganya membumbung tinggi

Harga yang ditawarkan mobil Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini memang cukup mahal, untuk harga on-the road Anda harus mengeluarkan uang hingga sekitar Rp 2,1 milliar. Tapi setidaknya, mobil ini lebih ready stock bila dibandingkan dengan rivalnya seperti Ford F-150, Mercedes G-Class 6x6, Toyota Tacoma, Honda Ridgeline dan Land Rover Defender D-Cab.

Kesimpulan Jeep Gladiator 2021

Foto Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 bersama tim Cintamobil.com

Kaum borjuis layak melirik mobil ini

Jika uang bukan masalah untuk Anda, atau Anda punya ladang minyak yang luas maupun seorang pengusaha sukses yang ingin terlihat macho Anda cocok mempertimbangkan mobil Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini. Ia punya desain khas Jeep, fitur off-road mumpuni, tampilan macho, serta deruman khas mesin V6 yang tak akan Anda temukan di Wrangler. Singkat kata, pick up truck ini cocok untuk kaum borjuis.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top