Review Jeep Compass 2019: Urban SUV Mewah Dari Pabrikan Legenda

30/01/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,0
Mendengar merek Jeep yang terbayang adalah SUV berbadan besar dengan tampilan khas sedikit mengotak. Tapi ternyata Jeep juga punya sebuah SUV yang cocok untuk dipakai di perkotaan, dan inilah review Jeep Compass 2019.

PENGANTAR Jeep Compass 2019

Review Jeep Compass 2019Berbicara Jeep sudah pasti membicarakan SUV dengan desain khas dan bodi besar. Desain khas menjadi daya tarik setiap melintasi jalanan. Walaupun desain tersebut rasanya lebih terlihat gagah saat dipakai off-road.Tetapi ternyata Jeep juga mempunyai model crossover yang cocok untuk dipakai di aspal, tapi juga punya spesifikasi mumpuni untuk off-road ringan.

Gambar mobil Konsep Jeep Compass dengan dua pintu

Dalam konsepnya, Jeep Compass tampil dengan dua pintu

Jeep Compass menjadi sebuah crossover SUV 4 pintu yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2007. Empat tahun sebelumnya, Jeep memamerkan sebuah mobil konsep dengan nama yang sama, Compass. Mengambil momen di North Americam International Auto Show (NAIAS) 2002, mobil konsep tersebut menampilkan mobil dua pintu dengan penggerak All-Wheel Drive (AWD) dan mesin V6 berkapasitas 3.700 cc.

Gambar menunjukkan mobil Jeep Compass generasi pertama

Jeep Compass generasi pertama yang diproduksi dari tahun 2006 hingga 2016

Saat ini, Jeep Compass sudah memasuki generasi kedua dimana generasi pertamanya menjadi crossover SUV pertama Jeep di dunia. Mengambil lokasi di Brazil pada September 2016 dan Los Angeles International Auto Show pada November 2016, Jeep Compass generasi kedua resmi diperkenalkan. Mobil ini berbagi platform dengan Renegade. Lantas bagaimana rasa berkendaranya? Berikut review Jeep Compass 2019 dari kami, Cintamobil.com.

EKSTERIOR Jeep Compass 2019

Review Jeep Compass 2019 : Eksterior Depan

Gril khas Jeep disematkan pada Jeep Compass generasi kedua

Tampilan depan Jeep Compass 2019

Tampak depan, Jeep berusaha kuat untuk mempertahankan identitasnya dengan menggunakan grill kotak-kotak yang sejajar seperti Jeep klasik. Namun menurut kami ini terlalu memaksakan untuk sebuah urban SUV mewah. Meskipun pada bumper dan lampu utama terlihat apik dan modern. Warna hitam pada bumper lips yang menyambung ke fender terlihat pas dan membuat bumper yang sewarna dengan bodi membentuk siluet. Penggunaan automatic headlamps, lampu kabut dan cornering lamps pilihan yang tepat untuk urban SUV diajak berkeliling pada malam hari untuk pencahayaan yang baik.

Review Jeep Compass 2019 : Eksterior Samping

Dimensi Jeep Compass 2019  tidak terlalu besar saat tampak samping

Dimensi compact membuatnya asyik dikendarai dalam kota

Beralih ke samping, sisi urban SUV semakin terlihat jelas dengan ukuran yang compact. Wajar karena wheelbase dari Jeep Compass 2019 ini hanya 2.636 mm, sementara panjangnya 4.394 mm, lebar 1.819 mm, dan tinggi 1.635 mm. Fender hitam didesain menyambung dengan bumper lips depan dan belakang terlihat presisi dan membuatnya terlihat gagah. Walaupun desain velg terlalu standar untuk sebuah mobil Jeep dengan palang lima berwarna silver.

Review Jeep Compass 2019 : Eksterior Belakang

Tampak belakang Jeep Compass 2019 berwarna putih sedang parkir di tempat yang banyak rumput

Penggunaan LED untuk lampu senja dengan desain khas Jeep Compass

Kesan modern juga hadir melalui tampilan belakang dimana lampu senjanya sudah menggunkan LED. Menariknya lampu senja LED tersebut membentuk lekukan yang mirip dengan lekukan bumper depan. Meskipun terputus pada pintu bagasi, tapi saat berkendara malam hari akan terlihat menarik dan pencahayaan yang baik. Sayangnya untuk lampu rem masih menggunakan halogen. Posisi tuas pembuka pintu bagasi menurut kami terlalu bawah, mungkin akan lebih baik bila diletakkan dibawah logo Jeep. Pun penampilan pintu bagasi tidak ‘ternodai’ dengan tuas pintu pembuka pintu bagasi yang menurut kami terlalu dipaksakan.

>>> Cek informasi menarik lainnya di sini:

INTERIOR Jeep Compass 2019

Review Jeep Compass 2019 : Dashboard & Setir

Desaindashboard Jeep Compass 2019 cukup elegan

Kesan mewah ditampilkan dalam interior Jeep Compass dengan warna hitam mendominasi

Warna hitam mendominasi pada kabin Jeep Compass dengan lis berkelir silver. Pemilihan ini tepat karena membuat Jeep Compass terlihat mewah. Lekukan pada bawah dasbor juga dibuat seirama dengan garis bumper depan dan lampu senja di belakang. Sebagai pusat hiburan, Jeep menyematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Dibalik head unit tersebut tersedia Uconnect Infotainment yang memanjakan Anda dengan berbagai fitur terintegrasi. Mulai dari voice command, kontrol temperatur kabin, dan Bluetooth untuk memudahkan akses ke smartphone.

Bulatan khas pada bagian setir mobil Jeep Compass 2019

Ciri khas produk Jeep coba ditampilkan melalui bulatan di setir Jeep Compass

Setir palang tiga juga terlihat menarik terlebih bulatan pada bagian klakson. Logo identik Jeep membuat mobil ini terlihat maskulin. Beragam tombol pada setir untuk memudahkan akses pengemudi dalam mengoperasikan head unit dan MID. Satu fitur menarik pada Jeep Compass 2019 ini adalah hadirnya kompas penunjuk arah mata angin. Terkesan sederhana tapi membuat mobil ini siap untuk diajak berpetualang hingga ke pelosok hutan.

Review Jeep Compass 2019 : Jok

Busa Jeep Compass 2019 cukup tebal dan nyaman pada jok

Busa tebal dengan bahan fabric membuatnya cukup nyaman

Ketika kami masuk dan duduk dibalik kemudi, jok semi-bucket terasa baik menopang tubuh. Posisi duduk mengemudi juga nyaman meskipun masih menggunakan material fabric. Busa untuk jok juga dirasa cukup tebal sehingga saat melintasi jalan rusak atau speed bump masih nyaman. Sayangnya untuk pengaturan posisi duduk pengemudi masih manual belum otomatis. Sedangkan pada baris keduanya, menurut kami lebih ideal untuk diisi 2 penumpang dewasa. Walaupun Jeep memberikan 3 head rest yang artinya bisa menampung total 5 orang dalam kabin Jeep Compass.

>>> Baca juga:

FITUR Jeep Compass 2019

Review Jeep Compass 2019 : Fitur Berkendara

Tombol start stop engine pada mobil Jeep Compass 2019 memudahkan saat menyalakan mobil

Fitur Stop-Start system membuat efieinsi bahan bakar lebih baik

Sebagai sebuah urban SUV mewah yang modern, fitur berlimpah menjadi hal wajib. Pada Jeep Compass, terdapat cukup banyak fitur berkendara yang membuat kami cukup terbantu. Seperti fitur rain sensitive windshield wipers yang berfungsi mengaktifkan secara otomatis ketika cuaca tiba-tiba hujan. Sehingga visibilitas Anda tetap terjaga. Menyalakan mesin pun menjadi mudah dengan penggunaan tombol start-stop engine. Ketika dalam jalanan menanjak, fitur Hill Start Assist akan mengendalikan mobil agar tidak merosot.

Fitur kompas membuat Jeep Compass 2019 bisa diajak bertualang

Fitur penunjuk arah mata angin (kompas) membuatnya asyik untuk diajak bertualang

Satu fitur sederhana yang menarik dan membuat mobil ini irit bahan bakar adalah fitur stop-start system dimana mesin akan mati ketika mobil dalam posisi berhenti di lampu merah atau terjebak di kemacetan.  Saat parkir mobil pun semakin mudah dengan hadirnya fitur kamera parkir dengan parking lane assist. Anehnya Jeep Compass yang kami coba tidak mempunyai sensor parkir sehingga jarak antara mobil dengan benda sekitar atau tembok ketika parkir hanya bisa diperkirakan melalui kamera. Menurut kami ini hal aneh karena umumnya bila ada kamera parkir, maka pabrikan juga menyematkan sensor parkir.

Review Jeep Compass 2019 : Fitur Keselamatan

ABS dan ESC menjadi fitur standar keselamatan Jeep Compass 2019

Fitur keselamatan seperti ABS dan ESC disematkan pada Jeep Compass

Soal fitur keselamatan, Jeep Compass cukup mumpuni. Baik pengemudi maupun penumpang dikelilingi 7 airbag yang diklaim paling canggih untuk saat ini. Ditambah konstruksi rangka baja berkekuatan tinggi sehingga melindungi penumpang dan menghindari cidera berat saat terjadi kecelakaan. Fitur lainnya yang tidak kalah penitng ialah ABS (anti-lock braking system), ESC (electronic stability control) dan ERM (electronic roll mitigation).

>>> Review Jeep Grand Cherokee 2011, Makin Modern Dan Gagah!

OPERASI Jeep Compass 2019

Mesin turbo bertenaga dan torsi besar pada mobil Jeep Compass 2019

Jeep Compass menggunakan mesin berteknologi turbo dengan kapasitas sekitar 1.400 cc

Jeep Compass memang dirancang sebagai Urban SUV, tetapi jangan sepelekan performanya. Mesin MultiAir Turbo dengan kapasitas 1.368 cc yang ditanamkan mampu menghempaskan tenaga 162 hp pada 5.500 rpm dan torsi mencapai 250 Nm di 2.500 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis 7-speed berteknologi DDCT (Dual Dry Clutch Transmission). Sayangnya transmisi ini terasa banyak jeda atau hentakan sehingga mirip seperti transmisi AMT (Automatic-Manual Transmission). Meskipun turbo lag masih terasa. Satu hal yang membuat kami sedikit menganggu adalah setirnya yang over responsive ketika setir hanya sedikit berputar maka bodi mobil terasa bergerak khususnya saat kecepatan tinggi.

>>> Mencari Jeep Bekas? Tips Membeli Jeep Wrangler JK Bekas Terlengkap

spesifikasi Jeep Compass 2019

Penasaran seperti apa info spesifikasi Jeep Compass 2019? Silakan cek informasinya berikut ini.

Mesin Jeep Compass 2019

Tipe Mesin

1.4 MultiAir Turbo

Isi Silinder

1.368 cc

Tenaga Maksimum

162 Hp / 5.500 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm / 2.500 rpm

Transmisi

7 Speed Automatic

Bodi Jeep Compass 2019

P x L x T

4.394 x 2.236 x 1.165 mm

Wheelbase

2.620 mm

Kaki-kaki Jeep Compass 2019

Rem Depan / Belakang

Carbon Ceramic Discs – Ventilated & Cross Drilled / Carbon Ceramic Discs – Ventilated & Cross Drilled

Velg

245/30 R20 (depan) – 305/30 R20 (belakang)

kelebihan & kekurangan Jeep Compass 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Jeep Compass 2019 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Performa mesin yang mumpuni dan cocok untuk di perkotaan

Fitur yang kurang lengkap, tidak hadir mode berkendara dan sensor parkir

Harga yang terjangkau untuk sebuah urban SUV mewah

Transmisi yang tidak terlalu halus saat berakselerasi

Bisa dibawa ke berbagai medan jalan

Pengendalian yang terlalu responsif saat kecepatan tinggi

daftar harga Jeep Compass 2019

Jeep Compass 2019 menjadi termurah dari varian Jeep lainnya

Dibanderol Rp 539 juta membuat Jeep Compass menjadi produk termurah Jeep yang dijual saat ini

Di Indonesia, Jeep Compass telah resmi dijual oleh PT. Hascar International Motor yang menggantikan posisi Garansindo sebelumnya. Jeep Compass menjadi Jeep termurah saat ini yang dijual dengan banderol Rp 539 juta (off the road) untuk wilayah Jakarta. Tidak ada pilihan varian yang disediakan oleh Jeep. Tetapi Anda bisa memilih 8 warna yang disediakan yakni putih, abu-abu, biru, metalik (silver), coklat metalik, krem, merah dan hitam.

>>> Updatelah harga dan promo mobil lainnya dengan klik sini

Video Jeep Compass 2019

KESIMPULAN Jeep Compass 2019

Mesin yang irit bahan bakar berkat penggunaan teknologi turbocharged menjadi kelebihan dari Jeep Compass. Selain itu mobil ini mempunyai departure angle yang baik sehingga mampu diajak untuk berpetualang di medan mana pun. Ditunjang dengan ground clearance hingga 198 mm membuatnya mampu asyik diajak off-road ringan. Sayangnya fitur yang dihadirkan cukup minim karena tidak ada sensor parkir dan juga mode berkendara. Padahal bila ada mode berkendara akan membuat Jeep Compass semakin mengasyikkan dikendarai.

>>> Lanjut baca artikel review mobil lainnya dengan klik sini

Mahmudi Restyanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil