Review Datsun Cross 2019: Solusi Mobil Keluarga Gaya Tangguh & Dana Terjangkau

19/08/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,5
Zaman sekarang membeli mobil keluarga memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Selain soal gaya, kemampuan berkendara, serta harga mobil yang terjangkau juga jadi pertimbangan untuk konsumen membeli sebuah mobil. Bisa jadi Datsu Cross 2019 adalah salah satu pilihan untuk konsumen Indonesia yang menginginkan mobil keluarga rasa tangguh dengan dana terjangkau. Apa sebabnya?

PENGANTAR Datsun Cross 2019

Review Datsun Cross 2019 - Mobil MPV yang konsisten menjadi pilihan utama mobil keluarga di Indonesia memang seringkali cenderung mengutamakan fungsi baru tampilan. Baru semenjak kurun waktu 2-3 tahun terakhir mobil MPV mulai diberikan sentuhan-sentuhan tampilan menarik, baik itu pendekatan karakter modern atau tangguh. Dari beberapa MPV baru di Indonesia, Datsun Cross adalah salah satu pemain yang mengutamakan karakter tampilan yang tangguh, dimana hal ini terinspirasi oleh konsep mobil crossover dan SUV masa kini.

Foto Datsun Cross berwarna coklat keluaran 2019 dilihat dari sisi depan

Setelah 1 tahun dijual di Indonesia, apakah Datsun Cross masih layak dibeli konsumen saat ini?

Sekadar info, Datsun merilis Datsun Cross secara world premiere di Indonesia pada tahun 2018 lalu. Datsun Cross menjadi strategi Datsun dalam merepresentasikan diri mereka yang ingin "lepas" dari image mobil murah LCGC (Low Cost Green Car). Didukung DNA teknis serupa dengan Datsun GO+, Datsun Cross justru tampil lebih agresif dan tangguh dengan serangkaian ubahan yang terasa signifikan dibandingkan keluarga Datsun di Indonesia saat ini.

Setelah satu tahun berlalu, kini Datsun Cross mulai mendapatkan beragam persaingan dari MPV yang dibanderol sama terjangkau, dengan tampilan yang juga serupa pendekatannya mengarah ke kesan tangguh dan aktif. Nah, apakah Datsun Cross masih relevan untuk jadi mobil baru Anda di tahun 2019? Simak terus ulasannya di review Datsun Cross 2019 dari Cintamobil.com

EKSTERIOR Datsun Cross 2019

Review Datsun Cross 2019: Eksterior Depan

Foto Exterior depan Datsun Cross 2019 berwarna coklat

Desain eksterior depan Datsun Cross 2019

Dari semua line-up Datsun, bisa dibilang Datsun Cross 2019 adalah line-up Datsun yang paling "niat" secara desain, khususnya pada fascia depan. Pendekatan agresif ini dibuktikan lewat penggunaan desain headlight yang cukup tegas dan gagah, dimana Projector LED dipadukan lekuk LED Signature Headlamp membuat sorot mata mobil baru Datsun ini terkesan tegas dan agresif. Teknologi headlight pada mobil ini bisa menyala secara otomatis di malam hari, serta untuk mendukung pencahayaan tambahan saat berkendara di kondisi super gelap tersedia fog lamp yang cukup menambah visibilitas pengemudi saat menyetir mobil ini di malam hari.

Mendukung tampilan headlight yang menarik, Datsun tetap membawa signature grille berbentuk hexagonal yang memiliki detil honeycomb dan diberi kelir chrome. Agar unik adalah di bagian bumper depan Datsun Cross 2019, dimana Datsun memberikan underguard pada bumper bawah yang ditandai aksen silver. Hal ini selain menambah profil pada bumper depan lebih tangguh layaknya desain-desain crossover masa kini, juga bertugas melindungi bagian bawah mobil saat berkendara. 

Review Datsun Cross 2019: Eksterior Samping 

Review mobil Datsun Cross 2019: bagian samping terlihat dinamis dan elegen

Desain eksterior samping Datsun Cross 2019

Dimensi bodi Datsun Cross 2019 yang berukuran 3.995 mm x 1.670 mm x 1.560 mm (P x L x T) membuat mobil ini memiliki ukuran yang cukup pas untuk kebutuhan mobil keluarga di Indonesia. Namun yang penting ialah mobil ini lebih aman dibawa melewati jalanan rusak karena ground clearance yang tinggi hingga 200 mm, serta didukung pelek alloy 15 inci berbalut ban berprofil tebal 175/65 R15.

Sisi penampilan Datsun Cross 2019 memang sekilas akan terasa sama saja dengan Datsun GO+. Tapi, Datsun memaksimalkan tampilan mobil ini melalui sentuhan panel body cladding, memanjang dari sisi bumper depan sampai ke bumper belakang. Pada area bawah body cladding di sisi pintu penumpang tersemat aksen underguard berkelir silver. Datsun juga memberikan Roof Rail yang bisa digunakan untuk membawa barang bawaan dengan ketentuan maksimal 30 kilogram. 

Review Datsun Cross 2019: Eksterior Belakang

Review mobil  Datsun Cross 2019: sisi belakang sebuah mobil Datsun Cross 2019 berwarna coklat

Desain eksterior belakang Datsun Cross 2019

Secara tampilan, Datsun Cross 2019 dari sisi eksterior belakang memang memadukan apa yang sudah bagus dalam desain Datsun GO+, dan ditambahkan karakter tangguh khas crossover masa kini. Mulai dari adanya underguard di bumper belakang, roof spoiler dengan high mount stop lamp, serta detil reflektor pada bumper belakang yang mengikuti desain pada bumper depan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Datsun Cross 2019

Review Datsun Cross 2019: Dashboard & Setir

Review Datsun Cross 2019: Foto Dashboard Datsun Cross 2019

Area Dashboard dan Setir Datsun Cross 2019

Masuk ke dalam kabin, Anda memang akan langsung menemukan detil dashboard Datsun Cross yang kini mulai serupa dengan model Datsun GO maupun Datsun GO+. Namun pada Datsun Cross, sentuhan trim dengan pattern layaknya carbon fibre menjadi detil yang membuat karakter dashboard dan area trim pintu menjadi lebih memikat. Pada instrument cluster memiliki MID berukuran mungil, serta pada central cluster sampai area tuas transmisi diberikan aksen piano black. Agak disayangkan adalah setir masih tidak memiliki pengaturan tinggi rendah (tilt steering), serta tidak adanya tombol untuk memudahkan kontrol audio tanpa perlu lepas dari tuas transmisi. Oh ya, sistem audio pada Datsun Cross 2019 menggunakan head unit layar sentuh, yang akan kami jelaskan di fitur hiburan Datsun Cross 2019.

Review Datsun Cross 2019: Jok

Review Datsun Cross 2019: Foto Jok depan Datsun Cross 2019

Area Jok Depan Datsun Cross 2019

Desain jok depan Datsun Cross 2019 memiliki format jok selayaknya mobil "ekonomis" masa kini yang memiliki headrest menyatu dengan sandaran jok depan. Secara posisi, jok depan Datsun Cross 2019 cukup tebal dan nyaman untuk pengemudi dan penumpang depan, selama tinggi badan masih rata-rata orang asia di kisaran 160-170 cm. Jok tengah sampai jok belakang Datsun Cross 2019 serupa dengan jok Datsun GO+, dimana tidak tersedia pengaturan kemiringan jok. Tapi kelebihan dari format jok tengah dan jok belakang ini adalah saat Anda butuh untuk melipat jok agar menambah ruang bagasi menjadi mudah. Dan catatan penting untuk jok belakang adalah penumpang di area ini direkomendasikan untuk anak kecil atau orang dengan tinggi kurang dari 156 cm, jadi secara format sebenarnya lebih cocok disebut sebagai 5+2.

Review Datsun Cross 2019: Bagasi

Review Datsun Cross 2019: Foto bagasi Datsun Cross 2019

Area bagasi belakang Datsun Cross 2019

Jika diperhatikan, salah satu solusi untuk bisa membawa bagasi adalah melipat jok bagian belakang. Sebab jika semua jok terpakai bisa dikatakan tidak ada banyak ruang yang bisa dimanfaatkan. Secara luas ruang bagasi ini tidak disebutkan dalam informasi resmi dari Datsun, tapi secara luas area seperti ini sangat memungkinkan untuk menyimpan koper medium sebesar 2 buah, atau jika dalam presentasi di website resmi Datsun bisa memuat ragam barang bawaan untuk liburan Anda.

>>> Baca juga:

FITUR Datsun Cross 2019

Review Datsun Cross 2019: Fitur Berkendara & Keselamatan

Review Datsun Cross 2019: Fitur keselamatan Datsun Cross 2019 Dual SRS Airbags

Dual SRS Airbags disematkan di Datsun Cross 2019

Datsun Cross 2019 menawarkan fitur berkendara yang cukup impresif untuk mobil sekelasnya. Ia sudah dilengkapi Vehicle Dynamic Control, yang mana fitur ini memungkinkan handling Datsun Cross bisa tetap stabil dan aman di jalanan licin. Datsun juga menghadirkan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Limited Slip Differential (BLSD), Traction Control, dan Brake Assist (BA) pada Datsun Cross terbaru. Sedangkan pada sistem keselamatan, Datsun Cross sudah menyediakan Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, serta saat parkir dimudahkan oleh Parking Sensor. 

Review Datsun Cross 2019: Foto sistem transmisi Datsun Cross 2019

Tuas Transmisi Datsun Cross 2019 dengan Shift Lock dan tombol Overdrive

Khusus untuk Datsun Cross bertransmisi otomatis CVT, Datsun memiliki pengaturan transmisi "L" atau Low, yang mana fitur ini sangat berguna saat mobil berkendara di jalur menanjak tinggi. Datsun Cross uniknya memiliki mode Sport, atau lebih tepatnya memiliki metode kerja seperti mode Overdrive, yang mana tombol aktivasi fitur ini ada di bawah tombol pengatur kunci tuas transmisi. Saat mobil dalam kondisi parkir paralel pun tidak perlu khawatir, karena sistem transmisi CVT pada Datsun Cross 2019 sudah mengadopsi Shift Lock. 

Review Datsun Cross 2019: Fitur Hiburan

Review Datsun Cross 2019: Foto sistem audio Datsun Cross 2019

Area sistem audio di Datsun Cross 2019

Sistem audio pada Datsun Cross 2019 tergolong intuitif untuk mobil harga di bawah Rp200 jutaan. Sistem head unit 2 DIN berlayar sentuh 6.75 inci ini memiliki kemampuan bluetooth, USB, Aux, Miracast, serta bisa terkoneksi dengan smartphone. Menariknya adalah Datsun juga memiliki sistem navigasi tersendiri, Sygic Car Connected Navigation, yang mana bisa Anda gunakan apabila Anda sudah memiliki apps tersebut di smartphone Android atau iPhone, dan nantinya tinggal dihubungkan ke head unit dan display pun akan menampilkan navigasi yang memudahkan perjalanan Anda bersama Datsun Cross 2019.

>>> Biarpun Platform Sama, Datsun Cross Tak Otomatis Berbagi Komponen

OPERASI Datsun Cross 2019

Kami melakukan test drive Datsun Cross 2019 menggunakan Datsun Cross CVT, yang mana di atas kertas mobil ini berspesifikasi 3 silinder 1.200 cc DOHC. Di atas kertas, mobil ini diklaim bisa menghasilkan performa 78 PS, atau 10 PS lebih tinggi daripada versi transmisi manual. Torsi mesin Datsun Cross 2019 berada di 104 Nm. 

Secara garis besar, Datsun Cross 2019 didesain memiliki performa yang mendekati karakter efisien dari segi konsumsi BBM. Sering kami rasakan mobil Datsun Cross 2019 saat berkendara secara konstan di kecepatan 80-90 km/jam menjaga rpm mesin di kisaran 1.700-1.800 rpm. Memang untuk diajak berakselerasi cepat, mobil ini terasa agak "tertahan" karena sudah menjadi karakter CVT yang memang lebih fokus menjada mesin tetap efisien. Tapi hal ini bisa dimanfaatkan dengan cara memainkan tuas "L" atau menekan tombol Sport yang ada di bawah tombol tuas transmisi.

Secara bantingan suspensi, Datsun Cross punya perpaduan McPherson Strut (depan) dan Torsion Beam (belakang) yang memiliki karakter nyaman jika 5 penumpang ada di dalam mobil ini. Jika hanya mengemudikan sendiri, Datsun Cross memiliki bantingan yang cenderung kaku dan keras. Di sisi lain, karakter kemudi Datsun Cross terbaru yang mengadopsi Electronic Power Steering membuat pengemudian terasa mudah untuk penggunaan di perkotaan, apalagi dengan radius putar 4.6 meter jadikan mobil ini asyik dibawa di dalam kota.

>>> Review Datsun GO Live 2019: Tampil Lebih Memikat Dan Cerdas Dengan Penambahan Fitur Terkini

spesifikasi Datsun Cross 2019

Mari disimak informasi spesifikasi Datsun Cross 2019 dalam tabel berikut ini.

SPESIFIKASI DATSUN CROSS 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.670 mm x 1.560 mm

Jarak Poros Roda

2.450 mm

Jarak Pijak Terendah

200 mm

Radius Putar Minimum

4,6 m

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter DOHC 3 Silinder Segaris

Kapasitas Silinder

1.198 cc

Daya Maksimum

68 PS / 5.000 Rpm (Tipe Manual)

78 PS / 6.000 Rpm (Tipe CVT)

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm (Tipe Manual)

104 Nm/ 4.400 Rpm (Tipe CVT)

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / CVT

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

175/65 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

35 Liter

kelebihan & kekurangan Datsun Cross 2019

Cintamobil.com juga hendak memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Datsun Cross CVT 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki tampilan maskulin dan menarik dibandingkan Datsun lainnya

Kapasitas bagasi baru bisa digunakan jika jok paling belakang dilipat

Mesin 1.2 liter 3-silinder dengan transmisi CVT mampu memberikan impresi yang menarik dalam hal efisiensi bahan bakar

Konfigurasi jok 5+2. bukan 7-seater murni

Fitur keselamatan sangat lengkap baik dari aspek pengereman, kestabilan dan keamanan

Konfiguurasi di kabin mobil bersifat sederhana dan bahkan tidak bisa diatur, seperti pengaturan setir yang belum tilt steering.

daftar harga Datsun Cross 2019

Datsun Cross 2019 dijual dengan harga Rp161.490.000 untuk versi transmisi manual, dan Rp173,990,000 untuk versi transmisi CVT. Harga mobil baru Datsun Cross 2019 sudah termasuk garansi 3 tahun/100 ribu km dan gratis biaya jasa service sampai dengan 50.000 Km/4 tahun (mana yang tercapai lebih dahulu). Bagaimana dengan harga Datsun Cross bekas? Berdasarkan penelurusan data dari Cintamobil.com, mobil bekas Datsun Cross produksi 2018 berada di kisaran harga Rp140-160 jutaan tergantung kondisi dan lokasi mobil dijual tersebut.

>>> Mari cek harga dan promo saat membeli mobil Datsun di sini

Video Datsun Cross 2019

KESIMPULAN Datsun Cross 2019

Menjadi salah satu pilihan mobil keluarga dengan tampilan tangguh dan bisa ditebus dengan dana terjangkau, jelas membuat Datsun Cross menjadi salah satu pilihan mobil yang memiliki value menarik untuk Anda keluarga yang mungkin berencana membeli mobil pertama. Apalagi mobil ini juga menjanjikan kemampuan dibawa jalan di jalur yang cukup sulit karena ground clearance tinggi. Dan asyiknya lagi, tampilan Datsun Cross yang menarik ini membuat Anda dan keluarga pasti tidak akan terlihat "biasa". Pun demikian, hal ini perlu dikompensasi dengan kualitas mobil yang kami rasa masih memiliki ruang peningkatan di masa depan, khususnya dalam konfigurasi pengaturan setir dan jok di baris tengah. Selebihnya, jika Anda hanya memiliki budget Rp175 jutaan kebawah dan ingin mobil keluarga baru, bisa memilih mobil Datsun terbaru ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil