Review All New Nissan Livina VL 2019

19/02/2019

Share this post:

Nissan Livina 2019

Editor rate:

Lihat promo

Akhirnya yang ditunggu datang juga, karena sejak tahun 2007 Nissan Livina dan Nissan Grand Livina nyaris tidak pernah berganti model. Hari ini (19/2) All New Nissan Livina2019 resmi diluncurkan ke publik. Bagaimana pendapat kami mengenai All New Nissan Livina 2019? Jika mobil ini hanya sekadar Mitsubishi Xpander ganti baju, siapkah melawan Toyota Avanza?

Review All New Nissan Livina VL 2019
Review All New Nissan Livina VL 2019
0 Gambar

Pengantar Nissan Livina 2019

Mari kita simak spesifikasi Nissan Livina 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan depan lebih elegan

Desain total baru

Muka lebih menarik dari Xpander

Kekurangan

Kurang berkarakter Nissan

Terlalu mirip dengan Mitsubishi Xpander

Transmisi belum Xtronic CVT

Review All New Nissan Livina VL 2019 - Butuh waktu 12 tahun bagi PT Nissan Motor Indonesia untuk mengubah total produk MPV kebanggan mereka, yaitu Nissan Grand Livina. Sedikit melirik sejarah ke belakang, saat itu tahun 2007 bisa dibilang Nissan Grand Livina menggebrak pasar yang saat itu dikuasai oleh duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Konsep yang berbeda dilakukan Nissan pada saat itu, karena Nissan Grand Livina menggunakan pengembangan sasis dari Renault yang terkenal akan kelenturan dan juga fleksibilitasnya. Tidak hanya itu, suspensi yang selembut sedan juga mampu menghadirkan standar baru di kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) saat itu.

Tampak Nissan Grand Livina generasi pertama

Nissan Grand Livina pertama kali menginjakkan kakinya di bumi Indonesia tahun 2007

Dan terbukti, saat itu Nissan Grand Livina mampu menyihir konsumen dikelas gemuk ini. Berselang 12 tahun sejak pertama kemunculannya kini All New Nissan Livina 2019 diluncurkan, kata 'Grand' dihilangkan, karena mobil ini rencananya juga akan dijual secara global. Namun yang patut disayangkan, mobil All New Nissan Livina 2019 seperti kehilangan karakter Nissan-nya, karena bentuknya terlalu mirip dengan Mitsubishi Xpander. Lalu, jika benar All New Nissan Livina 2019 ini hanyalah sebuah Mitsubishi Xpander yang ganti baju, apakah siap melawan hegemoni Toyota Avanza?

Tampak All New Nissan Livina VL 2019

Butuh waktu 12 tahun bagi Nissan untuk menghadirkan Nissan Grand Livina generasi ke-3 yang berbeda total

Eksterior Nissan Livina 2019

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Tampilan Depan

Tampak Tampilan depan All New Nissan Livina 2019

Tampilan depan All New Nissan Livina VL 2019 ini seakan dibuat 'kental' dengan khas Nissan dengan V Shape Grill

Identitas dan konsistensi desain Nissan langsung terlihat pada tampilan depan All New Nissan Livina tipe VL 2019 ini dengan desain grill depan V-Shape Design. Nissan menyebutnya dengan desain V-Motion grille. Lebih mewah lagi tampilan depan mobil ini dengan adanya Dual Led Signature degan Day Time Running Light. Secara umum kami dari Cintamobil.com lebih menyukai desain dari All New Nissan Livina VL 2019 ini daripada Mitsubishi Xpander 2019, karena lebih slim and sleek.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping All New Nissan Livina 2019

Tampilan samping dari mobil All New Nissan Livina VL 2019 ini tak ubahnya dengan saudaranya

Desain pelek berukuran 16 inchi yang terpasang di All New Nissan Livina tipe VL dan VE ini lebih berkesan sporti dan dinamis apabila dibandingkan dengan saudaranya sesama basis. Pelek ini juga menggunakan bahasa desain kekinian yang mementingkan tampilan namun juga tidak melupakan fungsi karena desainnya yang aerodinamis punya kemampuan membuang udara yang terjebak dibalik pelek sehingga meningkatkan efek aerodinamika dari mobil ini.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang All New Nissan Livina 2019

Tampilan belakang All New Nissan Livina ini pun tak ubahnya dengan saudara sepergurannya

Jika Anda melihat tampilan belakang dari All New Nissan Livina tipe VL tahun 2019 ini tentu Anda akan kecewa jika berharap tampilan belakangnya ini akan jauh berbeda dengan saudara seperguruannya, karena jika mobil ini tidak menggunakan emblem apapun akan sama persis antar keduanya. Hal ini juga yang kami kritik, karena Nissan kurang memberikan sentuhan khusus terhadap produk yang akan menjadi salah satu backbone penjualannya ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Nissan Livina 2019

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor All New Nissan Livina VL 2019

Layout dasbornya juga tak ada bedanya dengan Mitsubishi Xpander, namun hal itu wajar

Saat masuk ke bagian interiornya, nuansa Mitsubishi Xpander akan langsung tercium pada mobil All New Nissan Livina VL 2019 ini. Namun itu tidak teralu menjadi masalah, karena pada produk kerjasama lainnya seperti All New Avanza Veloz 2019, dan All New Daihatsu Xenia 1.5 R 2019 pun keduanya tidak ada perbedaannya. Dan layout dasbor seperti ini bukanlah hal buruk, karena seperti yang kita semua ketahui layout dasbor Mitsubishi Xpander merupakan salah satu yang termodern di kelas LMPV.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir All New Nissan Livina VL 2019

Setirnya juga terasa pas dan nyaman digenggam meskipun terasa sekali setir ini hanya ganti emblem

Hal positif lainnya yang ada di Mitsubishi Xpander ikut terbawa kesini adalah desain setirnya yang terasa pas dan nyaman untuk digenggam, meskipun harus diakui terasa sekali setir ini hanya berganti emblem saja. Dan juga posisi tombol disetirnya tak ubahnya seperti Xpander. Namun, jangan khawatir hal ini bukanlah hal buruk dari All New Nissan Livina VL 2019 menurut kami dari Cintamobil.com.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Bagasi

Gambar menunjukkan ruang Bagasi All New Nissan Livina VL 2019

Salah satu hal yang menyenangkan di kabin All New Nissan Livina VL 2019 ini adalah kapasitas bagasinya

Hal positif yang terus menerus terasa dan dapat dirasakan pada mobil All New Nissan Livina VL 2019 ini adalah kapasitas bagasinya yang lega. Tentu saja hal ini menyenangkan dan sangat berguna, apalagi kursinya dapat dilipat rata, sehingga mempermudah akses untuk masuk maupun keluar barang. Secara umum, tidak ada komplain dari bagasi mobil All New Nissan Livina VL 2019 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Nissan Livina 2019

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Head Unit

Gambar menunjukkan desain audio All New Nissan Livina VL 2019

Smartphone Anda bersistem kerja Android atau iOS? Tenang keduanya kapabel disini

Kemudahan untuk selalu terhubung dengan smartphone sangat diperhatikan oleh Nissan, mau smartphone Anda bersistem kerja Android maupun iOS keduanya dapat diputar disini, hal itu karena Nissan menyematkan head unit berbentang layar 7 inchi di All New Nissan Livina VL 2019 ini. Sehingga kapan dan dimana saja Anda ingin menikmati musik sekaligus navigasi kemanapun, dapat dilayani oleh head unit yang tertanam di kabin All New Nissan Livina VL 2019 ini.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Traction Control

Gambar menunjukkan desain Traction Control All New Nissan Livina VL 2019

Hendak bermanuver mendadak? Traction Control akan menjaga keselamatan Anda dan keluarga

Keberadaan traction control akan membuat Anda dan keluarga tetap aman dan selamat di dalam mobil All New Nissan Livina VL 2019 ini. Karena fitur ini mampu mencegah ban mengalami selip yang berakibat sulit untuk dikendalikan. Cara kerjanya juga mudah dipahami, langsung klik sini untuk tahu cara kerja traction control secara terperinci dan detail.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Pragmatic Seat Arrangement

Gambar menunujukkan Pengaturan tempat duduk All New Nissan Livina VL 2019

Kepraktisan dari All New Nissan Livina VL 2019 ini sangat memadai dengan pengaturan bangku fleksibel

Anda dapat melipat kursi dengan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan penumpang maupun barang bawaan, dan Anda dapat menikmati kenyamanan ekstra dengan tersedianya armrest pada baris depan serta lantai mobil yang dapat terlipat dengan rata. Jelas sekali, kepraktisan yang ditawarkan dari All New Nissan Livina VL 2019 ini sangat memadai dengan adanya pengaturan bangku fleksibel seperti itu.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Tombol Pengaturan Audio Di Setir

Gambar menunjukkan tombol audio di setir All New Nissan Livina VL 2019

Pengaturan tombol audio disetir memudahkan Anda dalam mengatur head unit

Adanya pengaturan tombol audio disetir akan sangat memudahkan Anda dalam mengatur head unit, karena tangan sebelah kiri Anda tidak perlu untuk lepas genggaman dari setir. Sedikitnya ada delapan buah tombol yang semuanya disusun rapi pada spoke sebelah kiri setir yang nyaman digenggam ini. Tombolnya juga empuk dan nyaman untuk ditekan oleh jempol Anda.

>>> Jelang Peluncuran Nissan Livina 2019, Nissan Grand Livina Diskon Hingga Rp 75 Juta!

Operasi Nissan Livina 2019

Mesin berkode 4A91 ini sebenarnya adalah mesin yang dikembangkan oleh Mitsubishi dengan Daimler, dan sudah dipakai untuk Mitsubishi Xpander, karakter dari mesin overstroke ini kaya akan torsi, buktinya 141 Nm dapat diraih dengan putaran hanya 4.000 rpm, lebih rendah 200 rpm bahkan 400 rpm dari lawan-lawannya All New Nissan Livina VL 2019. Sebenarnya mesin ini dapat menyemburkan tenaga dan torsi yang lebih besar lagi, namun karena peruntukannya untuk pasar Indonesia yang kualitas bahan bakarnya belum begitu baik dan juga kelembaban udara, maka tim teknis aliansi Mitsubishi-Nissan-Renault Asia men-setup sesuai kebutuhan konsumen disini.

Gambar menunjukkan Mesin 4A91 All New Nissan Livina VL 2019

Mesin 4A91 ini sebenarnya merupakan mesin rancangan kolaborasi Mitsubishi dan Daimler 

Pertama kali menginjakkan pedal, putaran torsinya cukup terasa menggigit. Bahkan menariknya, kami terasa sangat menikmati setiap pergantian gigi dari transmisinya. Memang, meski tak menggunakan Continous Variable Transmissions (CVT), kami sudah cukup merasakan kehalusan dari pergantian gigi 4 tingkat percepatan otomatisnya. Bahkan, salah satu teknisi handal Nissan yang menemani kami tertawa bangga dan mengatakan, "Tancap gas saja di tikungan depan ini mas. Mobil ini punya teknologi kestabilan yang mumpuni". Benar saja, proses manuver di tikungan yang kami lewati terasa sangat menyenangkan, tak terasa adanya potensi limbung sama sekali. Dua rangkaian teknologi ini memang ditawarkan meliputi Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control System (TCS). Seakan tak percaya bahwa mobil keluarga bisa stabil seperti ini, kami pun mencoba di banyak tikungan lain dan hasilnya memang sangat-sangat memuaskan.

>>> Inikah sosok All New Nissan Livina 2019?

Spesifikasi Nissan Livina 2019

Berikut ini adalah spesifikasi All New Nissan Livina VL 2019.

Mesin All New Nissan Livina VL 2019

Seri mesin

4A91, DOHC, MIVEC

Rasio Kompresi

10,5 : 1

Tenaga Maksimum

102,5 hp (104 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

141 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Bore X Stroke

75 mm X 84,8 mm

Tipe Transmisi

Otomatis dengan 4 Percepatan atau Manual 5 Percepatan

Rangka All New Nissan Livina VL 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.510 mm X 1.750 mm X 1.700 mm

Jarak Sumbu Roda

2.775 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

205 mm

Berat Kotor

N/A

Kapasitas Tangki

N/A

Suspensi/Kaki-Kaki All New Nissan Livina VL 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Ukuran Ban

205/55 R16

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil Nissan lainnya

Daftar Harga Nissan Livina 2019

All New Nissan Livina 2019 ini belum dijual di Indonesia, namun bagi Anda yang ingin mengetahui berapa daftar harga All New Nissan Livina 2019 dapat dilihat pada tabel berikut.

Tipe mobil

Harga Nissan Livina 2019

All New Nissan Livina VL AT

Rp 261.900.000

All New Nissan Livina VE AT

Rp 249.900.000

All New Nissan Livina EL AT

Rp 233.000.000

All New Nissan Livina EL MT

Rp 223.000.000

All New Nissan Livina E MT

Rp 198.000.000

*Harga per tanggal 19 Februari 2019

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update harga dan promo saat membeli Nissan Livina 2019

Kesimpulan Nissan Livina 2019

Tampilan All New Nissan Livina 2019 berwarna orange dilihat dari sisi depan dalam launching pada tanggal 19 Februari 2019

Lantas dengan harga yang ditawarkan serta segala kelebihannya layakkah mobil ini mengisi garasi Anda?

So, is this car for you? Dengan harga yang ditawarkan untuk tipe tertinggi yang kami tes ini VL AT lebih mahal Rp 3 juta dari Mitsubishi Xpander Ultimate, maka kami sangat menyarankan Anda untuk membeli saudaranya saja. Kecuali Anda benar-benar Nissan die hard fans sejati.

>>> Belum puas dengan artikel review di atas? Klik sini untuk lanjut baca ribuan review yang menarik dari kami

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Jelang Peluncuran Nissan Livina 2019, Nissan Grand Livina Diskon Hingga Rp 75 Juta!

18/02/2019

Mobil baru

Nissan Livina terbaru dengan basis sama seperti Mitsubishi Xpander akan segera diluncurkan pada pekan ini. Bagi Anda yang ingin memburu Nissan model lama, ada diskon hingga Rp 70 juta! Tertarik?

Lihat juga

Nissan Livina Rasa Xpander Segera Meluncur, Ini Tanggapan Kompetitor

16/02/2019

Pasar mobil

Kabar kemunculan Nissan Livina Xpander sudah menemukan titik terang. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan bakal meluncurkan pada 19 Februari 2019. Menarik untuk disimak seperti apa tanggapan para kompetitor terkait model terbaru Nissan ini.

Lihat juga

Menakar Potensi Nissan Livina Jadi Duet Serasi Mitsubishi Xpander

15/02/2019

Pasar mobil

Meski belum resmi diluncurkan, Nissan Livina sudah digadang jadi pasangan duet serasi Mitsubishi Xpander dalam menggoyang dominasi Toyota Avanza - Daihatsu Xenia. Mungkinkah itu terjadi dan seberapa besar potensinya?

Lihat juga

Review Nissan Grand Livina 2019

22/11/2017

Editor rate:

Nissan Grand Livina yang sudah berkiprah semenjak 2010, akan membuat gebrakan baru dengan memunculkan generasi keduanya di tahun 2018. Cintamobil.com juga memprediksi bahwa Nissan Grand Livina ini akan merubah banyak hal daripada generasi pendahulunya. Hal ini tentu dimaksudkan agar Nissan Grand Livina dapat ikut bersaing dalam kompetisi pasar otomotif Indonesia. Berikut Cintamobil.com memperkenalkan beberapa hal review Nissan Grand Livina 2019.

Lihat juga

Spesifikasi Honda Freed 2018: MPV 7 Penumpang Menawan, Sayang Belum Masuk Indonesia

09/01/2018

Editor rate:

Honda Freed muncul pertama kali pada tahun 2009 sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-penumpang yang menyuguhkan banyak fitur-fitur mewah dan mumpuni. Harga Honda Freed pun cukup terjangkau dan memiliki banyak peminat ketika dipasarkan pertama kali. Dan di kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan membahas lebih lanjut tentang spesifikasi Honda Freed 2018, generasi kedua Honda Freed yang sayangnya belum masuk ke pasar otomotif Tanah Air.

Lihat juga
back to top