Tampilan ala SUV, Berikut Tips Lengkap Membeli Nissan Grand Livina X-Gear Bekas

13/11/2018
Nama Nissan Grand Livina lebih dikenal sebagai mobil MPV yang mampu menampung hingga 7 penumpang. Melihat tren SUV yang sedang naik, Nissan pun menawarkan varian X-Gear yang mempunyai tampilan ala SUV dengan performa yang berbeda.

Nissan Grand Livina sejak pertama kali kehadirannya identik dengan mobil keluarga dan menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc (1.5). Pada tahun 2007, Nissan meluncurkan varian baru dengan mesin berkapasitas lebih besar yakni 1.800 cc (1.8). Namun memang poppularitasnya tidak sebesar tipe 1.5 yang lebih irit saat mengkonsumsi BBM. Menjadi sebuah tantangan bila Anda mencari Nissan Grand Livina 1.8 karena populasinya tidak terlalu banyak.

Masuk ke tahun 2013, Nissan Grand Livina X-Gear diperkenalkan dengan desain yang berbeda dari versi standar. Nissan menyematkan body kit tebal berwarna hitam dengan tampilan yang telrihat lebih kokoh layaknya sebuah SUV. Pilihan mesin 1.8 turut dihadirkan pada Grand Livina X-Gear selain 1.5.

>>> Baca juga: Mencari Minivan Bergaya Gagah? Simak Tips Lengkap Membeli Mitsubishi Delica Bekas

Penambahan body kit pada Nissan X-Gear

Penggunaan body kit berwarna hitam membuatnya terlihat gagah seperti SUV

Untuk Nissan Grand Livina bermesin 1.8 ini mempunyai tenaga yang lumayan besar. Dengan konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.798 cc, tenaga maksimumnya mencapai 126 dk dengan torsi 168 Nm. Ada dua jenis transmisi yang ditawarkan oleh Nissan yakni manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan aliran tenaga ke roda depan. Bila Anda ingin mencari mobil ini, transmisi otomatis akan lebih bijak.

>>> Baca juga: Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

Teknis

Bila Anda mengincar Nissan Grand Livina X-Gear, pastikan fitur-fitur yang tersedia berfungsi dengan normal. Adapun fitur yang tersedia seperti rem ABS + EBD + BA telah disematkan oleh Nissan. Anda bisa memastikan seluruh fitur itu tidak  bermasalah dengan melakukan general check up di bengkel resmi. Fitur keamanan seperti immobilizer dan smart key pun telah dihadirkan dan bisa menghindari pencurian mobil.

Fitur dan Kaki-kaki wajib diperiksa sebelum membeli

Lakukan general check untuk memastikan seluruh fitur pada Nissan Grand Livina X-Gear masih berfungsi dengan normal

Dimensinya yang cukup panjang tidak perlu khawatir karena Nissan Grand Livina X-Gear telah menggunakan kamera parkir sehingga aman ketika melakukan parkir mundur atau paralel. Bila usia mobil sudah lebih dari 3 tahun lebih maka perhatikan bagian kaki-kaki, khususnya roda depan. Pastikan bantingan masih empuk dan komponen seperti sokbreker, tie-rod end, bushing dan long tie-rod masih dalam kondisi baik. Mengingat bobot varian 1.8 lebih berat maka penggantian komponen kaki-kaki bisa lebih cepat.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Non-teknis

Pada sisi non-teknis, komponen yang harus diperhatikan adalah body kit hitam yang membuatnya tampak gagah. Mengapa? Mengingat Nissan tidak lagi memproduksi X-Gear, pastikan komponen tersebut masih tersedia di jaringan bengkel resmi. Bila ada kerusakan seperti pecah atau bekas tabrakan, maka penggantian body kit harus dilakukan. Anda juga bisa mencari tahu dari komunitas Nissan apakah body kit tersebut dijual umum dan masih tersedia.

Pelipatan bangku baris kedua agak sulit

Pastikan tali samping head rest untuk melipat bangku bisa digunakan sebagai akses ke baris ketiga

Sama seperti Nissan Grand Livina, pelipatan bangku baris kedua X-Gear menggunakan tuas disebelah head rest. Agak sulit untuk melipatnya sebagai akses masuk ke baris ketiga. Pastikan bahwa tuas pelipat bangku tersebut berfungsi dengan baik dengan menariknya ke atas. Selebihnya, pastikan interiornya masih dalam kondisi baik seperti pada door trim dan kolong dasbor.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0