Mencari Minivan Bergaya Gagah? Simak Tips Lengkap Membeli Mitsubishi Delica Bekas

26/10/2018
Rata-rata minivan kelas High MPV seperti Nissan Serena mempunyai desain yang boxy. Namun berbeda dengan Mitsubishi Delica yang mengusung desain gagak layaknya sebuah SUV. Bila Anda mengincar bekasnya, simak tips lengkap membeli Mitsubishi Delica bekas.

Berbeda dengan para rivalnya yang hadir dengan konsep elegan, Mitsubishi justru berani melakukan penetrasi pasar MPV dengan menawarkan Mitsubihi Delica yang mengusung desain gagah dan sporti layaknya sebuah SUV. Dari rancang bangunnya, MPV andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) ini memiliki ground clearance tinggi 190 mm. Memang dirancang untuk lebih siap menghadapi kondisi jalanan perkotaan yang kerap tergenang banjir dan berlubang saat musim hujan tiba.

Mitsubishi Delica mempunyai dimensi cukup besar

Meski mengusung konsep boxy namun desain Mitsubishi Delica terlihat gagah seperti SUV

Nama Mitsubishi Delica mulai dipakai pada 2006 ketika memasuki generasi kelima dari Mitsubishi Colt. Delica D:5 sendiri sudah mulai diperkenalkan pada Oktober 2006 di Tokyo Motor Show, Jepang, meski dalam wujud prototipe dan dirilis pada Januari 2007. Dan sebelum Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia berubah nama jadi MMKSI, Delica sudah dirilis di Indonesia pada September 2014 di ajang Indonesia International Motor Show. Pada awal tahun 2016, MMKSI meningkatkan citarasa Delica, yakni dengan merilis Mitsubishi Delica Royal. Perbedaaan dengan versi reguler adalah tampilannya yang lebih elegan berkat aksen krom di eksterior, jok menggunakan bahan kulit, dan penambahan tombol audio di setir dan sensor parkir yang semula hanya mengandalkan kamera parkir.

Fasilitas yang diberikan untuk menunjang kenyamanan ketika berkendara termasuk lengkap. Pintu geser Delica sudah elektris di kedua sisi yang memudahkan akses masuk-keluar kabin. Selain itu, AC climate dan double blower kian menjamin kesejukan kabinnya yang lapang. Sebagai kelengkapan berkendara, MPV boxy ini pun sudah dipasangkan fitur Auto Stop & Go demi menekan konsumsi bahan bakar. Jadi ketika berhenti, mesin dapat secara otomatis mati dan kembali bekerja ketika pedal rem diangkat atau suhu kabin mulai dianggap panas.

>>> Baca juga: Tampilan Generasi Baru Delica D:5 2019 Bocor, Keren Mirip Xpander

Periksa bagian kaki-kaki Delica

Meski mempunyai ground clearance tinggi, periksa juga bagian kaki-kaki dari Mitsubishi Delica bekas

Mitsubishi Delica menggunakan basis mesin yang dipakai oleh Outlander dan Lancer. Hanya saja mesin 1.998 cc 4 silindernya mengadopsi Single Over Head Camshaft (SOHC) yang mampu merilis tenaga sampai 150 dk dan torsi 197 Nm. Transfer tenaga halus juga bisa dirasakan pada mobil ini karena Delica sendiri menggunakan transmisi CVT INVECS-III. Namun, jika menginginkan karakter mengemudi lebih agresif Anda bisa memanfaatkan tuas paddle-shift di balik kemudi. Lantas apa sajakah yang mesti diperhatikan ketika ingin meminang MPV bekas lansiran Mitsubishi ini?

>>> Mungkin Anda tertarik: 10 Mobil Mitsubishi Di Bawah 200 Juta Yang Siap Menggoda Anda

Teknis

Sebelum Anda meminang Mitsubishi Delica bekas, tak ada salahnya untuk melakukan test drive guna sekadar merasakan dengan seksama apakah ada masalah kaki-kaki atau tidak. Karena bukan tidak mungkin pemilik sebelumnya senang plesiran ke tempat yang agak semi off-road mengingat Delica memiliki ground clearance tinggi. Pastikan tidak ada bunyi pada kaki-kaki dan goyangan yang tidak wajar ketika melintas jalanan rusak.

Pastikan mesin dalam kondisi baik

Lakukan test drive untuk memastikan kondisi mesin masih baik dan jangan lupa periksa service record di bengkel resmi


Lakukanlah pemeriksaan pada airbags di bengkel resmi, karena MMKSI pernah melakukan recall Delica untuk tahun 2015 dan 2016 terkait komponen airbags yang berada di bagian pengemudi. Jangan ragu untuk membawanya ke bengkel resmi untuk general check-up. Selain itu cek juga pintu gesernya. Seperti kebanyakan mobil yang mengadopsi pintu geser, pastikan semua mekanismenya bekerja secara baik. Perhatikan proses buka-tutupnya berjalan normal. Karena sebagai komponen slow moving ia perlu perhatian khusus.

>>> Simak juga beragam harga Mitsubishi Pajero Sport yang dibanderol dengan harga spesial

Non-teknis


Meski terhitung tahun muda, jangan lewatkan memeriksa catatan buku servis. Rekam jejak servis tentu menjadi salah satu hal penting yang mencerminkan perawatannya. Terlebih Mitsubishi memberlakukan garansi 3 tahun atau 100.000 km. Selain itu perhatikan bahwa Mitsubishi Delica dianjurkan memakai bahan bakar beroktan RON 94 agar performanya tetap baik. Sesuai dengan pilihan yang tersedia di pasaran, gunakan BBM dengan oktan minimal 95.

Warna coklat membuat Delica mudah terlihat kotor

Sebagai mobil keluarga, interior wajib diperiksa secara teliti karena ada kemungkinan kebiasaan makan di dalam mobil

Bodinya yang bongsor membuat pergerakannya di jalan tidak bisa terlalu lincah. Periksa sekeliling bodi mulai dari bumper depan belakang, dan samping. Pastikan tidak ada baret parah atau tanda bekas tabrakan. Warna cat yang belang juga bisa menjadi indikasi mobil pernah menabrak dan dilakukan perbaikan bodi. Terakhir, interior Mitsubishi Delica juga harus diperiksa dengan teliti mengingat ini adalah mobil keluarga yang memungkinkan anak-anak makan di dalam mobil selama perjalanan.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0