Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

01/10/2018

Jual beli
Share this post:
Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas
Untuk mengetahui usia mobil bekas umumnya melalui odometer. Semakin jauh jaraknya, artinya mobil ini sudah berusia semakin tua. Namun tidak hanya odometer, ada cara lain memeriksa usia pakai mobil bekas.

Jarak tempuh pada odometer memang bisa dijadikan sebagai indikator usia dan kondisi mobil bekas. Semakin besar angkanya, bisa diartikan mobil tersebut memiliki jam terbang tinggi, sehingga bisa dianggap ‘capek’ dan harus lebih waspada pada kondisi komponen mesin. Sayangnya ada beberapa oknum memanfaatkan odometer putar sehingga terlihat rendah.

Sebagai gambaran, normalnya jarak tempuh yang dianggap wajar adalah 10–20 ribu kilometer per tahun. Lebih dari itu, mobil dianggap ‘capek’ sehingga kurang diminati pembeli. Artinya, untuk mobil berusia 5 tahun, umumnya angka di odometer menunjukkan kisaran 50.000-100.000 km. Dengan catatan, semua tergantung daya jelajah mobil tersebut setiap hari.

Cara mudah cek kondisi pakai mobil bekas

Odometer menjadi acuan ketika membeli mobil bekas untuk mengecek kondisi pakainya

Cara paling mudah untuk memeriksa ‘kebenaran’ odometer mobkas adalah dengan melakukan konsultasi ke bengkel resmi. Semakin mudah kalau ternyata pemilik lamanya memang selalu membawa ke bengkel resmi untuk servis rutin dan perbaikan. Lantas, bagaimana jika ternyata mobil tersebut tidak diservis di bengkel resmi? Anda bisa mencermati beberapa hal sepele di sekitar mobil untuk melihat tingkat kelayakannya.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips jual beli lainnya ada di sini

Kursi Pengemudi

Jok pengemudi menjadi indikator

Kondisi kursi pada pengemudi bisa menjadi indikator usia pakai mobil bekas, baik ketebalan atau kondisi lapisannya

Paling mudah untuk melihat kondisi pakai mobil bekas ada pada kursi pengemudi. Perhatikan kondisi sandaran dan headrest. Jejak mobil berjarak tempuh tinggi akan langsung tergambar di sini. Seperti busa kursi mulai kempis lantaran termakan usia.

>>> Membeli Mobkas di APM Resmi, Apa Saja Keuntungannya?

Pedal Rem

Periksa kondisi pedal

Periksa kondisi pedal, bila sudah aus maka ada indikasi usia mobil sudah tua

Khusus mobil bertransmisi otomatis, Anda bisa mengamati kondisi pedal rem. Karakter mobil bertransmisi otomatis membuat pengemudi lebih sering menginjak rem ketimbang mobil manual. Malah ada kebiasaan sedikit menggantungkan kaki di pedal rem. Efeknya, terdapat sisi yang mulai terkikis lantaran injakan sepatu. 

Tuas Transmisi

Periksa juga kondisi tuas transmisi

Keausan tuas transmisi juga menjadi indikator kondisi usia pakai mobil bekas

Bagian lain seperti tongkat transmisi juga bisa jadi indikator. Terutama untuk mobil manual. Keausan panel-panel di dasbor dan pintu juga bisa Anda teliti. Perhatikan tingkat keausannya. Kalau tidak wajar seperti terlalu bersih atau diganti baru padahal risiko rusaknya kecil, Anda boleh curiga.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top