Review Toyota Avanza Veloz 2019

16/01/2019
editor rate: 5,0 user rate: 4,8
Inilah senjata pamungkas PT. Toyota Astra Motor untuk menghentikan hegemoni Mitsubishi Xpander. Lalu, bagaimana pendapat kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2019 yang merupakan salah satu varian Avanza termahal yang saat ini dijual di Indonesia. Ini pendapat kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2019

PENGANTAR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 - New Toyota Avanza Veloz 2019 hari selasa kemarin (15/1) telah diluncurkan di publik Indonesia, secara tampilan maupun fitur serta kinerja akan kami bahas secara lengkap di artikel ini lebih lanjut. Namun, yang menarik untuk ditilik sebenarnya apa alasan Toyota meluncurkan Veloz di tahun 2011 lalu? Bahkan PT. Toyota Astra Motor seolah enggan untuk ‘menyatukan’ Avanza dengan Veloz. Apa sebabnya? Coba deh lihat di website resmi Toyota. Ketika klik Veloz, tidak ada sebutan Avanza sama sekali.

Padahal jika dilihat langsung, emblem Avanza masih tertempel jelas di mobil berkelir black metallic ini. Jadi masih layak kah Veloz ini disebut Avanza? Agar lebih paham, mari kita sedikit flashback dahulu ke tahun 2011. Saat itu Toyota memperkenalkan Veloz sebagai varian top of the line dari Avanza. Positioning Veloz sendiri bisa dikatakan baru, karena kehadirannya tidak untuk menggeser Avanza tipe S yang sama-sama menggendong mesin tipe 3SZ-VE berkapasitas 1495 cc.

Alasan dari pihak Toyota saat itu ketika menghadirkan Veloz ke pasar, adalah untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Pasalnya kini Avanza tidak hanya diminati oleh segmen menengah ke bawah saja. Konsumen menengah atas pun berminat dengan Avanza. Dengan tidak disematkannya embel-embel Avanza pada Veloz, maka terlihat jelas bahwa Toyota ingin sekali membedakan antara varian Avanza dengan Veloz. Dan memberikan positioning yang lebih jelas.

Sebenarnya kalau ditilik, strategi ini merupakan strategi lama, karena sejak dulu kakaknya yakni Kijang sudah ada model Kijang Rangga, Kijang Grand Extra, hingga Kijang Innova Venturer. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai New Toyota Avanza Veloz 2019 ini? Simak terus bahasan dari kami ini, dan tidak hanya satu varian saja, kami juga mencoba dua varian mesin yakni 1300 cc dan 1500 cc serta dua pilihan transmisi yaitu otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. So, berikut ini ulasan lengkap kami mengenai mobil New Toyota Avanza Veloz 2019.

EKSTERIOR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan New Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Tampilan depan New Avanza Veloz 2019 ini terinspirasi dari Toyota Voxy dan Toyota Vellfire

Tampilan depan New Toyota Avanza Veloz 2019 ini terinspirasi dari 2 produk andalan Toyota lainnya yang juga laris serta menguasai pasar penjualan high roof MPV dan luxury MPV, yakni Toyota Voxy dan Toyota Vellfire. Untuk desainnya Anda bisa lihat sendiri terdapat dua buah layer bold strap yang dibuat seakan menyambung dengan grill berkelir black chrome. Tampilan ini membuat New Toyota Avanza Veloz 2019 menjadi berkelas, mewah, sekaligus sporti. Tidak ada komplain dari desain muka seperti ini. Sayangnya, meski headlampnya sudah menggunakan bohlam bertipe LED, namun untuk lampu senja, lampu sein, dan foglamp masih bohlam halogen biasa. 

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan samping sebuah New Avanza Veloz 2019

Pelek machining alloynya kini menggunakan desain baru dan memiliki kisi-kisi yang membantu aerodinamika

Berlanjut ke bagian samping New Toyota Avanza Veloz 2019 ini, secara umum tidak ada ubahan berarti yang dilakukan oleh PT. Toyota Astra Motor. Wheelbase masih sama, panjang total, hingga tinggi bodi New Toyota Avanza Veloz 2019 ini masih sama dengan versi sebelum facelift. Bedanya kini New Toyota Avanza yang menggunakan varian mesin 1500 cc menggunakan new side skirt design with chrome serta pelek machining (two tone) desain baru yang memiliki bilah kecil berfungsi untuk membuang angin berlebih yang terjebak dibalik pelek, sehingga aerodinamikanya menjadi lebih baik. Apalagi kini New Toyota Avanza Veloz 2019 menggunakan desain rumah spion yang lebih aerodinamis.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang sebuah New Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Tampilan belakang New Avanza Veloz 2019 ini mendapat sedikit sentuhan yang membuatnya terlihat manis

Kalau boleh jujur ubahan di sektor tampilan belakang tidak seheboh seperti tampilan depan New Toyota Avanza Veloz 2019. Hanya ada tambahan pemanis pada pintu bagasi yang berupa reflektor mata kucing berdesain serupa dengan headlamp depan yang memiliki dua buah layer. Backdoor design garnish dengan keliar glossy black memang bukan selera semua orang. Namun, kami suka dudukan kamera parkir belakang yang penempatannya rapi dan juga tidak menonjol. Oh ya spoiler belakang juga tetap hadir yang mempertegas tampilan belakang dari mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor New Avanza Veloz 2019

Tampilan dasbor New Avanza Veloz 2019 nuansanya masih sama dengan Avanza sebelum facelift

Secara umum layout dasbor dari mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 ini masih sama dengan model sebelum facelift. Begitu juga material plastik keras yang berkesan murah masih juga disematkan pada mobil ini.Namun, yang kini menjadi pembeda adalah cluster instrumen bagian tengah menggunakan desain baru yang lebih fresh serta makin memudahkan pengoprasian AC karena sudah menganut sistem digital meski belum dilengkapi dengan fitur auto climate control. Salah satu hal yang kami sangat suka adalah kembalinya slot card holder. Sangat memudahkan ketika ingin meletakkan e-toll card. Fitur yang hadir di Toyota Avanza generasi pertama namun hilang di Toyota Avanza generasi ke-2.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Power Slot  

Gambar menunjukkan Power outlet di New Avanza Veloz 2019

Power outlet di New Avanza Veloz 2019

Hidup di dunia kekinian bisa dibilang orang sudah tidak bisa lagi terlepas dari gadget. Baik itu kamera mirrorless, tablet, hingga smartphone. PT. Toyota Astra Motor seakan menyadari hal tersebut dan meletakkan 2 buah power slot berkapasitas 12V/120W di tempat duduk baris pertama dan kedua. Letaknya juga mudah dijangkau dengan tangan dan posisinya juga baik, sehingga memudahkan Anda ketika ingin menggunakan power outlet ini. Sayangnya, hanya bangku baris ketiga yang dapat menikmati USB port, sedangkan bangku baris pertama dan kedua Anda harus menambahkan adaptor untuk dapat menggunakan sumber listrik ini.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Laci Dan Tempat Penyimpanan

Gambar menunjukkan Boks penyimpanan New Avanza Veloz 2019

Boks penyimpanan masih sama ukurannya dengan model sebelum facelift

Secara umum, laci dan tempat penyimpanan di New Toyota Avanza tidak berubah sama sekali. Cup holder di mobil ini bisa dikatakan melimpah ruah. Bayangkan, dengan total kapasitas daya angkut penumpang mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 yang hanya 7 orang dewasa, mobil ini memiliki cup holder sebanyak 16 cup holder! Dijamin, Anda dan keluarga Anda tidak akan merasa kehausan sepanjang perjalanan dengan menggunakan New Toyota Avanza Veloz 2019 ini. Oh ya, untuk laci tempat penyimpanan tertutup total hanya ada dua dimobil ini, yaitu di dasbor depan, dan juga dibalik armrest.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Roof Monitor

Gambar menunjukkan fitur Roof monior New Avanza Veloz 2019

Roof monitor aftermarket ini akan membuat anak atau penumpang Anda terkesima

Perjalanan panjang akan menyebabkan rasa bosan menyelinap ke hati. Itu sebabnya peranti hibuan sangat penting ada di New Toyota Avanza Veloz 2019 ini. Selain PT. Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia selain menambahkan Premium Touch Screen Head Unit yang memiliki banyak fitur, Toyota juga menambahkan rear seat intertainment system yang diletakkan persis dibawah AC double blower. Sayangnya, kualitas dari monitor yang dipasang tidak begitu baik, seharusnya Toyota dapat menyematkan monitor lipat yang lebih berkualitas.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tombol Start Stop Engine & Smart Keyless Entry

Gambar menunjukkan tombol start stop engine New Avanza Veloz 2019

Tombol start stop engine pada New Toyota Avanza Veloz semakin memudahkan untuk menyalakan kendaraan

Salah satu fitur andalan yang terdapat di New Toyota Avanza Veloz 2019 adalah adanya tombol start-stop engine dan keyless entry. Jadi Anda tinggal kantungi saja kunci pintar tersebut, dan tinggal menekan tombol kecil pada gagang pintu sebelah kanan di baris pengemudi atau tuas pintu penumpang depan. Untuk menyalakan mesin mobil, Anda hanya perlu menginjak pedal rem, sambil menekan tombol start-stop engine.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Head Unit

Gambar menunjukkan Pengaturan fitur beberapa dapat dilakukan dari head unit

Head unit touch screen ini didukung dengan 6 speaker untuk kualitas audio maksimal

Head unit Toyota Avanza Veloz 2019 ini menggunakan head unit baru, yaitu berupa Premium Touch Screen Head Unit berukuran 6,5 inchi. Head unit ini memiliki kemampuan untuk memutar musik dari USB, memainkan film dari DVD, melakukan koneksi dengan ponsel Anda via sambungan kabel data. Dan juga dilengkapi dengan Bluetooth. Hasil reproduksi suara dari head unit ini akan terdengar dari 6 speaker yang terdapat pada New Toyota Avanza Veloz 2019 ini. Secara umum kualitas suara yang dihasilkan adalah rata-rata, karena dentuman bas terdengar biasa saja, juga kualitas suara vokal yang terdengar tidak teralu terasa istimewa. Diperlukan menambah power amplifire dan upgrade speaker serta tweeter agar kualitas suaranya semakin baik. Asyiknya, karena peredaman mobil ini sudah baik, maka Anda tidak perlu menambah peredam suara.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Pengaturan AC Digital

Gambar menunjukkan Pengontrol AC Digital di New Avanza Veloz 2019

Kini pengontrolan AC jauh lebih mudah dan terasa canggih

Demi memenuhi unsur modern dari New Toyota Avanza Veloz 2019, maka Toyota menyematkan pengaturan AC digital seperti yang terdapat pada All New Toyota Rush. Meski ini adalah usaha sederhana dan juga dianggap sebelah mata dikalangan car enthusiast dan media lain, namun bagi kami ini merupakan salah satu usaha pintar Toyota untuk memberikan sentuhan kenyamanan sekaligus mempertegas aura canggih dari New Toyota Avanza Veloz 2019 ini. Peletakan tombolnya juga mudah untuk dijangkau dengan tangan.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : On Board Computer

Gambar menunjukkan bagian Panel spidometer New Avanza Veloz 2019

Panel spidometernya punya desain baru dan juga on board computer-nya masih sama dengan model sebelum facelift

Sama seperti di Toyota Avanza Veloz 2019 sebelum facelift, New Toyota Avanza Veloz 2019 ini juga dilengkapi dengan on board computer yang mampu menampilka beragam informasi. Seperti informasi jarak tempuh yang dapat dilalui dengan kondisi bahan bakar didalam tangki, konsumsi BBM rata-rata, jam, dan lainnya. Walau fitur ini sederhana, namun cukup dapat membantu pengemudi dalam memantau kehematan bahan bakar New Toyota Avanza Veloz 2019 yang dibawanya.

>>> Hanya Beda Harga Rp 6 Jutaan, Pilih Avanza Baru Atau Avanza Lama?

OPERASI Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Performa

Gambar menunjukkan mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 sedang berakselerasi

Bisa dibilang performanya sebelas dua belas dengan model sebelum facelift

Secara umum tidak ada yang berbeda dengan performa New Toyota Avanza Veloz 2019 versi major facelift ini dengan sebelum facelift. Karena, memang tidak ada ubahan dari mesin di sisi internal, ECU, bahkan lainnya. 

Kalau boleh jujur kami sangat terkesima dengan halusnya suara maupun getaran yang dihasilkan dari unit 2NR-VE pada Veloz ini. Meningkat signifikan dari mesin generasi sebelumnya yang masih mengusung 3SZ-VE. Jika pada model sebelumnya dalam kondisi stasioner Anda dapat merasakan getaran dari mesin di setir dan bangku pengemudi, sekarang tidak lagi. Disinyalir mesin ini memang didesain untuk penggerak roda depan. Jadi ketika dikonversi menjadi penggerak roda belakang yang mengandalkan kopel mesin ini menjadi sangat halus.

Gambar menunjukkan bagian Mesin 2NR-VE di New Toyota Avanza Veloz 1500 2019

New Toyota Avanza Veloz dibekali dengan dua pilihan mesin yaitu 1300 cc dan 1500 cc

Oh ya, satu hal yang enggak banyak diketahui orang maupun media lain. New Toyota Avanza Veloz ini menerapkan sensor tegangan listrik pada mobil ini. Dengan adanya sensor tersebut, memungkinkan alternator tidak harus bekerja penuh setiap saat. Dapat menyesuaikan sesuai kebutuhannya, bisa 20%, 50%, 70% dan 100%.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Handling, Suspensi Dan Kekedapan Kabin

Gambar menunjukkan Handling New Toyota Avanza Velos 2019

Pengendalian New Avanza Veloz 2019 ini sedikit membaik bila dibandingkan dengan sebelum facelift

Berbicara pengendalian, bisa dibilang sedikit membaik dari model sebelum facelift, hal ini dikarenakan adanya fine tuning pada suspensi depan dan belakang New Toyota Avanza Veloz 2019 ini. Kini karet suspensi bagian belakang di atas dan bawah pada New Toyota Avanza 2019 ini baru, sehingga berakibat pada ayunan bodi yang semakin teredam. Meski harus diakui body roll tetap terasa ketika bermanuver cepat. Feedback dari setir juga terasa hambar, namun rasanya itu enggak akan menjadi issue di mobil ini, karena memang peruntukkannya sebagai mobil keluarga. Lain cerita ketika membahas soal kenyamanan. Kami menilai mobil ini sudah lebih baik dari model lama. Spring rate-nya sudah diatur ulang, dan disinyalir Toyota berusaha meringankan gardannya agar tercapai kompromi yang ideal antara kenyamanan dengan pengendalian. Apalagi EPS pada New Avanza Veloz 2019 ini sudah disetup ulang agar lebih stabil saat ngebut dan ringan di kecepatan rendah.

Gambar menunjukkan Cabin Insulation New Toyota Avanza Veloz 2019

Cabin insulation pada New Toyota Avanza Veloz 2019 lebih tebal

>>> Tips Lengkap Membeli Toyota Avanza Veloz 2011 Bekas, MPV Sejuta Umat Bergaya Sporty

spesifikasi Toyota Avanza 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Avanza Veloz 2019.

Mesin Toyota Avanza Veloz 2019

Seri mesin

2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i

Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Tenaga Maksimum

104 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimum

136,4 Nm @ 4200 rpm

Kapasitas Silinder

1496 cc

Klaim Top Speed / Realita

No Data / No Data

Transmisi Tipe

5 Percepatan Manual dan 4 Percepatan AT

Rangka Toyota Avanza Veloz 2019

Panjang Keseluruhan

4.200 mm

Lebar Keseluruhan

1.660 mm

Tinggi Keseluruhan

1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Kapasitas Tangku

45 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Avanza Veloz 2019

Ban

Bridgestone Ecopia 185/65R15

Pelek

Alloy Wheel R15

Power Steering

Electronic Power Steering

kelebihan & kekurangan Toyota Avanza 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Toyota Avanza Veloz 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza Veloz 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Merupakan Avanza Dengan Spesifikasi Tertinggi

Fitur biasa saja

Kaki-kaki tangguh Dan dapat diandalkan

Bahan material dasbor biasa saja

Jaringan servis luas

Model bukan selera semua orang

>>> Klik sini untuk lihat kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya

daftar harga Toyota Avanza 2019

Sosoknya dirancang lebih mewah dan Premium daripada Avanza biasa. Bahkan, kelengkapan fiturnya tersaji lengkap mulai dari eksterior hingga kenyamanan interior. Bahkan, harganya hanya  berselisih Rp.18 jutaan saja dibanding Avanza biasa. Jelas, jika Anda punya dana lebih, Toyota Avanza Veloz bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan berkendara Anda. Berikut daftar harga Toyota Avanza Veloz 2019 di semua variannya.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA AVANZA VELOZ 2019 BARU

Toyota Avanza Veloz 2019 1.5 Liter M/T

IDR. 227.650.000

Toyota Avanza Veloz 2019 1.5 Liter A/T

IDR. 239.450.000

Toyota Avanza Veloz 2019 1.3 Liter M/T

IDR. 215.650.000

Toyota Avanza Veloz 2019 1.3 Liter A/T

IDR. 227.450.000

*Harga per tanggal 15 Januari 2019

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo mobil Toyota Avanza terlengkap

Video Toyota Avanza 2019

KESIMPULAN Toyota Avanza 2019

Tampak Emblem New Toyota Avanza Veloz 2019

New Avanza Veloz 2019 ini layak untuk Anda jadikan kendaraan serbaguna

So, is this car for you? Kami tak perlu berpanjang lebar, mobil New Avanza Veloz 2019 ini memiliki pengembangan yang cukup positif dan layak untuk Anda jadikan sebagai kendaraan serbaguna untuk mengangkut penumpang, juga membawa barang.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil