Toyota Avanza 2019 Hanya Operasi Muka dan Bokong, Mengapa? Kami Beberkan Alasan Teknisnya

03/01/2019

Mobil baru
Toyota Avanza 2019 Hanya Operasi Muka dan Bokong, Mengapa? Kami Beberkan Alasan Teknisnya
Kalau boleh jujur, banyak pihak yang kecewa mengenai Toyota Avanza 2019 ini, karena dinilai hanya operasi muka dan bokong saja. Lalu mengapa hal ini dilakukan? Berikut ini kami beberkan alasan teknisnya.

Sekian lama ditunggu 'pembalasan' Toyota atas hegemoni Mitsubishi Xpander, ternyata banyak pihak yang menyayangkan dan kecewa mengenai Toyota Avanza 2019 ini. Lihat saja bentuknya, seakan tidak niat melakukan pembaharuan, karena hanya sebatas mengganti muka menjadi mirip Toyota Foxy, serta dibagian belakangnya hanya menambah ornamen lampu serta mengubah bentuk bumper. Lalu, mengapa perusahaan sebesar grup Astra hanya melakukan ubahan ini di salah satu backbone produk terlaris mereka? Ternyata ada beberapa alasannya.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Avanza termurah yang dijual di Indonesia

Tampak Toyota Avanza Veloz 2019

Beginilah tampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang akan meluncur tengah bulan Januari ini

Untuk mengetahui alasan yang pertama, Anda wajib mengetahui dulu sejarah Toyota Avanza 2019. Toyota Avanza itu diluncurkan pada tahun 2003 tepatnya pada bulan Desember tanggal 11. Namun, tahukah Anda jauh sebelum Toyota Avanza diluncurkan, ide mengenai Toyota Avanza sudah digelontorkan pada tahun 1980-an. Dan ide tersebut mulai serius dikerjakan tepatnya pada tahun 1997 dimana Indonesia saat itu mengalami krisis moneter. Nah, jika Anda melihat tenggat waktu antara 1997 hingga 2003, ada jeda waktu selama 7 tahun dalam mendesain mobil proyek kerja sama Daihatsu dengan Toyota.

>>> Mau cari Toyota Avanza baru dengan harga yang bagus dan promo paling menarik? Klik disini

Tampilan depan Toyota Avanza 1.3 E 2019

Toyota Avanza adalah mobil yang dibuat khusus untuk rakyat Indonesia, dan Toyota Avanza 2019 bukanlah suatu pengecualian

Tidak mudah untuk mendesain sebuah mobil yang berkarakter "Indonesia banget". dan langsung merajai pasar mobil di Indonesia serta membuat fenomena yang tidak biasa, bahkan sampai berimbas ke penjualan mobil bekas yang sempat silent saking menunggu produk andalan geng Sunter tersebut. Kami sedikit buka off the record, antara tahun 1998 hingga 2000-an Daihatsu sempat mengetes mesin berkode K3-VE berkapasitas 1300 cc dengan bodi Daihatsu Taruna dan Daihatsu Feroza yang mana saat itu dua produk tersebut cukup menjadi backbone penjualan Daihatsu di Indonesia.

>>> Beda harga Avanza baru dan Avanza lama hanya tipis sekali, segini bedanya

Tampak tampilan belakang Toyota Avanza Veloz 2019

Tampak belakang Toyota Avanza Veloz 2019

Sehingga pengetesan tersebut tidak menimbulkan kecurigaan berarti dari khalayak umum. Baru pada tahun 2001 secara terbatas Daihatsu memasarkan Daihatsu YRV dengan mesin yang sudah dites sebelumnya dan dikawinkan dengan transmisi otomatis dan hebatnya sudah bertransmisi tiptronik. Memang, basis mesin sama dengan penggerak roda depan, namun secara dimensi Daihatsu YRV saat itu hanya sedikit lebih kecil dari Toyota Avanza yang pada tahun 2003 diluncurkan. Tentu saja, bisa dibilang kebijakan penjualan secara terbatas ini dapat dikategorikan sebagai tes pasar.

>>> Mau tahu kapan waktu launching Toyota Avanza baru? Klik disini

Tampak Tampilan depan Daihatsu Xenia 2019

Tampilan depan Daihatsu Xenia 2019 sama agresifnya dengan Toyota Avanza 2019

Alasan yang kedua adalah saat itu PT Toyota Astra Motor bekerja sama dengan PT Astra Daihatsu Motor melakukan riset yang sangat serius, bahkan mereka sampai mengukur rata-rata lebar jalan di Indonesia dan juga mengukur rata-rata garasi yang dimiliki oleh masyarakat di Indonesia. Maklum saja, Indonesia tidak hanya berbicara soal Jakarta dan pulau Jawa saja. Alhasil, mereka mampu meracik suatu mobil yang pas baik secara dimensi, performa, serta semua yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Dan sekali lagi, riset itu mahal. Dari hasil riset tersebut memberikan hasil rancang bangun teknis yang cocok untuk pasar Indonesia. Kuncinya, mesin irit dan bertenaga, kaki-kaki tangguh, bodi kompak, dan yang paling penting muat 7 penumpang dewasa.

>>> Dapatkan berita mobil baru terupdate hanya di Cintamobil.com

Tampak Tampilan belakang Daihatsu Xenia 2019

Sayangnya tidak terlalu banyak ubahan di sektor buritan di Daihatsu Xenia 2019

Lalu kembali lagi ke alasan mengapa Toyota Avanza 2019 hanya melakukan operasi muka dan bokong saja. Hal ini dimaksudkan untuk penyegaran dan membuat tampilan Avanza jauh lebih fresh dan siap menghadapi rival-rival merek lain yang sudah semakin serius dikelas ini, karena All New Avanza disinyalir akan meluncur sekitar 2 atau 3 tahun lagi (Saat ini model baru tersebut sedang dipelajari lebih lanjut). Jadi, kesimpulannya, major change Toyota Avanza 2019 yang dilakukan oleh PT. Toyota Astra Motor dan PT. Astra Daihatsu Motor ini akan memundurkan waktu munculnya Toyota Avanza generasi ke-3. Ya anggap saja penyegaran kali ini sebagai obat rindu Avanza lovers maupun Xenia mania tentang produk terbaru grup Astra ini. Apalagi sisi interiornya kini semakin modern dengan penggunaan panel AC digital seperti Toyota Rush.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top