Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

16/01/2019
editor rate: 3,5 user rate: 4,5
Lima belas tahun silam Daihatsu meluncurkan kendaraan MPV Daihatsu Xenia yang menjadi mesin penggerak kesuksesan Daihatsu hingga kini. Dan dengan usia ‘remaja’ tersebut, Daihatsu kini semakin membawa Xenia ke level lebih dewasa dengan jantung pacu baru dan tampilan yang lebih berkelas.

PENGANTAR Daihatsu Xenia 2019

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019Kolaborasi sukses antara Daihatsu dan Toyota lewat duet Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza memang sudah berjalin lama, dimana peluncuran perdana kedua model ini dilakukan pada Desember 2003 silam.

Gambar menunjukkan Sejarah Daihatsu Xenia selama 15 tahun

Perjalanan Daihatsu Xenia sejak pertama meluncur hingga saat ini

Selama 15 tahun terakhir, Daihatsu Xenia termasuk kembarannya yang menggunakan badge Toyota menjadi pilihan utama MPV keluarga yang memiliki harga terjangkau, daya tahan tinggi, serta mudah dikendarai di medan jalanan Indonesia yang super beragam. Evolusi pun dilakukan PT Astra Daihatsu Motor selaku ATPM Daihatsu Indonesia sebanyak enam kali untuk Xenia, dimana ubahan paling signifikan terjadi pada generasi kedua Daihatsu Xenia di tahun 2011 silam.

Gambar menunjukkan Peresmian Daihatsu Grand New Xenia di Astra Biz Center

Peresmian Daihatsu Grand New Xenia di Astra Biz Centre di awal Januari 2019

Dan bersamaan dengan usia ke-15 inilah, Daihatsu kemudian memberikan ‘kado’ berupa refreshment besar-besaran pada Daihatsu Xenia. Salah satunya adalah memperkenalkan model baru Daihatsu Grand New Xenia R MT 1,5 Deluxe 2019 yang menjadi mobil Daihatsu Xenia pertama yang menggunakan mesin baru 1.5 liter dan sudah dibekali teknologi-teknologi yang sesuai perkembangan dan kebutuhan keluarga masa kini. Seperti apa detil impresi Cintamobil.com terhadap model ini, berikut kami sampaikan review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 untuk Anda.

EKSTERIOR Daihatsu Xenia 2019

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Eksterior Depan

Sudah bisa dipastikan area eksterior Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 paling kentara ubahannya ialah pada area exterior. Desain headlight terpisah dengan teknologi LED menjadi detil paling mudah untuk melihat apa perbedaan mobil ini dengan generasi terdahulu.

Tampak eksterior depan Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Fascia depan Daihatsu Grand New Xenia mengalami ubahan signifikan dan didukung aerokit (khusus Deluxe)

Selain itu dari sisi tampilan grille pun berubah, dengan tambahan detil berupa panel hitam dan aksen chrome di area grille, Serta bentuk grille yang sedikit melancip ke dalam pada area dekat licence plate, yang bisa dikatakan banyak ter-influence oleh Toyota Vellfire. Dan tak lupa untuk semua versi trim Deluxe, sudah dilengkapi aerokit di bumper depan dengan ukiran ‘Deluxe’ yang menambah beda dari tampilan mobil ini.

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Eksterior Samping

Dari sisi samping, agak disayangkan tidak mengalami perubahan signifikan antara Grand New Xenia dengan Daihatsu Xenia keluaran 2015 sampai sekarang. Yang membedakan paling kentara antara kedua versi mobil Daihatsu Xenia itu ialah area velg, dimana Daihatsu menerapkan desain velg alloy 2-tone untuk tipe ini, meskipun hanya berukuran 14 inci.

Tampak eksterior samping Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Penggunaan velg alloy two-tone dan pergantian kaca spion mempertegas eksterior samping Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Adapun detil lain yang bisa membuat Anda merasa melihat tampilan samping mobil ini sedikit lebih baik ialah lewat area frame kaca spion. Ya, kini desain kaca spion Daihatsu Grand New Xenia mengikuti gaya Daihatsu Terios terbaru, plus sudah dilengkapi retractable outer mirror dengan tambahan LED turn lamp. Masih di area yang tidak berbeda jauh, pada kaca samping pun diberi laburan aksen chrome yang sedikit menambah kesan berkelas. Tak lupa karena ini versi deluxe, sudah dilengkapi side body moulding dan side skirt yang berdesain kece.

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Eksterior Belakang

Eksterior belakang Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe untungnya sudah mengalami sedikit perubahan, yang mana perubahan ini mempertegas kesan istimewa dari sang MPV sejuta umat. Oke dari desain taillight, kini diberi laburan aksen chrome backdoor garnish yang memanjang dari titik terluar taillight sampai ke area penempatan plat nomor.

tampak eksterior belakang Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Perubahan desain aksen garnish chrome hingga area taillight menjadi pembeda signifikaDaihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Dan sebagai tipe dengan versi ‘Deluxe’, sekali lagi Daihatsu menempatkan penyegaran berupa Rear Spoiler dengan High Mount Stop Lamp dan rear bumper aerokit yang menambah citra berkelas dan stylish di mobil ini.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Daihatsu Xenia 2019

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Dashboard & Setir

Ada kesan nostalgia dan sentuhan ‘kekinian’ kala melihat penampilan interior Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019. Dari satu sisi, tampilan dashboard secara mayoritas masih mengikuti format gaya desain dashboard Daihatsu Xenia terdahulu. Hanya saja para desainer Daihatsu memilih merombak total centre cluster dengan menghadirkan desain full flat berkelir hitam.

Desain Dashboard dan setir Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Dashboard dan Setir Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 mengalami ubahan desain

Ubahan desain centre cluster menjadi flat disebabkan oleh penggunaan desain AC Digital yang diatur lewat sentuhan tombol, tidak lagi dengan kenop putar seperti Daihatsu Xenia selama ini. Adapun detil berupa slot kartu kembali hadir di centre cluster, dan untuk area head unit 2 Din dibuat agak menjorok ke dalam sehingga terkesan rata dengan dashboard. Di sisi lain pada area setir terdapat perubahan lewat adanya tombol Audio Steering Switch yang memudahkan kontrol audio tanpa harus tangan terlepas dari lingkar kemudi.

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Jok Mobil

Ubahan Motif pada jok fabric Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Seluruh keluarga Daihatsu Great New Xenia edisi 2019 mengalami pergantian desain motif jok fabric

Kepraktisan mobil ini sebagai mobil keluarga idaman masyarakat Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga tidak banyak ditemui perubahan dari segi kualitas jok maupun format pelipatan kursi 50:50 untuk baris kedua dan ketiga, serta pelipatan 1-touch tumble untuk memudahkan mengakses jok baris ketiga. Karena keseluruhan interior Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 kini menggunakan nuansa two-tone, maka secara desain motif jok fabric pada Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 turut mengalami penyegaran.

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Bagasi & Ruang Penyimpanan

Ruang Bagasi Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Tidak ada ubahan dari ruang bagasi Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Tidak ada informasi resmi berapa kapasitas ruang bagasi Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019, tapi kalau melihat secara ilustrasi bagasi, dengan kondisi jok terpakai semua maka ruang bagasi bisa ditempatkan untuk 2 koper medium atau 4 galon air minum. Kalau jok baris ketiga dilipat seluruhnya, mulai dari koper berukuran besar, hingga sepeda lipat bisa ditempatkan di ruang bagasi ini. Jikalau terasa kurang, masih ada beberapa ruang penyimpanan terbuka maupun tertutup di banyak area dalam kabin. Mulai dari Glove box, Console Box dengan slot pengisian daya 12 volt, Seat Back Pocket, Center Console Box dengan Arm Rest, Seat Pocket pada pintu depan dan belakang, serta sisi samping jok baris ketiga.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Daihatsu Xenia 2019

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Fitur Hiburan

Para engineer RnD Daihatsu sadar, untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cinta dengan Daihatsu Grand New Xenia, maka harus ada perubahan ‘kekinian’ yang dilakukan sehingga perjalanan semakin berwarna. Salah satu caranya dengan menggunakan fitur head unit 2 DIN touchscreen dengan kemampuan memutar file audio dan video sesuai kebutuhan pengguna mobil ini.

Interface Head Unit Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Head unit 2 DIN Touchscreen pada Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 sudah mendukung Apple CarPlay

Meskipun agak disayangkan head unit yang digunakan pada tipe ini masih merupakan produk aftermarket, dimana berdasarkan penglihatan kami masih menggunakan produk Pioneer. Tapi jangan salah, justru head unit terkini Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 kini sudah support Apple CarPlay dan Android Auto, yang pastinya semakin membuat pengguna smartphone Apple dan Android makin asyik menikmati hiburan selama perjalanan.

Daihatsu juga turut memaksimalkan kualitas hiburan di dalam mobil semakin nyata lewat penambahan tweeter di dalam kabin, sehingga kini total ada 6 speaker yang tersedia di dalam kabin dan bisa digunakan untuk menikmati hiburan secara nyata.

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 : Fitur Keselamatan Berkendara

Untuk menciptakan diferensiasi antara semua model Daihatsu Grand New Xenia, khusus untuk Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 dilengkapi fitur keselamatan penting berupa Anti-lock Braking System dan Electronic Brakeforce Distribution. Fitur ini memungkinkan roda tidak terkunci saat melakukan pengereman, dan tekanan rem masing-masing roda bisa diatur sesuai beban dan kecepatan.

Simulasi Kerja ABS pada Daihatsu Grand New Xenia 2019

Keunggulan fitur ABS dalam memaksimalkan keselamatan berkendara bersama Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Kedua fitur keselamatan ini turut melengkapi fitur keselamatan lainnya seperti Dual SRS Airbag dan Front Seatbelt w/ Pretensioner & Force Limiter, Immobilier, Front Corner Sensor dan Back Sonar, Window Jam Protection, serta Side Impact Beam.

>>> Avanza-Xenia 2019 Bukan DN Multisix 2017, Kemana Mobil Konsep Cantik Ini?

OPERASI Daihatsu Xenia 2019

Mesin 1.5 liter Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Jantung pacu 2NR-FE akhirnya kini digunakan pada Daihatsu Grand New Xenia 

Inilah yang menjadi perubahan utama dari Daihatsu Xenia di usia ke-15 tahun. Akhirnya kini Daihatsu Grand New Xenia menyediakan mesin baru 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc dengan luapan tenaga 102 dk / 6.000 rpm dan torsi maksimal 137 Nm / 4.200 rpm. Sama seperti versi 1.3 bermesin 1NR-VE, untuk keseluruhan tenaga disalurkan ke roda belakang dan tetap menggunakan transmisi manual 5 percepatan (versi AT tetap menggunakan 4-speed Automatic)

Mesin ini bisa dikatakan tidak perlu diragukan durabilitasnya, karena selama ini mesin inilah yang digunakan pada keluarga Toyota Avanza dan Veloz. Meski demikian, Daihatsu mengklaim sudah melakukan peningkatan pada aspek berkendara.

Peningkatan teknis Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Tiga aspek ubahan teknis pada Daihatsu Grand New Xenia

Mulai dari karakter suspensi yang sudah di-upgrade bersamaan dengan body reinforcement, sehingga diklaim kenyamanan berkendara menjadi lebih baik. Tak lupa pada sistem Electronic Power Steering juga dikonfigurasi ulang, sehingga semakin mudah dikontrol di kecepatan rendah maupun saat di kecepatan tinggi tetap terasa stabil.

>>> Dibuat Hanya 18 Unit, Great New Xenia Special Edition Hadir Dengan Tampilan Makin Sporty

spesifikasi Daihatsu Xenia 2019

Spesifikasi Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 AT Deluxe 2019 bisa ditemukan di tabel berikut ini.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Tipe mesin

2NR-VE DOHC Dual VVT-i 4-Silinder 16 Valve

Isi Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

102 dk / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

137 Nm / 4.200 rpm

Transmisi

(MT) : 5-Percepatan Manual / (AT) : 4-Percepatan Otomatis

Dimensi Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Panjang

4.190 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi

1.695 mm

Wheelbase

2.655 mm

Kaki-Kaki Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Suspensi depan

MacPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi belakang

5-link, rigid axle dengan per keong

Ukuran ban dan velg

185/70 R14 / Velg 14 inci Alloy Two-tone

kelebihan & kekurangan Daihatsu Xenia 2019

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 AT Deluxe 2019 bisa ditemukan di sini

Kelebihan

Kekurangan

Mesin Baru dengan peningkatan di sektor teknis mobil (suspensi, kekedapan, rigiditas bodi, dan respon setir)

Ubahan bersifat kosmetik sehingga masih kental terasa nuansa Xenia lama

Tampilan dan fitur lebih berkelas serta sudah mengikuti kebutuhan zaman

Beberapa rival di kelasnya menawarkan fitur keselamatan lebih baik

Harga tetap terjangkau

 

Kepercayaan konsumen terhadap produk Daihatsu Xenia masih kuat

 

daftar harga Daihatsu Xenia 2019

Saat ini untuk tipe yang Cintamobil.com review, yakni Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019 dibanderol dengan harga Rp218,05 jutaan on-the-road. Harga tersebut sudah termasuk benefit berupa Free Service Jasa 50 ribu km/3 tahun dan Garansi resmi tiga tahun atau 100.000 KM. Selain itu khusus untuk tipe ini tersedia warna khusus New Pearl White (mulai dari R 1.3), melengkapi opsi warna lainnya seperti New Blue Metallic, New Bronze Metallic, Scarlet Red Metallic, Rock Grey Metallic, Black Metallic, Classic Silver Metallic, dan Icy White (khusus X 1.3)

Dan untuk melengkapi informasi harga resmi Daihatsu Grand New Xenia di tahun 2019, berikut kami sampaikan pula informasi harga Daihatsu Grand New Xenia per masing-masing tipe.

MODEL

VARIANT

HARGA

GRAND NEW XENIA

X 1.3 MT

Rp183.350.000

GRAND NEW XENIA

X 1.3 AT

Rp194.250.000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 MT

Rp187.650.000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 AT

Rp198.550.000

GRAND NEW XENIA

X 1.3 MT DELUXE

Rp198.600.000

GRAND NEW XENIA

X 1.3 AT DELUXE

Rp210.450.000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 MT DELUXE

Rp207.000.000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 AT DELUXE

Rp218.000.000

GRAND NEW XENIA

R 1.5 MT DELUXE

Rp218.050.000

GRAND NEW XENIA

R 1.5 AT DELUXE

Rp228.950.000

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang harga dan promo mobil Daihatsu Xenia, klik sini saja

Video Daihatsu Xenia 2019

KESIMPULAN Daihatsu Xenia 2019

Lima belas tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk membuktikan betapa ‘badak’ sebuah Daihatsu Xenia. Masih sering ditemui model-model Daihatsu Xenia saat pertama kali debut di tahun 2003, masih bisa dikemudikan di jalanan Indonesia sampai saat ini. Tak ayal fanatisme dan kepercayaan konsumen terhadap mobil ini, termasuk kembarannya Toyota Avanza dan Veloz, masih tinggi sampai saat ini.

Dan dengan adanya Daihatsu Grand New Xenia, khususnya dengan tipe baru seperti Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019, menjadi jawaban terhadap tuntutan zaman yang semakin menginginkan MPV nyaman dan menarik. Meskipun hanya bersifat kosmetik, tapi kami bisa meyakini Daihatsu Xenia akan memiliki posisi lebih kuat untuk bersaing di segmen low MPV.

Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe menjadi kado ultah Daihatsu Xenia ke-15

Mungkinkah Daihatsu Grand New Xenia menjadi edisi pamungkas sebelum berganti generasi

Di sisi lain, menurut perspektif Cintamobil, tidak menutup kemungkinan inilah mobil yang tepat untuk menggambarkan ‘the last ride’ Daihatsu Xenia sebelum suatu saat nanti berganti generasi. Bukan tidak mungkin pakem-pakem yang selama ini menjadi value dari Daihatsu Xenia, khususnya dalam hal teknologi, kenyamanan, dan durabilitas, akan berganti menjadi value lain yang dirasa lebih tepat untuk zamannya.

Maka dari itu, untuk Anda pemilik Daihatsu Xenia lama, atau sedang menginginkan Low MPV dengan durabilitas dan performa baik, kenyamanan yang semakin mumpuni, serta tampilan yang tetap berkelas, maka Daihatsu Grand New Xenia merupakan kendaraan terbaik untuk Anda.

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil