Alternatif Mobil Bekas MPV, Pilih Nissan Grand Livina Atau Honda Freed?

05/10/2018
Pilihan mobil bekas MPV sangat banyak di pasaran saat ini. Namun bila Anda ingin mencari alternatif mobil bekas MPV ada dua pilihan dari kami, yakni Nissan Grand Livina atau Honda Freed?

Memilih mobil bekas baik Nissan Grand Livina atau Honda Freed akan lebih baik bila diatas tahun 2014 dengan ekspektasi kondisi mesin masih bagus. Untuk Nissan Grand Livina, model 1.5 akan lebih bijak karena sudah cukup untuk performa dan lebih irit dari model 1.8.

Pada daftar harga mobil bekas di Cintamobil.com, harga Nissan Grand Livina 1.5 tahun 2014 berkisar Rp 120 juta hingga Rp 150 juta tergantung variannya. Sedangan untuk Honda Freed Rp 170 juta hingga Rp 200 juta.

Dari segi harga terlihat bahwa Nissan Grand Livina lebih kompetitif. Dengan catatan, harga mobil bekas sangat tergantung pada kelengkapan, kondisi mobil dan kepiawaian dalam tawar menawar.

>>> Baca juga: Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

Desain agak mengotak dengan dimensi compact

Desain Honda Freed mengotak dengan keunggulan pintu geser

Secara tampilan, keduanya tergolong biasa saja di kelasnya. Meskipun terdapat perbedaan signifikan lantaran Honda Freed dilengkapi pintu geser di samping. Keberadaan pintu geser memudahkan akses ke dalam mobil. Buka pintu di parkiran mal yang terbatas tidak akan menyulitkan. 

>>> Hilangkan kecemasan dengan membeli mobil bekas bergaransi

Walau dengan catatan, harus berhati-hati dengan obstacle di sisi bawah mobil seperti trotoar. Pun dengan risiko pintu geser elektris yang rusak akibat pemakai sebelumnya yang kurang apik. Lainnya tentu berkaitan dengan akomodasi Honda Freed yang lebih memadai daripada Grand Livina.

Desain seperti Compact MPV pada umumnya

Nissan Grand Livina mempunyai bentuk sama seperti MPV pada umumnya

Hal itu juga membuat akses ke segala penjuru bangku jadi lebih mudah. Sayangnya, bangku ala captain seat di tengah membatasi daya angkut Freed karena hanya bisa diduduki oleh 2 orang penumpang.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Tapi bukan berarti Grand Livina tanpa kelebihan. Ia memiliki bantingan suspensi empuk dan nyaman. Posisi duduk sopir yang rendah memberikan atmosfer berkendara yang pas. Apalagi Grand Livina juga disokong oleh pengendalian yang lincah. Bagi penyuka menyetir sendiri setiap hari, berada di balik kemudi Grand Livina terasa mengasyikkan.

Desain dashboard Grand Livina sedikit monoton

Desain interior Nissan Grand Livina terlihat banyak bulatan dan bukan selera banyak orang

Selain itu ia punya kapasitas penumpang yang lebih besar. Walau tidak semudah Freed, akses ke bangku belakang masih cukup mudah dengan sematan metode lipat bangku yang praktis. Menariknya, bisa melipat rata bangku baris kedua dan ketiga bila dibutuhkan.

>>> Membeli mobil bekas matic? Cek dulu transmisinya

Keduanya menyandang mesin serupa 1.500 cc. Bicara tenaga, Freed lebih baik. Tapi Grand Livina unggul dalam kedinamisan berkendara karena sudah pakai transmisi CVT. Mengusung gaya MPV modern, keduanya memiliki karakter yang mirip.

Desainnya lebih modern

Desain interior Honda Freed cukup unik dengan dashboard rata

Bagian yang harus diperhatikan saat berburu adalah kaki-kaki depan. Periksa dengan cermat, baik sistem suspensi maupun kemudi. Dengarkan juga suara mesin saat dihidupkan. Periksa apakah ada yang mencurigakan. Jadi, pilih mana, Nissan Grand Livina atau Honda Freed?

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3