Membeli Mobil Bekas: Mengecek Transmisi Mobil Matic Bekas

10/08/2018

Jual beli
Share this post:
Membeli Mobil Bekas: Mengecek Transmisi Mobil Matic Bekas
Mobil bekas bertransmisi otomatis atau matic seringkali menjadi pilihan. Mengecek transmisi mobil matic bekas juga mudah, Anda cukup memperhatikan beberapa hal saja.

Ketika membeli mobil bekas, sebaiknya memperhatikan semua kondisi kendaraan. Mulai dari bagian terluar hingga bagian mesin dan transmisi. Tentu saja, salah satu bagian terbesar dan termahal dari mobil baru atau bekas adalah transmisi. Jadi, tim Cintamobil akan memberikan tips untuk mengecek transmisi mobil matic bekas, diantaranya yaitu:

1. Memeriksa penggantian gigi

Meskipun disebut dengan mobil matic, transmisinya juga memiliki gigi atau gear. Meskipun tidak sekompleks mobil manual, tapi Anda juga perlu memperhatikan perpindahan gigi mobil matic. Salah satu cara menandainya adalah ketika transmisi otomatis mulai pindah persneling.

Gambar yang menunjukan bagian tachometer pada dasbor mobil

Perhatikan dengan seksama ketika tachometer naik tanpa adanya akselerasi mobil

Jika mesin bising dan tachometer naik tanpa mobil berakselerasi, kemungkinan transmisi mobil tergelincir. Karena itu, ketika memeriksa mobil bertransmisi matic, periksa dengan tachometer. Jika tachometer terdeteksi naik sedangkan kecepatan mobil tidak meningkat, mobil mungkin menderita masalah transmisi pada tahap awal.

>>> Mengenal lebih dekat dengan transmisi AMT, matic atau manual?

2. Pergeseran kasar

Masalah umum transmisi matic lainnya adalah pergeseran gigi yang kasar. Hal ini bisa didiagnosa dengan mudah. Cukup menggeser transmisi mobil dan amati apa yang terjadi. Ketika ada bunyi ketukan, berarti mobil yang Anda periksa mengalami masalah pada transmisinya.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang sedang menganti gigi pada transmisi otomatis

Perhatikan jika ada bunyi ketukan ketika mengganti gigi

Untuk memverifikasi masalah pergeseran yang kasar, masukan ke gigi jalan dan cobalah untuk membawa mobil tersebut ke jalan. Jika perpindahan gigi lancar ketika Anda sedang melaju, bunyi bising ketika mundur atau berkendara mungkin akibat lain. Tetapi ketika pergeseran transmisi terjadi ketika mobil sedang jalan, maka ada masalah pada transmisi matic Anda.

>>> Berbagai tips membeli mobil bekas bisa Anda dapatkan di sini

3. Penggantian gear terlambat

Gambar yang menunjukan bagian transmisi otomatis pada mobil matic

Ketika sedang mengganti gigi, pastikan pergantian tidak terlambat

Ketika sedang mengetes mobil, masalah yang patut diperhatikan yaitu penggantian gear yang terlambat. Misalnya jika Anda beralih dari P ke R atau dari P ke D, dan mobil terdiam selama beberapa detik, kemungkinan ada masalah yang serius pada transmisi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Kebocoran pada kolong transmisi

Jika Anda mendapatkan masalah seperti yang kami jelaskan di atas, coba perhatikan bagian kolong mobil dan periksa kebocoran transmisi kendaraan. Sebelum membeli mobil, sangat disarankan untuk memeriksa cairan transmisi mobil atau membawa mobil ke mekanik atau bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Gambar yang menunjukan bagian kolong mobil tergenang oleh kebocoran oli transmisi

Sebelum membeli mobil matic, lihat bagian kolong transmisi untuk kebocoran

Cairan transmisi yang rendah atau kosong bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada transmisi mobil. Cairan transmisi mobil seharusnya berwarna merah dan baunya tidak menyengat. Jika cairan menjadi hitam atau mengeluarkan bau terbakar, bisa jadi ada indikasi masalah yang serius pada transmisi. Faktor lain yaitu cairan transmisi harus diganti sebelum mengakibatkan masalah lain.

Untuk mengecek transmisi matic mobil bekas, sebisa mungkin lakukan uji jalan. Coba semua fungsi perpindahan tuas transmisi. Baik ketika mobil diam maupun sedang berjalan. Rasakan apakah ada hentakan kasar ketika memindahkan transmisi. Jika perpindahan gigi bersifat kasar, mungkin Anda perlu memilih mobil lain untuk dipertimbangkan.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.