Tips Mengetahui Karet Wiper yang 'Minta' Diganti

05/10/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Memasuki musim hujan, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah karet wiper yang bertugas menyeka air di kaca depan. Kapan komponen ini perlu diganti?

Banyak yang tak menyadari pentingnya karet wiper dalam keselamatan berkendara. Padahal, komponen ini memegang peranan penting dalam menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara di dalam cuaca hujan.

Berkendara di cuaca hujan bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng. Banyak faktor yang dapat berdampak fatal jika tidak diperhatikan dengan baik.

>>> Ini Wiper Canggih yang Pas Buat Mobil Offroad

Visibilitas Adalah Kunci

Visibilitas berperan besar terhadap keselamatan berkendara, dan curah air di kaca depan dapat membuat visibilitas tersebut menurun. Itu sebabnya semua mobil modern dilengkapi dengan wiper.

Gambar Visibilitas

Visibilitas bisa sangat terbatas ketika wiper tak berfungsi dengan maksimal

Tentu agar bisa berfungsi dengan baik, wiper harus berada dalam kondisi baik. Terutama bagian karet wiper yang bertugas untuk menyeka air di kaca mobil.

Karet tersebut merupakan salah satu komponen yang memiliki usia pakai yang terbatas. Tak hanya itu, kondisi cuaca ekstrem juga bisa mempercepat kerusakan yang membuat karet wiper tak lagi berfungsi dengan maksimal.

Untuk itu, ada beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat oleh pemilik mobil untuk mengetahui kapan karet itu perlu diganti.

1. Tak Bisa Menyapu Air Dengan Baik

Wiper normal harus bisa menyapu air pada kaca mobil dengan sempurna. Tidak meninggalkan bercak air atau bahkan kotoran. Jika yang terjadi sebaliknya, artinya karet sudah getas dan harus diganti.

2. Timbul Suara Berdecit

Gambar Karet Wiper

Karet wiper yang getas akan menimbulkan suara berdecit saat digunakan

Sama dengan di atas, jika wiper mengeluarkan suara berdecit saat digunakan, tandanya karet sudah mulai mengeras. Jika sudah memasuki tahap mengeluarkan suara berdecit, karet yang getas tersebut bisa menyeybabkan baret pada kaca.

>>> Ini Risikonya Jika Air Wiper Mobil Sampai Kosong

3. Tekstur Karet Kasar dan Pecah-pecah

Karet penyeka air yang baik memiliki tekstur halus dan rata. Jika karet tersebut kasar saat disentuh, ada retakan dan pecah-pecah, tandanya Anda memang perlu menggantinya dengan yang baru.

Jika salah satu dari tiga ciri-ciri di atas sudah muncul, sebaiknya Anda tak menunggu hingga berlarut-larut. Selain berbahaya karena mengurangi visibilitas saat berkendara di cuaca hujan, karet itu bisa merusak kaca depan mobil yang tentunya akan membuat Anda harus mengeluarkan bujet lebih besar.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top