Tips Memilih Bengkel Service Mobil Terdekat yang Bagus

12/06/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Tips Memilih Bengkel Service Mobil Terdekat yang Bagus
Memilih bengkel service mobil terdekat yang bagus dan berkualitas untuk perawatan kendaraan memang gampang-gampang susah. Anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini agar terhindar dari bengkel curang.

Setelah membeli mobil, selain wajib rutin membayar pajak, juga harus melakukan perawatan berkala. Karena setiap komponen mekanikal juga butuh perhatian. Lalu ketika memasuki batas usia pakainya, beberapa komponen pun harus dilakukan penggantian dengan part baru.

Jika Anda adalah seseorang yang mengerti akan teknis pada sebuah kendaraan, tentu merawat mobil bukan perkara sulit. Problematika muncul manakala Anda membutuhkan jasa mekanik bengkel mobil untuk merawat kendaraan Anda. Banyaknya bengkel-bengkel curang, terkadang membuat Anda khawatir dan kebingungan, kemana harus melakukan service mobil kesayangan Anda.

Tenang, Cintamobil.com sebagai situs khusus mobil paling lengkap, selalu memberikan kemudahan kepada para pembaca setianya. Kali ini kami akan memberikan tips bagaimana memilih bengkel service mobil terdekat yang bagus dan berkualitas.

1. Pastikan Mekaniknya Andal

Bengkel spesialis BMW

Ketika memilih bengkel service mobil terdekat, baik itu service mobil Honda terdekat atau service mobil Toyota terdekat atau merk mobil yang lainnya, maka pastikan mekanik yang menangani konsumen sudah andal dalam mengatasi masalah mobil tersebut. Sehingga tidak ada rasa khawatir menyerahkan perawatan mobil Anda kepada pihak bengkel.

Memilih bengkel mobil dengan mekanik berpengalaman atau bengkel spesialis yang menangani hanya satu sistem pada mobil juga lebih baik ketimbang bengkel umum. Karena biasanya para teknisi di bengkel spesialis sudah memahami dengan benar setiap masalah yang dikeluhkan konsumen terhadap suatu komponen. Mislanya bengkel spesialis AC, spesialis suspensi, spesialis power steering, dan lainnya.

Jika Anda memilih bengkel umum, pastikan pula mekanik yang bertugas di bengkel tersebut telah memiliki sertifikat yang diakui. Sehingga para teknisi ini memiliki pengetahuan yang cukup akan sebuah mobil dan dapat mengatasi jika terjadi masalah di mobil tersebut.

>>> Rajin Servis Berkala ke Bengkel Bisa Bikin Pengendara Untung

2. Suku Cadang yang Digunakan Wajib Asli

Suku cadang Suzuki Genuine Part

Pastikan pihak bengkel menunjukkan komponen yang akan diganti

Ketika sudah memastikan mekanik yang bertugas memiliki pengetahuan atau pengalaman yang cukup untuk mengatasi masalah di mobil Anda, maka tips berikutnya saat memilih bengkel service mobil terdekat adalah memperhatikan suku cadang yang digunakan pada bengkel tersebut. Pilihlah bengkel yang menggunakan suku cadang asli.

Untuk memastikannya, mintalah pihak bengkel menunjukkan komponen yang akan diganti serta komponen mobil Anda yang sudah dicopot. Jika ada bengkel yang menggunakan suku cadang aftermarket, pastikan jika teknisi menawarkan terlebih dahulu kepada Anda, apakah akan menggunakan part tersbeut atau tidak. Disinilah mencerminkan kejujuran dari pihak bengkel.

Karena tidak dapat dipungkiri, menggunakan suku cadang original akan memperpanjang usia pakai komponen tersebut. Harganya mungkin jauh lebih mahal dari part aftermarket. namun jika suia pakainya juga jauh lebih lama, maka tentu menghemat pengeluaran perawatan mobil Anda dibanding harus melakukan penggantian part berulang akibat memakai komponen aftermarket.

>>> Bengkel Mobilku, Spesialis Service Mobil Honda Terdekat di Jakarta Selatan

3. Tanyakan Garansi dari Pihak Bengkel

Bengkel mobil

Pastikan bengkel berani memberikan garansi atas hasil pengerjaannya

Saat memilih bengkel service mobil terdekat, pastikan pula pihak bengkel memberikan garansi atas hasil pekerjaannya. Garansi pengerjaan biasanya berlaku 3 bulan hingga 1 tahun. Jika ada keluhan masalah yang sama, maka konsumen bisa mengajukan klaim tanpa dipungut biaya.

Dengan adanya garansi dari pihak bengkel ini, maka akan memerikan rasa tenang bagi Anda jika pihak bengkel melakukan pekerjaannya dengan baik. Dan Anda tidak perlu repot lagi jika terjadi keluhan yang sama dari mobil Anda.

>>> Cara Mengetahui Mekanik Bengkel yang Jago Servis Mobil

4. Pilih Lokasi dan Jam Operasional Bengkel yang Fleksibel

Mekanik bengkel mobil

Bengkel yang jam operasionalnya fleksibel tentu memudahkan Anda untuk memilih waktu berkunjung

Jika mobil sudah waktunya untuk diservis, tentunya memilih bengkel service mobil terdekat dengan lokasi Anda adalah yang paling diinginkan. Namun jangan semata-mata hanya sebatas lokasi, karena tiga kategori sebelumnya yang sudah kami sebutkan tadi juga wajib tepenuhi. Jika tidak, maka tak ada salahnya mencari bengkel mobil yang lokasinya berjauhan dengan kediaman Anda demi mendapatkan hasil terbaik.

Selain itu, memilih bengkel yang jam operasionalnya fleksibel juga patut dipertimbangkan. Misalnya bengkel tetap beroperasi saat Hari Libur atau hari Minggu. Dengan begitu, Anda bisa membawa kendaraan ketika ada waktu luang dari aktifitas sehari-hari.

>>> Jika Anda malas keluar untuk service mobil, silakan nikmati layanan home service ini

5. Cari Referensi dari Orang Lain

Bengkel spesialis Ford

Cari referensi dari komunitas atau forum otomotif juga bisa menentukan bengkel yang berkualitas

Terakhir langkah paling cermat untuk memilih bengkel service mobil terdekat yang bagus dan berkualitas adalah dengan mencari referensi dari orang lain. Anda bisa bertanya dengan kerabat atau teman yang mengetahui tentang kinerja dari bengkel tersebut. Atau bisa juga mencari ifnormasi melalui komunitas dan forum-forum komunikasi otomotif, terkait bengkel yang direkomendasikan sesuai merk dan tipe mobil Anda.

Misalnya dimana untuk service mobil Honda terdekat yang berkualitas. Dengan langkah-langkah ini, Anda tidak akan tertipu oleh banyaknya oknum bengkel curang yang masih berterbaran di luar sana.

>>> Tips dan trik lainnya seputar mobil bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top