Rincian Biaya Service Mobil Honda di Bengkel Resmi

Share this post:
Rincian Biaya Service Mobil Honda di Bengkel Resmi
Sebagai perwatan untuk kendaraan kesayangan Anda, penting mengetahui berapa biaya service mobil Honda di bengkel resmi. Sehingga Anda bisa menyiapkan dananya.

Selain pajak tahunan, ketika sesorang memutuskan untuk membeli mobil, maka ia harus menyiapkan juga biaya untuk perawatan berkala kendaraan tersebut. Servis berkala ini umumnya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau tiap 10.000 km, tinggal mana yang dicapai lebih dulu.

Namun sering kali pemilik mobil enggan melakukan perawatan berkala kendaraannya di bengkel resmi. Alasannya cuma satu, mahal! Padahal bengkel resmi menawarkan jaminan garansi untuk setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Selain itu bisa dipastikan pula suku cadang yang dipakai original dari pabrikan tersebut tidak ada istilah KW atau suku cadang dari merk aftermarket.

Kini seluruh pabrikan mobil yang menjual kendaraannya di Indonesia bisa dipastikan memiliki layanan bengkel resmi. Begitu pun dengan Honda yang jaringan bengkel resminya tersebar hingga ke seluruh penjuru Nusantara.

Lalu bagaimana dengan biaya service mobil Honda di bengkel resmi? Apakah benar harganya akan melambung tinggi dibanding bengkel umum seperti yang ditakutkan banyak orang? Untuk itulah kali ini Cintamobil.com akan membahas seluk beluk mengenai servis berkala mobil Honda di bengkel resmi.

>>> Rajin Servis Berkala ke Bengkel Bisa Bikin Pengendara Untung

1. Jangan Malas Servis Berkala di Bengkel Resmi

Service mobil

Rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi akan meningkatkan nilai jual mobil

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ada beberapa keuntungan melakukan servis di bengkel resmi. Antara lain adalah adanya jaminan ketepatan pengerjaan dan jaminan kualitas suku cadang yang digunakan. Jika ada keluhan dengan kendaraan Anda pasca melakukan servis di bengkel resmi, maka tinggal hubungi bengkel tersebut untuk melakukan klaim. Umumnya pihak bengkel akan menerima klaim dan melakukan perbaikan lanjutan tanpa di pungut biaya jika masih dalam masa garansi.

Selain itu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi juga sekaligus meningkatkan harga jual mobil. Apabila Anda akan menjual kembali kendaraan tersebut dan catatan servis berkala selalu tepat waktu serta terekam dengan baik, maka ada kepercayaan lebih bagi calon pembeli mobil tersebut. Disini nilai jual mobil Anda akan sedikit diatas mobil yang tidak memiliki catatan servis berkala di bengkel resmi.

>>> Servis Mobil Tapi Takut Virus Corona? Coba Layanan Home Service Yuk

2. Perhatikan Waktu Servis Berkala

Pengecekan mobil saat servis

Jadwal servis berkala biasnaya kelipatan 10.000 km

Sesuai dengan buku petunjuk penggunaan mobil yang didapat saat mobil diserahkan oleh pihak dealer, maka ada waktu yang menunjukkan kapan mobil Anda harus diservis. Untuk mobil baru, umumnya ketika menempuh jarak 1.000 kilometer (km) atau 1 bulan pertama setelah mobil diserahkan pihak dealer, mobil perlu di bawah ke bengkel resmi.

Pada servis pertama ini memang tidak dilakukan penggantian suku cadang. Namun mobil akan dilakukan pengecekan ulang, mulai dari bodi, rangka, suspensi, sistem rem, lampu-lampu, kelistrikan, AC,sampai pelumas dan cairan mobil lainnya. Hal tersebut guna memastikan mobil dalam kondisi baik dan tidak ada gejala malfungsi pasca mobil keluar dari pabrik dan dealer untuk digunakan sehari-hari oleh pemiliknya.

Selanjutnya servis berkala kedua ada pada 10.000 km, 20.000 km, 30.000 km, 40.000 km, 50.000 km, 60.000 km, 70.000 km, dan seterusnya hingga 150.000 km. Pada tiap-tiap servis berkala di masing-masing kilometer ini dilakukan pengecekan komponen yang berbeda-beda.

>>> 3 Alasan Servis 1000 Km Pertama pada Mobil Itu Penting

3. Biaya Service Berkala di Bengkel Resmi

Bengkel resmi Honda

Honda juga menerapkan paket servis berkala yang bisa Anda tanyakan langsung di bengkel resmi

Bagi Anda pemilik mobil Honda maka penting untuk mengetahui biaya service di bengkel resmi. Biaya ini berbeda-beda tergantung jenis mobil dan pengerjaan perawatan yang dilakukan pihak bengkel resmi tersebut.

a. Biaya Servis Berkala 1.000 Km

Secara umum, biaya service mobil Honda di bengkel resmi 2020 dibagi menurut pekerjaan servisnya. Untuk servis 1.000 km pertama sering kali tidak dipungut biaya. Ini lantaran pengerjaan yang dilakukan hanya berupa pengecekan-pengecekan pada seluruh komponen mobil tanpa ada suku cadang yang diganti. Kalau pun diganti, hal itu karena keluhan konsumen dan terindikasi terjadi malfungsi.

b. Biaya Servis Berkala 10.000 km

Pada servis berkala 10.000 km atau 6 bulan pertama, maka pemilik mobil sudah diwajibkan untuk melakukan penggantian oli dan juga filter oli. Selain itu akan ada pula pemeriksaan lebih lanjut terhadap sistem pengereman, rotasi dan penyelarasan keempat ban, mengecek kondisi aki dan kelistrikan, serta jika diperlukan mengganti oli transmisi. Pengecekan yang sama juga akan terjadi pada servis berkala di 30.000 km, 50.000 km, dan 70.000 km

Biaya yang dibutuhkan untuk pengerjaan ini tergantung dari suku cadang yang diganti. Misalnya untuk oli per liter harganya mulai dari Rp85.000 sementara harga filter oli mulai dari Rp37.000. Sedangkan biaya jasa untuk mobil baru Honda akan digratiskan. Biaya jasa baru dibebankan pada servis berkala setelah 50.000 km.

c. Biaya Servis Berkala 20.000 km

Untuk biaya service mobil Honda di bengkel resmi 2020 dengan kepemilikan mobil setelah 1 tahun atau 20.000 km, maka pengecekan yang dilakukan lebih banyak. Seperti pengecekan kondisi aki, filter udara dan filter AC, pengecekan kondisi busi, sistem pengereman, spooring dan balancing keempat ban serta pengecekan aki dan cairan mobil. Pengecekan yang sama juga berlaku untuk servis di 40.000 km, 60.000 km, 80.000 km, dan 100.000 km.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Solusi Ganti Baterai Mobil Hybrid yang Lebih Murah dari Bengkel Resmi

28/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Penggantian baterai mobil hybrid memang mahal, bahkan menyentuh angka hampir Rp50 juta. Berikut ini kami berikan solusi ganti baterai mobil hybrid yang lebih murah dari bengkel resmi

Lihat juga

Servis Mobil Tua Sebaiknya di Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

25/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat akan servis mobil tua, Anda mungkin akan bingung. Apakah perlu servis di bengkel resmi, atau cukup di bengkel non resmi. Berikut kami berikan perbandingannya.

Lihat juga

Ternyata Ini Urutan Penanganan Servis Di Bengkel Resmi

Saat melakukan servis di bengkel resmi, kebanyakan pemilik mobil hanya tahu kalau mobilnya sudah selesai ditangani dan kembali pada kondisi terbaiknya. Tapi tahu tidak kalau proses penanganan servis oleh para mekanik dilakukan secara berurutan?

Lihat juga

Review Honda BR-V E Prestige Facelift 2018, LSUV Modis Memprioritaskan Kenyamanan Berkendara Anda

26/04/2018

Editor rate:

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2018) menjadi waktu yang tepat bagi PT. Honda Prospect Motor (HPM) merilis produk-produk terbarunya. Salah satu paling menarik adalah penyegaran dari Honda BR-V. Apa saja pembaruannya? Berapa harga Honda BR-V Facelift 2018? Untuk dapat jawaban sendiri, silahkan simak review Honda BR-V E Prestige Facelift 2018 di bawah ini.

Lihat juga

Daftar Harga Honda CR-V Terbaru Mei 2020 Di Indonesia

01/05/2020

Honda

Harga Honda CR-V dibanderol mulai dari Rp. 450 jutaan terbaru. Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover satu ini menawarkan pilihan berbeda-beda seperti mesin 2.0 Liter berkapasitas lima penumpang dan versi mesin 1.5 Liter Turbo berkapasitas tujuh penumpang. Simak daftar harga Honda CR-V di keseluruhan varian, promo terbaru serta perbedaan di setiap variannya. Berapa harga Honda CR-V terbaru 2020?

Lihat juga