Pahami Perbedaan Aksesoris Mobil Toyota yang Asli dan Aftermarket

15/05/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Pahami Perbedaan Aksesoris Mobil Toyota yang Asli dan Aftermarket
Walaupun tampak sama dan memiliki harga yang terpaut lebih murah, namun ada beberapa perbedaan antara aksesoris mobil Toyota yang asli dengan produk aftermarket

Bagi sebagian orang, mempunyai mobil bukan sekedar merawatnya secara intensif, namun menambahkan beberapa aksesoris juga dirasa perlu. Sebagian untuk menjadi pembeda diantara mobil lain yang sejenis, sebagian lagi merasa aksesoris mobil ini dibutuhkan untuk menutupi kekurangan pada kendaraannya.

Setiap produsen mobil tentunya memiliki aksesoris yang dikeluarkan juga secara resmi untuk model-model mobil produksi mereka. Begitu pun dengan aksesoris mobil Toyota yang secara resmi diberi label Toyota Genuine Accessories (TGA).

Sayangnya aksesoris original ini banyak yang di-copy oleh produsen-produsen aksesoris aftermarket, mulai dari aksesoris untuk tampilan eksterior maupun interior. Parahnya lagi, aksesoris aftermarket ini ditawarkan dnegan harga lebih murah dibanding Toyota Genuine Accessories.

Lalu bagaimana cara membedakan aksesoris mobil Toyota yang resmi alias TGA dengan aksesoris aftermarket? Berikut tips dari Cintamobil.com

1. Aksesoris Eksterior

Aksesoris bemper depan Toyota Fortuner

Sering kali aksesoris aftermarket finishing catnya tidak rapih

>>> Ingin Avanza Jadi Lebih Nyaman? Simak 5 Aksesoris Mobil Avanza Terbaik Berikut Ini

Untuk aksesoris mobil Toyota yang pemasangannya pada bagian eksterior misalnya bodykit, side skirt, atau spoiler, maka bisa dilihat perbedaannya pada beberapa bagian. Paling mudah yaitu memperhatikan kualitas pengerjaan cat dari aksesoris tersebut.

Untuk Toyota Genuine Accessories, pihak Toyota tentunya sudah menjamin kualitas dari hasil pengecatan yang baik dengan sanding yang juga baik. Sementara aksesoris aftermarket sering muncul efek kulit jeruk pada bagian permukaan cat. Selain itu material yang digunakan pada aksesoris original lebih banyak pakai plastik ABS serta proses pencetakan menggunakan mesin sehingga terlihat amat presisi. Namun kalau aksesoris aftermarket ada yang memakai bahan fiber (FRP) dengan kualitas cetakan yang terkadang tidak rapih akibat pengerjaan secara handmade.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah standar kelengkapan peralatan pemasangan. Untuk TGA dipastikan alat untuk pemasangan yang diberikan dalam paket pembelian sangat lengkap. Mulai dari buku instruksi pemasangan, double tape yang terpasang khusus untuk bodi mobil, serta baut yang juga dilengkapi dengan penutup sehingga terlihat rapih saat aksesoris sudah terpasang. Namun untuk aksesoris aftermarket kebanyakan hanya dilegkapi double tape dan baut umum.

>>> Punya Mobil Baru? Inilah 10 Aksesoris Mobil Yang Harus Dimiliki​​​​​​​

2. Aksesoris Interior

Karpet lantai Toyota Corolla

Aksesoris original akan terlihat presisi setelah terpasang

Perbedaan antara aksesoris mobil Toyota yang original dengan aftermarket juga mudah dideteksi pada aksesoris interior, misalnya karpet lantai. Dari segi bahan, Toyota bisa dipastikan memakai material yang lebih tebal jika dibandingkan produk aftermarket. Selian itu, biasanya pada produk tersebut akan diberi label peruntukan model kendaraan Toyota apa aksesoris tersbeut. Contohnya aksesoris karpet lantai untuk Toyota Kijang, aksesoris karpet lantai untuk Toyota Sienta dan sebagainya.

Selanjutnya hal yang sering tidak ada pada aksesoris aftermarket namun dpaat dengan mudah ditemukan pada aksesoris mobil Toyota yang asli adalah petunjuk pemasangan. Pada karpet lantai, dibagian sisi lain akan terlihat petunjuk arah pemasangan karpet, mana yang harus menghadpa ke atas dan mana sisi yang bagian bawah. Kemudian pada bagian bawah karpet juga akan ada pengunci khusus sehingga karpet tidak mudah bergeser saat digunakan. Ketika telah selesai terpasang, aksesoris ini juga akan terlihat lebih presisi dibanding aksesoris aftermarket.

>>> Aman mengemudi mobil pada musim hujan jika mobil Anda dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris ini

3. Aksesoris yang Ditempel

Door handle chrome Toyota

Permukaan yang ditempel cenderung lebih rapih dan memakai double tape khusus untuk bodi mobil

Selain bodykit atau spoiler, ada pula beberapa aksesoris mobil Toyota yang pemasangannya ditempel. Bisap ada bagian bodi luar seperti emblem atau door handle, atau pada sisi ruang kabin.

Lagi-lagi, sebenarnya mudah untuk membedakan mana aksesoris yang original keluaran Toyota dan mana yang aftermarket. Terutama dari warnanya, kalau Toyota Genuine Accessories sudah dipastikan warnanya akan terlihat terang dan huruf-hurufnya nampak jelas. Sementara untuk aksesoris aftermarket tidak jarang ditemui warnanya cenderung terlalu terang atau mahal kekuningan, selain itu tulisan hurufnya terlihat tidak presisi.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik perawatan yang berguna lainnya

Kemudian untuk area permukaan yang akan ditempel ke bodi mobil, pada aksesoris asli juga sudah dibuat sepresisi mungkin serta menggunakan double tape khusus untuk bodi mobil dengan permukaan tape yang lebih besar. Kalau aksesoris yang dibuat oleh produsen aftermarket, permukaan yang akan ditempel terkesan seadanya dan memakai double tape untuk kebutuhan umum sehingga ada risiko bodi mobil atau cat jadi tergores ketika aksesoris hendak dicopot kembali.

Kemudian jika diperhatikan, pada permukaan aksesoris mobil Toyota yang asli juga akan ditemukan petunjuk pemasangan serta kode dari aksesoris tersebut disertai logo Toyota. Semua tulisan ini akan tercetak dengan jelas serta mudha dibaca dan dpaat dicek keasliannya melalui situs remsi Toyota. Hal ini tidak akan ditemukan jika Anda menggunakan aksesoris mobil keluaran produsen aftermarket.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil kesayangan Anda ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lampu Rem Spoiler Mobil Bukan Sekedar Aksesoris Lho!

20/04/2020

Pengemudian

5 menit

Lampu rem spoiler acap kali ditemukan pada sebuah mobil, utamanya mobil dengan level trim tertinggi. Meski bsia mempermanis penampilan kendaraan tersebut, ternyata aksesoris ini punya fungsi penting lho!

Lihat juga

Punya Mobil Baru? Inilah 10 Aksesoris Mobil Yang Harus Dimiliki

23/09/2019

Jual beli

12 menit

Rasanya akan kurang lengkap apabila sebuah mobil belum diberikan aksesoris. Selain mampu mempercantik tampilan, aksesoris mobil juga dapat menambah fungsi nyaman tersendiri bagi pengendara maupun penumpang. Nah, berikut 10 aksesoris mobil yang harus dimiliki oleh Anda.

Lihat juga

6 Aksesoris Mobil yang Wajib Disiapkan Saat Akan Berangkat Mudik Lebaran

21/05/2019

Pengemudian

4 menit

Beberapa aksesoris mobil didesain untuk membantu saat berkendara di jalan, termasuk juga ketika Anda menjalani mudik Lebaran. Nah berikut ini beberapa aksesoris yang wajib ada di mobil Anda ketika melakukan perjalanan mudik.

Lihat juga

5 Aksesori Wanita Wajib Ada di Mobil

Para pengemudi wanita biasanya menyimpan aksesori khusus di mobilnya demi menunjang aktifitas mereka sehari-hari. Berikut ini setidaknya ada lima aksesori wanita wajib ada di mobil yang mungkin tidak ditemukan pada mobil lainnya.

Lihat juga

Bukan Hanya Aksesoris, Ini Fungsi Talang Air Mobil Anda

Setiap pemilik mobil mestinya sudah tak asing dengan door visor, yang biasa disebut talang air. Namun, tahukah Anda fungsi talang air selain untuk estetika semata?

Lihat juga
 
back to top