Rajin Servis Berkala ke Bengkel Bisa Bikin Pengendara Untung

12/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Rajin Servis Berkala ke Bengkel Bisa Bikin Pengendara Untung
Bagi Anda pemilik mobil baru sebaiknya rajin melakukan servis berkala ke bengkel resmi. Rajin servis berkala ke bengkel akan memberikan keuntungan tersendiri.

Servis berkala biasanya mengikat pada mobil-mobil baru. Para pabrikan juga biasanya memiliki buku soal jadwal servis berkala yang harus dilakukan pemilik mobil. 

Perawatan secara berkala di bengkel-bengkel resmi disebut bisa mencegah kerusakan dini pada mobil Anda. Namun tak semua pemilik mobil melakukan perawatan mobilnya secara rutin. Ada juga beberapa yang baru membawa mobilnya ke bengkel ketika mengalami masalah. 

>>> Orang Berduit Manfaatkan Momen Pandemi Corona untuk Beli Mobil Bekas

Melansir situs Firestone Complete Auto Care, dengan rajin melakukan servis berkala di bengkel resmi dapat memberikan beberapa keuntungan untuk para pemilik mobil. Apa saja keuntungannya? 

1. Hemat Uang dan Waktu

Servis mobil di bengkel

Pengecekan ban saat servis berkala mobil

Pertama, para pemilik mobil bisa lebih menghemat waktu dan juga uang. Maksudnya, bila mobil dilakukan servis secara berkala, maka kerusakan minor bisa lebih dulu teratasi sehingga biaya yang dikeluarkan pun tak besar.

Beda halnya ketika seseorang baru membawa mobilnya ke bengkel setelah mengalami masalah. Bisa jadi masalah pada mobil Anda tersebut muncul usai kerusakan kecil yang tak teratasi sampai akhirnya merembet. Uang yang akan keluarkan pun sudah tentu lebih besar bila kerusakan pada mobil sudah parah. 

>>> Ini Nih Deretan Faktor yang Bikin Harga Mobil Anjlok 

Waktu servis berkala cenderung singkat dibandingkan mobil yang mengalami kerusakan parah hingga makan waktu berhari-hari untuk memperbaikinya. 

2. Lebih Aman

Kondisi komponen mobil lebih termonitor bila Anda melakukan servis berkala. Komponen seperti rem, ban, dan segala macam cairan pada mobil dapat memberikan performa optimal bila kondisinya baik pula. Oleh karena itu, perawatan berkala dibutuhkan. Semisal, rem kondisinya sudah aus maka pada perawatan berkala berikutnya Anda sudah bisa menggantinya. 

Demikian pula dengan cairan-cairan seperti oli, minyak rem dan lainnya yang harus dipastikan sesuai dengan batas tertentu. 

Servis mobil berkala

Rajin perawatan berkala di bengkel malah bisa untung

>>> Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria, Mobil Terkecil Pada Masanya

3. Menjaga Harga Jual Kembali Mobil 

Faktor ini mungkin jarang disadari oleh para pemilik mobil. Ya, harga jual kembali mobil tanpa disadari dipengaruhi oleh rajinnya Anda merawat mobil secara berkala ke bengkel. Mengapa demikian? 

Merawat mobil secara berkala setidaknya dapat memastikan kondisi mobil Anda berfungsi secara normal. Oleh karena itu ketika mobil akan dijual lagi, harganya masih bisa tinggi lantaran kondisi mobil masih baik laiknya baru. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa dibaca disini

4. Riwayat Mobil Lebih Jelas

Keuntungan bila Anda rajin membawa mobil ke bengkel untuk perawatan berkala adalah riwayat mobil tercatat dengan baik. Bila mobil mengalami kerusakan di bagian tertentu bisa dicari riwayatnya dan lebih cepat untuk diperbaiki. 

Tak cuma itu, bila mobil terawat dengan baik juga bisa menaikkan harga jual kembali. Ini dapat menjadi nilai plus bagi Anda yang berniat menjual mobil.  

>>> Jika Anda ingin membeli mobil, jangan lupa simak beberapa tips dan trik yang berguna lainnya dari Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Ini Tips Parkir Mobil yang Aman Saat #DiRumahAja

07/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Terlalu lama memarkir mobil di rumah bisa membuat banyak hal membuat kondisi mobil jadi tidak prima. Sebabnya setidaknya Anda harus parkir mobil yang aman.

Lihat juga

Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Terlalu lama memarkir mobil di rumah bisa membuat ban flat spot dan berujung rusak. Supaya tak terjadi, berikut tips untuk mencegah ban rusak karena flat spot.

Lihat juga

Berikut Tips Gunakan Transmisi Matik untuk Pemula yang Aman

28/02/2020

Pengemudian

5 menit

Meski sepintas mudah, mengendarai mobil transmisi matik butuh perhatian khusus, terlebih untuk pemula. Untuk itu, simak tips gunakan transmisi matik berikut ini

Lihat juga
 
back to top