Mengenal Paket Audio Mobil Terbaik Beserta Aliran Modifnya

26/04/2021

Perawatan dan service

5 menit

Mengenal Paket Audio Mobil Terbaik Beserta Aliran Modifnya
Tak sedikit pengemudi mengganti head unit, speaker, menambahkan amplifier, hingga subwoofer supaya audio semakin menggelegar. Berikut paket audio mobil yang bisa Anda pilih.

Driving playlist pada berbagai portal music streaming ada bukan tanpa sebab. Ini karena hampir mayoritas pengemudi suka menyetir sambil mendengarkan musik. Berkendara sambil mendengarkan musik bisa membuat perjalanan terasa lebih hidup dan berwarna. Namun kebanyakan kondisi audio bawaan pabrik kurang memadai, membuat alunan musik pada driving playlist Anda jadi kurang sempurna. Tak heran jika kebanyakan pemilik mobil memilih untuk modifikasi audio mobil mereka. 

Umumnya mereka akan mengganti head unit, speaker, menambahkan amplifier, hingga subwoofer supaya audio semakin menggelegar. Sebelum Anda memutuskan untuk memodifikasi audio mobil pada mobil pribadi dengan paket audio mobil murah berkualitas, ada baiknya kenali lebih dulu ragam aliran audio mobil yang ada. 

Tampilan paket audio mobil

Modifikasi audio mobil bisa bikin suara menggelegar

1. Sound Quality (SQ)

Untuk aliran modifikasi ini, mengutamakan aspek audionya sehingga menghasilkan suara yang jelas dan jernih. Mobil akan dipasangi peredam yang terletak di beberapa titik seperti bagian pintu, langit-langit, dashboard, bagasi, hingga bagian lantai mobil. Pemasangan peredam difungsikan agar suara dari luar tidak masuk ke dalam mobil. Untuk modifikasi SQ, biasanya menggunakan head unit high-end dan juga speaker three-way

2. Sound Quality Loud (SQL)

Modifikasi SQL mengutamakan pengaturan speaker dan subwoofer. Oleh karena itu, kedua komponen tersebut dipasang dalam jumlah yang cukup banyak pada mobil. Beberapa mobil bahkan memasangnya hampir di seluruh bagian termasuk bagasi. Tujuan modifikasi ini adalah untuk menghasilkan suara yang jernih dan power yang kencang. 

>>> Tips Memilih Toko Audio Mobil Terdekat yang Bagus

3. Sound Pressure Level (SPL)

Aliran SPL menitikberatkan pada suara bass yang besar dan juga kencang. Salah satu cirinya adalah dengan menggunakan subwoofer berjumlah sedikit. Untuk speakernya sendiri biasanya hanya digunakan di bagian depan saja. 

4. Car Theater

Aliran modifikasi audio mobil ini memasukkan berbagai perangkat audio dan visual ke dalam mobil. Mulai dari TV, DVD player, centre speaker, dan berbagai perangkat lainnya. Semua audio mobil ini bertujuan sebagai hiburan pengendara serta penumpang selama perjalanan. 

>>> Serba Serbi dan Daftar Harga Power Audio Mobil Kenwood

Daftar Audio Mobil SQ (Sound Quality) Terbaik

Paket Audio Mobil JBL 

Sesuaikan paket audio dengan budget

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis modifikasi audio mobil di atas, Anda bisa melanjutkan dengan memilih merek audio mobil sesuai budget dan kualitas yang diharapkan. Berikut daftar paket audio mobil SQ terbaik yang umumnya sering digunakan untuk modifikasi. 

1. Audio Mobil JBL 

Paket audio mobil JBl terbaik dengan suara jernih dan mampu menghentak jantung adalah audio mobil JBL GTI. Harga audio mobil berkisar Rp 6.500.000. Paket audio ini punya daya yang besar karena menggunakan subwoofer double magnet.

Desainnya juga cantik, ala futuristik yang cocok untuk mobil modern masa kini. Paket audio berkualitas ini sangat sesuai bagi Anda yang mengutamakan desain dan juga fungsi. JBL GTI memiliki subwoofer berukuran 12 inch dengan power sebesar 700 watt. Dengan bantuan power mobil berdaya 4.000 watt, membuat suaranya semakin kuat dan bertenaga. 

Bass dari audio mobil JBL ini sangat powerfull, mampu menghentakkan jantung Anda saat berkendara. Anda pasti ikut bergoyang ketika mendengar musik dari audio ini. JBL menggunakan power Monoblock Amplifier JBL-GTO-1201, performa luar biasa dari amplifier bertenaga besar. Daya maksimal amplifier ini sebesar 787 watt. Performa amplifier JBL sendiri sudah diakui internasional, speaker JBL juga mampu mengeluarkan trer4 yang jernih. 

>>> Cara Setting Audio Mobil yang Benar dan Mudah Pada Head Unit Standar

2. Audio Mobil Kenwood

Kenwood menawarkan audio mobil mewah dengan kualitas prima, yaitu Kenwood DDX 919WS KFCXS1703 KSC PSW8. Harga audio mobil ini kisaran Rp 10 juta. Ditawarkan dengan harga fantastis, audio ini memiliki spesifikasi premium yang berbeda dengan audio mobil umumnya. 

Dalam satu audio mobil Kenwood ini terdiri dari LED Touch Screen dengan ukuran 6.8 inci, speaker KFC XS1703 dengan daya 45 watt hingga 180 watt, dan subwoofer KSC PSW8. LED touch screen-nya bisa Anda kaitkan dengan smartphone Android maupun iPhone menggunakan USB ataupun WiFi. 

Audio Mobil Kenwood putih

Salah satu  power audio mobil Kenwood

Speaker berbobot 0,64 kg dari Kenwood ini mampu menghasilkan suara bass powerfull yang siap mengubah mobil Anda layaknya DJ room. Paket audio Kenwood sudah dilengkapi dengan peredam yang membuat suara sound sangat jernih. Paket audio ini juga sudah dilengkapi dengan remote control untuk mengatur volume speaker. 

3. Audio Mobil Venom 

Paket audio Venom yang akan dibahas kali ini adalah Venom Diablo dengan kisaran harga lebih dari Rp 3.400.000. Ini termasuk paket audio mobil murah berkualitas dengan sound system yang sangat bagus. 

Satu audio mobil Venom terdiri dari subwoofer ukuran 12 inch, amplifier power 4 channel tipe V0405BD, serta speaker venom VX6DB. Power tipe V0405BD yang ada pada Venom ini dapat menghasilkan bass yang sangat berkualitas, membuat jantung Anda berdetak kencang. Sedangkan untuk speakernya, mampu menghasilkan sound yang jernih, detail, dan sangat baik. 

Itulah rekomendasi 3 paket audio mobil SQ (Sound Quality) terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Jika ingin mendapatkan hasil sound jernih dengan kualitas bass serasa DJ room, Anda harus rela membayar harga cukup mahal. Akan tetapi kualitasnya sudah pasti tak perlu diragukan lagi. Namun bila Anda hanya ingin mengganti audio mobil bawaan pabrik, bisa mempertimbangkan audio mobil murah kisaran Rp1 jutaan seperti audio mobil Carman atau audio mobil ADS. 

>>> Baca tips & trik seputar otomotif lainnya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Di mana saya bisa beli paket audio mobil?
Anda bisa mendatangi pusat-pusat penjualan aksesoris mobil di sekitar rumah atau membelinya secara online di e-commerce.
Apa saja yang dibutuhkan untuk audio mobil?
Untuk sebuah sistem audio mobil yang menghasilkan suara berkualitas dibutuhkan head unit, speaker, tweeter, power amplifier, dan subwoofer.
Berapa biaya pemasangan audio mobil?
Biaya pasang audio mobil berbeda-beda tergantung toko atau workshop audio tersebut dan tingkat kesulitan pemasangan. Namun umumnya biaya pemasangan bisa gratis asalkan membeli komponen audio mobil dari toko tersebut.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top