Cara Setting Audio Mobil yang Benar dan Mudah Pada Head Unit Standar

14/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Berikut ini adalah cara setting audio mobil yang benar dan mudah jika head unit mobil masih standar dan speaker yang digunakan juga masih bawaan dari pabrik.

Sebagai sarana hiburan di perjalanan, pada setiap mobil terpasangan sistem tata suara alias audio system. Sistem ini terdiri atas head unit serta beberapa buah speaker. Sejumlah mobil premium ada juga yang ditambahkan tweeter, power amplifier, serta subwoofer berukuran compact.

Jika tersusun dengan lengkap semua komponen-komponen itu, maka suara yang dihasilkan pada sistem audio mobil tersebut akan sangat berkualitas. Berkualitas disini dalam arti suara vokal, suara bass, dan suara treble akan terdengar dengan jelas dan jernih baik di bangku pengemudi atau penumpang depan dan di bangku penumpang belakang. Sehingga menikmati musik selama ada di dalam mobil jadi lebih menyenangkan.

Tapi bagaimana kalau sistem audio di mobil Anda tidak selengkap itu? Tenang, kalau paham cara setting audio mobil yang benar bisa kok sistem tata suara di kendaraan Anda menghasilkan audio yang cukup berkualitas. Mungkin memang tidak sebaik audio yang dilengkapi tweeter, subwoofer, serta power amplifier, tapi setidaknya akan terdengar lebih baik daripada tanpa disetting.

Lantas bagaimana cara setting audio mobil kesayangan Anda? Kalau menggunakan jasa toko audio atau installer audio yang berpengalaman pasti tarif yang dipatok cukup tinggi. Belum lagi Anda akan direkomendasikan untuk membeli produk yang mereka pasarkan terlebih dulu baru mereka mau melakukan tuning terhadap audio mobil Anda.

Jika mau yang lebih hemat dan hasilnya bisa bikin Anda lebih puas, maka cara setting audio mobil yang benar bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup sediakan waktu sesaat dan sebaiknya lakukan setting audio disaat kondisi sekitar tenang, misalnya ketika pagi hari. Sehingga suara dari luar mobil tidak mendistorsi keluaran suara dari sistem audio mobil Anda.

>>> Bugatti Royale Home Audio, Speaker Aktif Berkualitas Ultra Premium

Cara Setting Audio Mobil dengan Head Unit Standar Tanpa Amplifier

Menu Audio Setting Head Unit

Masuk ke menu Aduio Setting untuk megatur kelauran suara melalui head unit

Umumnya sistem audio mobil standar terdiri atas head unit baik Single Din maupun Doubel Din, serta speaker full range di pintu depan dan pintu belakang. Beberapa mobil ada juga yang menggunakan tweeter di pilar A, speaker coaxial yang ditempatkan pada pintu pengemudi dan penumpang depan, tetapi untuk speaker di pintu belakang pakai model full range.

Apabila kondisi sistem audio di mobil Anda masih standar, head unitnya juga masih bawaan pabrik, speaker dan tweeter belum ada yang diganti, maka perhatikan beberapa langkah berikut ini:

1. Setting Audio ke Posisi 0

Langkah pertama sebelum setting audio mobil yang benar adalah pada head unit masuk ke menu setting audio, kemudian atur Bass, Treble, Balance, Fader, sampai Mid ke posisi 0. Selanjutnya setting besarnya volume suara sesuai kenyamanan Anda dalam mendengarkan musik di dalam kabin. Jangan lupa cara mensetting audio mobil ini wajib dilakukan dengan kondisi semua kaca jendela tertutup rapat dan Anda duduk di bangku pengemudi dengan posisi tubuh mengarah ke bagian depan mobil.

>>> Mari Mengenal Jenis Speaker Mobil dan Fungsinya

2. Lakukan Pengaturan Balance

Pengaturan Bass Treble dna Balance Head Unit

Pertama-tama atur semua ke posisi 0

Mulailah lakukan pengaturan Balace. Disini Anda wajib mengatur agar suara yang keluar dari keempat speaker seimbang antara bagian depan dan belakang. Pada kondisi Balance 0 suara speaker sebelah kanan depan akan terdengar lebih kuat. Ini karena suara dari speaker sebelah kanan paling cepat sampai ke telinga Anda daripada speaker sebelah kiri.

Maka langkah selanjutnya sebagai langkah cara setting audio mobil adalah mengatur agar besaran suara dari keempat speaker terdengar sama pada pendengaran Anda. Setting semaksimal mungkin sampai suara terdengar sama rata, mungkin akan cukup sulit tapi tetap bisa Anda coba sendiri perlahan-lahan smaapi dapat hasil maksimal.

Jika sudah Balance, maka suara vokal (penyanyi) akan terdengar dari bagian tengah depan. Sementara jika audio mobil sudah menggunakan tweeter di pilar A, maka suara vokal akan terdengar dari arah depan Anda.

3. Mengatur Fader

Setting Fader Head Unit Mobil

Pastikan keluaran suara dari bagain depan dan belakang sama rata

Langkah berikutnya adalah cara setting audio mobil dengan mengatur keluaran suara antara bagian depan dan belakang. Cara setel audio mobil seperti ini dengan mengatur pada menu Fader yang ada di head unit.

Pengaturan Fader berkaitan juga dengan jenis speaker yang terpasang di mobil tersebut. Jika mobil menggunakan speaker berbentuk oval maka akan mengeluarkan suara lebih rendah (ngebass) dibanding speaker berbentuk bulat. Masalahnya, pada kondisi Fader 0, maka suara bass akan terdengar dari arah bagian belakang.

Supaya keluaran suara dari keempat speaker terdengar seimbang dari posisi kursi pengemudi, kurangi besaran suara dari bagian depan sampai antara suara speaker belakang dan depan benar-benar seimbang.

>>> Tips Mendapatkan Audio Mobil Terbaik

4. Mengatur Bass dan Treble

Setting Bass Treble pada Head Unit Mobil

Atur keluaran Treble, Mid, dan Bass sesuai selera Anda agar terdengar selaras

Langkah terakhir sebagai cara setting audio mobil yang benar adalah dengan mengatur antara suara rendah (bass) dan suara tinggi (treble). Beberapa head unit juga ada yang menyediakan pengaturan suara sedang (middle).

Untuk setting ini Anda tinggal mengatur sesuai selera. Namun aturlah dari suara tinggi (treble) terlebih dulu kemudian diikuti suara tengah, baru mengatur bass. Aturlah sampai suara yang dihasilkan enak terdengar dan serasi antara suara tinggi dan suara rendah semuanya terdengar seimbang.

Tidak sulit bukan cara setting aduio mobil sendiri di rumah. Jika keluaran suara sudah seimbang maka mendengarkan musik selama perjalanan di dalam mobil akan jadi lebih menyenangkan.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik dan bermanfaat lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya pasang audio mobil?
Biaya yang dibutuhkan untuk mengubah audio standar mobil sangatlah bervariasi. Mulai dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Semua tergantung perangkat audio apa saja yang hendak diganti dan dipasang pada mobil Anda.
Apa saja yang dibutuhkan untuk audio mobil?
Pada sebuah audio mobil dibutuhkan head unit serta minimal dua speaker yang diletakkna pada pintu pengemudi dan penumpang depan. Jika ingin lebih lengkap bisa tambahkan speaker untuk pintu penumpang belakang, tweeter di pilar A atau atas dashboard, power amplifier, dan subwoofer.
Apa saja penyebab audio mobil tidak bersuara?
Kesalahan Instalasi, Spesifikasi Komponen Audio Tidak Tepat, Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah, Debu Masuk ke Sistem Audio, Memasang dan Mematikan Audio dengan Paksa bisa jadi penyebab yang membuat audio mobil tidak bersuara.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top