Serba Serbi dan Daftar Harga Power Audio Mobil Kenwood

16/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Apabila Anda sedang beniat melakukan upgrade perangkat audio di mobil misalnya mengganti speaker, atau memasang tweeter dan subwoofer, maka jangan lupakan epran power amplifier. Karena komponen inilah yang akan memastikan semua komponen itu bekerja optimal. Yuk intip harga power audio mobil Kenwood.

Modifikasi sistem audio pada mobil adalah langkah yang bisa dijalani jika Anda merasa kualitas suara dari audio standar di mobil tersebut kurang maksimal. Caranya adalah dengan mengganti sejumlah komponen audio dengan produk-produk aftermarket. Misalnya dengan mengganti head unit dan speaker, memasang tweeter serta subwoofer, dan jangan lupa memasang power amplifier.

Masing-masing dari komponen ini tentu memiliki tugas yang berbeda-beda dan cukup banyak varian merek serta tipe untuk komponen-komponen tersebut. Adapun satu dari sekian banyak brand car audio yang beredar di Indonesia dan sudah cukp terkenal yakni Kenwood. Ini adalah merek audio dari Jepang yang juga menyediakan perangkat untuk audio mobil.

Produk-produk dari Kenwood juga cukup lengkap, mulai dari head unit sigle din, head unit double din, speaker full range, speaker coaxial, power amplifier, dan subwoofer. Harga audio mobil Kenwood ini juga bervariasi tergantung dari jenis dan tipenya. Misalnya harga power audio mobil Kenwood tentu akan berbeda dengan harga speaker coaxial Kenwood atau harga tape mobil merk Kenwood.

Dengan kualitas yang sudah terjamin dan banyak diakui pecinta car audio, audio mobil Kenwood terbaru pun sangat mudah Anda jumpai di toko-toko penjual car audio atau aksesoris mobil. Bahkan tak jarang toko menawarkan harga paket audio mobil Kenwood dengan harga yang menarik. Umumnya paket ini berupa head unit dan speaker misalnya paket harga audio mobil Avanza merk Kenwood.

Mengingat rentang produk yang amat beragam itulah, kali ini Cintamobil.com hanya akan membahas satu jenis produk saja dari Kenwood, yaitu power amplifier. Apa saja jenis power audio keluaran Kenwood serta berapa pasaran harga power audio mobil Kenwood, dan bagaimana tips memilih power amplifier yang bagus, akan kami ulas di artikel ini. Yuk baca sampai habis!

>>> Ini Dia Keistimewaan Audio Rockford Fosgate Mitsubishi Pajero Sport Terbaru

Fungsi Power Amplifier Audio Mobil

Power Amplifier Audio Mobil

Power amplifier mobil kini semakin ringkas dan mudah dalam penempatannya

Berbentuk kotak persegi panjang dengan terdapat beberapa soket kabel serta tombol pengaturan, komponen audio mobil ini disebut power amplifier. Beberapa dekade lalu, power audio berukuran sangat besar dan juga berat. Namun belakangan ini, komponen tersebut dibuat semakin ringkas. Tujuannya agar memudahkan penempatan power ampilifier pada ruang mobil yang terbatas sekalipun. Misalnya di balik pintu, di kolong jok, di dalam laci dashboard, atau di dekat ban cadangan pada bagasi.

Tapi apa sih sebenarnya fungsi power amplifier ini? Pada audio mobil, komponen ini bertugas mengalirkan daya suara yang lebih optimal dari head unit kepada komponen tata suara seperti speaker, tweeter, dan subwoofer. Pemasangan komponen-komponen tambahan di audio mobil pastilah butuh alat tambahan pula agar setiap komponen ini dipasok kebutuhan daya yang diperlukannya. Jika hanya mengandalkan head unit, kebutuhan ini tidak dapat terpenuhi.

Apabila tanpa amplifier, untuk dapat membuat semua komponen suara ini bekerja dengan baik, maka Anda harus membesarkan volume suara dari head unit, namun hasilnya akan timbul distorsi seperti suara mendengung atau berdesis. Kondisi inilah yang dikoreksi oleh amplifier. Setiap komponen tata suara akan sanggup menghasilkan kinerja terbaiknya tanpa menimbulkan distorsi.

Jenis-jenis Power Amplifier

Modifikasi Audio Mobil

Untuk speaker dan subwoofer sebanyak ini butuh lebih dari satu power audio

Di toko audio mobil dikenal dengan beberapa jenis power audio yang terbagi atas sejumlah kelas. Yakni A-Class, B, AB, D, Hybird, dan T (Tube/tabung). Masing-masing ini dibedakan dari kualitas dan kemampuanya.

>>> Tips Memilih Toko Audio Mobil Terdekat yang Bagus

1. A-Class

Power amplifier dengan kualitas yang terpaling untuk menghasilkan kualitas suara audio mobil. Biasanya ditandai dengan harga yang sangat mahal dan dirilis oleh merek audio terkenal dunia.

2. B-Class

Amplifier audio mobil yang tidak cepat panas dan tidak membutuhkan banyak daya listik untuk menghasilkan suara car audio yang cukup baik. Harganya juga cenderung lebih murah.

3. AB-Class

Tipe amplifier yang paling banyak digunakan oleh pelaku car audio, karena dinilai lebih efisien dan fleksibel untuk digunakan tapi tetap memiliki kualitas lebih baik dari class B.

4. D-Class

Umumnya tipe aplifier ini dipakai untuk membantu kinerja subwoofer untuk konsep modifikasi SPL (Sound Pressure Level). Karena amplifier ini memiliki daya (Watt) yang besar dan mampu dibebani hingga dibawah 1 Ohm.

5. Hybrid

Jenis amplifier yang komponen elektroniknya menggunakan transistor dan juga tube (tabung), namun tetap dapat dimiliki dengan harga masih terjangkau.

6. Tube

Tipe amplifier yang berupa tube (tabung).

Memilih Power Amplifier Audio Mobil yang Bagus

Soket Power Amplifier

Sesuaikan spesifikasi power dengan perangkat audio tambahan yang akan dipasang

Sebelum membeli power amplifier untuk sistem audio di mobil Anda dan mengecek harga power audio mobil Kenwood, pastikan dulu komponen tata suara apa saja yang hendak dipasang. Karena amplifier berkaitan erat dengan komponen speaker, tweeter dan subwoofer yang akan dipasang di mobil tersebut.

Misalnya sebuah speaker membutuhkan daya root mean square (RMS) minimum 50 watt, maka Anda harus pasang amplifier dengan kekuatan minimal 50 watt pula atau lebih besar dari itu. Jadi perhatikan poin-poin berikut ini sebelum membeli power amplifier audio mobil:

  • Pastikan amplifier memiliki nilai RMS yang besar;
  • Perhatikan desain dan kualitas bahan selain enak dilihat juga kuat digunakan dalam waktu lama.

>>> Cara Setting Audio Mobil yang Benar dan Mudah Pada Head Unit Standar

Harga Power Audio Mobil Kenwood

Setelah mengetahui fungsi dan cara memilih power amplifier yang bagus, maka jika Anda tertarik membeli power amplifier keluaran Kenwood, maka jika mengutip dari laman kenwood Indonesia, ada dua power amplifier terbaru dari Kenwood, yaitu tipe XH901-5 dan XH401-4. Kedua power ini berjenis D-Class dan sudah bisa didapatkan pula di toko-toko online. Namun selain kedua power tersebut, diluaran sana ada juga yang menjual power audio Kenwood tipe lain seperti KAC-M846.

Berikut harga power audio mobil Kenwood di Indonesia:

  • Kenwood XH901-5

Ini merupakan power amplifier 5 channel dengan output maksimum 1800 watt Daya RMS pada 4 ohm dari power ini mencapai 60 watt per channel. Sedangkan daya RMS pada 2 ohm sebesar 75 watt per channel.

Harga: By request

  • Kenwood XH401-4

Untuk power amplifier Kenwood yang satu ini kategori 4 channel dengan daya RMS pada 4 ohm sebesar 75 watt dan daya RMS pada 2 ohm 100 watt. Sementara daya output maksimal dari power tersbeut 800 watt.

Harga: Rp 4.000.000

  • Kenwood KAC-M846

Power ini punya kekuatan output maksimal 720 watt dengan daya RMS pada 4 ohm di 60 watt. Power ini diklaim cocok jika ingin menjadikan audio mobil Anda bersistem Sound Quality (SQ) tapi dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Harga: Rp 1.800.000

  • Kenwood KAC-PS847F

Power 4 channel ini juga punya daya RMS pada 4 ohm sebesar 60 watt. Namun output maksimalnya bisa mencapai 800 watt serta dilengkapi cooling fan.

Harga: Rp 1.500.000

Untuk pemasangan power amplifier ini sebaiknya Anda lakukan dengan dibantu installer car audio berpengalaman atau mekanik toko audio mobil terdekat dengan domisili Anda. Dan perhatikan dengan seksama jalur kabel untuk pemasangan komponen ini. Karena berkaitan dengan sistem kelistrikan mobil, pastikan komponen aman dari risiko terjadinya konsletik.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Kenapa audio mobil tiba tiba mati?
Banyak faktor yang bisa menyebabkan audio mobil tiba-tiba mati atau tak berfungsi. Mungkin karena ada soket yang kendor atau karena terjadi arus yang kurang stabil, dan bisa juga salah satu komponen audio sudah rusak.
Penyebab audio mobil mendengung?
Suara dengungan audio mobil berasal dari speaker mobil, ini karena volume suara dari head unit dibesarkan namun terjadi distorsi suara. Selain mendengung biasanya distorsi suara juga berupa audio mendesis.
Berapa harga audio monil Kenwood?
Harga untuk audio mobil Kenwood ini bermacam-macam, biasanya harga mulai dari Rp 1.500.000
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top