Tips Memilih Toko Audio Mobil Terdekat yang Bagus

15/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Ada banyak toko car audio yang berdiri di kota-kota besar di Indonesia, bahkan beberapa diantaranya mungkin menjadi toko audio mobil terdekat dri lokasi Anda. Namun sebelum memutuskan untuk berbelanja di toko tersebut, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

Melakukan upgrade pada komponen mobil wajar saja dilakukan demi mendapatkan kondisi kendaraan yang sesuai selera pemiliknya. Misalnya kalau merasa tenaga mesin mobil itu kurang sesuai ekspektasi, maka bisa menambah beberapa komponen high performance. Begitu pun apabila sektor audio dianggap kurang berkualitas, maka bisa lakukan upgrade pada sistem tata suara di mobil tersebut.

Untuk bisa memperoleh sejumlah komponen audio demi menghasilkan sistem tata suara di mobil yang lebih berkualitas, tentunya Anda perlu mendatangi toko audio mobil. Pastinya toko audio mobil ini banyak bertebaran disejumlah kota besar, baik di Jakarta, di toko audio mobil di Bandung, di Jogjakarta, di Surabaya, atau di kota-kota lain. Bahkan bukan tak mungkin ada toko audio mobil terdekat dengan domisili Anda saat ini.

Semua toko tentunya mengklaim menjual barang berkualitas terbaik dengan harga paling murah. Namun sebelum memutuskan datang ke toko audio mobil terdekat untuk melakukan upgrade sistem audio di mobil Anda, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal penting berikut ini.

>>> Pioneer Kenalkan Subwoofer Mungil yang Pas untuk Mobil Listrik

1. Tentukan Dulu Apa yang Mau Dibeli

Mobil Kontes Car Audio

Untuk kebutuhan sehari-hari tidak perlu pasang perangkat audio sebanyak ini

Saat melihat barang-barang yang ada di etalase toko audio mobil, mungkin Anda bakal langsung berkeinginan membeli semuanya atau setidaknya memilih mana barang yang terbaik dan memasangnya di mobil. Kalau dana yang sudah disediakan untuk upgrade audio mobil tidak terbatas tentu hal tersebut boleh saja dilakukan. Namun ada baiknya belanjalah dengan cerdas yaitu memilah mana barang yang diperlukan dan mana yang tidak. Begitu juga saat hendak belanja audio mobil.

Karena untuk menghasilkan sebuah audio mobil yang berkualitas sebenarnya tidak harus seluruh komponen audio di mobil itu diganti. Tentukan dahulu komponen apa yang hendak diganti. Sejumlah installer audio mobil mengungkapkan, sebenarnya ada dua komponen utama yang perlu diganti jika ingin menghasilkan suara di audio mobil lebih berkualitas, yaitu speaker dan head unit.

Dari kedua komponen inilah nantinya bisa dilihat hasil suara seperti apa yang dikeluarkan setelah penggantian dua komponen tersebut. Apabila dirasa masih kurang puas baru silahkan membeli komponen audio lainnya seperti power amplifier dan subwoofer.

>>> Cara Setting Audio Mobil yang Benar dan Mudah Pada Head Unit Standar

2. Tentukan Karakter Suara Audio Mobil yang Disukai

Modifikasi Audio Mobil Honda Jazz

Pilih karakter suara audio mobil, mau SQ, SPL, atau SQL

Setelah menentukan komponen apa yang hendak dibeli di toko audio mobil terdekat, maka selanjutnya adalah memilih jenis dan tipe perangkat audionya. Karena berbagai produsen car audio menciptakan banyak sekali produk dengan spesifikasi yang berbeda. Masing-masing punya karakter khusus dengan hasil suara yang berbeda-beda pula.

Dalam memilih tipe komponen-komponen audio ini harus disesuaikan dulu dengan karakter musik kesukaan Anda. Di dunia car audio dikenal tiga istilah karakter musik, yaitu SQ (Sound Quality), SPL (Sound Pressure Loud), dan SQL (Sound Quality Level). SQ lebih merujuk pada detil dari setiap instrumen pada musik akan terdengar jelas dari semua komoponen audio mobil. Sementara SPL lebih mementingkan tekanan nada yang paling tinggi, biasanya yang dicari adalah nada bass dengan level paling kuat. Sementara SQL menggabungkan dari keduanya yaitu kualitas suara jernih tapi juga kuat.

Untuk menghasilkan karakter suara dari ketiganya butuh komponen audio dengan spesifikasi yang berbeda pula. Misalnya ada speaker yang memiliki rentang frekuensi tinggi dan ada yang lebih rendah. Carilah jenis speaker yang sesuai selera musik Anda. Tapi untuk menghasilkan bass dengan lebih sempurna maka dibutuhkan subwoofer dengan ukuran yang cukup besar.

>>> Mari Mengenal Jenis Speaker Mobil dan Fungsinya

3. Bandingkan Antar Toko Audio Mobil

Pemasangan Audio Mobil

Tidak ada salahnya memilih toko audio yang memberikan jasa free instalasi

Sebelum memutuskan hendak membeli perangkat audio di toko yang mana, maka alangkah lebih baik jika membandingkan antara satu toko audio mobil terdekat dengan toko audio mobil yang lainnya. Ini untuk melihat apakah ada perbedaan harga cukup siginfikan atas produk yang serupa.

Selain harga, bandingkan pula layanan yang diberikan dari toko audio tersebut. Misalnya jika ada toko audio mobil Jakarta yang menawarkan gratis instalasi dan tuning jika berbalanja di toko mereka, maka itu tentu lebih baik daripada Anda memasang sendiri perangkat audio mobil di rumah.

Selain itu, membandingkan antar toko ini juga bisa menghindari Anda dari para oknum penjual yang curang. Misal sebenarnya di toko itu merupakan toko audio mobil bekas tapi dikemas seolah-olah produk masih baru dan segel namun ditawarkan dengan harga cukup murah. Maka saat membandingkan antar toko ini Anda bisa melihat apakah barang yang ditawarkan benar-benar belum pernah terpasang atau sebenarnya adalah audio bekas.

4. Datangi Pusat Penjualan Aksesoris Mobil

Toko Car Audio

Membandingkan antar toko audio mobil akan mendapat lebih banyak pilihan

Apabila di dekat lokasi Anda tidak terdapat toko audio mobil, maka tidak ada salahnya mendatangi pusat-pusat penjualan aksesoris mobil. Karena umumnya di lokasi-lokasi ini terdapat cukup banyak penjual audio mobil.

Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, bisa sambangi pusat aksesoris mobil di MGK Kemayoran. Sementara untuk toko audio mobil di Bandung bisa datang ke tempat yang sudah cukup tenar seperti Fenyen Auto Accessories. Kemudian untuk toko audio mobil Surabaya Anda bisa datang ke T2 Car Audio atau Masterpiece Car Audio. Dan untuk toko audio mobil Jogja bisa ke coba berkunjung ke Padma Car Accesories, Creativ Variasi atau Boss Audio.

>>> Tips Mendapatkan Audio Mobil Terbaik

5. Tanyakan Apakah Ada Promo di Toko Itu

Paket Audio Mobil

Sering kali toko menawarkan paket audio mobil dengan harga menarik

Terakhir yang bisa kami berikan sebagai tips saat berbelanja di toko audio mobil terdekat adalah menanyakan kemungkinan adanya promo dari toko tersebut. Misalnya promo berupa diskon jika melakukan pembelian menggunakan kartu kredit atau kartu debet dari bank tertentu. Promo gratis biaya instalasi, promo pembuatan box speaker atau subwoofer, atau promo lainnya. Jika memang ada promo seperti ini, maka bisa sedikit menghemat anggaran Anda ketika ingin melakukan upgrade audio di mobil bukan.

Demikian beberapa tips yang kami bisa bagikan jika hendak membeli sejumlah komponen di toko audio mobil.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfatalainnya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja yang dibutuhkan untuk audio mobil?
Untuk sebuah sistem audio mobil yang menghasilkan suara berkualitas dibutuhkan head unit, speaker, tweeter, power amplifier, dan subwoofer.
Berapa biaya pasang audio mobil?
Biaya pasang audio mobil berbeda-beda tergantung toko atau workshop audio tersebut dan tingkat kesulitan pemasangan. Namun umumnya biaya pemasangan bisa gratis asalkan membeli komponen audio mobil dari toko tersebut. Biaya hanya dikenakan untuk kabel instalasi, pembuatan box speaker atau subwoofer, dan pembuatan kosmetik audio.
Bagaimana cara untuk mendapatkan audio mobil terbaik?
Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih audio mobil itulah Perhatikan jenis speaker, Penempatan speaker dan kondisi mobil. Jika done kedua ini pastilah Anda akan mendapat audio mobil terbaik.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top