Tips Cara Modifikasi Mobil Pick Up Futura

27/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Tips Cara Modifikasi Mobil Pick Up Futura
Modifikasi mobil pick up Futura tidaklah terlalu sulit jika hanya ingin membuat kendaraan tersebut tampil mencolok di jalan raya. Berikut tipsnya buat Anda jika hendak memodifikasi mobil pekerja keras dari Suzuki itu.

Suzuki Carry Futura merupakan salah satu varian dari Suzuki Carry generasi kesembilan yang hadir di Indonesia. Muncul pertama kali pada tahun 1991, Carry Futura merupakan penerus dari Carry Extra dari Suzuki. Dimensinya lebih dan juga desainnya lebih membulat. Mesinnya ada yang berkapasitas 1.400 cc, ada yang 1.500 cc, dan ada yang 1.600 cc.

Sama seperti Suzuki Carry generasi sebelumnya, Carry Futura juga hadir dalam varian van 7 penumpang serta pick up. Untuk yang tipe pick up, Suzuki berkolaborasi dengan Mitsubishi yang melahirkan kembaran pick up Futura dengan nama Mitsubishi Colt T120SS. Mesin, platform, dan bodi, sama dengan Futura, hanya saja ada perbedaan desain gril diantara keduanya.

Di rentang tahun 1990 - 2000-an, pick up Futura selalu diandalkan jadi kendaraan pekerja. Utamanya untuk mobil angkutan barang menuju daerah-daerah pelosok atau pemukiman warga. Walau bagitu, tak jarang pula yang melakukan modifikasi mobil pick up Futura. Mulai dari sekedar mengganti velg dan membuat jadi lebih ceper, sampai modifikasi yang cukup ekstrim pun ada.

Menariknya, para pemilik mobil tersebut, sangat percaya diri dengan modif mobil pick up Futura yang telah dijalaninya. Walau terkadang mobil itu tampil sangat mencolok di jalan raya berkat pemasangan aksesorisnya. Tapi karena keunikan-keunikan inilah, Cintamobil.com akan membahas sedikit mengenai modifikasi mobil pick up Futura.

Jika Anda pembaca setia kami yang mungkin juga punya pick up dari Suzuki tersebut dan ingin tampil beda, berikut rekomendasai cara modifikasi mobil pick up Suzuki Futura.

>>> Suzuki Carry Facelift Segera Muncul, Ini 5 Fakta Menarik Suzuki Carry

1. Ganti Velg

Suzuki Carry Futura modifikasi velg

Banyak yang memasang velg 15 dan 16 inci di Carry Futura

Opsi pertama yang bisa dilakukan untuk modifikasi mobil pick up Futura adalah mengganti velg standar dengan velg aftermarket atau velg OEM dari mobil lain. Yang perlu diperhatikan sebelum modifikasi velg Suzuki Futura adalah mengetahui spesifikasi velg standar mobil tersebut.

Pertama-tama pahami PCD (Pitch Circle Diameter) velg Suzuki Futura. PCD merupakan jumlah lubang dan jarak antara lubang baut pada velg. Untuk Futura, mobil ini memiliki 4 lubang baut velg dan jarak antar lubang 114,3 mm, jadi PCD velg mobil tersebut adalah 4x114,3. Sementara velg yang digunakan dalam kondisi standar pabrik adalah ring 13.

Untuk bisa mengganti velg standar dengan velg lain maka harus cari velg dengan PCD yang sama juga. Sementara rekomendasi diamater velg tanpa melakukan ubahan cukup banyak di sektor kaki-kaki bisa pakai velg 14-15 inci. Namun banyak juga pemilik Suzuki Futura pick up yang sudah memasnag velg ring 16 pada kendaraannya. Tetapi pasti ada risiko dinding ban atau bibir velg membentur fender mobil saat kendaran tersebut sedang mengangkut beban berat.

2. Dibuat Lebih Ceper

Suzuki carry Futura Modif

Ceper dan pakai permainan warna cutting sticker sudah terlihat meriah

Modif mobil pick up Futura bukanlah perkara sulit. Sebab konstruksi dan komponen pada mobil tersebut memang dibuat sederhana agar mudah dalam perawatan dan perbaikannya. Termasuk juga untuk urusan komponen suspensi seperti per dan shockbreaker.

Bagian depan suspensi Suzuki Futura menggunakan jenis per ulir atau yang kerap disebut oleh mekanik dengan istilah per keong. Untuk bisa membuat bagian suspensi depan ini lebih ceper, ada dua cara yang dapat di tempuh. Yaitu dengan memotong sebagian ulir pada per tersebut sesuai kebutuhan. Atau dengan mengganti per aftermarket maupun per dari mobil lain. Untuk per mobil lain yang bisa dipasang pada suspensi depan Suzuki Futura yakni dari suspensi Suzuki Carry 1.0. Per "adik kandung" Futura ini mampu membuat suspensi depan Futura lebih ceper dari standarnya.

Sementara itu untuk suspensi belakang Futura menggunakan jenis per daun. Untuk bisa modifikasi mobil pick up Futura ceper pada bagian suspensi belakang juga tak sulit dan tidka butuh banyak biaya. Cukup lembarna per daun tersbeut dipres atau di roll menjadi lebih rata. Bahkan jika mau suspensi lebih amblas lagi, posisi per dibalik lengkungannya kemudian diganjal anting-anting supaya masih ada jarak main pada suspensi.

>>> 4 Tema Modifikasi Mobil Sedan yang Sering Diaplikasikan di Indonesia

3. Pasang Cutting Sticker

Cutting Sticker Suzuki Carry Futura

Tema cutting sticker bisa disesuaikan dengan selera Anda

Teknik selanjutnya untuk modifikasi mobil pick up Suzuki Futura adalah dengan memasang cutting sticker. Untuk proses ini Anda bebas hendak memasang stiker bertema apa. Karenanya umumnya pemilik Suzuki Carry Futura juga menerapkan tema yang sangat meriah untuk stiker yang terpasang pada kendaraannya.

Misalnya stiker bertema animasi, super hero, atau grafis yang lainnya. Bahkan pilihan warnanya pun bisa warna-warna cerah supaya terlihat semakin menarik. Posisi pemasangan juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Bisa di bagian bak barang, bisa di bagian depan mobil, atau malah pada keseluruhan bodi mobil.

4. Pasang Audio System

Modifikasi Interior Futura

Ada yang rela sampai buat dashboard custom

>>> Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Enggak Perlu Pusing Modifikasi Lagi

Langkah berikutnya jika memang hendak modifikasi mobil pick up Futura adalah memasang audio system di mobil tersebut. Adapun pemasangan audio untuk mobil ini ini juga bervariasi, mulai dari yang sederhana hanya sekedar ada piranti hiburan saat menjalani aktifitas dengan kendaraan yang dimaksud, sampai menghadirkan tata suara yang menggelegar.

Umumnya, modifikasi audio para penggemar maupun pengguna Suzuki Carry Futura adalah yang menganut konsep SPL (Sound Pressure Level). Yaitu menyodorkan sistem audio dengan tata suara yang menggelegar dengan level bass yang tinggi. Tetapi ada juga yang turut menambahkan sistem entertainment audio video sekaligus di mobil ini. Yaitu dengan menghadirkan monitor, lengkap beserta dengan perangkat karaoke.

Semuanya tentu kembali lagi kepada selera Anda. Jika ingin suara audio di Suzuki Carry Futuran milik Anda jadi perhatian di jalan, maka sebaiknya yang perlu dilakukan adalah memasang head unit, speaker, dan subwoofer. Headunit bisa pilih yang single din jika ingin budget yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, namun sebaiknya pilih yang sudah memiliki pemutar DVD, MP3, dan slot AUX In serta USB.

>>> Modifikasi Mobil Sedan Tua Bagusnya Seperti Ini

Sementara untuk perangkat pengeluar suara bisa pilih speaker model coaxial atau yang bersistem 3 way. Speaker ini bisa dipasang di pintu, sementara kalau ada tambahan tweeter bisa dipasang di atas dashbaord atau di pilar A. Lalu tambahkan pula subwoofer aktif yang bisa diletakkan di ruang kaki penumpang. Kalau mau pasang monitor, bisa pasang yang ukuran 8-10 inci lalu diletakkan di atas dashborad bagian tengah. Dengan beberapa perangkat ini saja, dijamin bisa menghasilkan suara meriah pada mobil tersebut.

Itu tadi beberapa trik saat hendak modif mobil pick up Futura. Dengan budget yang tidka terlalu besar, Anda sudah bsia mendapatkan penampilan mobil yang sangat mengundang perhatian di jalan.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu modifikasi mobil?
Modifikasi mobil adlaah merubah kondisi mobil standar dari pabrikan dengan memasang komponen aftermarket atau komponen dari mobil lainnya ke kendaraan tersebut.
Apakah modifikasi mobil merusak garansi?
Jika modifikasi dilakukan diluar bengkel resmi dan tidak memakai komponen atau aksesoris yang disesiakan pihak bengkel maupun dealer resmi, maka garansi moil akan hangus.
Berapa biaya modifikasi mobil?
Biaya modifikasi mobil sangat tergantung dari part atau komponen apa yang akan dipasang pada mobil tersebut.
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top