4 Tema Modifikasi Mobil Sedan yang Sering Diaplikasikan di Indonesia

25/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil sedan bisa dilakukan dnegan banyak cara, mulai dari yang simple seperti memasang cutting stiker, sampai modifikasi ekstrim. Nah berikut ini beberapa tema modifikasi yang sering dilakukan para pemilik mobil sedan.

Modifikasi mobil memang bisa dilakukan untuk semua jenis mobil. Tak hanya untuk mobil sedan, namun citycar, hatchback, MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), dan pick up pun bisa dimodifikasi. Namun kali ini kami akan membahas hanya untuk modifikasi mobil sedan.

Karena sedan merupakan tipe mobil yang cukup banyak tersentuh modifikasi. Baik hanya sekedar mengganti velg atau memasang cutting stiker, sampai modifikasi yang paling ekstrim pun banyak diterapkan pada mobil sedan. Selain itu hasil garapan modifikasi mobil sedan Indonesia juga tak kalah dibanding modifikasi dari negara-negara maju seperti dari Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat (AS). Uniknya, meskipun populasi mobil sedan kalah dari mobil jenis MPV, tetapi modifikasi mobil sedan di Tanah Air begitu variatif.

Secara garis besar, modifikasi mobil temasuk untuk yang tipe sedan, mengejar tiga hal, yaitu kenyamanan, penampilan, atau performa. Ketiganya bisa dilebur jadi satu yang kerap disebut modifikasi proper car atau memilih satu diantaranya. Namun dari ketiga elemen itu, sebenarnya tema modifikasi masih terbagi lagi atas beberapa macam aliran. Untuk modifikasi sedan sendiri, ada beberapa aliran modifikasi yang sering dianut para modifikator, antara lain Elegant, VIP, Racing, dan Extreme. Apa beda keempatnya? Yuk kita kulik satu per satu.

>>> Hopium Machina, Sedan Avant-Garde Bertenaga Hidrogen Pertama

1. Elegant

Modifiaksi Honda Civic Elegan

Gambar mobil sedan modifikasi elegan

Modifikasi elegan pada dasarnya bisa diterapkan pada semua jenis mobil. Tidak ada batasan untuk tipe mobil seperti apa yang bisa dijadikan modifikasi bergaya elegan, kecuali pick up dan truk. Mobil berpenggerak roda depan (FWD/Front Wheel Drive) dan penggerak roda belakang (RWD/Rear Wheel Drive) bisa masuk ke aliran modifikasi ini. Baik sedan kelas menengah ke bawah, hingga sedan medium pun sah-sah saja dicap bergaya modifikasi elegan.

Umumnya modifikasi elegan pada mobil jenis sedan adalah mementingkan kenyamanan dan penampilan dari mobil tersebut. Misalnya dengan merombak ruang kabin agar semakin cozy, memasang perangkat audio yang berkualitas lengkap dengan home entertainment, serta menerapkan suspensi udara atau lowering kit yang tetap membuat mobil masih cukup nyaman walau sudah tampilan ceper.

Tapi tak jarang juga modifikasi elegan menerapkan cara custom pada beberapa bagiannya. Seperti custom lampu depan dan belakang, custom gril depan, custom bemper depan dan bemper belakang, sampai custom fender agar velg berspesifikasi agresif bisa tetap bergerak leluasa.

2. VIP

Modifikasi Mobil VIP

Gambar modifikasi mobil sedan VIP

>>> Modal Rp 50 Juta Bisa Dapat Sedan Bekas Murah Honda Ini

Tema modifikasi VIP hampir mirip dengan elegan, sehingga banyak yang salah kaprah dan mengklaim jika modifikasi yang dilakukan adalah VIP, padahal sesunggunya lebih tepat elegan. Perbedaan paling mendasar adalah dari mobil yang dipakai untuk modifikasi.

Pada modifikasi VIP, mobil yang digunakan adalah mobil varian tertinggi dari sebuah model dari merek otomotif, bisa sedan atau MPV. Kemudian mesin mobil tersebut harus berkapasitas 2.500 cc ke atas, dan bermekanisme penggerak roda belakang atau AWD (All Wheel Drive). Sementara modifikasi yang dilakukan tidak terlalu mencolok, hanya saja material yang dipakai adalah yang berkualitas paling premium.

Misalnya untuk modifikasi mobil sedan dari Toyota, maka modifikasi VIP lebih tepat diterapkan untuk Toyota Crown Royal Saloon atau Lexus. Langkah modifikasinya bisa cukup memasang velg diameter 19 inci ke atas dari merk velg mobil ternama dari Jepang, Eropa, atau Amerika. Lantas sistem suspensi diganti pakai suspensi udara, kemudian pada interior diubah model joknya jadi sofa dengan sistem entertainment premium.

3. Racing

Modifiaksi BMW Street Racing

Yang sering diadopsi adalah tema Street racing

Dari namanya jelas kalau modifikasi beraliran racing yang dikejar adalah peningkatan performa dari mobil tersebut. Untuk tipe mobilnya sendiri tidak ada batasan pada tema aliran modifikasi yang satu ini. Hanya saja, semua aksesoris atau komponen part modifikasi yang terpasang, harus bisa membantu meningkatkan tenaga mesin atau performa dari mobil tersebut di jalan maupun di trek balap.

Misalnya dengan cara mengganti body part dengan panel berbahan serat karbon, mengganti kaca jendela dengan mika aklirik, memasang roll bar pada beberapa titik di ruang kabin, serta mencopot jok penumpang sehingga hanya menyisakan jok pengemudi. Bahkan jika perlu dashbaord juga dipangkas dengan hanya sesuai kebutuhan balap. Tentunya komponen lain seperti ban dan velg, suspensi, serta mesin juga sudah berspesifikasi performa tinggi.

Namun pada perkembangannya, tema modifikasi racing juga terbagi lagi menjadi tema Street Racing. Disini komponen yang diubah tetap mengacu pada peningkatan performa kendaraan, namun hanya untuk kebutuhan balapan liar di jalan raya. Sehingga sering kali masih banyak bagian mobil yang dibiarkan seperti aslinya. Semisal seluruh kaca jendela masih tetap berfungsi, semua jok masih terpasang hanya diganti racing seat, bentuk dashbord juga tetap dipertahankan.

>>> Begini Referensi Modifikasi Mobil Civic Biar Makin Kece

 

4. Extreme

Modifikasi Mobil Ekstrim

Gambar modifikasi ekstrim yang sudah tak terlihat wujud aslinya

Kalau modifikasi yang satu ini umumnya sudah tak meninggalkan bekas mobil standar dari pihak pabrikan. Semua komponen mobil mulai dari bodi, suspensi, mesin, sampai interior telah dirombak total. Bahkan ada modifikasi mobil sedan yang dibuat ekstrim dengan hanya menyisakan rangka dan blok mesin mobil tersebut. Sehingga kalau dilihat secara gambar mobil sedan modif itu seperti mobil lain.

Modifikasi ekstrim juga kebanyakan dibentuk secara custom, umumnya untuk body part eksterior dan interior. Sementara untuk mesin atau suspensi, sering kali menggunakan dari komponen mobil lain. Bahkan bukan cuma yang satu merek, tetapi lintas merk otomotif dilakoni. Seperti misalnya modifikasi Honda Accord tapi menggunakan mesin Chevrolet Corvette V8 jenis Big-Block.

Namun yang perlu diperhatikan, modifikasi ekstim ini biasanya sudah tak layak digunakan di jalan raya. Mengingat tingkat yang dikejar pada modifikasi ini hanyalah penampilan yang seekstim mungkin dan meninggalkan jauh kesan mobil aslinya.

Nah itu tadi beberapa jenis aliran modifikasi mobil sedan yang sering diterapkan di Indonesia. Tinggal esuaikan saja mana yang pas dengan selera Anda ya. Ingat jangan sampai salah sebut aliran modifikasi lagi!

>>> Jangan lupa untuk klik tips dan trik guna mendapatkan informasi menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa arti modifikasi mobil?
Modifikasi mobil berarti merubah kondisi standar dari mobil tersebut dengan memasang komponen aftermarket.
Apa saja bagian mobil yang bisa dimodifikasi?
Hampir semua komponen pada sebuah mobil sebenarnya bsia dimodifikasi.
Apakah modifikasi merusak garansi pabrik?
Jika modifikasi tidak memakai komponen yang dijual oleh pabrikan tersebut dan tidak dilakukan di bengkel resmi, maka garansi akan gugur.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top