Tips Aman Modifikasi Sedan Tua Agar Tak Over Budget

26/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Modifikasi sedan tua harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. Supaya nantinya hasil modifikasi yang Anda lakukan dengan susah payah mendapat apresiasi dari banyak orang. Ingat, modifikasi mobil bukan mobil gue gimana gue ya!

Memiliki mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun wajib memperlakukannya sedikit berbeda. Mengingat kondisi mobil sudah tak seperti dulu lagi sehingga bisa saja terjadi masalah apabila diperlakukan dengan buruk. Sehingga banyak modifikasi mobil tua dilakukan agar tampilannya tetap menawan.

Sebenarnya modifikasi sedan tua banyak dilakukan oleh si pemilik mobil. Namun kalau Anda satu dari beberapa pemilik sedan tua dan hendak modifikasi maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, supaya tampilan mobil tetap istimewa dan tentu saja tidak over budget.

1. Jangan Keluar dari Kodratnya

Sedan Jaguar Modifikasi Offroad

Jangan sampai modifiaksi keluar dari kodratnya dan jadi bahan tertawaan orang lain

Hal paling utama yang wajib diperhatikan saat modif mobil sedan tua adalah jangan menyalahi "kodrat" dari mobil tersebut. Jadi misalkan mobil itu jenisnya adalah sedan empat pintu, janganlah Anda melakukan modifikasi sedan lama yang melenceng dengan dibentuknya untuk dijadikan mobil offroad, atau dipaksakan agar berubah jadi seperti limousine.

Karena mempertahankan kondisi fisik dari mobil lawas lebih bernilai daripada merombaknya secara berlebihan. Selain akan tidak bagus dilihat, modifikasi yang menyimpang terlalu jauh dari wujud asli mobil tersebut akan merusak kenyamanan dari mobil yang bersangkutan.

>>> 4 Tema Modifikasi Mobil Sedan yang Sering Diaplikasikan di Indonesia

2. Kembalikan ke Kondisi Semula

Tips modif sedan lama yang juga bisa Anda jalani adalah mengembalikan kondisi mobil tersebut sama seperti pada masa kejayaannya dulu. Misalnya jika aslinya mobil tersebut memakai steel wheel alias velg besi, dan kondisi sekarang sudah diganti velg aftermarket, maka tukar kembali velg aftermakret tersebut dengan velg besi yang memang diproduksi untuk mobil itu.

Modifiaksi Mobil Retro

Lakukan restorasi agar kondisi modifikasi sedan tua Anda kembali seperti masa kejayaannya dulu

Proses pengembalian kondisi mobil tua seperti dulu saat keluar dari dealer kerap disebut restorasi. Untuk mencapai kondisi ini pasti Anda akan menemui banyak kendala. Mulai dari proses pengerjaan yang mungkin lebih sulit dari perkiraan awal akibat kondisi mobil yang sudah usang. Atau kesulitan karena komponennya sudah tak lagi diproduksi, sehingga Anda harus mencari ke luar kota atau bahkan ke luar negeri dari penjual-penjual junk yard online.

Jangan putus asa apabila menghadapi kondisi seperti ini. Karena disitulah seni dalam membangun mobil tua. Dan jika semua sudah berhasil dilakukan, Anda akan mendapat apresiasi dari banyak orang yang melihat kondisi hasil modifikasi sedan tua tersebut.

>>> Begini Referensi Modifikasi Mobil Civic Biar Makin Kece

3. Pakai Komponen dari Negara Asalnya

Modifikasi sedan tua atau mobil lawas yang lain bisa juga mengacu pada mobil-mboil serupa namun yang dipasarkan di negara lain. Modifikasi ini kerap disebut dengan style OEM Look. Yaitu modifikasi bergaya OEM (Original Equipment Manufacturer) tetapi dengan melihat dari mobil yang ada di negara lain. Misalnya Anda hendak modifikasi mobil sedan lama dari Toyota Corolla, maka Anda bisa contek penampilan Toyota Corolla yang ada di Jepang, Eropa, atau Amerika Serikat (AS). Karena sedan Toyota ini juga dipasarkan di banyak negara lain, selain Indonesia.

Untuk proses modifikasi sedan lama bergaya OEM Look ini, pertama-tama Anda harus lebih dulu mengembalikan kondisi mobil tersebut agar fit lagi. Segarkan kembali bodi, suspensi, dan komponen pada mesin. Setelah mobil sudah segar lagi, barulah perburuan komponen OEM bisa dimulai.

Honda Accord OEM Look

Cari referensi tentang model mobil yang sama namun dijual di negara lain

Caranya Anda bisa cari brosur-brosur mobil tersebut yang dipasarkan di luar negeri sebanyak-banyaknya. Lalu tentukan apakah Anda mau berkiblat pada gaya OEM dari Jepang, Eropa, atau AS. Karena masing-masing negara pasti punya ciri khas tersendiri dari model yang sama. Atau Anda bisa juga mengkombinasikan ketiganya asalkan dipadupadankan dengan serasi.

Jika sudah, maka tinggal hunting komponen dan aksesoris yang terpasang dari mobil-mobil yang dijual di negara-negara tersebut. Pencarian ini akan lebih sering dilakukan dengan pembelian komponen dari negara asalnya. Anda bisa gunakan penjual-penjual online seperti eBay, atau mungkin meminta bantuan teman yang biasa hunting komponen halfcut dari negara-negara lain.

>>> Trik Modifikasi Mobil Avanza Simple Tapi Keren

4. Gunakan Aksesoris yang Sesuai Masanya

Terakhir agar mobil sedan lama modifikasi tampak serasi dan tidak norak, maka sebaiknya gunakan aksesoris yang sesuai dengan masa jaya mobil tersebut. Hal ini untuk memberikan nilai tambah terhadap mobil itu agar tak terlihat sekedar mobil tua yang masih terawat, tapi juga menjadi mobil tua yang istimewa.

Modifikasi Toyota Corolla Retro

Komponen modifikasi sedan tua sebaiknya dipilih yang sesuai masanya

Misalnya untuk modifikasi mobil lawas tahun 1980-an, Anda bisa gunakan velg yang juga diproduksi tahun yang sama lalu dipadukan ban white stripe. Kemudian Anda bisa gunakan spion tanduk di fender, tape mobil model kaset, atau gunakan jok racing dari Recaro tapi dengan motif pelapis joknya bertema retro.

Tips terakhir dari kami saat hendak modifikasi mobil sedan tua atau mobil lawas jenis lainnya adalah bersabar dan jangan malas hunting aksesoris atau komponen di pusat-pusat junk yard. Karena di tempat-tempat seperti itulah terkadang Anda bisa menemukan "harta karun" untuk modif mobil sedan tua Anda. Dan kalau penampilan mobil Anda sudah istimewa, bukan tak mungkin mobil itu akan ditawar oleh orang lain dengan harga sangat tinggi. Bisa jadi investasi bukan?!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan pengalaman merawat mobil yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu modifikasi mobil?
Modifikasi mboil adalah merubah tampilan atau bentuk mobil dengan menggunakan komponen aftermarket atau dari komponen mobil yang lainnya.
Apa itu mobil sedan tua?
Mobil sedan tua adalah mobil jenis sedan yang umumnya sudha berusia lebih dari 10 tahun. Misalnya mobil-mobil sedan yang diproduksi tahun 1870-an atau 1980-an.
Berapa biaya modifikasi mobil?
Biaya untuk modifikasi mobil relatif, tergantung dari apa yang diubah dari mobil tersebut. Jika hanya sekedar memasang cutting sticker, maka biayanya mulai dari Rp 50.000-an saja.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top