Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

03/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Modifikasi mobil Feroza bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun umumnya ada yang diubah bertema elegan atau dibuat ala mobil offroad. Nah berikut ini triknya kalau mau modif Daihatsu Feroza.

Modifikasi mobil Feroza banyak dilakukan para pemilik mobil ini dengan harapan kendaraannya tetap terlihat menarik. Tak heran, mengingat Daihatsu Feroza bukanlah mobil keluaran terbaru. Bahkan dahulu, mobil ini kerap dicibir hingga diberi julukan negatif sebagai "jip banci".

Diperkenalkan pertama kali oleh Daihatsu di tahun 1993, Feroza merupakan Daihatsu Taft bermesin bensin. Mesin yang digunakan berkode HD-C 1.600 cc yang dikombinasikan transmisi manual 5 percepatan. Mengingat penjualannya yang tidak sesukses Taft, produksi Feroza pun dihentikan tahun 1999 dan diganti Daihatsu Taruna yang justru lebih sukses dari Feroza.

Selain mesin, sebenarnya nyaris tak ada perubahan signifikan antara Daihatsu Feroza dengan Daihatsu Taft generasi keempat. Sehingga sering kali aksesoris untuk Taft juga bisa jadi variasi mobil Feroza. Bahkan gaya modif mobil Feroza juga banyak yang dijadikan ala mobil offroad sebagaimana para pemilik Daihatsu Taft memodifikasi mobilnya.

Nah kalau Anda saat ini memiliki Feroza dan ingin membuatnya terlihat lebih keren, maka berikut ini Cintamobil.com berikan referensi modifikasi Daihatsu Feroza yang mungkin sesuai dengan selera Anda.

>>> Model Dan Warna-Warni Modifikasi Daihatsu di Tokyo Auto Salon 2021

Feroza Modifikasi Elegan

Menjadikan tampilan elegan dari sebuah Daihatsu Ferosa sebenarnya tidaklah sulit. cukup kembalikan kondisi fisik dari mobil berusia 20 tahunan itu seperti saat masa kejayaannya dulu juga sudah cukup untuk membuatnya terlihat menawan. Untuk bisa modifikasi mobil Feroza bergaya elegan, maka cukup perhatikan beberapa sektor berikut ini:

1. Restorasi Kondisi Eskteriornya

Modifikasi Mobil Feroza Elegan Simpel

Modifikasi Daihatsu Feroza simpel elegan

Supaya tampil lebih elegan, maka sebelum melakukan modifikasi Daihatsu Feroza, maka sebaiknya kembalikan dulu kondisi fisik kendaraan tersebut. Mulai dari bagian bodi, Anda bisa lakukan restorasi total. Yaitu mengerok semua lapisan cat di mobil tersebut untuk memastikan tidak ada bagian bodi yang keropos akibat terserang karat. Maklum, usia Feroza mungkin ada yang sudah lebih dari 25 tahun. Jika semua karat sudah teratasi, maka langkah berikutnya adalah cat ulang seluruh bodi. Bisa pakai warna lebih muda atau kalau tetap ingin pakai seperti warna original juga tak masalah.

2. Pasang Velg Besar

Daihatsu Feroza modif elegan

Pakai velg besar terlihat lebih elegan

Jika urusan bodi sudah kelar, maka langkah modif mobil Feroza bergaya elegan berikutnya adalah dengan mengganti velg dan ban. Anda bisa pilih ukuran velg 16 inci atau 17 inci dengan ban untuk penggunaan di jalan aspal bukan yang punya profil tapak kasar. Namun perlu diingat, sebelum ganti velg, pastikan PCD dari velg tersebut berukuran 5x139,7 supaya bisa muat dengan baut roda milik Daihatsu Feroza.

>>> Tips Modifikasi Mobil Espass Biar Tetap Nyaman Buat Harian

3. Lapis Ulang Seluruh Kabin

Modifikasi Interior Daihatsu Feroza

Kalau sudah seperti ini, kabin Feroza jadi terlihat mewah

Langkah berikutnya untuk membuat penampilan modif mobil Feroza elegan adalah dengan menyentuh sektor interior. Guna membuat ruang kabin terlihat lebih elegan dan mewah, Anda bisa lapis ulang semua panel interior dengan material baru. Bahannya bisa menggunakan kulit sintetis supaya biayanya tidak begitu membengkak dan perawatannya mudah. Beri lapisan bukan cuma di jok, tapi juga dasbor, doortrim, plafon, dan karpet lantai sehingga nuansa interior benar-benar terlihat baru. Untuk jok penumpang belakang juga bisa pilih variasi mobil Feroza berupa jok hadap depan yang banyak dijual umum.

>>> Pilihan Jok Mobil Variasi untuk Membuat Interior Lebih Keren

4. Pasang Audio System Berkualitas

Modifikasi Audio Daihatsu Feroza

Ruang belakang bisa buat penataan audio

Terakhir untuk langkah modifikasi mobil Feroza bergaya elegan adalah dengan memasang sistem tata suara yang berkualitas. Anda bisa pasang headunit dengan sistem layar sentuh, kemudian speaker, tweeter, dan ditambahkan subwoofer. Kalau perlu tambahkan juga sedikit kosmetik audio supaya lebih terlihat wah.

Modifikasi Mobil Feroza Offroad

Selain bergaya elegan, modif mobil Ferosa yang umum dilakukan adalah tampilan ala mobil offroad. Ciri utamanya adalah pakai ban besar dan suspensi yang ditinggikan. Lalu seperti apa supaya bisa membangun mobil Feroza modifikasi offroad? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Bikin Feroza Modif Tinggi

Modifikasi Suspensi Feroza

Bikin jangkung supaya mudah melintas di trek offroad

Hal pertama untuk bisa membuat tampilan mobil offroad pada sebuah Daihatsu Feroza adalah memperhatikan suspensi kendaraan tersebut. Pastikan bodi memiliki jarak ke tanah yang lebih tinggi dari standarnya sehingga tidak kesulitan saat harus mengarungi jalan berbatu atau berlumpur. Caranya bisa dengan bodylift atau suspension lift. Anda bisa konsultasikan dengan bengkel spesialis kaki-kaki untuk bisa membuat Daihatsu Feroza kesayangan Anda bodinya lebih tinggi.

2. Modifikasi Mobil Feroza Ban Besar

Modifikasi Feroza Ban Besar

Pakai ban besar offroad sudah bikin Feroza jadi lebih kerean

Setelah bodi sudah jauh lebih jangkung, maka langkah berikutnya adalah ganti ban dengan ukuran lebih besar. Misalnya jika ban standar hanya pakai ukuran 28, maka bisa pasang ban ukuran 31 atau bahkan 32. Namun lebh baik, sesuaikan juga velg yang dapat mengakomodir kebutuhan ban ukuran yang diinginkan itu.

>>> Tips Kalau Ingin Modifikasi Mobil Truk Canter, Makin Meriah Makin Menarik

3. Pasang Aksesoris Offroad

Modifikasi Feroza Offroad

Ganti gril, pasang snorkle, dan lampu tebak

Apabila sektor kaki-kaki semuanya sudah beres, barulah bisa tambahkan variasi mobil Feroza yang sesuai dengan tema offroad. Misalnya dengan modifikasi bemper mobil Feroza dengan pakai ala bemper ARB. Lalu bisa pasang overfender aftermarket yang juga banyak dijual di toko aksesoris. Jangan lupa pasang juga tali Winch dan lampu tembak biar modifikasi mobil Feroza offroad benar-benar maksimal.

Untuk sektor mesin, sebenarnya dengan mengembalikan kondisi jantung pacu Daihatsu Feroza agar kembali sehat, sudah cukup jika mobil ini hanya untuk kebutuhan harian, baik setelah dimodif gaya elegan maupun offroad. Tapi jika tenaganya ingin lebih kuat, maka bisa perhatikan jalur udara masuk dan keluar, sistem pengapian, atau mungkin aplikasikan turbo. Namun sebaiknya lakukan modifikasi mesin sesuai kebutuhan pemakaian kendaraan tersebut ya.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja jenis modifikasi mobil?
Modifikasi mobil umumnya terbagi dalam beberapa tema, yaitu VIP, Elegant, Racing, dan Extreme
Berapa biaya modifikasi mobil?
Modifikasi mobil membutuhkan biaya tergantung dari komponen yang diubah atau dipasang. Jika hanya memasang cutting stiker, maka biayanya mulai dari Rp 50.000-an.
Berapa lama waktu untuk modifikasi mobil?
Lama pengerjaan modifikasi mobil juga tergantung komponen yang diubah dan dipasang. Ada yang 1-2 jam selesai, ada yang bisa hingga 3-5 bulan.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top