Tips Modifikasi Mobil Espass Biar Tetap Nyaman Buat Harian

29/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Tips Modifikasi Mobil Espass Biar Tetap Nyaman Buat Harian
Modifikasi mobil Espass memang boleh sesuka selera Anda. Tapi kalau mobil ingin menjadi nyaman dan penampilannya terlihat bugar meski usianya sudah lebih dari 20 tahun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Modifikasi mobil tak selamanya harus di mobil baru. Modifikasi mobil-mobil tua pun jamak saja dijalani. Namun perlu diperhatikan saat melakukan modifikasi mobil tua. Karena sedikit saja ada kesalahan, maka kondisi mobil akan semakin buruk dan sulit untuk mengembalikan lagi pada keadaan awal.

Misalnya saat hendak modifikasi mobil Espass. Daihatsu Zebra Espass merupakan mobil 7 penumpang berdimensi compact yang mulai diperkenalkan Daihatsu di Indonesi pada tahun 1995. Posisinya saat itu menggantikan Daihatsu Hijet. Mesinnya berkapasitas 1300 cc dan 1600 cc karburator atau 1500 cc injection. Dan pada masanya mobil ini cukup digemari sampai era awal tahun 2000-an sebelum digantikan posisinya dengan Gran Max.

Lantaranausia mobil yang sudah lebih dari 20 tahun, maka saat modif mobil Espass juga perlu hati-hati. Ada baiknya tidak memasang variasi mobil Espas berlebihan dan modifikasi dengan cara mengmbalikan kondisi mobil seperti pada masa kejayaannya dulu. Sehingga mobil akan lebih nyaman dikendarai dan dapat diandalkan untuk dipakai beraktifitas sehari-hari.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan aat hendak modifikasi mobil Espas:

1. Kembalikan Kondisi Bodinya

Daihatsu Espass biru

Pastikan dulu kondisi bodi mobil tidak ada karat

Karena dimakan usia, maka bukan tidak mungkin bodi mobil sudah mengalami cacat pada beberapa bagian. Bukan hanya kondisi cat eksteriornya saja yang boleh jadi sudah tak lagi mengkilap, tapi ada kemungkinan muncul karat di sana sini.

Untuk itulah sebelum melakukan tindakan modifikasi mobil Espass ke tahap lebih lanjut, maka ada baiknya kembalikan dulu kondisi bodi mobil agar bugar lagi. Anda bisa mendatangi bengkel-bengkel body repair untuk melakukan pengerjaan ini. Pastikan seluruh cat di kerok total agar bagian-bagian yang terdapat karat bisa terlihat dan diperbaiki. Utamanya pada bagian atap dan kolong mobil yang sering menjadi tempat bersarangnya karat

Setelah karat dihilangkan, barulah Anda bisa mulai mengecat ulang seluruh bodi mobil tersebut. Cat yang dipilih bisa disesuaikan dengan warna asli mobil, atau bisa pula diambil warna yang lebih muda. Misalnya jika warna asli mobil hijau tua, Anda bisa pakai cat warna hijau muda. Selama tidak menyimpang dari keterangan warna pada BPKB dan STNK, maka sah-sah saja mobil tersebut tampil dengan sedikit warna yang lebih segar.

>>> Trik Modifikasi Mobil Avanza Simple Tapi Keren

2. Benahi Interiornya

Modifikasi Jok Mobil Espass

Cukup pasang cover jok paten sudah bisa merubah penampilan kabin

Modifikasi Daihatsu Espas selanjutnya adalah dengan modifikasi interior mobil. Mengingat kondisi mobil yang dipertuntukkan sebagai kendaraan keluarga, maka tidak salah rasanya untuk melakukan modifikasi interior mobil Daihatsu Espass tersebut dengan membuatnya jadi lebih nyaman.

Caranya dengan memasang cover jok baru menggunakan teknik jahitan permanen alias jok paten. Jangan lupa, kalau kondisi jok sudah mulai tipis akibat termakan usia, Anda bisa tambahkan busa pelapis supaya jok bisa tetap nyaman untuk diduduki dalam jangka waktu lama.

Selanjutnya supaya nuansa kabin juga bisa ikut terlihat lebih muda dari usia mobil, modifikasi interior mobil bisa dengan memilih kombinasi warna-warna muda. Misalnya cokelat muda dengan putih atau krem, atau disesuaikan dengan warna eksterior mobil tersebut. Sementara pilihan bahannya disesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan. Kalau mau terjangkau tentu bisa pilih material semi kulit, tapi kalau mau yang premium dan lebih nyaman, ya silahkan pilih yang pakai kulit asli atau genuine leather.

Selain jok, Anda juga bisa melapis ulang dengan bahan yang sama untuk dashboard, doortrim, dan plafon. Kemudian supaya penerangan kabin di malam hari juga lebih baik, ganti lampu kabin menggunakan bohlam LED sebagai variasi mobil Espas. Harganya murah kok, tapi punya pencahayaan lebih terang dari pada bulb biasa.

>>> Begini Referensi Modifikasi Mobil Civic Biar Makin Kece

3. Rekondisi Suspensinya

Stabilizer Daihatsu Espass

Pasang variasi peningkat kenyamanan seperti stabilizer

Modifikasi mobil Espass berikutnya yang juga turut andil menciptakan mobil tersebut kembali nyaman dipakai harian adalah sektor kaki-kaki. Mungkin mobil sudah melakukan tugasnya cukup lama sehingga bagian suspensi juga telah waktunya untuk diganti. Sehingga merekondisi sektor ini adalah jalan terbaik.

Untuk mengembalikan kenyaman suspensi Daihatsu Zebra, Anda tinggal melakukan penggantian per ulir untuk suspensi bagian depan. Meskipun mungkin kondisi per tersebut masih baik-baik saja, tetapi Daihatsu Espass juga terkenal dengan bantingan suspensinya yang sedikit keras. Sehingga untuk modifikasi Daihatsu Espass agar sedikit lebih nyaman, bisa ganti per depan dengan per mobil lain yang ulir pernya lebih rapat.

Sementara untuk suspensi belakang yang masih pakai sistem per daun alias leaf spring, bisa cek juga kondisi per mobil tersebut. Apabila kondisinya baik-baik saja tapi tetap terasa keras, maka bisa ganti dengan per daun dari mobil lain yang cocok untuk modifikasi Daihatsu Espass Anda.

Untuk kebutuhan modif mobil Espass di sektor kaki-kaki ini, Anda bisa konsultasikan dengan bengkel suspensi yang sudah dipercaya. Karena sebenarnya modifikasi mobil Espass supaya bisa semakin nyaman bukanlah hal sulit.

>>> Spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016

4. Kembalikan Performa Mesinnya

Mesin Diahatsu Espass

Sehatkan kembali mesin, maka mobil akan nyaman meski digunakan sehari-hari

Terakhir jika kondisi mobil secara penampilan sudah kembali menarik dan segar, maka modifikasi Daihatsu Espas selanjutnya adalah memperhatikan sektor mesin. Untuk Espass yang masih pakai sistem karburator, maka bisa benahi dan besihkan karburator tersebut. Lakukan juga penyetelan klep mesin dan membenhai kompresi mesin agar kembali maksimal.

Memutuskan untuk menggunakan variasi mobil Espas demi meningkatkan performa mesin juga tak salah dilakukan. Misalnya memasang filter udara aftermarket, mengganti header dan pipa knalpot dengan yang baru berbahan steinless, serta jangan lupa ganti oli dan filter olinya supaya mesin kembali bugar.

Kalau kondisi mobil tersebut sudah segar lagi, maka hasil modifikasi mobil Espass yang telah Anda lakukan akan mengundang decak kagum orang lain. Mengingat tak banyak orang yang masih memelihara Daihatsu Espass sampai saat ini.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan infromasi menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa yag dimaksud modifikasi mobil?
Modifikasi mobil adalah merubah bentuk atau penampilan komponen mobil dnegan memasang komponen aftermarket atau dari mobil yang lainnya.
Berapa biaya modifikasi mobil?
Biaya modifikasi mobil sangat tergantung dari perubahannya. Kalau hanya komponen kecil yang bersifat aksesoris tampilan, maka harganya mulai dari puluhan ribu rupiah.
Apakah modifikasi bisa merusak mobil?
Kalau modifikasi dilakukan dengan benar dan diperhitungkan dengan seksama, maka modifikasi malah akan memberikan nilai tambah untuk mobil tersebut.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ini Sebabnya Penjualan Daihatsu Xenia Tahun 2020 Keok

17/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Daihatsu Xenia tahun 2020 merosot. Daihatsu menyebut ada salah satu penyebab penjualan Xenia bisa merosot dan kalah banyak dari sang adik, Sigra.

Lihat juga

Sigra, Gran Max,Terios Kerek Pangsa Pasar Daihatsu di Indonesia

15/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Market share Daihatsu tahun 2020 lalu naik menjadi 17,3%, dan kenaikan tersebut disebabkan oleh tiga produk unggulan Daihatsu berikut ini, apa keistimewaannya?

Lihat juga

Biaya Servis Daihatsu Sigra Ternyata Hanya Segini

12/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Biaya servis Daihatsu Sigra menjadi yang paling terjangkau di antara para rival-rival sekelasnya, tapi sebenarnya berapa sih biaya servis Daihatsu Sigra?

Lihat juga

Model Dan Warna-Warni Modifikasi Daihatsu di Tokyo Auto Salon 2021

29/12/2020

Event - Promosi

3 menit

Daihatsu mengungkapkan beberapa model modifikasi yang akan dipamerkan pada Tokyo Auto Salon 2021 yang berlangsung secara virtual pada 15 Januari 2021 mendatang.

Lihat juga

Inspirasi Modifikasi Daihatsu Ayla Mobil Ucok Baba

09/11/2020

Perawatan dan service

3 menit

Modifikasi mobil Ucok Baba di Daihatsu Ayla miliknya ini bisa menginsipirasi bagi para kaum difabel, hebatnya ubahan ini bisa dipasang langsung oleh Ucok Baba

Lihat juga
 
back to top