Spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016

08/01/2018
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Bicara tentang minibus, Gran Max merupakan salah satu minibus yang cukup digandrungi oleh keluarga Indonesia. Bagaimana tidak, salah satu jagoan Daihatsu untuk urusan sales ini memang mampu menarik atensi pecinta otomotif yang senang bepergian bersama sanak famili mengarungi medan-medan berskala menengah dan jauh. Selain itu, harga dari mobil ini juga boleh dibilang cukup kompetitif. Tahun lalu, Daihatsu resmi mengeluarkan Gran Max 2016. Bagaimana spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016 ini?

PENGANTAR Daihatsu Gran Max 2016

Gambar mobil Daihatsu Gran Max 2016 berwarna putih dilihat dari bagian depan

Gran Max menjadi mobil andalan keluarga Indonesia

Spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016 - Grand Max merupakan mobil yang masuk dalam kateori mobil MVP. Mobil yang memulai debutnya pada tahun 2007 ini memang bisa dibiang sebagai mobil yang fleksibel. Gran Max sendiri resmi masuk ke pasar otomotif Indonesia pada tahun 2008 ini juga bisa dikondisikan untuk menampung barang bawaan dengan jumlah cukup besar. Jadi bisa disimpulkan, Gran Max merupakan mobil serbaguna yang pernah diproduksi oleh Daihatsu.

Di samping serbaguna, Gran Max juga merupakan mobil yang bertenaga, irit bahan bakar dan memiliki harga yang cukup kompetitif. Untuk poin kedua dan ketiga, rasanya tak heran jika banyak konsumen berpaling dan memilih mobil ini sebagai spesialis mobil keluarga. Untuk pasar Indonesia, mobil ini dibagi menjadi dua spesifikasi mesin yakni 1.300 cc dan 1.500. Lantas, seperti apa wujud dari mobil ini? Cintamobil.com telah merangkum spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016 untuk anda. Selamat membaca.

EKSTERIOR Daihatsu Gran Max 2016

Dari sisi terluarnya, Gran Max memiliki desain yang tak terlalu besar serta ramping untuk ukuran minibus. Meskipun demikian, mobil ini sendiri memiliki wujud yang cukup memukau. Tak ketinggalan pula, Daihatsu selaku pabrikan juga menyematkan konsep Semi Bonnet yang membuatnya tampil begitu aerodinamis. Sebagai awal, ada baiknya jika kita mendedah secara terperinci bagian terluar dari mobil ini.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Daihatsu Gran Max 2016 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tak banyak perbedaan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya

Pada bagian depan, Gran Max memiliki tampilan yang cukup menarik. Desain grill berwujud dua tingkat dibuat dengan bentuk yang cukuk kecil. Sementara pada lampu utama mobil ini cukup besar bahkan menjorok hingga ke bagian samping. Lampu yang masih disemati teknologi halogen ini cukup mampu untuk memberikan pencahayaan yang cukup maksimal. Sementara di sisi bumper, kesan aerodinamis juga ditampilkan berkat keberadaaan rongga udara berukuran kecil di bagian tengah bumper.

  • Desain Bagian Samping

Gamabr mobil Daihatsu Gran Max 2016 berwarna hitam dilihat dari sisi samping

Sliding door yang menjadi trademark, masih dipertahankan

Bergeser ke sisi samping, sliding door yang sudah menjadi ciri khas mobil ini tetap dipertahankan. Di luar pintu geser tersebut, sisi samping Gran Max kurang lebih sama dengan seri-seri terdahulunya. Sebagai penambah citarasa mini bus, roda berukuran besar juga dihadirkan disini guna membuat aura Gran Max sebagai mobil yang kokoh tetap terasa.

  • Desain Bagian Belakang

Gamabr mobil Daihatsu Gran Max 2016 berwarna putih dilihat dari bagian belakang

Kesan minimalis disajikan Daihatsu untuk Gran Max

Di bagian belakang, mobil ini tampil sederhana dengan tak membawa kesan yang rumit. Di bagian buritannya, mbil ini hanya dilengkapi dengan stop lamp, spoiler line dan kaca berukuran besar. Tak ada kesan istimewa yang bisa ditemukan di bagian belakang Gran Max.

>>> Baca juga:

INTERIOR Daihatsu Gran Max 2016

Setelah menilik sisi luar dari Gran Max, kini tiba waktunya untuk membedah sisi dalam dari mobil ini. Salah satu headine interior pada mobil ini adalah besarnya ruang yang tersedia. Dengan hitungan kasar, Gran Max mampu menampung 9 hingga 11 penumpang. Wow, cukup luas bukan? Bisa dipastikan, generasi satu keluarga bisa masuk ke dalam mobil ini. Di samping luasnya ruang yang disediakan, Daihatsu juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang kenyamanan para penggunanya dalam melintasi berbagai medan.

  • Dashboard

Warna hitam mendominasi bagian dashboard

Di bagian dashbard, Gran Max memiliki desain yang modern nan ergonomis untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya. Selain itu, tersemat panel multimedia yang siap suguhkan musik terbaik sepanjang perjalanan dalam wujud perangkat digital maupun analog. Di samping itu, port usb pada sisi sampingnya juga bisa digunakan untuk mencharge gadget kesayangan sehingga bisa terus aktif sepanjang perjalanan. Sebagai output suara, Gran Max juga sudah dilengkapi dengan speaker aktif yang siap memekanan suara ke bagian kabin tanpa terkecuali. Di bagian dashboard juga telah disematkan Ac yang fungsinya sudah sama-sama kita ketahui.

  • Setir

Sisi setir masihh terkesan sederhana, bahkan cenderung apa adanya

Bergerak ke bagian lingkar kemudi, Gran Max memiliki setir yang sudah powersteering sehingga pengemudi bisa dengan mudahnya melakukan bantingan saat mobil diharuskan membelok. Sayangnya, sisi lingkar kemudi ini belum dilegkapi dengan steering swich control. Sehingga, pengemudi harus menyentuh panel multimedia di dashboard apabila ingin mengganti musik ataupun memperbesar dan memperkecil volume sesuai dengan keinginan. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula panel speedometer analog yang siap suguhkan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penguanaan bahan bakar, kecepatan yang tengah digunakan hingga jarak tempuh yang dilalui. Di sebelah kiri juga tersemat ruang untuk meletakan gelas maupun koin.

  • Kursi 

Ruang yang disediakan pada bagian ini cukup maksimal

Pada sisi kursi, tepatnya di kursi bagian depan, pengemudi maupun penumpang bisa mendapatkan kenyamanan ekstra karena kedua seat tersebut sudah dilengkapi dengan sliding seat yang bisa dimaju-mundurkan sesuai selera. Dengan demikian, penumpang bagian depan, khususnya mereka yang memiliki kaki jenjang tak perlu khawatir dengan terbatasnya ruang kaki yang disediakan. Selain itu, seluruh seat yang tersemat juga sudah disematkan 3 Poit ELR Seat Belt yang memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pengemudi dan beberapa penumpang pada bagian baris depan. Namun sayangnya, ruang yang disediakan bagi penumpang baris ketiga cukup minim sehingga dirasa kurang nyaman. Namun untuk space duduk anak-anak, ruang ini dirasa masih cukup mumpuni.

  • Bagasi

Ruang yang disediakan untuk menampung barang cukup maksimal

Bergerak ke ruang kargo atau penyimpanan, Gran Max memiliki ruang yang cukup mumpuni untuk menyimpan berbagai barang berskala besar mulai dari tas, ransel dan berbagai keperluan pergi jauh lainnya. Apabila ruang yang disediakan dirasa kurang, seat bagian kedua dan ketiga bisa dilipat. Namun pelipatan seat tersebut juga akan berimbas pada berkurangnya volume penumpang di bagian kabin. Secara keseluruhan, interior Gran Max memang terbilang luas dan mumpuni untuk enampung banyak penumpang. Di samping itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang siap menunjang keamanan dan keselamatan para penggunanya sepanjang perjalanan. Namun sayangnya, sisi kabin masih belum terlalu kedap sehingga raungan mesin maupun noise yang terjadi dari luas bisa dengan mudahnya menelusup ke bagian kabin.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Daihatsu Gran Max 2016

Gambar mobil Daihatsu Gran Max dengan ruang kabin yang luas

Hal yang membuat mobil ini spesial adalah ruang yang mereka sediakan, cukup luas

Terkait fitur lain yang disediakan, Gran Max sudah dilengkapi dengan Monocoque Body yang siap berikan peredaman maksimal saat mobil mengalami benturan dan kecelakaan yang mungkin akan terjadi kapan saja. Selain chasiss yang kuat, mobil ini juga dilengkapi dengan air intake yang diletakan sedikit ke atas. Sehingga, meski air menggenagi medan, mobil ini akan tetap aman dan resiko mati mesin akan sangat kecil. Saat musim penghujan tiba, dan banjir kecil menyelimuti jalan, Gran Max tak akan terpengaruh. Di sisi lainnya, Gran Max juga sudah dilengkapi dengan suspensi lengkap dengan per keong-nya yang siap meredam berbagai guncangan saat mobil dipacu di medan yang tak rata dan kurang bersahabat. Kehadiran per keong ini juga memberikan perbedaan tersendiri dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Selain itu, berbagai fitur tambahan juga disematkan seperti hadirnya Fuel Lid Opener yang berfungsi sebagai pembuka bensin dari bagian kabin. Dengan demikian, penggunanya tak perlu lagi repot keluar dna membuka penutup bensin saat ingin melakukan pengisian bahan bakar. Sayangnya untuk fitur keamanan, Gran Max dirasa kurang mumpuni karena tak ada fitur anti thief yang berarti di bagian kabin. Hal ini mungkin bisa dimaklumi karena mungkin Daihatsu sengaja mempressing harga agar mobil ini tetap bisa dimiliki dengan harga yang kompetitif.

OPERASI Daihatsu Gran Max 2016

Mesin yang cukup besar ini ternyata irit bahan bakar loh

Setelah membahas sisi eksterior, interior dan fitur, kini tiba waktunya untuk membedah sistem operasi Daihatsu Gran Max 2016. Mini bus ini sudah dilengkapi dengan dua tipe mesin berbeda yakni 1,3 dan 1,5 liter. Mesin pertama yang berkapasitas 1,3 liter sudah dilengkapi dengan mesin K3-DE dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 88 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 11.7 Kgm pada putaran mesin  4.400 RPM. Melalui mesin tersebut, Gran Max dirasa cukup kompetibel untuk membelah medan perkotaan.

Sementara untuk mesin kedua berkapasitas1,5 liter, Gran Max menggunakan mesin 3SZ-VE dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dengan VVT-i guna berikan performa maksimal. Selain itu, mesin tersebut juga mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 97 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dan 13.7 Kgm pada putaran mesin 4.400 RPM. Cukup lumayan bukan? Sekedar catatan kedua mesin tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem pembakaran Electronic Fuel Injection (EFI) guna menghasikan pembakaran yang stabil sekaligus menekan konsumsi bahan bakar.

spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016

Bagaimana dengan spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016 ini? Cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda dalam bentuk tabel. Semoga bisa menjadi tambahan referensi.

 

Mesin Daihatsu Gran Max

 

Mesin 1.3 Liter

Mesin 1.5 Liter

Seri mesin

K3 – DE, DOHC

3SZ – VE, DOCH VVTi

Kubikasi

1298 cc

1495 cc

Tenaga Maksimum

88PS/6000rpm

97PS/6000rpm

Torsi Maksimum

11,7Kg.m/4400 rpm

13,7Kg.m/4400rpm

Transmisi

Manual with 5 Speed

Manual with 5 Speed

Dimensi Daihatsu Gran Max

Panjang Keseluruhan

4405  mm

Lebar Keseluruhan

1665  mm

Tinggi Keseluruhan

1900  mm

Jarak Poros Roda

2650  mm

Tempat Duduk

9-11 Seats

Ban

165 R13 – C

Suspensi Depan

Mac Pherson Struts dengan per keong

kelebihan & kekurangan Daihatsu Gran Max 2016

Gran Max memiliki sisi plus dan minusnya sendiri. Meski tak banyak, beberapa poin di bawah ini patut mendapatkan perhatian lebih sebelum anda memutuskan untuk membawa pulang mobil ini. Lihatlah kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max 2016 di tabel bawah ini ya. 

 

Kelebihan

Kekurangan

Mampu Menampung Banyak Penumpang

Fitur terkesan seadanya

Irit bahan bakar

Suara mesin terlalu meraung

Sparepart Mudah Didapatkan

Handling Agak Sulit Saat Menanjak

daftar harga Daihatsu Gran Max 2016

Di awal, kami sudah menjelaskan bahwa Gran Max memiliki harga yang cukup kompetitif. Berapakah harga yang harus ditebus untuk membawa pulang mobil ini? Lihatlah harga Daihatsu Gran Max 2016 di bawah ini.

 

Tipe mobil

Harga Daihatsu Gran Max

Grand Max Minibus MB 1.3 D FH

Rp 142 Jutaan

Grand Max Minibus MB 1.3 D FF FH

Rp 148 Jutaan

Grand Max Minibus MB 1.5 D PS FH

Rp 158 Jutaan

Untuk ukuran minibus yang siap menampung banyak penumpang, rasanya harga mobil ini memang cukup kompetitif.

Video Daihatsu Gran Max 2016

Bagaimana dengan wujud Grand Max? Anda mungkin sering melihatnya di jalan raya. Sekedar me-remain, kami telah menyiapkan penampakan videonya untuk anda. Selamat menyaksikan.

KESIMPULAN Daihatsu Gran Max 2016

Anda yang senang bepergian bersama keluarga besar pastinya  membutuhkan mobil dengan ukuran yang cukup signifikan. Mobil yang anda butuhkan adalah Gran Max. Masterpiece Daihatsu untuk minibus ini siap memberikan kehangatan dalam perjalanan bersama orang-orang yang anda sayangi. Dengan bandrol di bawah 150 jutaan, anda bisa memiliki mobil multifungsi ini. tertarik untuk membawa pulang Gran Max ke garasi rumah?

Heri Susanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil