Begini Referensi Modifikasi Mobil Civic Biar Makin Kece

24/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Civic kebanyakan bertema racing, mengingat mobil ini pada dasarnya sudah berdesain sporti. Namun kalau ingin modif mobil Civic yang masih enak dipakai harian, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Honda Civic merupakan sedan yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Umumnya mereka yang menyukai mobil ini merupakan golongan kaum muda atau yang masih berjiwa muda. Wajar memang, mengingat sejak diproduksi generasi-generasi awal, Civic telah dipahat oleh Honda dengan desain yang cukup sporti.

Tetapi walau parasnya sudah lebih dari cukup untuk mendongkarak penampilan Anda sehari-hari atau saat berkumpul dengan teman-teman, namun masih ada saja yang kurang puas dengan Honda Civic standar. Akhirnya opsi modifikasi mobil Civic pun dijabani. Temanya pun ada yang berkiblat pada nuansa elegant, ada yang suka tampilan racing, hingga melakukan modifikasi yang cukup ektrim. Namun biasanya opsi yang terakhir ini ketika mobil ingin ditujukan sebagai partisipan sebuah kontes modifikasi mobil.

Kalau Anda saat ini punya Honda Civic generasi kesepuluh atau generasi lainnya dan mau modif mobil Civic supaya terlihat makin kece? Yuk simak tips dari Cintamobil.com berikut ini. Karena kami akan membahas apa saja bagian dari modifikasi mobil Civic supaya penampilan mobil makin keren tapi tetap bisa dipakai sehari-hari dan tidak menghabiskan banyak biaya.

>>> Generasi Baru Honda Civic 2021 Terungkap Kamera Berbalut Kamuflase

1.  Ganti Velg

Modifikasi Velg Honda Civic

Cukup ganti velg dan pasang lowering kit, bikin penampilan Honda Civic makin kece

Cara yang paling simpel untuk modifikasi mobil Civic kesayangan Anda supaya terlihat semakin kece adalah dengan mengganti velg standar. Opsinya yaitu pasang velg aftermarket atau velg OEM mobil lain baik baru maupun bekas. Namun saran kami, sebaiknya gunakan velg original jangan replika atau KW, supaya kualitas dan kekuatan velg bisa terjamin.

Selain itu, perhatikan spesifikasi velg Honda Civic Anda, seperti ukuran PCD, offset, diameter velg, dan lebar velg. Supaya posisi velg dan ban bisa melekat dengan sempurna sejajar dengan bibir velg tanpa perlu ada modifikasi lain di sektor suspensi maupun ruang fender, maka usahakan modifikasi mobil Civic dengan memperhatikan spesifikasi velg agar tetap mengacu pada velg standar, hanya saja diameter dan lebarnya naik maksimal 2 tingkat dari velg standar.

Misalnya saat ini Honda Civic sedan Anda menggunakan velg ber-PCD 5x114 dengan ukuran 15 inci dan lebar 6 inci, maka modifikasi mobil sedan Civic tersebut cukup ganti dengan velg aftermarket diameter 16-17 inci dengan lebar 7-8 inci. Dan pastikan PCD velg itu juga 5x114 supaya bisa muat di lubang baut velg mobil Anda.

2. Pasang Panel Bodi Karbon

Kap Mesin Carbon Honda Civic

Pakai kap mesin karbon sleian lebih keren juga membuat mobil lebih ringan

Modif mobil Civic berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang beberapa panel bodi dengan panel baru yang bermaterial serat karbon. Misalnya untuk bagian kap mesin, fender depan kanan dan kiri, bagasi belakang, atau wing belakang.

Selain membuat penampilan mobil jadi makin keren, penggantian panel bodi dengan material karbon juga akan mereduksi boot kendaraan dengan cukup signifikan. Itu karena serat karbon terkenal sebagai material yang ringan tetapi punya daya tahan yang baik. Apalagi yang menjual panel-panel bodi berbahan serat karbon untuk modifikasi mobil sedan Civic sangat banyak.

>>> Jangan Salah, Ini Bukan Lamborghini Aventador tapi Honda Civic Dimodifikasi

3. Pasang Cutting Stiker

Cutting Stiker Honda Civic

Bodi dengan cutting stiker seperti ini jelas membuat mobil semakin keren

Supaya kondisi bodi eksterior tidak polos dan terlihat standar, Anda juga bisa jalani modifikasi mobil Civic dengan memasang cutting stiker. Tidak perlu terlalu banyak cukup di bagian sisi kiri dan kanan, sudah langsung bsia mendongkrak penampilan mobil. Temanya juga mau yang simpel atau beraura racing masih sama-sama cocok.

Atau Anda juga bisa modifikasi mobil Civic dengan cara aplikasikan stiker pada bagian kap mesin atau bagasi belakang misalnya dengan motif stiker carbon look. Dengan cara ini merupakan langkah hemat apabila dana Anda tidak sanggup untuk mengganti panel bodi dengan material serat karbon.

4. Ganti Cover Jok

Interior Honda Civic

Daripada interior monoton, bisa pasang cover jok dengan kombinasi warna lain

Ruang kabin dari Honda Civic sejatinya memadukan tampilan sporty tapi tetap nyaman saat hendak berpergian jauh dengan mobil ini. Tapi dengan motif yang monoton, pasti akan membuat pemiliknya cepat bosan. Kalau sudah seperti ini ya modifikasi mobil Civic dengan cara pasang cover jok supaya nuansa interior mobil Anda jadi kembali segar.

Tinggal padu padankan kombinasi warna yang sesuai selera Anda serta motif jahitan tertentu, sudah otomatis ruang kabin Honda Civic milik Anda jauh lebih keren dari Civic punya orang lain. Sementara pilihan material pelapis jok bisa mulai dari bahan semi sintetik, leather, sampai Alcantara pun bisa Anda pilih. Tapi jelas kalau pakai kulit asli harganya akan jauh lebih mahal daripada penggunaan material semi sintetik.

>>> Trik Modifikasi Mobil Avanza Simple Tapi Keren

5. Modifikasi Audio System

Modifikasi Audio Honda Civic

Ruang bagasi bisa dimanfaatkan untuk sistem audio

Seperti yang sudah kami singgung di awal tulisan ini, Honda Civic umumnya dipilih anak muda penggemar otomotif. Dan biasanya mereka senang memamerkan kendaraannya dengan teman-teman dalam satu komunitasnya. Kalau lagi nongkrong bareng teman-teman dan audio mobil masih standar pasti minder kan... Nah sudah pas makanya kalau punya Honda Civic audionya juga dimodif.

Modifikasi mobil sedan Honda Civic di sektor audio bisa berkreasi dengan cukup leluasa. Ini  karena desain layout kabin mobil memungkinkan untuk diciptakan tata suara yang berkualitas. Apalagi mobil ini juga punya ruang bagasi yang cukup lebar, sehingga selain mengganti head unit dengan fitur yang lebih lengkap, memasang speaker baru, dan menambahkan tweeter, juga bisa dipasang dua buah subwoofer ukuran 12 inci dan power amplifier di ruang bagasi. Dengan pengaturan yang tepat, meskipun ada sistem audio seperti ini, ruang bagasi masih tetap menyisakan tempat barang bawaan lho.

>>> Review Honda Civic Turbo Sedan 2016: Semakin Sporty dengan Mesin Turbo

6. Oprek Bagian Mesin

Mesin Honda Civic

Ubahan simpel sudah bikin tenaga mesin Honda Civic melonjak

Kalau penampilan mobil sudah keren, audio juga sudah oke, maka supaya tenaga tidak loyo, opsi modifikasi mobil Civic selanjutnya adalah dengan melakukan ubahan disektor mesin. Tidak perlu swap engine ke mesin K-Seris kok untuk bisa mendongkrak tenaga Honda Civic demi kebutuhan harian, atau sesekali memacu adrenalin di akhir pekan.

Caranya cukup sempurnakan ruang pembakaran dan lancarkan jalur masuk udara dari dan keluar mesin. Yaitu dengan memasang filter udara jenis replacement atau open air, kemudian memperbaharui jalur header, resonator, pipa, sampai muffler. Kalau ada dana lebih Anda bisa juga pasang piggyback atau remap ECU agar pembakaran mesin makin sempurna dan letupan tenaga mesin juga semakin baik.

Itulah beberapa langkah saat hendak modif mobil Civic supaya bukan cuma penampilan mobil yang semakin keren, namun juga makin nikmat untuk dikendarai.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan trik perawatan mobil yang lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja tema modifikasi mobil?
Modifikasi mobil umumnya terbagi atas beberapa tema besar, seperti modifikasi elegant, racing, dan ekstrim.
Berapa biaya modifikasi Honda Civic?
Modifikasi Honda Civic paling murah biayanya adlaah cukup memasnag cutting stiker. Dengan desain yang simpel, biaya pemasangan stiker ini di mulai dari Rp 50.000.
Apakah modifikasi merusak mobil?
Apabila modifikasi diterapkan dengan mengganti komponen yang tepat, dan dikerjakan dengan hati-hati pula, maka mobil akan tetap nyaman.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top