Trik Modifikasi Mobil Avanza Simple Tapi Keren

22/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Modifikasi mobil Avanza sering dijalani para pemilik mobil 7 seater ini untuk membuat kendaraannya berbeda dengan pemilik Toyota Avanza lain. Tapi modifikasi mobil tidak harus mahal loh, berikut triknya.

Toyota Avanza sering diberi label sebagai mobil sejuta umat. Ini karena populasi Avanza yang sudah begitu banyak sehingga rasanya hampir semua masyarakat Indonesia memiliki atau pernah punya mobil ini.

Karena peredarannya sudah sangat masif, banyak pemilik Toyota Avanza yang ingin mobilnya tampil tidak pasaran. Triknya adalah dengan melakukan modifikasi. Ada yang cuma sekedar mengganti atau memasang beberapa aksesoris, sampai modifikasi yang cukup ekstrim untuk kebutuhan kontes modifikasi mobil.

Semua tentu kembali lagi pada selera sang pemilik serta dana yang sudah disiapkan untuk memodifikasi mobil tersebut. Kalau dananya memang tidak terbatas, tentunya apapun bisa dilakukan agar Toyota Avanza Anda tampil kece di jalanan. Tapi kalau dananya terbatas, maka perlu memperhatikan beberapa hal supaya modifikasi mobil Avanza tetap terlihat keren.

Nah berikut ini merupakan beberapa cara untuk menciptakan mobil Avanza modifikasi yang bisa merubah penampilan mobil tersebut namun dengan dana yang tidak terlalu besar. Karena tampil keren sejatinya tidak harus dengan dana mahal lho!

>>> Iklan Mitsubishi Xpander di Malaysia Ejek Avanza 'Tak Cantik'

1. Pasang Cutting Stiker

Modifikasi Cutting Stiker Avanza

Cutting stiker langkah hemat namun tepat untuk merubah penampilan mobil

Langkah paling sederhana dalam modifikasi mobil Avanza simpel adalah memasang cutting stiker. Motif stiker yang bisa dipilih dapat disesuaikan dengan selera Anda. Boleh karakter animasi tertentu, bisa berupa motif tribal, atau sekedar aksen garis-garis lurus.

Bidang yang akan ditempeli stiker pun bisa sesuai selera Anda. Boleh di kap mesin, bodi samping kiri dan kanan, atau di pintu bagasi belakang. Kalau hanya sedikit aksen pada bagian bawah pintu pengemudi dan penumpang pun sah-sah saja. Walau kesannya sederhana, namun pemasangan cutting stiker ini akan langsung membuat penampilan Toyota Avanza Anda berubah.

2. Modifikasi Velg

Velg Aftermarket Avanza

Saat mengganti velg, perhatikan PCD, offset, lebar dan diameter velg

Langkah berikutnya untuk modif mobil Avanza simple adalah dengan memodifikasi bagian velg dan atau ban. Untuk velg, jika Anda punya dana cukup bisa mencari velg aftermarket dalam kondisi baru. Tapi kalau dana yang disediakan tidak terlalu besar, maka bisa cari velg OEM dari mobil lain atau velg aftermarket dalam kondisi bekas pakai alias second.

Kalau budget untuk mengganti velg standar pun tidak cukup, maka trik modifikasi mobil Avanza supaya tampil beda juga bisa dengan cara mengecat ulang warna velg dengan warna lain. Cukup gunakan cat semprot seperti Pylox, Diton, atau Samurai Paint sebanyak 2-4 kaleng, dan dikerjakan sendiri di rumah. Dengan begini, penampilan Toyota Avanza Anda jadi bikin pangling tanpa perlu keluar budget besar.

Tapi kalau opsi ganti velg yang bakal dilakoni, maka perlu memperhatikan beberapa hal. Yang pertama adalah spesifikasi velg seperti PCD, offset, diameter velg, dan lebar velg. Toyota Avanza menggunakan PCD 4x114 beroffset 45 dengan ukuran diameter velg 14 atau 15 inci, serta lebar velg 5,5 inci. Saat hendak mengganti velg, pastikan velg tersebut harus memiliki PCD 4x114 juga.

Sementara ukuran diamater velg yang masih direkomendasikan naik maksimal 2 step dari ukuran velg standar. Jika velg standar berdiamter 14 inci, maka cukup ganti velg maksimal 16 inci. Ini untuk menjaga sistem suspensi tetap dipertahankan aslinya dan keamanan serta kenyamanan kabin masih bisa dipertahankan.

Terakhir untuk lebar velg, sebaiknya perhatikan pula offset dari velg tersebut. Jika velg yang akan dibeli memiliki offset kurang dari 45, maka jika lebarnya lebih dari 8 inci bisa dipastikan velg akan terlalu menjorok ke luar bibir fender. Apabila ingin tampilan velg dan ban tetap rata dengan fender, sebaiknya pilih velg dengan offset 40-45 dengan lebar maksimal 7 inci.

>>> 10 Lampu Variasi Mobil Avanza yang Terlihat Keren

3. Pasang Cover Jok

Sarung Jok Avanza

Modifikasi jok Avanza dengan menambah arm rest membuat kabin lebih nyaman

Modifikasi mobil Avanza Anda agar penampilannya berbeda dan juga lebih keren sekaligus makin nyaman adalah dengan memasang cover jok. Disini Anda bisa memilih cover jok tipe semi permanen atau jok permanen alias jok paten. Untuk kepresisian hasil pemasangan pada jok mobil, jelas jok paten adalah yang paling baik. Tapi tentu saja ada harga yang lebih mahal untuk hasil tersebut.

Untuk pasang cover jok Avanza, maka ongkos pembuatannya masuk kategori mobil dengan jok 3 baris. Sementara pilihan bahan pelapis joknya sangat bervariasi. Mulai dari merek Oscar, Ferrari, Total, MBTech, sampai kulit asli. Semakin berkualitas material yang digunakan maka semakin mahal biaya pembuatan sarung jok ini.

Kemudian tentukan juga motif warna berikut pula jahitannya. Kombinasi warna bisa Anda sesuaikan dengan cat eksterior atau dibuat senada dengan warna panel lainnya di dalam kabin. Sedangkan untuk motif jahitan bisa bertema futuristik, wajik, atau dibuat model sofa.

4. Upgrade Audio System

Modifikasi Audio Avanza

Tak perlu sistem audio ekstrim jika mobil hanya untuk penggunaan sehari-hari

Modifikasi mobil Avanza simple berikutnya yang juga bisa meningkatkan kenyamanan saat mobil tersebut dikendarai adalah melakukan upgrade pada sistem tata suara di mobil tersebut. Dengan langkah ini, Anda akan mendapatkan sistem hiburan yang lebih berkualitas untuk menemani perjalanan.

Cara modifikasi audio Toyota Avanza yang simple bisa cukup dengan mengganti speaker depan dan belakang, memasang tweeter tambahan, serta memasang subwoofer aktif ukuran 10 inci untuk diletakkan di kolong jok penumpang depan. Dengan empat komponen ini, Anda sudah mampu mendapatkan sistem tata suara yang berkelas di mobil.

>>> Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

5. Modifikasi Mesin

Header Knalpot Avanza

Cukup lancarkan saluran udara masuk dan keluar akan membuat Avanza lebih bertenaga

Kalau modifikasi mobil Avanza yang terakhir ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin tenaga dari mobil 7 penumpang ini sedikit meningkat. Cara yang paling simple adalah memperlancar aliran udara masuk dan keluar dari mesin, sehingga kinerja mesin jadi lebih ringan.

Teknik yang bisa Anda lakukan adalah mengganti filter udara standar dengan filter udara replacement atau jenis open air filter. Selanjutnya Anda mengganti sistem knalpot mulai dari header, resonator, sampai muffler. Opsi modifikasi pada bagian mesin ini tidak terlalu menekan biaya yang banyak kok. Tapi setimpal dengan hasil yang didapat, yaitu mesin jadi terasa lebih ringan sejak putaran bawah.

Itu tadi beberapa trik modifikasi mobil Avanza yang simple namun memiliki efek cukup besar. Mulai dari meningkatkan penampilan mobil, kenyamanan saat dikendarai, sampai kenikmatan ketika dipacu.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan trik perawatan mobil yang lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi mobil?
Modifikasi mobil tidak harus mahal, cukup dengan memasang stiker seharga puluhan hingga ratusan ribu, penampilan mobil sudha terlihat berbeda.
Apa saja aliran modifikasi mobil?
Modifikasi mobil dikenal dnegan beberapa tema dasar, yaitu daily use, elegant, VIP, racing, sampai extreme.
Apakah modifikasi mobil membuat tidka nyaman?
Apabila modifikasi diperhitungkan dengan tepat dan melakukan penggantian komponen yang tepat pula, kenyamanan mobil bisa tetap dipertahankan.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top