Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

17/01/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Hadirnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dalam 2 tahun terakhir membuat Toyota berbenah dengan MPV andalannya, Toyota Avanza. Belum genap sebulan tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan produk keduanya yakni Toyota Avanza 2019. Apa perubahan Toyota Avanza 2019? Berapa harga Toyota Avanza terbaru ini? Mari simakl review Toyota Avanza 2019 terlengkap di bawah ini.

PENGANTAR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza 2019 - Toyota Avanza menjadi pelopor untuk kelas MPV saat pertama kali kemunculannya pada 11 Desember 2003 di event Gaikindo Auto Expo. Tidak sendirian, PT Toyota Astra Motor (TAM) berkolaborasi dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan menjual mobil yang sama namun namanya adalah Xenia. Sudah 15 tahun Toyota Avanza hadir di pasar otomotif Tanah Air. Dalam rentang tahun tersebut, MPV sejuta umat ini sudah hadir dalam dua generasi.

Gambar menunjukkan mobil Toyota Avanza generasi pertama berwarna biru muda dilihat dari sisi depan yang sedang berlaju di jalan Indonesia

Lampu yang besar dan desain membulat menjadi tampilan Toyota Avanza generasi pertama

Generasi pertama Toyota Avanza pada tahun 2003 tersedia dalam dua tipe yakni 1.3 E dan 1.3 G dengan transmisi manual 5-percepatan. Ya, saat itu baru tersedia satu pilihan mesin yakni 1.300 cc dan satu pilihan transmisi. Namun setahun kemudian TAM memperkenalkan varian baru dengan transmisi otomatis 4-percepatan. Perubahan atau facelift dilakukan TAM pada tahun 2006 dengan menyematkan teknologi VVT-i pada mesinnya. Teknologi ini membuat mesin menjadi lebih bertenaga namun tetap hemat bahan bakar. Pada tahun 2006 juga Toyota Avanza mulai menyematkan fitur ABS (anti-lock braking system).

Jelang akhir tahun 2006, Toyota Avanza hadir dengan pilihan mesin 1.500 cc juga sudah mengadopsi teknologi VVT-i. Tiga tahun kemudian Toyota mulai memberikan opsi transmisi otomatis 4-percepatan Tepat pada November 2011, Toyota Avanza melakukan full model change atau generasi baru dengan dimensi yang bertambah panjang. Efeknya bagasi menjadi luas dari generasi sebelumnya. Desain eksterior dan interior juga berubah total dan mulai dihadirkan dalam 2 opsi yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Kedua opsi mesin ini juga disediakan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Tahun 2011 akhir generasi kedua Toyota Avanza diperkenalkan

Toyota Avanza generasi kedua mempunyai desain yang lebih compact dan garis tegas untuk memberi kesan dinamis

Perubahan total pada generasi kedua ini juga terjadi pada kenyamanan, seperti lapisan atap yang dibuat lebih keras untuk meredam panas sinar matahari dan suara berisik saat hujan. Kursi baris kedua juga tidak hanya reclining tapi juga bisa di maju mundurkan untuk memudahkan akses masuk baris ketiga. Tidak hanya perubahan total, TAM juga menghadirkan produk flagship dengan nama Veloz. Perbedaan antara Avanza tipe standar dengan Veloz selain ada pada bodykit juga tampilan depan seperti gril depan, bumper hingga fitur yang lebih baik.

Awal tahun 2019 selang 7 tahun lebih setelah kemunculan generasi kedua, TAM kembali menghadirkan facelift dari Toyota Avanza. Banyak yang berharap Toyota Avanza generasi ketiga akan hadir mengingat persaingan yang semakin ketat dengan kehadiran Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dengan model barunya. Namun TAM masih percaya diri dengan generasi kedua dan hanya melakukan penyegaran serta penambahan beberapa fitur. Nah, apa saja perubahannya dan fitur baru apa saja yang hadir pada Toyota Avanza 2019? Simak review Toyota Avanza 2019 dari Cintamobil.com.

EKSTERIOR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza 2019 : Eksterior Depan

Dalam hal penyegaran, tampilan masih menjadi andalan Toyota. Pada Toyota Avanza 2019 ini, tampilan depan menjadi perubahan paling signifikan dibandingkan bagian eksterior lainnya. Seperti lampu utama yang mengadopsi split headlamp dimana desain model lampu ini sudah dipakai oleh Toyota Vellfire dan Voxy yang juga MPV. Lampu ini membuat Toyota Avanza 2019 terlihat sangat berbeda dari sebelumnya.

Lampu terpisah dan bumper yang terlihat lebih tegas

Tampilan depan paling banyak perubahan termasuk lampu utama yang mirip seperti Vellfire dan Voxy

Perbedaan lainnya adalah bumper yang desainnya terdapat lekukan tegas sehingga tampak berotot. Meskipun desain bumper gagah ini mirip dengan kompetitornya, Mitsubishi Xpander. Sementara pada gril masih mirip dengan Avanza sebelumnya. Hanya saja pada lekukan samping gril radiator untuk tipe G diberi aksen krom sebagai kesan mewah.

Review Toyota Avanza 2019 : Eksterior Samping

Beralih ke bagian samping, pada bagian ini tidak banyak perubahan terlihat. Dari sisi dimensi pun masih sama dengan model sebelumnya. Satu yang menjadi pembeda dengan tampilan sebelumnya adalah kehadiran antena model sirip hiu. Selain itu desain velg juga baru untuk Toyota Avanza 2019 untuk tipe G mesin 1.300 cc. Hanya saja untuk Avanza ini velg masih menggunakan single tone sementara untuk Veloz sudah mengadopsi velg dual tone.

Tidak banyak perubahan pada tampilan samping Toyota Avanza 2019

Dari semua bagian eksterior, tampilan samping terlihat tidak banyak perubahan

Review Toyota Avanza 2019 : Eksterior Belakang

Berbeda dengan bagian depan yang terlihat banyak perubahan, pada bagian belakang Toyota masih mempertahankan lampu posisi vertikal dengan kurva pada bagian atasnya. Namun untuk varian G, Toyota kembali menggunakan lens extender yang serupa dengan facelift sebelumnya. Tetapi kali ini didesain split untuk menyerupai desain tampilan mukanya. Lampu membelah ini tidak hanya pada bagian lens extender tapi juga lampu utama di bagian rem.

Model lens extender dibuat serupa dengan lampu utama depan Toyota Avanza 2019

Lampu yang terpisah dibuat senada dengan depan meski masih menggunakan lampu yang sama dengan sebelumnya

Masih pada varian G, pada gagang pintu bagasinya diberi aksen krom yang membuat tampilan belakangnya senada dengan tampilan depan. Bumper pun mendapat polesan dengan adanya lekukan di kanan dan kiri membuatnya tampil berotot seperti bumper depan. Kesan kekar untuk MPV sepertinya memang menjadi tren dan diikuti oleh Toyota.

>>> Mungkin Anda juga tertarik :

INTERIOR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza 2019 : Dashboard & Setir

Masuk ke dalam kabin, desain dasbor masih sama dengan sebelumnya. Tetapi bukan berarti tidak ada perubahan sama sekali. Justru disinilah banyak “ubahan” yang bukan dari penampilan. Seperti pengaturan AC yang sudah full digital untuk semua tipe. Belum lagi pada head unit yang sudah menggunakan layar sentuh membuat Toyota Avanza 2019 terlihat semakin modern. Tidak ada lagi tombol-tombol yang banyak seperti sebelumnya.

Desain dasbor Toyota Avanza 2019 masih sama dengan sebelumnya

Secara desain tidak ada perbedaan namun head unit layar sentuh dan AC digital membuatnya terlihat mewah

Diantara head unit dan pengaturan AC digital, terdapat tombol untuk lampu hazard dan tepat disebelahnya lampu peringatan bila penumpang belum menggunakan sabuk pengaman. Tepat dibawahnya, Toyota memberi celah kecil untuk menaruh kartu. Disaat seluruh gerbang tol saat ini sudah menggunakan e-Toll jelas kompartemen sederhana ini sangat berguna. Sementara di bagian setir, Toyota menyematkan tombol pada setir untuk mengatur audio pada head unit.

Namun perubahan interior Toyota Avanza 2019 yang mungkin tidak banyak menyadari adalah warna abu-abu yang mendominasi. Bila sebelumnya lebih didominasi coklat muda kini Toyota menggantinya dengan warna abu-abu. Pemilihan warna ini memberi kesan cukup mewah dan netral, sehingga aman bila mobil dalam keadaan kotor. Toyota juga menyediakan USB slot pada baris ketiga untuk tipe G. Bagaimana pada baris kedua? Tersedia power outlet yang bisa dipasangkan mobile charger.

Di bagian setir mobil Toyota Avanza 2019 sudah ada fitur setir audio

Toyota mulai memberikan fitur audio steering untuk mengontrol volume audio dan radio atau musik

Review Toyota Avanza 2019  : Jok

Pada bagian kursi tidak banyak perubahan. Baik dari desain maupun ketebalan busa rasanya masih sama dengan model sebelumnya. Warna hitam membuat jok menjadi terlihat tidak mudah kotor. Sayangnya, Toyota belum berani memberikan material kulit pada Toyota Avanza 2019 ini. Bahan fabric yang digunakan memang lebih nyaman tetapi saat terkena noda akan lebih sulit dibersihkan.

Kursi Toyota Avanza 2019 tidak banyak perubahan

Desain kursi dan ketebalan busa masih sama seperti sebelumnya

>>> Baca juga :

FITUR Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza 2019 : Fitur Berkendara

Berbicara soal fitur berkendara, Toyota Avanza 2019 tidak banyak ubahan pada rasa berkendaranya. Pada unit yang kami coba, raungan mesin 1.300 cc masih terdengar dari balik kemudi. Tetapi saat naik menjadi penumpang di baris kedua, kami rasakan kabin lebih senyap. Ya, Toyota mengoptimalkan struktur bodi dan insulation materials untuk meningkatkan kesenyapan kabin sehingga meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Kini pengemudi Toyota Avanza 2019 bisa melipat spion secara otomatis

Pelipatan spion otomatis menjadi fitur sederhana yang cukup membantu saat melintasi jalan sempit

Begitu juga dengan suspensinya, Toyota Avanza melakukan penyesuaian pada sistem suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang 4-link Lateral Rod. Efeknya, gejala limbung menjadi tidak terlalu terasa dan membuat mobil lebih stabil. Sedangkan untuk pengendalian terasa tidak ada perbedaan. Posisi duduk juga masih terasa cukup tinggi. Namun ada satu fitur sederhana yakni pelipat spion elektrik yang berguna ketika melintasi jalan sempit atau parkir di tempat terbatas.

Review Toyota Avanza 2019 : Fitur Keselamatan

Pada fitur keselamatan, Toyota Avanza 2019 tidak ada penambahan signifikan. Dual SRS Airbags, ABS, (anti-lock braking system), 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan ISOFIX untuk memasang child seat. Untuk Toyota Avana 2019 tipe 1.3 G sudah disematkan sensor parkir. Sayangnya belum ada kamera parkir dan Anda harus memilih Veloz bila ingin kamera dan sensor parkir.

Demi keselamatan anak terdapat fitur ISOFIX di Toyota Avanza 2019

Sebagai mobil keluarga, ISOFIX menjadi fitur yang cukup penting saat Anda membawa anak ketika berpergian

>>> Bukan Andalkan Tampang, Ini Dia Pengembangan Kuncian New Toyota Avanza Dan New Toyota Avanza Veloz

OPERASI Toyota Avanza 2019

Walaupun ada cukup banyak ubahan pada eksterior, interior dan fitur tetapi pada performa tidak ada perubahan. Toyota masih mengandalkan mesin berkapasitas 1.329 cc 4-silinder segaris yang telah mengadopsi teknologi Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mencapai 96,5 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 12,3 Kgm di 4.200 rpm. Saat kami mencobanya, suara mesin masih terdengar menyusup ke dalam kabin saat berakselerasi di putaran rendah.

Tidak ada perubahan pada sektor mesin mobil Toyota Avanza 2019

Toyota tidak melakukan ubahan apapun pada bagian mesin baik tenaga maupun torsi

Begitu juga dengan suspensinya, Toyota Avanza melakukan penyesuaian pada sistem suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang 4-link Lateral Rod. Efeknya, gejala limbung menjadi tidak terlalu terasa dan membuat mobil lebih stabil. Sedangkan untuk pengendalian terasa tidak ada perbedaan.

>>> Penjelasan Berbagai Perubahan dan Penambahan Daihatsu Grand New Xenia

spesifikasi Toyota Avanza 2019

Penasaran seperti apa info spesifikasi Review Toyota Avanza 2019? Silakan cek informasinya berikut ini.

Spesifikasi Mesin Toyota Avanza 2019

Tipe Mesin

DOHC, Dual VVT-I, 4-silinder segaris

Isi Silinder

1.329 cc

Tenaga Maksimum

96,5 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

12,3 Kgm / 4.200 rpm

Transmisi

Otomatis 4-speed

Spesifikasi Bodi Toyota Avanza 2019

P x L x T

4.190 x 1.660 x 1.695 mm

Wheelbase

2.655 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Toyota Avanza 2019

Rem Depan / Belakang

Disc / Drum

Velg

185 / 70 R14

kelebihan & kekurangan Toyota Avanza 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza 2019 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Ubahan eksteriornya cukup menarik untuk kami dengan model lampu terpisah

Tidak ada perubahan pada mesin baik tenaga maupun torsi

Harga yang tidak naik menjadi kelebihan dengan ubahan yang cukup banyak

Akomodasi kabin yang masih terasa sempit pada baris ketiga dibandingkan kompetitor

Tidak hanya ubahan kosmetik tapi suspensi lebih empuk dan kabin lebih kedap

 

daftar harga Toyota Avanza 2019

Bila segala ubahan tadi menurut Anda biasa saja, bagaimana bila harga yang dibanderol pada Toyota Avanza 2019 ini tidak ada kenaikan dibandingkan sebelumnya? Ini menjadi poin menarik pada saat TAM mengumumkan bahwa harga untuk New Toyota Avanza 2019 masih menggunakan daftar harga yang sama. Mengingat ubahan yang terjadi cukup banyak, mulai dari tampilan eksterior, interior, hingga fitur, awalnya kami prediksi kenaikan harganya bisa berkisar Rp 5 juta hingga Rp 8 juta untuk tipe tertinggi. Tapi ternyata agar bisa berkompetisi dengan para rivalnya, Toyota memilih tidak menaikkan harga.

>>> Mari klik sini untuk update harga dan promo mobil Toyota lainnya

Video Toyota Avanza 2019

KESIMPULAN Toyota Avanza 2019

Toyota Avanza 2019 menggunakan lampu LED

Lampu mirip Vellfire dan Voxy membuat tampilan Toyota Avanza 2019 berbeda jauh dengan sebelumnya

Meski hanya penyegaran namun ada cukup banyak ubahan yang dilakukan oleh TAM pada Toyota Avanza 2019. TIdak sekadar tampilan tapi juga fitur keselamatan juga rasa berkendara untuk kenyamanan yang lebih baik. Mungkin Anda berharap dengan tekanan dari para rival akan hadir Avanza generasi baru. Tetapi rasanya memang belum saatnya Avanza berganti generasi mengingat generasi pertama saja butuh 9 tahun untuk digantikan generasi kedua. Sedangkan generasi kedua ini baru berusia 7 tahun, artinya kemungkinan generasi terbaru Avanza hadir 2 tahun lagi.

>>> Belum puas dengan artikel review Toyota Avanza 2019 ini? Langsung klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mahmudi Restyanto
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil