10 Lampu Variasi Mobil Avanza yang Terlihat Keren

14/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Ada banyak lampu variasi mobil Avanza yang dijual di toko-toko aksesoris. Beberapa selain dapat meningkatkan penampilan mobil Anda, juga berguna untuk membantu visibilitas saat berkendara di jalan raya.

Melakukan modifikasi pada mobil kesayangan bisa dilakukan dengan banyak hal. Karena hampir seluruh bagian dari kendaraan tersebut sebenarnya bisa tersentuh modifikasi. Baik dengan cara mengganti pakai komponen aftermarket atau subtitusi dari suku cadang mobil lain, atau modifikasi dengan cara custom sesuai selera pribadi masing-masing pemilik mobil itu.

Nah untuk kali ini yang akan Cintamobil.com bahas adalah modifikasi di sektor lampu-lampu. Sebab ternyata untuk bagian pencahayaan pada mobil saja, ada banyak sekali modifikasi yang bisa Anda lakukan. Tentunya dengan langkah ini akan membuat penampilan mobil Anda sedikit berbeda dibanding mobil lain yang sejenis.

Pastinya tidak mau dong kalau mobil Anda yang merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia, misalnya Toyota Avanza, kembaran dengan pemilik Avanza yang lain. Sehingga langkah modifikasi ini juga bisa menjadi identitas diri para pemilik mobil tersebut agar tidak pasaran dengan mobil lainnya. Lalu apa saja lampu variasi mobil Avanza yang bisa dipasang supaya Toyota Avanza Anda lebih keren dan tampil beda dengan Avanza lainnya? Yuk simak beberapa rekomendasi dari kami berikut ini.

>>> Toyota Kasih Sinyal Kehadiran Avanza TNGA?

1. Lampu Depan LED Avanza

Kalau Toyota Avanza Anda lampu utamanya masih memakai teknologi halogen belum menggunakan jenis LED, maka bisa ganti dengan bohlam LED. Dengan lampu Light-Emitting Diode, lampu jenis ini memiliki pancaran cahaya yang cukup terang namun hanya butuh daya listrik yang kecil.

2. Variasi Lampu Depan Mobil Avanza Model Projector

Headlamp Projector Avanza

Kalau mau tampil beda di bagian depan, bisa ganti headlamp projector custom seperti ini

Kalau mau mengganti lampu variasi Avanza dengan model yang berbeda dari lampu standar, bisa cari headlamp yang sudah model projector. Biasanya lampu ini dijual satu set kiri dan kanan berikut rumah lampunya. Sehingga Anda tinggal pasang untuk menggantikan lampu bawaan dari Toyota.

>>> 5 Lampu Variasi Mobil yang Sebaiknya Tidak Dipasang

3. LED Fog Lamp Avanza

Variasi lampu mobil Avanza lainnya yang juga bisa Anda aplikasikan adalah lampu LED untuk fog lamp. Jika Toyota Avanza Anda sudah dilengkapi fog lamp, maka tinggal membeli saja LED fog lamp yang sesuai dengan tipe lampu fog lamp Avanza. Namun kalau belum tersedia fog lamp, Anda bisa sekalian membeli berikut rumah lampunya. Dengan cahaya yang lebih terang, keberadaan fog lamp ini akan membantu pencahayaan saat berkendara malam hari atau ketika hujan dan turun kabut.

4. Lampu Variasi Bagasi Avanza

Untuk Toyota Avanza generasi kedua yang sudah mengalami facelift sudah menggunakan tambahan garnish lampu pada bagain belakangnya. Jika ingin tampil sedikit berbeda dibanding Grand New Avanza lain yang mengadopsi aksesoris ini, Anda bisa pasang lampu variasi mobil Avanza berupa lampu bagasi menggunakan LED. Karena untuk aksesoris standar yang diberikan Avanza, bagian ini hanya berupa reflektor dan tidak dilengkapi lampu.

5. Rear Stop Lamp Avanza

Rear Stop Lamp Variasi Avanza

Pakai rear stop lamp seperti ini juga bisa membuat mobil terlihat keren dari belakang

Ingin penampilan Toyota Avanza Anda terlihat berbeda dari bagian belakang, maka langkah yang perlu dilakukan antara lain cukup mengganti lampu stop dengan lampu variasi. Cukup banyak toko aksesoeris mobil yang menjual lampu variasi mobil Avanza untuk bagian stop lamp ini. Anda bisa pilih yang sudah mengguankan lampu LED sehingga pancaran cahayanya terlihat lebih mewah.

>>> Serba-serbi Lampu LED Mobil, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

6. Lampu Rem LED

Kalau mau tampilan lampu belakang tetap terlihat original namun pancaran cahayanya jauh lebih terang, Anda tinggal beli lampu LED merah, kuning, dan putih. Lampu-lampu ini bisa menggantikan lampu rem, lampus ein, dan lampu mundur belakang milik Toyota Avanza. Harga lampu variasi mobil Avanza tipe LED ini juga sangat terjangkau kok. Tapi perhatikan soket lampunya ya, soket lampu LED harus sama dengan soket lampu rem belakang mobil Anda.

7. Lampu Bumper Belakang Avanza Variasi

Pada bumper belakang Avanza, Toyota menambahkan dengan lampu variasi yang berfungsi sebagai reflektor. Jika ingin bagian ini sedikit terlihat berbeda dari Avanza lain, Anda bisa mengganti dengan variasi lampu mobil Avanza yang sudah dilengkapi bohlam LED. Lampu variasi ini bisa disesuaikan menyalanya dengan lampu utama. Sehingga jika lampu utama di aktifkan, lampu variasi pada bumper belakang ini juga akan hidup.

8. Rear Mount Stop Lamp Avanza

Kalau aksesoris yang satu ini bisa menjadi lampu rem variasi mobil Avanza yang dapat meningkatkan visibilitas bagi kendaran lain dari arah belakang. Pemasangan lampu rem yang terpasang pada rear spoiler atau bagian atap belakang mobil akan membuat kendaran lain di belakang yang ukurannya lebih besar dari mobil Anda bakal mudah melihat jika Anda mengerem saat berkendara.

Lampu LED DRL Avanza

Pasang DRL juga bsia meningkatkan visibilitas bagi kendaraan lain saat berkendara di jalan

9. Lampu Spion LED

Untuk pemilik Toyota Avanza yang belum menggunakan lampu sein di spion luar, maka boleh memasang lampu variasi yang satu ini. Selain bisa mendongkrak penampilan mobil, kendaraan dari arah samping juga bisa dengan mudah mengetahui apabila Anda hendak berbelok dan menghidupkan lampu sein. Umumnya lampu LED ini dijual berikut cover spionnya.

10. Lampu Variasi DRL

Variasi lampu depan mobil Avanza terakhir yang bisa kami rekomendasikan adalah memasang lampu DRL (Day-time Running Light). Mengingat Toyota Avanza utamanya yang generasi-generasi awal belum tersedia DRL, maka tidak salah jika Anda memasang lampu variasi ini. Dengan lampu tersebut keberadaan Anda akan mudah terlihat oleh kendaran lain meskipun di siang hari.

Itu dia beberapa rekomendasi lampu variasi mobil Avanza yang bisa Anda gunakan. Selain akan menambah keren penampilan Toyota Avanza Anda, lampu-lampu ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah lampu utama mobil harus menyala si siang hari?
Lampu utama atau headlamp tidak wajib menyala di siang hari, sebagai penggantinya Anda bsia memasnag lampu DRL (Daytime Running Light) yang akan menyala sata mesin mobil dihidupkan
Berapa biaya ganti lampu belakang mobil?
Jika lampu belakang mobil masih memakai bohlam standar, maka cukup ganti bohlamya yang rusak saja, biayanya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000 untuk lampu bermerk terkenal. Tapi kalau sudah menggunakan lampu LED, biaya ganti lampu yang rusak bisa ratusan ribu rupiah.
Kenapa lampu mobil berembun dan cara mengatasinya bagaimana?
Munculnya proses pengembunan ini sering terjadi akibat tidak rapatnya sil atau mika dalam kaca. Akibatnya, bagian tersebut dimasuki udara dari luar. Udara yang terperangkap akan mengalami perbedaan suhu dengan bagian luar lampu. Perbedaan suhu inilah yang kemudian menimbulkan embun menempel di kaca lampu. Untuk cara mengatasi, Anda bisa simak di sini: https://cintamobil.com/perawatan-dan-service/kurang-terang-saat-berkendara-malam-hari-kenali-penyebab-lampu-berembun-aid3515

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top