Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019, Avanza Paling Pas Bagi Penyuka Manual

16/04/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Inilah tipe tertinggi sekaligus menjadi yang termahal dalam 'trah' Toyota Avanza. Sebuah Toyota Avanza tipe 1.5 G MT 2019. Inilah ulasan dan test drive dari kami mengenai mobil Toyota Avanza 1.5 G MT 2019, sebuah Avanza bagi penyuka transmisi manual.

PENGANTAR Toyota Avanza 2019

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak Emblem Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Apakah Toyota Avanza dengan transmisi manual ini layak untuk Anda miliki?

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 - Hadirnya varian Toyota Veloz sejak tahun 2011 membuat Toyota Avanza dengan pilihan mesin 1500 cc hanya menyediakan pilihan transmisi manual 5 percepatan untuk tipe G. Praktis, Toyota Avanza 1.5 G MT adalah satu-satunya varian Avanza tertinggi tanpa embel-embel Veloz yang dapat Anda beli saat ini. Tim Cintamobil.com bisa dibilang sudah kenyang dalam mencoba Toyota Avanza, berbagai varian maupun tipe telah kami kupas tuntas. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini? Berikut kami sampaikan bagaimana impresi kami mengenai mobil ini. So, simak terus review dan test drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini.

EKSTERIOR Toyota Avanza 2019

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Tampilan Depan

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak tampilan depan Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Muka depan anyar menjadi menu utama dalam tampilan depan Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini

Muka depan anyar ini memang menjadi menu utama dalam ubahan tampilan Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini. Tampilan headlamp dengan dual layer tersebut terinspirasi dari dua produk andalan geng Sunter ini, yakni Toyota Voxy dan Toyota Vellfire. Kami memang menyukai headlamp yang bohlamnya sudah menggunakan tipe LED (Light Emitting Diode), sayangnya saat hujan lebat pancaran sinar lampu seakan 'tertelan' permukaan jalan yang basah. Meski lekukan di bumper depan kurang aerodinamis karena akan menghasilkan gaya hambat angin yang lebih besar, namun kami menyukai desain cover foglamp pada mobil ini. 

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak tampilan depan Avanza 1.5 G MT 2019

Meski keren, sayang sekali desain bumper depan seperti ini menghasilkan gaya hambat angin yang lebih besar

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Tampilan Samping

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak tampilan samping Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Tampilan samping Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini tak ubahnya dengan Toyota Avanza sebelum facelift besar

Sebenarnya kalau boleh jujur, tampilan samping dari Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini sebenarnya tak ubahnya dengan Toyota Avanza sebelum 'facelift besar'. Anda lihat saja bodinya, masih mirip sekali dengan Toyota Avanza dari tahun 2011 sekalipun. Namun, meski demikian bukannya tidak ada ubahan, kini pelek yang digunakan memiliki fungsi ganda. Pertama pelek ini terlihat keren saat berputar karena punya efek 3 dimensi, kedua adalah pelek ini punya kisi yang berfungsi membuang angin yang terjebak di balik pelek. Sehingga, lebih membantu meningkatkan efektivitas aerodinamika mobil secara keseluruhan. 

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak Coakan pelek Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Ini dia coakan pada pelek yang berfungsi membantu mengalirkan angin saat pelek sedang berputar

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Tampilan Belakang

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak tampilan belakang Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Sayangnya, selain high mount stop lamp, pada lampu belakang mobil ini seluruhnya belum mengadopsi bohlam tipe LED

Ada satu hal yang patut disayangkan pada Toyota Avanza maupun Toyota Veloz. Meskipun lampu depannya sudah yang tercanggih dikelasnya karena pakai LED, sayangnya untuk bagian buritan alias eksterior belakang, selain high mount stop lamp, pada lampu belakang mobil ini seluruhnya belum mengadopsi bohlam tipe LED. Oh, come on Toyota a.k.a PT Toyota Astra Motor (TAM), kenapa kalian bikin produk nanggung banget? Kami sangat berharap PT TAM membaca tulisan kami dan mempertimbangkan untuk menambahkan fitur ini. Oh ya, untuk Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini belum dilengkapi dengan kamera parkir ya.

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak eksterior belakang Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Berkat pelek 15 inchi, tampilan belakang mobil ini makin asyik untuk dipandang

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Avanza 2019

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Layout Dasbor

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak layout interior Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Layout dasbor seperti ini masih sama dengan Avanza tahun 2011, namun dengan berbagai penyempurnaan

Layout dasbor dari Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini sebenarnya masih sama saja dengan Toyota Avanza generasi kedua yang meluncur ke publik tahun 2011. Namun, bukan berarti setelah 8 tahun berselang tidak ada product improvement, karena canter facia alias bagian tengah dari dasbor ini menggunakan panel anyar, jadi instrumen AC digital plus head unit dapat terpasang lebih rapi. Selain itu, ada fitur sederhana namun penting kembali setelah 8 tahun dihilangkan, yaitu fitur slot penyimpanan kartu.

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Bagasi

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak sebuah Bagasi Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Bagasi fleksibel dapat menampung banyak barang bawaan, sayangnya bagasi ini tak bisa terlipat rata lantai

Salah satu keunggulan dari Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 dibandingkan dengan para pesaingnya adalah bagasinya yang fleksibel, kursi baris ke-3 dapat dilipat sesuai dengan kemauan karena dapat terlipat 50:50. Sayangnya, kursi tersebut tidak dapat terlipat rata dengan lantai, sehingga bagasi mobil ini tidak bisa rata. Namun, untuk sebuah mobil keluarga kompak, bagasi seperti ini sudah lebih dari cukup. Saran kami untuk Toyota kedepannya, sebaiknya pelipatan bangkunya dibuat seperti Toyota Kijang Innova Reborn saja, sehingga lebih praktis.

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Panel Spidometer

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak Panel spidometer Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Pembaharuan pada panel spidometer membuat tampilannya semakin asyik untuk dilihat

Pembaharuan pada panel spidometer pada mobil Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini membuat tampilannya semakin asyik untuk dilihat, pancaran cahaya putih beriluminasi dengan warna birunya nampak soft dimata. Namun, lagi-lagi sayangnya menu pada tampilan MID (Multi Infomation Display) tidak ada ubahan sama sekali, hanya dapat menampilkan konsumsi BBM rata-rata, jarak A dan B, odometer, dan sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan jumlah bahan bakar yang tersedia pada tangki. 

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Child Lock

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak Child Lock Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Child lock memang fitur sederhana, namun keberadaannya dapat menyelamatkan nyawa anak Anda

Fitur child lock memang bukanlah fitur yang wah dan nampak biasa, namun keberadaan fitur ini dapat menyelamatkan nyawa anak Anda, apalagi jika anak Anda masih usia balita. Cara menggunakannya pun mudah saja, Anda tinggal geser saja tuas "child lock" ke arah kanan 'lock' lalu tutup pintunya. Secara otomatis pintu hanya bisa dioperasikan dari tuas gagang pintu bagian luar.  

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Toyota Avanza 2019

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Tombol Audio Di Setir

Tampak tombol audio di setir Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Keberadaan fitur tombol pengatur audio pada setir akan memudahkan Anda dalam mengontrol audio mobil ini

Kini, varian Toyota Avanza dari mulai tipe G sudah dilengkapi dengan tombol pengatur audio pada setir. Ini akan memudahkan Anda dalam mengontrol audio di mobil ini. Anda tidak perlu lagi menjulurkan tangan demi meraih head unit layar sentuh yang terpasang di Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini. Anda hanya perlu menjentikkan jari saja ketika ingin mengganti source audio, mengatur tingkat kekerasan volume, hingga mengganti-ganti saluran radio favorit Anda.

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : T-Link With Miracast

Tampak T-Link with Miracast di Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Salah satu keistimewaan head unit Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 adalah T-Link with miracast

Salah satu keunggulan audio system pada Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 adalah adanya fitur T-Link with miracast. Jadi, ketika fitur ini diaktifkan, Anda dapat dengan mudah untuk melihat tampilan pada head unit mobil Anda ini sesuai dengan smartphone Anda. Namun, ternyata menghubungkan smartphone ke fitur kekinian ini tidak begitu mudah, entah ini disebabkan oleh sensor bluetooth smartphone kami yang kurang peka, atau malah bluetooth di mobil tes kami ini sedang bermasalah saat pairing.

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : AC Digital

Tampak Kontrol AC digital Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

AC dengan format digital sangat memudahkan untuk mengatur AC

Satu hal yang kami suka dari fitur di dalam mobil Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini, yakni AC dengan format pengaturan digital ini sagat memudahkan ketika hendak melakukan pengaturan AC. Meski fitur ini kurang dua buah hal penting, yaitu auto climate control pada AC dan juga deffoger kaca belakang dan penghilang embun untuk depan.

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Alternator Canggih

Tampak Alternator Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Ini adalah alternator tercanggih yang disematkan pada produk LMPV

Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini menerapkan sensor tegangan listrik pada alternator mobil ini. Dengan adanya sensor tersebut, memungkinkan alternator tidak harus bekerja penuh setiap saat. Efeknya tentu akan meringankan tenaga mesin, membuat aki lebih awet, dan juga akan berpengaruh ke konsumsi BBM yang dapat lebih hemat. Singkatnya, alternator canggih ini dapat menyesuaikan pasokan listrik sesuai dengan kebutuhannya, bisa bekerja 20%, 50%, 70% bahkan jika dibutuhkan dapat bekerja 100%.

>>> Komparasi Biaya Aftersales Avanza vs Xpander, Mana Lebih Hemat?

OPERASI Toyota Avanza 2019

Tampak Mesin 2NR-VE Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Mesin 2NR-VE yang tertanam pada mobil Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini bekerja halus dan menyalurkan tenaganya dengan efisien

Kami terkesima dengan halusnya suara maupun getaran yang dihasilkan dari unit 2NR-VE pada mobil Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini. Secara umum meningkat signifikan dari mesin generasi sebelumnya yang masih mengusung 3SZ-VE. Dahulu saat stasioner Anda dapat merasakan getaran dari mesin pada setir dan bangku pengemudi, tapi sekarang tidak lagi. Disinyalir mesin ini memang didesain untuk penggerak roda depan. Jadi ketika dikonversi menjadi penggerak roda belakang via kopel mesin ini jadi sangat halus. Sayangnya untuk transmisi manualnya meski terasa ringan perpindahan giginya, namun terasa kurang solid. Kami berharap perpindahan giginya dapat sepresisi Toyota Sienta. Handling? Tak beda dengan New Toyota Avanza Veloz yang telah kami tes secara lengkap.

Tampak prosesi Pindah gigi di Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Tuas transmisi manual mobil ini ringan, sayang masih terasa 'loose' alias kurang presisi

>>> Mau membeli mobil Toyota Avanza? Klik sini untuk melihat ribuan mobil dijual dengan banyak promo untuk menyambut bulan Ramadhan

spesifikasi Toyota Avanza 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Avanza 1.5 G MT 2019.

Mesin Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Seri Mesin

2NR-VE, 4 Silinder Segaris, Dual VVT-i

Jumlah Katup

16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tenaga Maksimum

102,5 Hp (104 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

136,4 Nm (13,9 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Bore X Stroke

72,5 mm X 90,6 mm

Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

Rangka Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.190 mm X 1.660 mm X 1.695 mm

Jarak Sumbu Roda

2.655 mm

Jumlah Tempat Duduk

7 seat

Radius Putar

N/A

Kapasitas Tangki BBM

45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with coil spring & 4 Link Leteral Rod with coil spring

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam

Struktur Sasis

Semi Monokok, A-Segment

Pelek

Alloy, 15 inchi

Jenis Ban

Dunlop Enasave EC300+, 185/65 R15

kelebihan & kekurangan Toyota Avanza 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Toyota Avanza 1.5 G MT 2019  ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Nama besar Toyota

Harga mahal dan hanya tersedia transmisi manual

Durabilitas Avanza telah teruji

Mesin kurang kedap dibanding para rivalnya

Mesin tercanggih dikelasnya

Penggerak belakanng tidak sefisien FWD

daftar harga Toyota Avanza 2019

Berbeda dengan model sebelumnya yang cenderung lebih kalem dan modern, kini wajah baru Toyota Avanza 2019 terlihat lebih agresif. Pasalnya, lampu depannya diubah menjadi dua tingkat yang sekilas mirip Xpander dengan bemper berukuran besar. Memang tak dipungkiri, hegemoninya di tahun 2018 sedikit meredup dengan kehadiran Xpander sebagai pendatang baru. Diharapkan dengan hadirnya model Facelfit ini, Avanza tetap dapat mendominasi pasar mobil keluarga Multi Purpose Vehicle (MPV). Berapa harga Toyota Avanza 2019 terbaru?

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA AVANZA 2019

Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

IDR. 221.250.000

Toyota Avanza 1.3 G M/T 2019

IDR. 208.950.000

Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

IDR. 219.650.000

Toyota Avanza 1.3 E M/T 2019

IDR. 191.100.000

Toyota Avanza 1.3 E A/T 2019

IDR. 202.300.000

*Harga per bulan April 2019

>>> Dapatkan informasi promo terlengkap dari dealer dengan klik sini

Video Toyota Avanza 2019

KESIMPULAN Toyota Avanza 2019

Review Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Emblem Toyota Avanza

Jadi, apakah mobil Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 ini layak Anda pinang?

Lantas, apakah dengan segala kelebihan maupun kekurangannya mobil ini layak untuk Anda pinang? Kami secara tegas akan menjawab, ya mobil ini cocok untuk Anda yang enerjik, suka blusukan, dan masih gemar mengendarai mobil dengan transmisi manual.

>>> Mari klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil