Tips Kalau Ingin Modifikasi Mobil Truk Canter, Makin Meriah Makin Menarik

31/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil truk Canter tidak boleh dipandang sebelah mata, karena tingkat kesulitannya sama dengan modifikasi mobil jenis lain, serta biaya yang harus dikeluarkan pun tidaklah sedikit.

Selain kendaraan penumpang, pasar otomotif Indonesia juga diramaikan dengan segmen kendaraan jenis truk. Adapun beberapa tipe truk yang beredar di dalam negeri masuk kategori light truck, medium truck, dan heavy duty truck. Cukup banyak pemain di kelas truk ini, mulai dari pabrikan Jepang, Eropa, sampai Cina. dan satu diantara produsen truk yang juga hadir di Indonesia adalah Mitsubishi.

Pabrikan berlambang tiga berlian itu juga cukup menguasai salah satu segmen truk di Indonesia. Adapun raja truk kelas ringan selama ini masih dipegang oleh Mitsubishi Fuso. Truk yang dikenal dengan nama lain truk Canter atau si kepala kuning ini banyak diandalkan para pengusaha dalam negeri. Umumnya pengusaha perkebunan, barang-barang material, sampai kebutuhan rumah tangga sering dianggut dengan truk Canter.

Uniknya, selain dikenal sebagai pekerja keras, banyak dari pengemudi maupun pemilik truk Canter yang melakukan modifikasi pada kendaraan komersial tersebut. Bahkan boleh dibilang modifikasinya cukup berani karena penampilan truk dibuat jadi sangat meriah. Tak heran manakala truk itu melintas di jalan raya, menimbulkan kekaguman dari orang yang melihatnya.

Mungkin Anda juga pernah setidaknya melihat satu diantara modifikasi mobil truk Canter itu di jalan raya. Tapi kalau penasaran apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan mobil Canter modifikasi yang menarik, berikut ini Cintamobil.com akan jelaskan apa saja langah-langkahnya.

>>> Toko Online Mitsubishi FUSO: Cara Baru Jualan Truk

Mobil Canter Modif Gak Kalah dari Mobil Modifikasi Lain

Kalau Anda berpikir modifikasi mobil truk Canter bisa sembarangan dan boleh pakai komponen apa saja, maka salah besar. Layaknya memodifikasi mobil penumpang seperti berjenis hatchback, sedan, MPV atau SUV, menciptakan mobil truk Canter modifikasi yang menarik juga butuh pertimbangan matang serta dana yang juga tak sedikit.

Berikut ini beberapa elemen yang bisa diperhatikan jika Anda ingin menciptakan mobil Canter modifikasi:

1. Modifikasi Bagian Bak Barang

Modifikasi Truk Mitsubishi Canter Biru

Foto mobil canter modifikasi warna biru

Langkah pertama untuk merubah penampilan sebuah Mitsubishi Fuso Canter adalah memermak bagian bak barang belakang atau modifikasi mobil box Canter. Karena memiliki dimensi yang mendominasi dari keseluruhan unit truk tersebut, maka bagian bak belakang akan langsung mengundang perhatian manakala dimodifikasi dengan apik.

Anda mungkin pernah melihat foto mobil Canter modifikasi dengan beberapa tulisan unik, lucu, dan menggelitik dari bagian bak belakang truk yang terbaca pengemudi di belakangnya. Nah sebenarnya itu juga langkah dari mobil Canter modif atau modifikasi mobil box Canter. Tapi kalau mau lebih wow lagi, maka bisa aplikasikan hal yang lebih meriah. Misalnya dengan melukis seluruh bagian bak tersebut dengan gambar-gambar menarik. Temanya bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bisa bertema superhero, animasi, atau hanya berupa tulisan-tulisan dengan makan tertentu yang bersifat lelucon atau motivasi.

Untuk menciptakan gambar mobil Canter modifikasi bagian bak belakang ini, Anda bisa gunakan teknik airbrush, pengecatan manual dengan kuas tangan, atau pakai cutting stiker. Namun saat mengkreasikan gambar mobil Canter modifikasi, perhatikan lekukan pada bak atau bagian box truk tersebut, supaya gambar tetap bisa indah dilihat. Nah biar hasil gambar bisa bertahan lama, ketika lukisan sudah kering maka bisa dilapis dengan pernish atau clear coat.

>>> Tips Modifikasi Mobil Gran Max Biar Tampil Wah Tapi Murah

2. Modifikasi Kepala Truk

Kumpulan Modifikasi Truk Canter

Kepala truk dimodifikasi pakai warna-warna ceria

Setelah bagian bak selesai dan penampilannya sudah berubah total, maka modifikasi mobil truk Canter selanjutnya bisa beralih ke bagian kepala truk. Disini Anda bisa tetap membiarkan bentuknya atau menambah dengan bodykit supaya paras truk tersebut juga ikutan berubah.

Bodykit ini ada yang dibuat dari fiberglass atau dari plat besi. Sementara bentuknya bisa disesuaikan dengan selera Anda, karena umumnya bodykit untuk truk Canter bisa dipesan secara custom. Anda bisa manfaatkan foto mobil Canter modifikasi yang lain untuk meniru bentuk bodykit yang akan dipasang. Adapun penempatan bodykit bisa dipasang di bemper depan, gril, atau atap kepala truk.

Setelah bodykit terpasang, maka selanutnya Anda bisa tentukan warna dasar untuk kepala truk tersebut. Mobil truk Canter modifikasi bagian kepala truknya ini juga tak wajib sama warnanya dengan warna dominan pada bak atau box belakang. Bahkan Anda bisa pakai warna yang benar-benar kontras. Misalnya kalau bak belakang pakai warna dasar oranye, maka kepala truk bisa pakai warna merah muda atau hijau muda.

Biar semakin meriah, mobil Canter modif juga boleh ditambahkan gambar mobil Canter modifikasi dengan motif senada antara bagian kepala dan bak truk. Tekniknya pun sama, bisa dengan airbrush, dilukis, atau pakai cutting sticker.

>>> 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bangun Mobil Taft Modifikasi Keren

3. Modifikasi Ruang Kabin

Modifikasi Interior Truk Canter

Foto mobil Canter modifikasi interior

>>> Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Truk Listrik Canggih Seharga 6 Pajero

Menciptakan mobil truk Canter modifikasi yang menarik tentu jangan hanya dibagian luar. Namun interior truk juga boleh mendapat sentuhan modifikasi. Sama tekniknya dengan modifiaksi mobil jenis lain, Anda bisa lakukan pemasangan cover jok agar suasana kabin berubah lebih nyaman.

Untuk bahan material pelapis jok tersebut cukup gunakan kulit sintetik yang cenderung lebih mudah dibersihkan jika terkena noda atau kotoran. Sementara kombinasi warnanya bisa disesuaikan dengan warna eksterior atau malah boleh pakai warna yang kontras sekalipun.

Pada beberapa mobil Canter modifikasi, bahkan bagian kabin truk ini dibuat layaknya mobil mewah. Yaitu pakai jok model sofa serta ditambahkan minibar. Dan tentunya tak lupa seperangkat audio system lengkap dengan speaker, tweeter, subwoofer, dan monitor pun terpasang sebagai piranti hiburan ketika mereka sedang beraktifitas di jalan.

Perlu diketahui, untuk modifikasi mobil truk Canter ini juga butuh biaya yang tidak sedikit. Sehingga kalau Anda ingin merubah penampilan truk Mitsubishi Fuso Canter jadi makin meriah, siapkan juga dananya ya.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa Itu truk Canter?
Truk Canter adalah truk keluaran Mitsubishi yang punya nama asli Mitsubishi Fuso. Umumnya truk ini juga dikenal dengan sebutan Si Kepala Kuning.
Apa yang dimaksud modifikasi truk?
Modifikasi truk adalah merubah bentuk truk dengan memasang komponen aftermarket atau dibentuk secara custom.
Berapa biaya modifikasi truk?
Biaya modifikasi truk sangat beragam, mulai dari Rp 1 jutaan sampai ratusan juta pun ada.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top