5 Trik Modifikasi Mobil Escudo dan Vitara Biar Lebih Gagah

26/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
5 Trik Modifikasi Mobil Escudo dan Vitara Biar Lebih Gagah
Modifikasi mobil Escudo atau Vitara berikut ini memiliki beberapa tema yang berbeda yang kami berikan untuk menjadi inspirasi Anda dalam memodifikasi SUV andal dari Suzuki itu.

Modifikasi mobil Escudo juga menjadi salah satu alternatif ketika Anda hendak memiliki mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang parasnya cukup maskulin. Selain itu, Escudo juga terkenal sebagai salah satu mobil tangguh buatan Suzuki, sehingga tak heran beberapa pemilik kendaraan ini juga menjadikannya sebagai mobil untuk menyalurkan hobi offroad.

Sedikit kilas balik sejarah Escudo, Suzuki pertama kali menghadirkan SUV ini di Jepang tahun 1988. Nama Escudo sendiri berasal dari mata uang Portugal saat itu. Mobil yang punya nama lain di Indonesia Suzuki Vitara dan Suzuki Sidekick ini kemudian juga hadir serta dirakit oleh Suzuki Indonesia.

Generasi kedua Suzuki Vitara muncul di tahun 1998 yang di Indonesia muncul dengan nama Suzuki Escudo. Bakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan pula varian Escudo XL-7 yang berwujud SUV 7 seater. Lantas generasi ketiga mobil ini hadir di 2005 dengan berubah nama jadi Suzuki Grand Vitara. Sayangnya meskipun saat ini sudah muncul Vitara Brezza sebagai generasi kelima Escudo, namun Suzuki Indonesia tak kunjung memboyongnya ke dalam negeri.

Menariknya, meskipun saat ini belum muncul generasi barunya, tapi peminat Suzuki Escudo maupun Vitara tak pernah sepi. Mobil ini juga cukup dicari di bursa-bursa jual beli mobil bekas baik yang ada di kota-kota besar maupun di daerah. Mungkin Anda juga satu diantara banyak sekali pemakai Suzuki Vitara tersebut.

Kalau saat ini Anda juga tengah berminat untuk modifikasi mobil Escudo supaya lebih gagah, berikut ini Cintamobil.com akan beberkan beberapa konsep mobil Escudo modifikasi. Semoga tips ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang mau modif mobil Escudo ya.

>>> Ini 5 Alasan Suzuki Vitara Brezza 2020 Siap Masuk Indonesia

1. Suzuki Escudo Modif Velg

Suzuki Vitara modifikasi velg

Cukup ganti velg dan ban yang ukurannya sedikit lebih besar

Cara paling mudah tapi juga sekaligus cukup ampuh untuk modifikasi mobil Escudo adalah dengan mengganti velg standar dari kendaran tersebut. Tentunya mengganti velg standar dengan velg aftermarket yang ukurannya lebih besar. Dengan cara simple ini, maka otomatis penampilan Escudo kesayangan Anda langsung berubah.

Opsi ganti velg Suzuki Escudo juga harus memeprhatikan spesifikasi dari velg standar di mobil tersebut. Adapun PCD dari Suzuki Escudo, Vitara maupun Grand Vitara adalah 5x139,7. Sementara ukuran velg standar dari keluarga Vitara berbeda-beda. Ada yang menggunakan velg ring 15 dan ada yang berukuran 16 inci. Nah supaya terlihat berbeda, Anda bisa cari velg yang ukurannya serupa atau cukup maksimal 2 step di atasnya. Jadi misalnya velg standar mobil Anda 15 inci, maka bisa ganti ke ring 16. Sementara kalau sudah ring 16, bisa ganti ring 17.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Carry Pick Up, Bisa Elegan atau Ekstrim

2. Suzuki Escudo 1997 Modifikasi Ban Besar

Modifikasi Suzuki Vitara ban besar

Suzuki Escudo atau Vitara pakai ban besar juga sudah terlihat gagah

Suzuki Vitara alias Suzuki Escudo generasi pertama adalah yang paling banyak peminatnya untuk dimodifikasi. Dengan desain body yang masih mengkotak, ternyata malah membuat kesan gagah di mobil ini lebih kuat. Dan untuk modifikasi mobil Escudo generasi pertama ini juga tak perlu berlebihan.

Contohnya cukup dengan mengganti velg dan ban standar kendaraan tersebut. Untuk velgnya bisa pilih dengan diameter serupa velg standar, tapi punya lebar dan offset yang lebih besar. Sehingga ketika terpasang di mobil, posisi velg sedikit lebih keluar fender. Selanjutnya velg ini dibalut ban berprofil lebih kasar sehingga kesan gagah makin menojol.

>>> Kenali Ban Tipe H/T, A/T, dan M/T Jangan Sampai Asal Pasang!

3. Modifikasi Mobil Escudo 2004

Modifikasi Suzuki Escudo ganti velg

Ganti ke velg 17 inci sudah merubah penampilan mobil ini

Jika Anda memiliki Suzuki Escudo generasi kedua, maka langkah modifikasi simplenya juga cukup dengan mengganti velg standar kendaraan tersebut. Anda bisa pilih velg ukuran ring 16 atau 17 dan dibalut ban dengan profil yang masih cukup tebal.

Kalau masih tetap mau pakai velg standar, Anda bisa ganti bannya saja tapi dengan ukuran lebih besar dan pilih ban jenis All Terrain (AT). Dengan begini, mobil sudah terlihat lebih gagah dari sebelumnya.

>>> 8 Contoh Modifikasi Mobil Jimny dari Harian Sampai yang Extreme

4. Modifikasi Mobil Escudo Ceper

Modifikasi Suzuki Escudo ceper

Siapa bilang modif mobil Escudo atau Vitara harus bertema offroad?

Trik modif mobil Escudo berikutnya adalah dengan menjadikan mobil tersebut lebih ceper. Biasanya mobil Escudo modifikasi ceper ini disukai kaula muda yang umumnya mengagumi gaya modifikasi ceper dengan velg besar. Adapun untuk membuat Escudo atau Vitara lebih dekat ke aspal, maka ada beberapa cara.

Pertama dengan teknik per standar yang dipotong beberapa ulir sesuai keinginan tingkat cepernya mobil tersebut. Atau bisa juga pakai per aftermarket maupun per custom yang memang sudah didesain untuk Escudo maupun Vitara. Jangan lupa setelah ganti per, ganti juga shocknya agar kinerja suspensi ini tetap optimal. ketiga bisa pula aplikasikan suspensi udara alias air suspension.

Setelah dibuat cpeer, biasanya modif mobil Escudo gaya ini bisa mengganti velg dengan ukuran lebih lebar, yakni antara 18-19 inci. Kalau sudah seperti itu, pasti mobil tersebut akan jadi pusat perhatian di jalan.

>>> Review Suzuki Grand Vitara 2015 : SUV Bercitarasa Eropa

5. Suzuki Escudo Modifikasi Off Road

Modifikasi Suzuki Escudo Vitara Offroad

Masih banyak yang mengandalkan Escudo atau Vitara untuk dipakai offroad

Modifikasi mobil Escudo yang paling banyak dilakoni pemilik mobil ini adalah dibuat jadi mobil offroad. Mobil Escudo modifikasi offroad ini bisa diterapkan untuk modifikasi Escudo 1.6, Escudo 2.0, atau bahkan Escudo XL-7.

Untuk bisa merubah tampilan mobil Escudo modifikasi offroad, pertama-tama Anda harus ganti suspensi standar dengan suspensi aftermarket yang karakternya lebih tinggi dan lebih keras. Selain teknik suspension lift, Anda bisa juga coba pakai cara bodylift, yaitu mengganjal bodi mobil dengan plat yang sudah didesain sedemikian rupa, agar mobil jadi lebih jangkung dari kondisi awalnya.

Setelah itu opsi berikutnya adalah mengganti velg dan ban standar dengan ukuran yang lebih besar. Untuk velgnya cukup pakai ring 15 atau 16 tapi lebih lebar dan posisinya keluar bodi. Sementara bannya bisa pilih ban AT atau MT (Mud Terrain) ukuran 30 atau bahkan 31. Biar ban tidak mentok di fender, Anda bisa juga coak sedikit bibir fender belakang kemudian pasang overfender baru. Sementara untuk mensiasati ban depan tidak mentok fender saat berbelok, Anda bisa copot bemper depan dan ganti dengan bemper ARB, lengkap dengan towing atau winch.

Itu dia beberapa trik untuk membuat Suzuki Escudo atau Vitara Anda jadi lebih keren dan gagah. Trik-trik ini sebenarnya bisa Anda terapkan untuk modif Escudo 1.5, Escudo XL-7, ataupun Grand Vitara.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya untuk modifikasi Suzuki Escudo atau Vitara?
Untuk bisa membuat mobil Suzuki Escudo maupun Vitara modifikasi, tentu membutuhkan biaya yang disesuaikan dengan konsep modifikasinya. Jika hanya mengganti velg dan ban, maka umumnya cukup dana mulai dari Rp 10 juta. Tapi kalau sampai merubah suspensi dan memasnag aksesoris offroad, maka biayanya jauh lebih besar.
Adakah bedanya modif Suzuki Vitara JLX dan Nomade?
Sebenanrya basis kedua mobil ini sama, yaitu Suzuki Vitara generasi pertama, sehingga komponen teknik dan kelistrikan kedua mobil itu juga identik.
Dimana bisa modifikasi Suzuki Escudo atau Vitara?
Memilih bengkel modifikasi untuk Suzuki Escudo maupun Viatar kembali lagi pada konsep modifikasi yang akan dilakukan. Jika mau bergaya ALTO atau Offroad, maka bisa sambangi bengkel spesialis mobil offroad. Tapi kalau mau tampil ceper, maka carilah bengkel yang biasa melakukan custom suspensi ceper tapi masih tetap nyaman.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top