Inspirasi Modifikasi Mobil Carry Pick Up, Bisa Elegan atau Ekstrim

15/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Carry terutama untuk Suzuki Carry pick up sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan biaya modifikasinya juga lebih hemat ketimbang mobil jenis van atau 7 penumpang. Namun hasil modifikasinya bisa bikin mobil nyetrik saat dipakai di jalan raya.

Modifikasi mobil Carry banyak dilakoni pemilik mobil ini, utamanya yang tipe Suzuki Carry pick up. Meskipun berformat sebagai kendaran koemrsial pengangkut barang, tetapi tak sedikit dari Carry pick up dengan penampilan keren hasil modifikasi.

Kerasi modif mobil Carry ini pun beraneka tema. Ada yang hanya sekedar mengganti velg, dibuat ceper, dipasang stiker meriah pada sekujur eksteriornya, menggunakan sistem audio dengan suara menggelegar, bahkan sampai ada yang rela pasang suspensi udara berharga puluhan juta rupiah.

Ya, para pemilik mobil ini memang tak main-main saat modif mobil Carry pick up mereka. Lihat saja bagaimana hasil modifikasi mobil angkot Carry 10 di sejumlah daerah yang terkadang lebih heboh dari mobil penumpang. Tentunya saat membangun mobil Carry modifikasi seperti itu butuh biaya yang tidak sedikit, tapi tetap saja mereka rela melakoninya.

Pengen juga modifikasi mobil Carry pick up Anda yang masih standar? Nah di artikel Cintamobil.com berikut ini akan kami berikan beberapa referensinya supaya pick up Anda itu tampil jadi pusat perhatian di jalan raya.

Modifikasi Mobil Carry 10 Pick Up Pakai Velg Besar

Modifikasi Carry Pick Up Velg

Cukup pasang velg 14-15 inci, Carry pick up jadi terlihat keren

Langkah pertama untuk modif mobil Carry 10 supaya tampilannya berubah adalah dengan mengganti velg standar dari mobil tersebut. Sebab untuk Suzuki Carry pick Up 1000 cc masih pakai velg ukuran ring 12. Jadi Anda bisa tukar dengan velg diameter 14-15 inci.

Namun saat mengganti velg ini perhatikan PCD dari velg mobil tersebut. Untuk Carry 1000 menggunakan velg dengan PCD 4x114,3. Artinya velg tersebut memiliki 4 lubang baut roda dan jarak antara masing-masing lubang baut 114,3 mm. Jadi pastikan pilih velg aftermarket atau velg mobil lain dengan PCD yang sama.

Jika ingin mencari velg dari mobil lain, maka Anda bisa gunakan velg original dari Toyota Kijang, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Nissan Livina. Karena velg-velg ini memiliki PCD yang sama dengan PCD Suzuki Carry 1000.

Modifikasi Mobil Carry Futura Ceper

Modifikasi Suzuki Carry Futura

Bikin ceper Suzuki Carry pick up mudah dan murah

>>> Trik Bikin Toyota Calya Modifikasi Ceper dan Keren

Untuk modifikasi mobil Carry 1000 dengan tampilan ceper caranya sangat mudah. Sebab mobil ini masih menggunakan sistem suspensi yang sederhana. Pada bagain depan Suzuki Carry menggunakan pegas ulir atau yang dikenal juga dengan istilah per keong. Sementara pada bagian belakang pakai suspensi leaf springs atau per daun.

Nah supaya bisa membuat modifikasi mobil Suzuki Carry 1000 yang ceper, maka cukup dengan memotor ulir per tersebut. Panjang ulir per yang dipangkas tergantung dari keinginan seberapa ceper mobil pick up itu. Makin panjang ulir yang dipotong, maka makin ceper nantinya mobil tersebut. Tapi jika yang ingin dibuat ceper adalah Suzuki Carry Futura atau Carry 1.5, maka suspensi bagian depan bisa ganti kepunyaan Carry 1000. Dengan teknik ini bagian depan mobil sudah sedikit lebih rendah dari kondisi standar.

Untuk modifiaksi mobil Carry 10 pick up atau Carry Futura dibagian suspesi belakang, caranya juga tak kalah mudah. Anda tinggal pres bagian per daunnya supaya lebih rata posisinya. Dengan begini bagian belakang mobil akan terlihat lebih ceper dari sebelumnya.

Modifikasi Mobil Pick Up Carry 1.5 Pakai Stiker Meriah

Modifikasi Suzuki Carry Cutting Sticker

Makin banyak stikernya makin terlihat meriah

Trik berikutnya kalau mau bikin modif mobil Carry yang mencolok di jalan raya adalah dengan menempelkan cutting sticker. Tema stiker yang akan dipasang bebas sesuai selera Anda. Tapi kalau mau tampil lebih mencolok, sebaiknya seluruh bodi hingga ke bak belakang di tempel stiker, dan warna stiker pilih yang cerah.

Selain tema animasi, sering kali mobil Carry modifikasi juga tampil dengan stiker yang dibubuhi kata-kata unik atau lucu. Tak jarang pula tulisan-tulisan di stiker ini menjadi pengingat atau motivasi diri bagi siapa pun yang membacanya. Dan semua itu dapat diterapkan juga di mobil Suzuki Carry Anda.

Modifikasi Mobil Carry Futura Pick Up Pakai Audio Heboh

Modifikasi Interior Mobil Pick Up

Kabin mobil pick up bisa juga dibuat seheboh ini

>>> Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013: Pekerja Yang Canggih

Terakhir, teknik untuk modifikasi mobil Carry 1000 atau Carry pick up lainnya adalah dengan memasnag audio system di kendaraan tersebut. Anda bisa memasang head unit baru yang sudah mampu membaca berbagai format audi dan video. Jika perlu, pilih head unit yang memiliki monitor sehingga bisa menampilkan video sekaligus.

Supaya makin heboh, jangan lupa pasang juga speaker, tweeter, dan juga subwoofer dan power ampilifier. Supaya nantinya suara yang dihasilkan dari dalam kabin mobil ini bisa menggelegar dan terdengar ke telinga banyak orang. Main heboh makin menarik bukan?!

Contoh Gambar Modifikasi Mobil Carry Pick Up

Nah setelah kami berikan beberapa tips untuk modif mobil Carry 10, Carry 1.5, atau Carry Futura pick up, maka berikut ini kami berikan beberapa contoh gambar mobil Carry modifikasi 1000 serta gambar mobil Carry modifikasi lainnya. Semoga beberapa hasil modifikasi pada Suzuki Carry ini bisa jadi inspirasi buat Anda.

Modifikasi Suzuki Carry suspensi udara

Suzuki Carry pick up ini sudah mengaplikasikan suspensi udara

Modifikasi Suzuki Carry Futura Offroad

Suzuki Carry Futura bergaya offroad

Modifikasi Suzuki Carry ganti velg

Suzuki Carry pakai velg Toyota Kijang Krista

Modifikasi Digital Suzuki Carry

Modifikasi digital Suzuki Carry pick up terbaru

Modifikasi Suzuki Carry Futura Ekstrem

Modifikasi Carry Futura pakai 6 roda

>>> Pengalaman perawatan dan servis mobil rutin di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya untuk modifikasi Suzuki Carry Pick Up?
Biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Suzuki Carry pick up sangat tergantung dari modifikasi apa yang hendak dilakukan. Jika ini sekedar ganti velg yang diameternya lebih besar, maka cukup sediakan dana Rp 4-5 juta. Kalau mau dibuat ceper, cukup Rp300.000 - Rp 600.000. Sementara kalau mau dipasang stiker yang meriah biayanya mulai dari Rp 200.000.
Apakah modifikasi mempengaruhi kemampuan angkut Suzuki Carry Pick Up?
Kemampuan angkut dari mobil Suzuki Carry pick up tetap akan sama jika modifikasi yang dilakukan tidak mempengaruhi sistem mekanikal dari kendaraan tersebut. Mislanya hanya memasang stiker atau audio system. Tapi kalau mobil dibuat ceper dan pasang velg terlalu besar, jelas ini akan mempengaruhi performa kendaraan.
Dimana untuk modifikasi Suzuki Carry pick up?
Tempat yang dituju untuk modifikasi mobil termasuk Carry pick up juga tergantungd ari komponen apa yang akan dimodifikasi. Jika ingin pasang cutting sticker, maka tentu datangi jasa pembuatan stiker mobil dan motor di sekitar Anda. Kalau mau ganti velg, tentunya datangi toko-toko velg terdekat. Dan kalau mau dibuat ceper, maka bisa kunjungi bengkel kaki-kaki mobil yang terpercaya. Karena sejatinya, untuk modifikasi mobil ini sangat mudah.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top