Kenali Ban Tipe H/T, A/T, dan M/T Jangan Sampai Asal Pasang!

18/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Kenali Ban Tipe H/T, A/T, dan M/T Jangan Sampai Asal Pasang!
Biasanya, mobil SUV menggunakan ban tipe H/T, A/T, dan M/T. Kode-kode ban mobil ini ternyata punya arti sendiri yang patut Anda ketahui. Karena hal itu merujuk pada peruntukan ban tersebut sesuai jenis medan jalan yang bisa dilaluinya.

Pengguna mobil-mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) biasanya menggunakan ban jenis tertentu. Ban yang dipakai mobil-mobil ini sedikit berbeda dengan mobil jenis city car, sedan, maupun MPV (Multi Purpose Vehicle).

Populasi mobil SUV di Indonesia saat ini memang semakin meningkat. Banyak yang menyukai mobil jenis ini, karena fleksibilitas penggunaanya untuk berbagai kebutuhan. SUV bisa dipakai berkegiatan sehari-hari, dan Anda tidak akan khawatir ketika menemui jalan berlubang dalam atau genangan air yang cukup tinggi.

>>> Hati-hati, Jangan Sembarang Ganti Ban OEM

Jenis ban SUV

Ban mobil tipe H/T, A/T, dan M/T biasanya untuk SUV

Karena memiliki ground clearance yang cukup tinggi, para pengemudi mobil SUV juga cukup percaya diri manakala harus membawa kendaraannya ke luar kota dengan kondisi jalan tak menentu. Jalan banjir atau berlumpur pun bisa lebih mudah dilalui ketika menggunakan mobil SUV.

Biasanya, mobil SUV menggunakan ban tipe H/T, A/T, dan M/T. Kode-kode ban mobil ini ternyata punya arti sendiri yang patut Anda ketahui. Karena hal itu merujuk pada peruntukan ban tersebut sesuai jenis medan jalan yang bisa dilaluinya.

Kode-kode ban ini dipasang oleh para produsen ban pada bagian dinding ban. Untuk H/T menunjukkan Highway Terrain, sedang A/T artinya All Terrain, M/T adalah Mud Terrain. Lalu seperti apa pengertian dari kode ban tipe H/T, A/T, dan M/T tersebut, berikut penjelasan dari tim Cintamobil.com

Ban H/T

Ban tipe H/T

Ban H/T untuk pemakaian di jalan beraspal

Ban Highway Terrain (H/T) diperuntukkan bagi kendaraan yang lebih banyak melintas di jalan beraspal. Selain itu ban tipe ini juga memiliki karakter dinding ban yang paling empuk diantara jenis ban SUV lainnya.

>>> Arti Kode-Kode Pada Ban Mobil

Ban mobil tipe H/T juga memiliki tapak ban rapat sehingga hambatannya paling minim dibanding ban A/T atau M/T. Efeknya, kinerja mesin jadi lebih ringan dan ini berpengaruh pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu tipe tapak ini juga membuat ban H/T paling senyap ketika digunakan di jalan beraspal dibanding dua tipe ban SUV lainnya.

Jika Anda lebih sering melintas di jalan beraspal, jalan tol, atau jalan raya lainnya untuk aktifitas harian atau berpergian antar kota, maka ban ini paling cocok. Ban tipe ini juga layak dipasangkan pada mobil-mobil SUV compact maupun crossover yang penggunaannya lebih dari 75% di jalan raya (onroad).

Ban A/T

Ban tipe A/T

Ban A/T punya tapak lebih kasar

Ban mobil tipe ini adalah singkatan dari ban tipe All Terrain. Sesuai dengan namanya, ban tipe ini sanggup dipakai untuk melintas diberbagai tipe median jalan. Yaitu onroad maupun offroad. Tapi tentunya ada beberapa hal yang mesti Anda pahami.

Ban A/T memiliki profil tapak yang lebih kasar dan renggang dibanding ban tipe H/T. Tentunya ini membuat Anda bisa lebih leluasa untuk menggunakan ban di jalan beraspal atau medan yang kasar. Tetapi perlu Anda waspadai, manakala ban dipakai di jalan aspal, terutama saat kondisi jalan basar, grip ban A/T tidak akan sebaik ban H/T.

Ban mobil tipe ini juga masih memiliki tread block yang tetap teratur dan agak rapat sehingga masih cukup senyap ketika dipakai di jalan aspal. Walau demikian kesenyapannya tidak lebih baik dari ban H/T. Jika Anda sering beraktifitas di perkotaan, dan sesekali masuk ke area bebatuan atau lumpur dengan medan yang ringan, ban ini cocok untuk Anda gunakan.

>>> Harga Toyota Fortuner bekas paling lengkap hanya di Cintamobil.com

Ban M/T

Ban tipe M/T

Ban M/T khusus untuk offroad bukan jalan raya

Mud Terrain Tires alias ban tipe M/T adalah ban yang dikhususkan bagi SUV yang kerap melintas di medan-medan berat. Misalnya pada area perkebunan, pertambangan, jalan dengan kubangan lumpur, dan lain sebagainya.

Ban tipe ini juga memiliki karakter dinding ban yang lebih kuat dibanding ban H/T. Tapak ban juga jauh lebih kasar dibanding ban A/T atau pun H/T. Selain itu tread block dibuat lebih dalam agar ban tetap memiliki traksi walau median jalan yang dihadapinya kubangan lumpur. Bahkan ada jenis ban M/T dengan tapak yang lebih kasar demi kebutuhan melintas di jalan ekstrim.

>>> Simak tips & trik lainnya seputar perawatan mobil Anda cuma disini!

Tetapi jika Anda harus menggunakan ban tipe M/T di jalan beraspal, Anda wajib lebih berhati-hati. Dengan profil tapak yang sangat kasar dan renggang, maka hanya sedikit permukaan ban yang menempel ke aspal. Akibatnya traksi ban sangat minim terutama saat kondisi jalan basah atau hujan. Selain itu mobil jadi lebih boros, dan ban akan menimbulkan suara sangat bising ketika melintas di jalan raya atau jalan tol.

Para pekerja perkebunan atau pertambangan yang membutuhkan kendaraan untuk mobilitasnya dilokasi pekerjaan, wajib menggunakan mobil dengan ban mobil tipe M/T. Atau jika Anda hobi offroad, maka mobil Anda pun diharuskan pakai ban jenis ini.

Itulah hal-hal yang wajib Anda ketahui tentang ban tipe H/T, A/T dan M/T. Dengan penampilannya yang sangat maskulin, ban mobil jenis M/T memang akan membuat SUV Anda terlihat lebih gagah. Namun Anda perlu mengetahui fungsinya serta kelemahannya sata dipakai di jalan raya.

Tertarik membeli ban terbaik untuk mobil Anda? Dapatkan melalui link di bawah ini:

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top