Jangan Sampai Salah Pakai, Berikut Fungsi Kode Pada Dinding Ban

03/10/2018

Pengemudian
Jangan Sampai Salah Pakai, Berikut Fungsi Kode Pada Dinding Ban
Terdapat beragam pilihan ban sesuai kebutuhan kendaraan. Untuk mengetahui spesifikasi ban, sebaiknya konsumen memahami kode yang terdapat pada dinding ban atau sering disebut sidewall.

Rasa aman dan nyaman saat mengemudi salah satunya datang dari ban mobil. Saat ini beraneka ragam jenis ban telah dihadirkan oleh para pabrikan ban sesuai dengan model mobilnya. Ada ban khusus MPV, ban khusus sport car hingga ban khusus SUV. Agar tidak salah memilih ban, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Salah satu cara memilih yang tepat adalah memahami kode pada dinding ban.

Sesuaikan ban dengan jenis kendaraan

Sesuaikan tipe ban dengan jenis kendaraan

Sesuaikan spesifikasi velg mobil dengan jenis ban apakah untuk mobil penumpang atau bukan

Ada alasan mengapa memilih ban yang tepat harus disesuaikan dengan model kendaraan. Salah satunya adalah kapasitas maksimal beban pada setiap ban berbeda-beda. Ditambah kecepatan atau tenaga pada setiap mobil juga berbeda. Untuk mobil penumpang, pilih ban yang mencantumkan kode "P" yang mempunyai arti "Passenger" (penumpang). Kode ini bisa ditemukan tidak jauh dari spesifikasi ban, seperti P 195/50 R16.

>>> Ingin membeli mobil baru? Intip daftar harga dari Cintamobil.com di sini

Spesifikasi velg

Sesuaikan tipe ban dengan spesifikasi velg

Sesuaikan spesifikasi velg dengan jenis ban yang ingin Anda pakai

Tidak hanya model kendaraan, memilih ban juga lebih baik disesuaikan dengan spesifikasi velg yang dipakai. Mulai dari diameter, lebar hingga tingginya. Para produsen ban menyematkan data spesifikasi ini pada dinding ban dengan urutan kode "lebar/tinggi/diameter' dimana untuk lebar dan tinggi menggunakan satuan ukuran mm, sedangkan diameter memakai inci. Dalam memilih spesifikasi ban tentu Anda disarankan untuk mengikuti standar yang ditetapkan oleh pabrikan mobil. Misal mobil Anda menggunakan mobil dengan spesifikasi ban 205/55/16, dengan kata lain Anda membeli ban dengan lebar 205 mm, tinggi 55 mm dan diameter 16 inci.

Maksimal Beban

Setiap ban mempunyai beban maksimal

Setiap ban mempunyai maksimal beban dan perhatikan pada dinding ban

Kode lain pada dinding ban yang tidak kalah penting adalah beban maksimal. Ada baiknya konsumen memahami kapasitas beban angkut yang tertera pada dinding ban tepat disebelah diameter ban. Sebagai contoh, pada kendaran penumpang idealnya beban maksimal 265 Kg sampai 800 Kg sesuai dengan model kendaraan dengan kode antara 62 sampai 10.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018​

Batas kecepatan

Setiap ban mempunyai batas kecepatan sesuai dengan spesifikasinya

Perhatikan batas kecepatan pada spesifikasi ban yang terpasang di mobil Anda

Selain beban maksimal, setiap ban juga dirancang mempunyai batas kecepatan untuk menjaga daya redam panas terhadap aspal, daya cengkram serta rigiditas ban. Untuk melihat berapa batas kecepatan setiap ban, Anda bisa melihatnya dengan kode huruf. Contoh, kode huruf P yang terdapat pada sebelah maksimal beban mempunyai arti batas kecepatan adalah 150 km/jam. Kode huruf P ini umum ditemukan pada mobil-mobil dalam kota. Berbeda dengan mobil-mobil seperti supercar atau sports car yang mempunyai tenaga besar dan kecepatan tinggi, disaranakan menggunakan ban dengan kode U (200 km/jam), H (210 km/jam) atau V (240 km/jam).

>>> Dapatkan berbagai informasi tips perawatan mobil hanya di sini

Kode manufaktur

Perhatikan kode manufaktur untuk kualitas ban

Perhatikan kode manufaktur untuk melihat kualitas, elastisitas, serta fungsi ban

Kode lain pada ban yang juga tidak kalah penting adalah kode manufaktur. Umumnya kode manufaktur yang juga tercantum pada dinding ban menggunakan kombinasi minggu dan tahun pembuatan. Sebagai contoh 3018, maka artinya ban tersebut dibuat minggu ke-30 tahun 2018. Pemilihan ban dengan produksi terbaru juga berpengaruh terhadap kualitas, elastisitas, dan fungsi ban itu sendiri. Sehingga semakin baru tahun produksi ban yang Anda pilih maka semakin baik untuk mobil Anda.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

 
back to top