Arti Kode-Kode Pada Ban Mobil

06/05/2017

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Arti Kode-Kode Pada Ban Mobil
Ban dianggap sebagai salah satu komponen terpenting dari kendaraan, setiap ban memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Masing-masing jenis disesuaikan dengan fungsi dan tipe kendaraan yang memakainya.

Pernahkah Anda bertanya, apa makna dari kode huruf dan angka yang terdapat pada sisi luar ban? Kode itu bukan tahun pembuatan atau ulang tahun pembuatnya jadi apa makna kode tersebut? Sebenarnya kode itu adalah keterangan spesifikasi ban dari produsen.

Kasih satu contoh saja di Indonesia yang menggunakan pengukuran metric, kebanyakan ban standar dari pabrik tertera kode 185/65/R16 88H. Ingin tahu arti kode ini, caranya akan dibuka di bawah ini.
 

Makna kode-kode pada ban mobil
Apa makna kode yang ditulis di ban mobil?

1. Lebar dan Tinggi

Angka 185 menunjukkan kode lebar telapak ban yang memakai satuan ukur milimeter. Makna angka tersebut adalah telapak ban memiliki lebar 185 milimeter.

Berikutnya ada angka 65. Angka ini menunjukkan ketebalan/tinggi dinding ban yang dihitung melalui persentase lebar ban, maka 65 adalah tebal/tinggi ban 65% dari lebar telapak. Semakin kecil angkanya, semakin tipis dinding ban.

>>> Baca juga: Tanda-tanda ban mobil Anda harus diganti

2. Konstruksi dan Diameter

Kode R menjadi kode yang banyak orang salah paham. Orang-orang pikir kode itu sebagai ‘Ring’ atau satuan diameter. Padahal makna kode R adalah keterangan konstruksi ban yaitu dibuat dengan teknik Radial. Angka 16 baru menunjukkan diameter lingkar ban, yakni 16 inci.
 

Tabel Index Beban dan Kecepatan yang tertera bagi kendaraan roda 4
Beban dan kecepatan maksimum 

 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang merawat, servis mobil 

 

3. Beban dan Kecepatan Maksimum

Arti angka 88 adalah indeks beban maksimal yang mampu ditopang ban. Jika di ban ada tulisan 88 berarti satu ban mampu menopang beban hingga 560 kilogram. Untuk mobil, indeks beban maksimum dibuat antara 62 ( kira-kira 265 kg) hingga 126 (1700 kg).

Kemudian kode H adalah batas kecepatan yang dapat ditempuh dengan ban tersebut, yakni 210 km/jam. Kode terendah adalah F dengan batas 80 km/jam, sementara tertinggi adalah Y untuk bisa capai 300 km/jam.

4. Masa Produksi

Semua produk mempunyai tanggal buat dan tanggal kadaluarsa, ban mobil juga ada. Kalau di dinding ban dekat bibir velg terdapat kode 1015, artinya ban diproduksi pada pekan ke-10 tahun 2015.

Kode-kode tersebut sebagai  panduan buat Anda jika sedang bingung dalam memilih ban yang tepat untuk mobil. Itulah penjelasan arti kode pada ban mobil. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat.
>>> Untuk informasi lebih jelas tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil, klik sini 

Share this post:

Berita lain

Trik Ketika Ingin Ganti Ban Mobil Tapi Dananya Tidak Cukup

11/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika harus ganti ban mobil namun dana yang Anda miliki tidak cukup, maka bisa lakukan beberapa trik berikut ini. Tapi perlu diingat, tindakan ini hanya bersifat sementara. Jika sudah ada dana terkumpul, sebaiknya beli 4 ban baru untuk mobil Anda.

Lihat juga

Bagaimana Mencirikan Ban Mobil Yang Belum Pernah Dipakai?

30/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Mengingat perannya cukup krusial, dan menjadi bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Kita tentu tidak bisa asal dalam memilih ban, khususnya saat akan mengganti ban baru. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk memastikan ban yang akan Anda beli sudah pernah dipakai atau belum, apa saja?

Lihat juga

Ini Yang Terjadi Pada Mobil Jika Satu Sisi Menggunakan Ban Mobil Beda

18/08/2019

Pengemudian

2 menit

Ban sangat penting untuk kinerja kendaraan. Salah memilih ban bisa menjadi penyebab malapetaka. Penelitian terbaru menunjukan bagaimana menggunakan ban mobil beda dalam satu mobil bisa meningkatkan potensi kecelakaan di jalanan.

Lihat juga

Pakai Nitrogen Lebih Berkualitas, Tapi Tidak Menjamin Ban Mobil Lebih Awet

19/09/2019

Perawatan dan service

4 menit

Penggunaan Nitrogen untuk ban mobil semakin makin ngetrend. Selain mobil jadi lebih enak dikendarai, ada anggapan kalau menggunakan nitrogen membuat ban mobil lebih awet. Benarkah demikian?

Lihat juga

Ban Mobil Terjebak di Pasir Atau Lumpur, Lakukan Lima Hal Ini

27/09/2019

Pengemudian

5 menit

Ketika sedang berkendara menuju daerah pantai ataupun hutan, tak jarang ban mobil sering terjebak di permukaan pasir atau lumpur. Jika hal itu terjadi tak usah panik, cukup lakukan lima hal ini.

Lihat juga
 
back to top