Cara Memilih Ban Yang Tepat

28/04/2017

Pengemudian
Share this post:
Cara Memilih Ban Yang Tepat
Memilih ban adalah perpaduan antara sains dengan seni. Jika memilih ban, Anda harus memilih ban berdasarkan kebutuhan dan perhatikan tipe ban mobil, ukuran ban, lebar ban, pola tapak atau desain model ban, ketebalan ban dan kode kecepatan.

Ban mobil adalah salah satu komponen yang tidak bisa tergantikan. Oleh karena itu jika ada masalah dengan ban, Anda harus mengganti segera. Apakah Anda sudah tahu cara memilih ban yang tepat ? Ikuti 7 tips di bawah ini untuk memilih ban mobil  yang bagus.

Ban-ban mobil
Pilih ban sesuai dengan kondisi mobil

1.Pilih Ban Berdasarkan Kebutuhan

Kebutuhan sangat berpengaruh pada pemilihan ban. Jadi Anda harus tentukan kebutuhan mobil Anda, mobil digunakan sehari-hari atau kadang-kadang diguna. Jika mobil Anda digunakan sehari-hari berarti Anda harus memilih ban dengan kualitas terbaik.

2.Perhatikan Tipe Ban Mobil Anda

Selain kebutuhan, Anda juga harus memperhatikan tipe ban mobil Anda. Ban dapat kerja dengan maksimal kalau mobil menggunakan ban yang sesuai dengan rekomendasi dari manufaktur. Semua manufaktur sudah memberikan rekomendasi ban untuk setiap jenis mobil. Perhatikanlah huruf paling depan dari kode yang tertera. Huruf “P” itu disingkat dari kata “Passenger”, berarti ban ini digunakan untuk mobil penumpang. Huruf “LT” itu disingkat dari kata Light Truck, ban ini didesain untuk truk dengan beratnya sedang saja. Huruf “ST” atau “Special Trailer” adalah ban untuk mobil trailer. Huruf “T” atau “ Temporary” berarti mobil ditujukan sebagai ban cadangan. Huruf “R” berarti ban merupakan jenis ban radial.

>>> Baca juga: Merek ban mobil terbaik di Indonesia
 

3. Perhatikan Ukuran Ban

spesifikasi ban mobil
Perhatikan ukuran ban mobil 

Bagi tipe ban Anda harus memperhatikan huruf paling depan, sedangkan untuk ukuran ban Anda harus melihat angka di belakang huruf “R”. Angka tersebut menunjukkan ukuran velg mobil supaya Anda bisa memilih ban yang sesuai dengan mobil Anda. Memilih ban dengan ukurannya sesuai dengan angka yang ditulis di atas ban. Memilih ban dengan ukuran terlalu kecil atau terlalu besar nanti tidak bisa terpasang.

4.Perhatikan Lebar Ban

Lebar ban langsung mempengaruhi daya cengkram dan juga akselerasi pada mobil. Semakin lebar ban maka daya cengkramnya makin kuat begitu juga sebaliknya jika ban makin sempit maka daya cengkramnya makin lemah. Ban yang lebar juga mempengaruhi kemampuan akselerasi mobil Anda.

>>> Untuk tips dan trik mengemudi lainnya, klik sini
 

5. Perhatikan Pola Tapak Atau Desain Model Ban

Bukan hanya lebar ban saja namun pola tapak ban juga mempengaruhi daya cengkram. Pola tapak juga akan berpengaruh pada akselerasi dan tingkat kenyamanan mobil Anda. Pola tapak yang baik adalah pola tapak yang berdesain normal supaya akan memberikan kenyamanan setiap kali memakai mobil.

melihat ban dan tahu  ketebalan ban mobil
Perhatikan ketebalan ban mobil 

6. Perhatikan Ketebalan Ban Atau Profil Ban

Anda perlu memperhatikan ketebalan ban atau profil ban Anda. Ban tipis (40 atau 50) biasanya terlihat lebih keren tetapi ada beberapa kelemahan. Ban tipis sangat buruk saat melewati jalan yang jelek. Ban tipis juga dapat membuat velg cepat rusak. Manufaktur atau produsen mobil umumnya memasang ban dengan profil tebal untuk menghindari berbagai risiko yang dapat ditimbulkan ban profil tipis.

7. Perhatikan Kode Kecepatan

Ban juga memiliki keterbatasan seperti mesin pada umumnya. Anda bisa melihat kode kecepatan pada huruf terakhir dari kode. Kode kecepatan juga dapat dilihat pada huruf yang tercetak di dinding ban. Jika Anda suka memacu mobil dengan kencang atau hingga kecepatan maksimal, Anda harus memastikan bahwa ban dapat bertahan.

Atas itu beberapa cara memilih ban mobil yang tepat. Semoga bermanfaat.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil di cintamobil.com

Share this post:
 
back to top