8 Contoh Modifikasi Mobil Jimny dari Harian Sampai yang Extreme

26/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Jimny berikut ini merupakan referensi yang kami berikan jika Anda sedang berniat modif Suzuki Jimny 4x4 atau Suzuki Katana, supaya terlihat lebih keren.

Modifikasi mobil Jimny rasanya menjadi hal yang paling lumrah dilakukan pemilik Suzuki Jimny. Entah mengapa, saat ini rasanya sulit sekali menemukan sosok Jimny yang masih original, terutama untuk Jimny lawas.

Ada saja bagian dari mobil SUV compact Suzuki itu yang sudah di modifikasi. Mulai dari sekedar ganti velg atau ban yang lebih besar, pasang decal sticker custom, ditambahkan lampu tembak, bahkan sampai modif Suzuki Jimny 4x4 yang ekstreme pun banyak.

Tema modifikasi mobil Jimny ini pun kian hari semakin beragam. Tak selalu harus tampil sebagai mobil offroad berbody jangkung dan ban tapak kasar, namun Suzuki Jimny bergaya klimis untuk pemakaian di perkotaan juga makin digemari. Umumnya modif mobil Jimny berkaca pada Suzuki Jimny yang dipasarkan di negara asalnya, Jepang.

Menarik memang untuk menyimak bagaimana beragamnya hasil modifikasi Suzuki Jimny yang ada di Indonesia, terutama untuk modifikasi mobil Jimny 4x4. Untuk itulah, kali ini Cintamobil.com akan sajikan beberapa hasil kreasi modif mobil Jimny 4x4 dari berbagai daerah di Tanah Air.

>>> Laku Keras di Indonesia, Suzuki Jimny Dikonversi Jadi Sebuah Pick-up

1. Modifiaksi Jimny untuk Harian

Modifikasi Suzuki Jimny Simple Harian

Modif simple buah harian cukup direstorasi dan ganti ban

Modifikasi mobil Jimny yang simple untuk dipakai sehari-hari bisa meniru gaya Suzuki Jimny merah yang satu ini. Lihat saja bagaimana tubuh Jimny tersebut sudah direstorasi ulang dan dicat dengan warna lebih cerah. Lantas modifikasi lainnya cukup pasang ban berprofil kasar supaya menambah kesan gagah di mobil tersebut walau tetap pakai velg standar Jimny.

2. Modifikasi Mobil Jimny 4x4 Pakai Aksesoris Simple

Modifikasi Suzuki Jimny 4x4 Putih

Tidak perlu terlalu banyak aksesoris sudah merubah tampang Suzuki Jimny

Gambar Jimny modifikasi berikutnya yang kami tampilkan ini terlihat menggunakan beberapa aksesoris offroad. Namun aksesoris yang terpasang tidak terlalu banyak. Hanya bagian velg dan ban yang diganti, lalu terpasang overfender, bemper depan custom, dan sedikit decal sticker pada bodinya. Dengan modifikasi yang masih terbilang ringan ini, mobil juga masih bisa dipakai harian, namun saat akhir pekan bisa menjajal trek fun offroad.

>>> Inspirasi Modifikasi Suzuki Carry 1.0 Minibus yang Gaul

3. Modifikasi Suzuki Jimny Ceper

Modifikasi Suzuki Jimny Ceper

Jimny dibuat ceper juga tetap keren

Seperti yang sudah kami singgung di awal tulisan ini, modif mobil Jimny tidak selamanya harus bertema offroad. Misalnya pada gambar mobil Jimny modifikasi yang satu ini. Terlihat jika Suzuki Jimny tersebut malah dibuat ceper dengan velg TE37 dan menggunakan ban untuk melaju di aspal. Dari kap mesinnya sudah tersemat airscoop yang menandakan ada tambahan turbo pada mobil ini.

4. Modifikasi Mobil Jimny Sierra Langka

Modifikasi Suzuki Jimny Sierra

Modif Jimny Sierra pakai ban besar

Apabila Anda memiliki Suzuki Jimny Sierra maka berbanggalah, sebab keberadaan mobil tersebut cukup langka di Indonesia. Sehingga tak ada salahnya sedikit memoles penampilan mobil kesayangan itu jadi makin terlihat keren. Misalnya pakai velg dan ban besar seperti di gambar Jimny modifikasi yang satu ini. Cukup denga modifikasi yang simple itu, Jimny Sierra sudah berubah tampilannya jadi lebih gagah.

>>> Jadi The Most Wanted Car In Indonesia, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Jimny 2019

5. Modifikasi Jimny Katana OEM Look

Modifikasi Suzuki Jimny Katana

Tampil klimis ala standar pabrikan

Apabila Anda tipe orang yang tidak suka modifikasi yang mencolok, atau malah senang dengan sesuatu yang original, mengapa tidak modif mobil Jimny 4x4 Anda dengan gaya OEM Look. Misalnya dari gambar mobil Jimny modifikasi milik Babe Cabita ini. Berbasis Suzuki Katana, ia menjadikan kendaraannya terlihat original dengan beberapa part bawaan yang direstorasi kondisinya. Termasuk menggunakan velg kaleng, ban standar dan body dengan striping minimalis.

6. Modif Suzuki Jimny 4x4 JDM

Modifikasi Suzuki Jimny JDM JA22

Jimny lokal disulap ala Jimny JA22

Modif mobil Jimny 4x4 berikutnya yang saat ini juga sedang digandrungi adalah modif JDM (Japanese Domsetic Market). Yaitu modif Suzuki Jimny 4x4 dengan merubah penampilan mobil tersebut dengan model Suzuki Jimny yang dijual hanya di Jepang. Modelnya bisa meniru Suzuki Jimny JA22 seperti pada gambar Jimny modifikasi ini.

>>> Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

7. Modifikasi Mobil Jimny Bergaya Retro

Modifikasi Suzuki Jimny Retro

Pakai velg kaleng dan ban standar, serta bodi dicat warna cokelat mocca menambah kesan klasik

Modifikasi mobil Jimny 4x4 berikutnya yang juga banyak dilakukan belakangan ini adalah gaya retro. Ciri khasnya adalah mobil dikembalikan kondisinya seperti saat pertama keluar dari delaer. Termasuk menggunakan velg dan ban standar bahkan ada yang velg ditutup juga dengan moondop, serta dipilih cat bodi warna muda seperti tosca atau mocca agar kesan retro klasik makin kuat.

8. Suzuki Jimny Berubah Jadi Mobil Lain

Modifikasi Suzuki Jimny LibertyWalk

LibertyWalk menyulap Jimny jadi seperti G Class

Modif mobil Jimny yang terakhir adalah yang sedang tren diaplikasikan para tuner dunia terhadap Suzuki Jimny terbaru. Ya apalagi kalau bukan sosok Jimny diubah menyerupai model mobil lain. Misalnya dibentuk ala Mercedes G Class atau Land Rover Defender. Meskipun jadi replikanya, tetapi kemampuan Jimny ini tidak kalah sangar dibanding mobil sungguhannya.

Demikian tadi beberapa contoh modif mobil Jimny yang saat ini sedang banyak diterapkan para pemilik mobil berpengegrak roda 4x4 tersebut. Semoga beberapa konsep modif mobil Jimny 4x4 ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda saat hendak memodifikasi sebuah Suzuki Jimny.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Suzuki Jimny?
Untuk memodifikasi Suzuki Jimny maka biaya yang dibutuhkan tergantung dari konsep modifikasi yang akan Anda lakukan. Kalau hanya modifikasi simple untuk harian, maka cukup lakukan restorasi mobil tersebut dan ganti velg dan ban standarnya. Untuk proses ini Anda setidaknya butuh dana sekitar Rp30 juta.
Lebih baik modifikasi Suzuki Jimny jadi offroad atau ceper?
Memilih konsep modifikasi tergantung dari selera Anda. Jika suka tampilan yang gagah, maka Anda bisa ubah mobil tersebut bergaya offroad. Tapi kalau lebih sering dipakai harian, maka modif OEM Look atau malah dibuat ceper juga tetap keren.
Bisakah Suzuki Jimny diganti mesin turbo?
Mesin Suzuki Jimny buatan Indonesia bisa dipasang turbo dari mesin Suzuki Jimny yang ada di Jepang. Anda tingga membeli perangkan turbo copotan Suzuki Jimny Jepang atau kumplit berserta satu set mesinnya.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top