Ide Modifikasi Mobil Calya yang Cocok untuk Pemula

28/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi mobil Calya sesuai selera akan memberikan kenyamanan dan rasa bangga saat mengendarai. Namun, sebelum melakukan modifikasi, pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Mobil Calya berhasil merenggut perhatian pecinta otomotif. Selain masuk ke dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC), mobil besutan Toyota itu memiliki kapasitas besar dan tampil dengan desain kompak juga stylish. Jadi, nggak cuma cocok digunakan untuk keluarga, tapi anak-anak muda. Besarnya jumlah peminat membuat tak sedikit dari pemilik melakukan modifikasi mobil Calya biar lebih menarik. Anda bisa menambahkan aksesoris pada mobil Calya modifikasi dengan tepat dan tidak berlebihan. 

Walaupun Toyota menciptakan Calya sesuai dengan kebutuhan konsumen, namun beberapa dari pemilik mobil mungkin merasa belum puas dan akhirnya melakukan perubahan dengan modifikasi. Saat melakukan modifikasi, ada beberapa tema yang bisa Anda pilih mulai dari konsep elegan, sporty, klasik, racing, street racing, VIP Car, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa pilihan tema modifikasi yang dapat Anda jadikan referensi. 

Modifikasi Aksesoris Eksterior Mobil Calya

Modifikasi eksterior mobil banyak dilakukan oleh pemilik mobil untuk agar lebih mencerminkan kepribadian mereka. Beberapa komponen eksterior mobil yang kerap diganti adalah lampu depan, lampu belakang, spion samping, smart system, dan roda. Modifikasi eksterior seperti apa yang cocok untuk mobil Calya?

1. Modifikasi Velg Calya

Ukuran velg Original Equipment Manufacturer (OEM) dari Calya adalah Ring 14 dan bisa naik hingga 17 inci. Tips modifikasi mobil Calya untuk jenis racing dapat menggunakan double PCD atau bahkan bisa saling substitusi dengan beberapa model merek lain sekalipun.

Jika ingin menonjolkan kesan sporty cukup memakai velg yang ukurannya lebih besar daripada ukuran standar. Bila perlu, lakukan modifikasi dengan mengubah warna velg dengan cat semprot rubber agar lebih mudah ketika ingin menggantinya dengan warna lain tanpa merusak velg. 

>>> Ini Alasan Mengapa Mobil Modifikasi Sulit Dijual

2. Modifikasi Stiker Calya

mobil calya warna putih
Penggunaan stiker pada mobil bisa melindungi warna asli

Bagi beberapa pemilik Calya, pemasangan stiker termasuk bagian penting terutama jika ingin menjaga body mobil biar tetap mulus, melindungi warna asli, atau sekedar membuatnya jadi lebih menarik. Jenis stiker yang biasa digunakan untuk modifikasi Calya, antara lain Ritrama, Oracal, Scothlite, Glittre, D-Cifix, atau Kodak Paper. Jika ingin menonjolkan kesan racing pada modif mobil Toyota Calya bisa memilih stiker berupa garis khas mobil balap. Umumnya ditempel di bagian tengah kap, atap mobil, atau bagian sisi kanan, dan kiri mobil. 

3. Towing Bar Full Body 

Dikenal juga dengan nama Towing Hitch, aksesoris ini akan membuat mobil Calya Anda jadi lebih gagah. Towing Bar Full Body bertujuan untuk melindungi bumper dari benturan, sebagai alat gandeng untuk mobil lain yang mogok, cocok digunakan untuk bicycle rack untuk Anda yang sedang gemar gowes. 

4. Fog Lamp

Ingin lebih hemat biaya dengan menambah satu lampu yang multifungsi untuk mobil Calya Anda? Jangan lupa pasang lampu kabut atau fog lamp yang bisa menambah visibilitas pengendara di malam hari, khususnya saat hujan atau ada kabut. Sebagai tambahan penerangan, Anda bisa meniminalisir penggunaan lampu sorot dengan fog lamp. 

>>> Panduan Modifikasi Aksesoris Mobil Calya Supaya Makin Elegan

Modifikasi Mobil Calya Modif Racing

Mobil Calya putih
Anda bisa modifikasi mobil Calya putih dengan tema sporty

Tak perlu bingung untuk melakukan modifikasi pada mobil Calya putih atau Calya hitam. Keduanya bisa tampil keren jika sesuai dengan konsep yang ingin diangkat. Misalnya Anda bisa saja mengusung tema racing atau sporty untuk modif mobil Calya putih. Sementara buat Calya hitam, dapat memilih tema gothic, modern, atau elegan. Selain eksterior, percantik juga tampilan interiornya dengan memasang cover jok. Agar lebih nyaman saat berkendara, pilih material kulit sintetis dengan warna dan model yang sesuai dengan selera Anda. 

Sebelum melakukan modifikasi, tentukan dulu tema yang akan diusung. Jika ingin menerapkan konsep racing, maka gunakan velg model racing. Saat ini, konsep racing tengah populer karena hampir seluruh pabrikan mobil mengklaim bahwa mobil besutannya bergaya sporty. Konsep ini akan lebih pas jika melakukan modifikasi Calya merah sehingga tampilannya jadi lebih gagah dan berani. Namun, tidak ada salahnya juga mengadopsi konsep racing untuk Calya putih atau hitam.

>>> Toyota Agya Di Modifikasi Mobil Balap? Bisa Kok!

Sebelum Modifikasi Mobil Calya, Ketahui Untung Ruginya

Modifikasi mobil memang boleh saja dilakukan. Namun, sebagai kategori mobil yang aktif digunakan, ada baiknya Anda perlu memperhatikan beberapa aspek sebelum melakukan modifikasi. Termasuk jangan modifikasi sembarangan dan akhirnya Anda jadi tak nyaman.

Mengganti aksesoris yang ringan, seperti memasang antena model sirip hiu atau mengganti logo bagian depan bisa dilakukan. Namun, jika sifatnya menyangkut listrik, seperti  mengganti lampu utama atau memasang Daytime Running Light sebaiknya dihindari karena bisa berdampak pada garansi.

modifikasi mesin dan sistem kelistrikan mobil
Selalu berhati-hati ketika memodifikasi sistem kelistrikan mobil

Terlebih lagi jika Anda berencana menjual mobil. Mobil modifikasi sulit dijual, ada beberapa alasannya. Salah satunya adalah selera. Modifikasi itu berkaitan dengan selera. Selera Anda belum tentu sama dengan calon pembeli sehingga peminat mobil modifikasi cukup terbatas. 

Selanjutnya adalah masalah garansi dan asuransi. Bagi semua pemilik mobil, memiliki garansi dan asuransi akan membuat tenang karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar saat terjadi hal yang tak diinginkan. Beberapa modifikasi mobil otomatis akan menggugurkan garansi dan asuransi pada mobil tersebut. Jadi memang ada untung dan ruginya saat modifikasi mobil. 

Pastikan untuk menentukan dulu tema yang ingin diusung untuk Calya. Setelah memilih konsep, lalu tambahkan aksesoris pendukung yang sesuai, mulai dari body, velg, pemasangan stiker, spoiler, dan sebagainya. Beberapa hal terkait Calya modifikasi tadi dapat dijadikan referensi untuk membuat mobil kesayangan Anda jadi lebih keren. 

>>> Simak berbagai tips & trik lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Mana tempat membeli aksesoris untuk modifikasi mobil Calya?
Anda bisa mencari di toko jual aksesoris modifikasi mobil dekat tempat tinggal Anda atau pesan online.
Berapa harga modif mobil Calya ini?
Harga ini tergantung pada bagian mana yang Anda mau modifikasi.
Modifikasi mobil masih boleh dipakai di jalan raya?
Selama hasil modifikasinya masih mempertahan persyaratan kendaraan untuk digunakan di jalan raya, seperti tetap terpasang lampu utama, lampu sein, lampu rem, kaca spion, wiper, dan sesuai antara keterangan identitas kendaraan pada dokumen resmi seperti STNK, maka mobil masih sah digunakan di jalan raya.

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top